Fitur Katalog Whatsapp Business untuk Digital Marketing Makin Mudah

fitur katalog whatsapp business

Fitur Katalog Whatsapp Business – Halo Sobat KDJ di manapun kamu berada. Pada kesempatan kali ini kami berdoa semoga senantiasa tercurahkan kesehatan untuk kita semua. Gimana belajarnya minggu ini? Masih semangat dong? Masih luar biasa pastinya. Jualan online harus semangat membara 45. Hehe. Ngomong-ngomong soal jualan online pasti akrab sekali dengan yang namanya toko online. Toko aja online lho, berarti etalasenya online juga dong? Yapp. Kali ini kita akan membahas etalase online yang ada di aplikasi WA bisnis. Fitur katalog whatsapp business adalah etalase untuk para pebisnis online memajang produknya. Kemudian apa saja yang perlu kita perhatikan sebelum merancang dan menata list produk di WA Bisnis kita?

Pernah kebayang gak ada satu aplikasi yang akan mewadahi gairah jualan kita sekaligus gampang untuk kita operasikan? Sepertinya bakat tersebut patut kita sematkan pada aplikasi WA business. Aplikasi yang berwarna hijau tua dengan logo bertuliskan huruf B tersebut ternyata menyimpan banyak potensi untuk jualan. Fitur yang harus kita pelajari untuk mulai berjualan di WA adalah fitur list produk. Apa saja kah isi dan menu yang ada di Katalog Produk Whatsapp? Berikut ini adalah unsur dari fitur di WA business ini untuk mempermudah kita dalam ber digital marketing ria.

1. Manajer Katalog

Ini adalah pintu utama atau menu utama di mana kita bisa mengedit, menata, mengelola, dan menambahkan daftar produk kita di WA. Di menu ini berisi list produk kita yang bisa dilihat oleh customer saat membuka profil WA kita. Caranya membukanya adalah dengan klik Setting -> Fitur Bisnis -> Katalog -> Manajer Katalog. 

Baca juga :   Dari Piyungan Branding Perguruan Tinggi Kota

Digital Marketing di WA itu Murah meriah. Kita hanya membutuhkan biaya whatsapp business hanya 0 rupiah alias gratis.

2. Tautan Manajer Katalog

Fitur di WA business ini juga mempunyai unsur tautan agar memungkinkan kita untuk membagikan katalog yang ada di akun WA kita. Dari fitur tautan ini kita bisa membagikan katalog dalam bentuk link agar semakin dapat diakses oleh banyak orang. Apabila kita berada di fitur Manajer katalog, maka kita akan melihat gambar link di pojok kanan atas. Nah di sanalah kita dapat mengcopy ataupun langsung membagikan daftar produk ke kontak/grup yang kita tuju. Cukup mudah bukan?

3. Gambar Produk

Gak bosen-bosen pak Dosen selalu bilang kepada anak didiknya agar memperhatikan betul kualitas dan estetika dari foto produk yang akan kita pasang. Namanya customer pasti nyari produk yang bening kan ya. Alias menarik dan memanjakan mata. Oleh karena itu kita harus menyiapkan sedikit kreatifitas untuk membuat foto produk yang menarik. Tidak perlu mahal sebenarnya, karena kita dapat membuat foto produk hanya dari meja kerja kita. Caranya adalah dengan menyiapkan studio foto kecil dalam bentuk BOX untuk kita nantinya mengambil foto produk. Dengan penerangan seadanya kita sudah bisa membuat foto produk yang kece dan memanjakan mata customer lho. Foto itu nantinya akan sangat berguna untuk mempercantik list produk kita di whatsapp business. Iya kali customermu bakalan melengos kalau foto produkmu aja udah kece? Hehe

4. Nama Katalog

Nah ini penting juga untuk kita perhatikan selama pembuatan list produk di whatsapp business. Nama etalase toko online sangat mempengaruhi bagaimana customermu menemukan produkmu. Buatlah nama list produk dengan kata kunci yang biasa dicari oleh customer. Selain kata kunci, para customer juga tertarik dengan nama katlog yang simpel namun mudah mereka ingat. Kita boleh memberinya nama dengan hal yang unik. Tips nya adalah kita harus paham betul spesifikasi produk kita agar bisa membuat nama katalog yang menarik dan simpel.

Baca juga :   Training Digital Marketing di KDJ Hadir dengan Format Baru lho. Cek di Sini!

Cara Membuat Katalog di Whatsapp harus memenuhi unsur estetika, informatif, dan persuasif.

5. Harga Produk

Apabila kita berada di menu Manajer Katalog maka akan ada kolom untuk mengisikan harga produk setelah kita selesai mengupload semua gambar atau foto produk. Kita dapat mencantumkan harga produk kita sesuai dengan gambar yang telah terpasang. Kalau memang harga dari produk kita banyak varian, maka bisa mencantumkan harga itu di bagian body foto. Namun kita juga harus menampilkan harga produk di kolom tadi ya, agar memudahkan customer untuk mengestimasi harga produkmu.

6. Deskripsi Produk

Ini juga tidak kalah pentingnya. Deskripsi produk adalah jalan bagi customer untuk memahami produkmu seutuhnya. Di bagian deskripsi produk ini nantiya kita dapat menyampaikan spesifikasi dan fungsi dari produk kita untuk customer. Memang bagian deskripsi ini tidak boleh terlalu panjang, karena cukup terbatas. Oleh karena itu kita dapat membuat penjelasan yang singkat dan mudah terpahami. Deskripsi produk juga dapat kita letakkan di bagian body foto untuk lebih menghemat ruang. Hal ini juga akan mempermudah customer dalam memilah-milah produk yang akan mereka beli.

7. Kode Item

Nah, kita sampai pada fitur katalog yang terakhir yakni kode item. Sebenarnya kode item tidak wajib ada dalam sebuah list produk di whatsapp business. Namun keberadaannya akan semakin memudahkan customer dalam melakukan pemesanan produk kita nantinya. Bagaimana cara kerja pemesanan produk oleh customer dengan kode item itu? Caranya adalah dengan mencantumkan kode item di bagian keterangan foto. Dengan adanya kode item ini, para customer juga dapat langsung memesan produk dengan cara meng-klik Kirim Pesan ke Bisnis. Gimana cukup mudah bukan? Oiya jangan lupa untuk membuat kode item dengan singkat menggunakan kombinasi huruf dan angka agar lebih memudahkan customer untuk menghafal produknya.

Baca juga :   Jangan Menunggu Sempurna Untuk Bergerak

WA Business adalah aplikasi yang sangat mudah untuk kita operasikan untuk keperluan Digital Marketing

Itulah ketujuh unsur di dalam fitur katalog whatsapp business untuk digital marketing yang makin mudah. Sebagai seorang pelaku bisnis digital marketing tentunya kita harus mengetahui setiap kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi tertentu. Di era yang serba cepat, selain kita harus pandai menyesuaikan diri juga harus pandai mengefektifkan kinerja kita. Kita tidak boleh hanya kerja keras, melainkan juga harus kerja cerdas. Termasuk dalam soal cara membuat daftar produk di whatsapp.

WA merupakan aplikasi yang sangat mudah pengoperasiannya. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memanfaatkan whatsapp dengan sebaik mungkin. Di dalam fitur whatsapp terkandung semua keperluan untuk digital marketing, seperti untuk Customer Service, Online Marketing, maupun untuk penjualan. Apabila kamu belum membuat daftar produk untuk bisnis kamu di Whatsapp maka haruslah segera dibuat. Customer tentunya senang apabila mereka dapat menemukan informasi mengenai produk tanpa harus membuka aplikasi lain. Itu tadi sedikit informasi mengenai fitur katalog whatsapp business yang bisa kamu coba terapkan di bisnis kamu. Nantikan info selanjutnya dari KDJ terkait WA Marketing dan info-info mengenai digital marketing lainnya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk terus belajar.