Cara Buat Katalog Di Wa Business yang Praktis dan Kece Abis

Cara Buat Katalog Di Wa Business

Anda belum punya website, tidak juga rajin posting jualan di IG? Ini solusinya buat Anda. Sampai masih gak praktek disini juga, berarti sudah TERLALU (kata Rhoma Irama)Yuk kita mulai. Cara promosi paling mudah adalah lewat  whatsapp .Di sana ada fitur yang namanya  katalog. Tulisan ini akan ulas cara buat katalog di wa business khusus  buat anda yang tidak rajin posting di  website dan Instagram. 

Cara buat katalog di  wa business ini  cukup mudah sebenarnya. Dan manfaatnya naudzubillah banyaknya.  Sebab  melalui katalog ini kita dapat  memasang foto produk secara  Cuma-Cuma  tidak memerlukan website e-commerce ataupun feed ig yang rumit-rumit.

Cara ini cukup sederhana anda  hanya butuh foto produk yang enak untuk  dipandang  dan beberapa spesifikasi produk seperti,  detail  harga, ukuran, warna, varian, dan lain sebagainya.  Untuk itu mari kita simak bersama-sama cara buat katalog di  wa business.

Fitur Katalog Whatsapp Business

Mungkin cara buat katalog di wa business ini sangat gampang dan bisa anda coba di rumah ketika sendirian.  Namun sebelum menerapkannya,  maka kita perlu menyimak  beberapa fitur dari whatsapp business berikut ini,  terutama mengenai fitur katalog whatsapp business. 

  1. Fitur Katalog whatasapp business hanya ada di WA Bisnis yah, WA biasa atau WA pribadi gak ada.
  2. Perhatikan Tutorial Gambar berikut
  3. Ikuti tutorial gambar diatas; Klik TITIK TIGA dibagian kanan atas; lalu pilih SETELAN; lalu pilih FITUR BISNIS
  4. Lengkapi dulu PROFIL BISNIS-nya seperti pada tutorial gambar di sini
  5. Lengkapi semua daftar isiannya yah. Hingga sampai pada tampilan seperti ini

 Sampai di sini kita menjadi tahu  bahwa katalog di whatsapp business sangatlah mudah untuk kita settting. Nah, lalu bagaimana cara buat katalog di wa business, terutama bagaimana memasang produk  di sana.

Pasang Produk Katalog Whatsapp Business

Jika fitur bisnisnya sudah Anda lengkapi, kita lanjutkan ke membuat Katalog WA alias pasang produk  katalog whatsapp  business.  Langkah-langkahnya hampir mirip seperti  cara buat katalog di wa business di atas,  yuk simak bersama langkahnya;

  1. Kembali dulu ke  TITIK TIGA dibagian kanan atas; lalu pilih SETELAN; lalu pilih KATALOG
  2. Perhatikan tutorial gambar ini
  3. Lanjutkan dengan Klik Tombol Hijau dibagian kanan bawah, lalu lengkapilah
  4. Postinglah 10 FOTO PRODUK Anda di bagian Gambar. Gunakanlah foto yang sudah dipelajari di kelas Canva bersama guru saya Om @Ricarde De Melo
  5. NAMA ITEM itu adalah Judul dari Penawaran Anda, pasanglah hingga 26 karakter (huruf dan spasi). Pastikan judul yang terpasang menggunakan wow effect yah…Contoh Judul Wow Effect:
    Free Ongkir Hari Ini, Terima COD area Jogja, Buy 1, GET 3, Bonus Parfum untuk Produk ini, Beli Rumahku, sekaligus nikahi aku, Paket 2 in 1, Ricardo + Dosen Jualan (kalo yang ini maksa banget yah), hanya di Mentoring IDEA.
  6. HARGA, dibagian ini pasanglah harga dari Produk Anda. Boleh pasang harga sebenarnya, atau pasang harga tidak sebenarnya, misalnya Rp.123, Rp. 12345 (tentang plus minusnya pasang harga dan tidak pasang harga ini bisa Anda tontong penjelasannya disini, https://www.youtube.com/watch?v=-SB_qK_tHls)
  7. Kliklah menu TAMBAHKAN BIDAN untuk membuka fitur pelengkap lainnya.

Cara Menambahkan Deskripsi pada Whatsapp Business

  1. Ada DESKRIPSI, Isilah penjelasan singkat dari produk Anda disini, sedetail mungkin yah. Tapi jangan terlalu panjang, maksimal 4 paragraf. Totalnya maksimal 22 baris dari atas ke bawah. Paragraf Pertama : Isilah dengan kalimat pertanyaan yang menggiring ke persepsi produk Anda.Contoh : Anda kangen dengan Masakan Ibu Anda?, Tiap bangun pagi, kepala Anda terasa berat?Paragraf Kedua : Tawarkan SolusiContoh : Tenang, kami punya solusinya, bumbu instan kami terbukti membuat anak rantau tambah menangis tersedu-sedu di hari lebaran, karena rasa rindu makin dalam.

    Paragraf Ketiga : Deskripsi Produk, jelaskan keunggulan produk Anda.

    Paragraf Keempat : Kontak Admin Anda

  2. KODE ITEM, ini tidak penting sih untuk diisi, abaikan saja. Kecuali Anda mau bikin kode promosi khusus
  3. Jika sudah jadi hasilnya akan seperti ini
  4. Dapatkan link masing-masing katalog dengan menyebarkan link katalognya kemana saja. Link katalog bisa Anda dapatkan dengan klik gambar RANTAI seperti yang anak panah merah itu tunjuk yah. Sebarkan di Facebook Anda, BIO Instagram Anda, taroh juga di Google Maps Anda. 

Bagaimana  cukup mudah bukan membuat katalog wa bisnis?  Syaratnya anda harus mempunyai  foto produk yang bagus dan menarik. Nanti baru kita upload di katalog agar  menarik perhatian customer. 

Fitur Whatsapp Business yang Lainnya

Nah, selain kita dapat menerapkan cara buat katalog di wa business ternyata anda juga dapat memanfaatkan fitur whatsapp business. Di antara fitur itu adalah balasan di luar jam kerja, fitur greeting message wa bisnis, balas cepat  atau autoreply,  dan fitur label. Daripada bingung seperti apa fiturnya,  mari  kita simak bersama penjelasannya di bawah ini.

  1. Balasan di luar jam kerjaFungsinya adalah membuat balasan otomatis jika ada chat masuk di luar jam kerja. Fitur ini harus kita nyalakan dulu, lalu buatkan format balasan otomatisnya, jam kerja akan merujuk pada jam kerja yang yang Anda tulis sebelumnya di Fitur Bisnis.
  2. Salam; . Jika ada orang baru yang WA Anda, atau orang itu sudah 14 hari berturut-turut gak pernah lagi WA Anda, makan balasan salam otomatis ini akan menjawab mereka secara otomatis. Fitur ini harus Anda nyalakan dulu, lalu buatkan format balasan otomatisnya.
  3. Balas Cepat; Biasanya untuk Oslhop, pertanyaan yang sering muncul dari konsumen selalu saja berulang, maka tentu jawabannya juga demikian, sama dan berulang. Biar gak capek buatlah, format template jawabannya di sini. Biasanya yang sering mereka tanyakan adalah nomor rekening, alamat, maka buatlah jawabannya. Fitur ini harus Anda nyalakan dulu, lalu buatkan format balasan otomatisnya.
  4. Label; Mungkin nantinya ada chating yang butuh konfirmasi lagi dalam 2 hari kedepan atau beberapa hari kedepan. Atau mungkin chat itu penting buat Anda, bolehlah Anda kelompokkan dengan label khusus. Mirip dengan pasang bintang di percakapan WA.

Keempat fitur di atas akan kita ulas secara mendalam  setelah cara  buat katalog  di wa bussines  berikut ini.  Kita akan belajar tentang  fitur-fitur yang lain berikut cara menyettingnya.  Oke, sudah masuk sesi terakhir materi,  sekarang saatnya untuk mempraktekkan materi cara buat  katalog di wa business di atas. 

Cara Agar Katalog Tidak Gagal dengan Langsung Mengeksekusinya

Mumpung masih hangat, kita  dapat segera menerapkan cara buat katalog di  wa business di  atas. Dengan cepat membuatnya maka kita meminimalisir cara agar katalog tidak gagal karena kita dapat langsung bertanya kepada admin apabila ada kegagalan.  Oleh karena itu langsung saja kita praktekkan dengan langkah-langkah berikut ini;

  1. Buatlah minimal 1 katalog WA sebelum.
  2. Kami akan bantu Anda untuk mereviewnya. (tanyakan kepada admin kampus dosen jualan apabila terdapat kendala).
  3. Pertanyaan boleh dikirim pada jam kerja. 
  4. kami akan jawab pertanyaan yang masuk secara japri ataupun di konten kami selanjutnya. 

Itulah tadi sekilas  tips membuat  katalog whatsapp  bisnis untuk memasang produk dengan murah dan menarik.  Semoga  tips ini dapat bermanfaat dan salam inspirasi.

Baca juga :   Cara Membangun Backlink Berkualitas Bersama Didik Arwinsyah