Fitur Whatsapp untuk Marketing yang Paling Penting

Fitur whatsapp untuk marketing

Fitur Whatsapp untuk marketing – Duh, denger-denger banyak pengguna Whatsapp bakal pindah platform nih. Semua itu karena whatsapp memperkenalkan peraturan privasi baru yang cukup memberatkan penggunanya. Di antaranya adalah keharusan untuk membagikan privasinya untuk kepentingan Youtube. Tapi tenang, Sob. Pemerintah Indonesia, melalui Kominfo, saat ini sedang melakukan konfirmasi ulang kepada pihak Whatsapp terkait hal tersebut. Jadi buat kamu yang mengandalkan fitur whatsapp untuk marketing, jangan panik ya gaes. Karena siapa tahu masih ada masa depan kamu sama whatsapp. Hehe

Whatsapp memang telah bertransformasi menjadi platform komunikasi sejuta umat. Faktanya adalah hampir semua pemiliki telepon genggam menginstall aplikasi whatsapp di alat selularnya. Mungkin juga fakta inilah yang membuat whatsapp memperketat aturan privasi. Nah, meskipun saat ini whatsapp sedang di fase genting, justru inilah saatnya untuk berlomba-lomba menggaet customer dari platform yang satu ini. Ada banyak fitur whatsapp untuk marketing yang harus kamu tahu. Fitur ini sangat penting karena akan menjadi senjata andalan untuk mendapatkan customer baru. Apa saja fiturnya? Yuk simak fitur whatsapp untuk marketing yang paling penting.

1. Nama Bisnis

Gimana cara agar bisnis kita gampang ditemukan oleh orang? Apa lagi kalau bukan memasang kata kunci andalan di setiap nama akun kita. Tidak terkecuali memasang kata kunci di nama akun WA Bisnis ya Sobat. Untuk nama bisnis yang akan kita pampang di whatsapp haruslah memakai kata kunci yang menarik dan paling banyak dicari oleh orang. Dengan begitu bisnismu akan lebih gampang orang mengenalnya karena mempunyai ciri khas dan karakter unik. So, udah punya nama apa nih buat bisnismu nanti? Hehe

Baca juga :   Jago Digital Marketing dengan Whatsapp Bisnis dan Fitur-fiturnya

Prinsip WA Marketing selain mengumpulkan database kontak, juga adalah bagaimana mempercantik akun.

2. Deskripsi Bisnis

Ternyata eh ternyata, kata kunci produk itu gak cuma ada di Name Bisnis lho sobat. Apabila kita menanam kata kunci juga di deskripsi bisnis, maka akan lebih powerfull lagi. Deskripsi bisnis itu ibarat nama panjangmu. Sedangkan Nama bisnis adalah nickname kamu atau nama panggilan. Namanya nama pasti sangat penting untuk produk kita. Pertama kali yang terkenal tentunya adalah nama. Baru nanti logo, dan sebagainya. Oleh karenanya jangan sampe lupa memberi deskripsi bisnis di whatsapp kamu ya sobat.

3. Kategori Bisnis

Kategori bisnis ini juga penting lho buat menentukan kelayakan akun whatsapp mu untuk berjualan secara online. Untuk lebih meningkatkan performa whatsapp bisnis, kita perlu mengkategorikan bisnis dengan tepat. Misalnya kamu berbisnis pakaian anak-anak dan perlengkapan bayi. Maka pasanglah kategori bisnismu berdasarkan jenis, misal cloth. Jangan sampai kamu memasang kategori yang tidak sesuai dengan produkmu. Bisa kacau nanti.

4. Alamat Bisnis

Nah ini yang tidak kalah penting ketika ingin mempraktikan cara promosi lewat whatsapp. Sebelum memasang alamat bisnis di whatsapp, alangkah baiknya kamu sudah mempunyai titik di Google Maps ya sobat. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk menentukan titik alamat bisnis di Whatsapp. Saat ini proses menentukan titik di google maps sudah gampang banget kok.

5. Jam Kerja

Tentunya banyak yang bertanya kenapa jam kerja bisnis juga sangat penting kita atur sebelum berjualan dengan whatsapp. Karena jam kerja adalah acuan customer untuk menghubungimu. Customer bisa memilih waktu untuk bertransaksi pasti ketika tokomu sedang aktif atau buka. Oleh karena itu buatlah jam kerja di akun WA Bisnismu dengan jelas ya, biar customer gak bingung.

Baca juga :   Tools Digital Marketing Gratis Cocok Untuk Pemula

6. E-Mail

Lho, emang whatsapp bisnis ada e-email nya segala? Iya dong. Fungsi email di whatsapp bisnis adalah sebagai indikator bahwa bisnismu benar-benar terpercaya. Karena saat ini komunikasi formal masing menggunakan email. Kalau tokomu memasang alamat email, tentunya itu adalah sebuah tanda jika tokomu adalah toko yang terpercaya. Hehe

Strategi whatsapp marketing adalah di samping kita jualan, kita juga harus melakukan edukasi customer

7. Alamat Website

Apa sih fungsinya alamat website kok harus kita pasang di whatsapp bisnis segala? Fungsi dari kita memasang alamat website juga seperti ketika kita memasang email. Customer jadi lebih percaya terhadap sebuah toko apabila kita mempunyai alamat website apalagi yang berdomain berbayar. Performa tokomu akan lebih mantap apabila website tersebut berisi katalog dan edukasi produk. Jadi para customer akan senang datang ke tokomu karena tidak hanya dituntut untuk belanja melainkan bisa juga belajar.

8. Katalog Bisnis

Siapa sih customer yang gak dimanjakan sama foto-foto produk dan penjelasan yang kece abis? Kamu juga boleh mengoptimalkan strategi whatsapp marketing melalui fitur katalog bisnis. Misalnya nih dalam memberi deskripsi produk, kamu boleh juga memasang kata kunci produk yang spesifik biar produkmu makin ter-up lagi. Enaknya memakai katalog bisnis di whatsapp adalah kita bisa mencantumkan katalog bisnis lebih dari satu. Namun harus tetap satu produk ya sobat. Boleh banyak varian tapi tetap harus satu produk.

9. Nama Profil Whatsapp

Nah ini juga tidak kalah penting. Nama profil WA beda dengan nama bisnis ya sobat. Tapi tidak menutup kemungkinan juga sama. Nama profil ini berguna nanti ketika para customer belum menyimpan nomor kita. Inilah manfaatnya, yakni mereka dapat melihat profil bisnis kita dari sini.

Baca juga :   Fitur Katalog Whatsapp Business untuk Digital Marketing Makin Mudah

Seorang Pebisnis yang melakukan strategi WA Marketing harus bisa membedakan ranah bisnis dan ranah pribadi, salah satu penerapannya adalah soal nomor telepon

10. Nomor Telepon

Ini yang paling pamungkas kayaknya. Jadi nomor telepon sangat penting bagi keberlangsungkan whatsapp bisnis kita. Nomor telepon untuk bisnis harus kita bedakan ya dengan nomor untuk pribadi. Karena ini ranahnya sudah berbeda. Ya kali mau broadcast promosi produk jatuhnya malah ngirim pesan ke calon mertua, kan jadi gak enak. Untuk mempermudah pembedaan nomor bisnis dan nomor pribadi ini sangat kita sarankan untuk memasang dua nomor dalam satu handphone. Tenang, rata-rata hape zaman sekarang sudah dual SIM. Jadi bakal lebih memudahkan kamu buat berbisnis melalui whatsapp.

Nah itu tadi sekilas mengenai fitur whatsapp untuk marketing paling penting yang harus kita ketahui. Kamu bisa makin jago wa marketing kalau sudah terbiasa memakai aplikasi yang satu ini. Materi whatsapp marketing ada banyak lho di Internet. Kamu bisa mempelajarinya sendiri ataupun melalui guru. Ngomong-ngomong soal belajar digital marketing, kamu bisa mampir ke Kampus Dosen Jualan. KDJ adalah tempat untuk belajar digital marketing yang paling tepat di sekitaran Yogyakarta. Saat ini KDJ sudah mempunyai cabang di lima kota hingga tahun 2021. Jadi buat kamu yang tidak berdomisili di Yogyakarta, boleh juga mengikuti kelas di kota lain, seperti Tangerang, Cibubur, Makassar, dan lain-lain. Kamu juga bisa lho belajar di KDJ via daring. Ada banyak pilihan kelas di KDJ untuk memudahkan bisnis kamu ke depannya.

Sudah siap belajar bersama KDJ belum? Di KDJ semua mimpi menjadi lebih gampang untuk diraih. Jangan lupa terus simak postingan kita. Semoga bermanfaat.