Mengoptimalkan Whatsapp Business dengan Lima Jurus Berikut Ini

Mengoptimalkan Whatsapp Business

Hey sobat entrepreneur di manapun kamu berada! Kembali lagi dengan series edukasi WA Marketing KDJ yang sudah dinanti-nantikan. Kami akan menyapa kamu dengan pertanyaan yang agak serius nih. Hehe. Pertanyaannya ialah sudah tahukah kamu platform apa yang cocok untuk berbisnis online bagi pebisnis yang minim budget tapi pengen hasilnya maksimal? Yap, betul sekali. Whatsapp adalah jawabannya. Kenapa harus whatsapp? Lalu bagaimana cara mengoptimalkan whatsapp business biar jadi jurus andalan dalam berbisnis? Yuk kita kelupas bersama kami di sini.

Whatsapp business sendiri sebenarnya merupakan sebuah oase bagi kalangan pebisnis mikro yang butuh sarana komunikasi dengan customer dan calon customernya. Sebab inilah platform yang tidak ribet dan semua orang pasti menginstallnya di hape mereka. Namun permasalahannya bukan di sini.

Permasalahannya terletak pada mindset pebisnis kecil yang masih berpikiran bahwa marketing itu harus mahal. No. Itu salah besar. Marketing bisa kok dilakukan dengan budget minim dan platform seadanya.  Tapi di sini ada syaratnya. Apa neh syaratnya?

Meskipun kamu berbudget minim tapi pengetahuan pada teknologi jangan ikut-ikutan minim juga ya sob. Minimal kamu paham betul mana fitur-fitur di platform itu yang menunjang bisnismu.Termasuk fitur di dalam whatsapp business ini. Lalu bagaimana langkah kita dalam mengoptimalkan whastsapp business? Bentar, kita bahas pelan-pelan ya sob sambil nyeruput kopi dulu ndak apa-apa. Hehe.

Buat kamu yang belum punya wa bisnis atau masih pake whatsapp messenger untuk menyapa customer segeralah untuk download aplikasinya di playstore. Jadi ada banyak fitur wa bisnis yang sangat berguna bagi kita para pebisnis. Apa saja kegunaan whatsapp business tersebut? Yuk kepoin di bawah ini!

Kegunaan Whatsapp Business

  1. Tampilan whatsapp business yang lebih professional membuat kamu nyaman bekerja.
  2. Punya fitur balas pesan customer dengan cepat dan otomatis.
  3. Ada fitur untuk mengelompokkan customer ke label-label tertentu.
  4. Mempunyai fitur katalog yang memudahkan customer melihat list produk.
  5. Tampilan whatsapp business di bagian Profile cukup lengkap sehingga bisa memudahkan customer melihat detail toko kamu.
Baca juga :   Etika Sharing Di Media Sosial untuk Keharmonisan Dunia Maya

Nah, itu baru lima kegunaan whastapp business yang kami sebutkan. Selain itu masih banyak lagi kegunaan aplikasi yang satu ini lho sob. Kalau tidak percaya, kamu boleh langsung menginstallnya sendiri dan rasakan manfaatnya. Hehe. Jadi kayak iklan susu beruang.

Kemudian kalau kamu sudah tahu apa saja kegunaan whatsapp business, yuk ganti kita memahami step optimalkan whatsapp business.

Tips mengoptimalkan whatsapp business berikut ini cocok untuk kamu aplikasikan di whatsapp business gratis.

Eitss, emang ada ya wa bisnis yang berbayar? Ada dong sob. WA Bisnis yang berbayar punya fitur yang lebih canggih lagi. Salah satunya bisa menggunakan whatsapp business banyak admin.

Tapi tenang, kita akan memakai tips mengoptimalkan whatsapp business gratis. Biar kamu bisa belajar WA Marketing ini step by step. Dan ingat bahwa kalau ada yang berbudget minim kenapa milih yang berbayar. Hehe.

Yuk kita simak cara optimalkan whatsapp business berikut ini;

Optimalkan Whatsapp Business dengan Lima Jurus Andalan

  1. Perhatikan Penulisan Profile WA Bisnis

Sebenarnya mengoptimalkan wa bisnis itu dimulai dari hal-hal sepele kok sob. Contohnya adalah dalam penulisan profile wa bisnis berikut ini.

Jadi ketika menuliskan atau menyetting profile, usahakan selengkap dan sekredibel mungkin. Hal ini akan mempercepat kepercayaan (trust) customer kepada toko kamu. Customer itu tidak suka dengan toko yang profilnya acak-acakan. Mereka lebih memilih mencari toko lain dengan kualitas barang di bawah tokomu jika tampilan whatsapp business kamu tidak sedap dipandang.

Apa saja yang perlu kita atur di profile wa bisnis? Di antaranya adalah; jam buka toko, lokasi toko, nama toko, serta detail produk yang ada di tokomu (misalnya melayani jasa sedot wc di daerah xx).

Baca juga :   Aplikasi Reseller Terbaik Tanpa Modal

Penting juga lho membuat detail toko online di wa bisnis. Sebab nama toko tidak boleh menyebutkan nama daerah. Jadi terpaksa kamu harus membuatnya di detail profile wa bisnis.

  1. Jualan di Story? Kenapa Tidak!

Kalau kamu pakai whatsapp business gratis, maka satu-satunya cara efektif untuk jualan atau promosi produk adalah di story wa. Sebenarnya ada sih cara promosi di dalam whatsapp marketing, yakni dengan cara blast. Tapi itu nanti dulu. Butuh tenaga dan power of budget yang mahal untuk ke sana.

Lagian kan tadi kita sudah janji buat mengoptimalkan whatsapp business pakai cara yang murah. Apalagi kalau bukan jualan di story whatsapp.

Tapi syaratnya kamu sudah harus mempunyai target pasar ya sob. Kalau belum punya silakan cari dulu. Cari apa neh? Mencari database pelanggan dong. Ada banyak kok caranya sob. Simak di link yang tadi juga bisa. Hehe

  1. Buat Katalog yang Menarik dan Gampang Dipahami

Salah satu yang membuat whatsapp business gratis ini murah budget adalah fitur katalog ini. Soalnya adalah fitur ini membuat customer jadi bisa tahu apa aja list produkmu.

Tahu sendiri kan kalau customer itu gak mau ribet. Kalau mereka masuk ke profile akunmu maka mereka tidak mau lagi pindah platform. Nah, biar mereka gak perlu ganti platform itulah fungsi dari katalog wa bisnis. Gampang kok sob kalau mau setting katalog ini. Kamu bisa lihat di artikel kami di atas.

Mengoptimalkan whatsapp business memang nggak perlu pakai dana mahal, yang penting kita harus kreatif saja. Dan salah satu kreatifitas kita dapat dituangkan di katalog wa bisnis tersebut. Kuy poles lagi katalognya biar semua produkmu bisa kecantum di situ.

Baca juga :   Artikel Tidak Terindex di Google Ternyata Inilah Penyebabnya? Perbaiki Sebelum Terlambat Agar Artikelmu Selamat

Tapi kalau kamu punya website, juga boleh lho sob untuk kamu pasang di situ. Sebab website merupakan salah satu nilai lebih tokomu di mata customer.

  1. Pasang Fitur Balas Cepat dan Auto Reply

Lalu kita masih ke optimalisasi chatroom. Jadi seringkali customer ngechat gak tahu waktu. Ini gak salah kok, kan pembeli adalah raja. Lalu bagaimana cara membuat pesan otomatis di whatsapp bisnis biar chat dari mereka tetap terbalas dengan cepat?

Gampang saja, sebab di whatsapp business gratis ini sudah ada yang namanya fitur away message dan autoreply. Dengan fitur ini kamu dapat membuat pesan otomatis, greeting message, hingga balas cepat. Pasti kamu sering nemu hal yang kayak gini kan kalau lagi ngechat toko online?

Semua tips mengoptimalkan whatsapp business tersebut dapat kamu lihat pada link di atas ya sob. Dan kita lanjut pada poin terakhir yaitu;

  1. Rajin-rajinlah Menyapa Customer (fitur label)

Ini merupakan salah satu yang paling penting dari tips optimalkan whatsapp business, yakni kamu harus rajin sapa mereka sob. Lihat momen-momen tertentu yang ada di bisnismu. Misalnnya sedang ada promo nih, jangan lupa kabari mereka sebab siapa tahu mereka tertarik.

Lalu bagaimana memilah customer dan yang bukan? Gampang sob. Di whatsapp bisnis ini sudah ada fitur yang namanya Label. Jadi kamu bisa menandai atau melabeli customer yang sudah beli dengan nama tertentu. Misalnya customer loyal.

Nah, kalau sudah kamu dapat memberikan pesan khusus kepada label tersebut dengan penawaran baru. Gitu dehh.

Oke, sampai di sini tidak adakah yang ingin kamu tanyakan? Sekian tips mengoptimalkan whatsapp business tersebut. Semoga produkmu makin laris ya sob. Dan salam inspirasi.