Tugas Admin Digital Marketing Makin Mudah dengan Aplikasi Berikut Ini

tugas admin digital marketing

Tugas admin digital marketing atau yang kerap kita sebut Customer Service (CS) sangatlah berat. Mereka harus melayani pertanyaan dari customer maupun calon customer yang akan membeli produk atau bahkan Cuma sekadar iseng. Untuk lebih memudahkan jobdesk CS marketing, maka kita memerlukan aplikasi dan tools yang gampang dioperasikan dan sesuai kebutuhan perusahaan. Aplikasi dan tools yang akan CS gunakan harus sesuai dengan skala perusahaan. Apabila kamu mempunyai toko online yang sedang bertumbuh, maka ada satu aplikasi yang cocok dan memanjakan tugas admin toko online kamu. Aplikasi apakah itu?

Tugas Marketing Online

Oke, sebelum membahas aplikasi yang akan memanjakan tugas admin digital marketing, ada baiknya kita simak dulu apa saja kerja CS toko online yang sangat bejibun itu. Tentunya kerja seorang CS tidak sekadar menjawab pertanyaan dari customer dan calon customer ya Sobat KDJ. Tugas mereka juga di antaranya melakukan fungsi pemasaran. Secara tidak langsung mereka juga akan menawarkan produknya apabila ada calon customer yang bertanya atau menghubungi. Tugas admin marketing ini akan lebih mudah apabila menggunakan aplikasi Whatsapp Bisnis. Yapp, aplikasi sejuta umat yang bikin kinerja CS jadi lebih mudah. Kemudian apa sajakah fitur dari WA Bisnis yang bakalan memanjakan jobdesk CS toko online kamu? Yuk simak fitur dan penjelasannya,

Tugas Admin Online Marketing

Ini dia fitur dari WA Bisnis yang bakalan memanjakan tugas admin digital marketing kamu. Fitur katalog adalah fitur WA Bisnis yang memungkinkan kita dapat memasang foto dan deskripsi produk sehingga dapat terlihat oleh customer. Fitur ini cocok buat memudahkan tugas admin digital marketing, lho. Terus gimana cara membuat dan menata katalog produk di WA Bisnis. Caranya gampang kok sob. Pertama kali buka whatsapp bisnis kamu, kemudian Klik Setting -> Fitur Bisnis -> Katalog, Nah di sini kamu sudah ada di menu Manajer Katalog. Itu artinya kamu sudah siap mengatur dan menata katalog produk kamu.

Baca juga :   Belajar Bisnis Online dari Nol di KDJ Saja !

Pada bagian pojok kanan bawah terdapat tanda +. Itu adalah tombol untuk menambahkan katalog produk yang kamu inginkan. Setelah mengklik tombol +, maka kita akn sampai di Menu Tambahkan Katalog. Di sini kita bisa menambahkan foto, nama, dan juga harga produk yang kita jual di toko kita. Mudah kan? Apabila ingin menambahkan katalog lain bisa kamu klik Tambah Bidang.

Oiya sobat, Katalog Produk ini bisa kita share juga menjadi link untuk dibagikan ke grup-grup whatsapp lho. Caranya adalah di Manajar Katalog, kemudian klik icon link yang ada di pojok kanan atas lalu Salin Tautan. Dengan link tersebut, tugas admin penjualan maupun tugas digital marketing menjadi lebih mudah karena tidak perlu lagi membuat katalog di website.

Gaji Seorang Digital Marketing

Siapa sih yang tidak pengen bisa membalas pesan customer dengan cepat tanpa perlu ribet? Tenang sob, itu sudah ada jurusnya. Salah satu kekurangan WA Bisnis mungkin adalah admin tidak bisa membalas customer secara otomatis, karena memang WA di desain untuk komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli. Namun kita bisa menambahkan fitur balas otomatis ini dengan aplikasi tambahan yang bernama whatsauto. Apakah anda baru mendengarnya?

Dengan aplikasi whatsauto, kita bisa mengaktifkan pesan balasan secara otomatis apabila ada customer yang menghubungi kita. Caranya mengaktifkannya adalah Buka aplikasi Whatsauto, kemudian aka nada tiga menu di sana, yakni Home, Contact, dan Statistic. Ketiganya mempunyai fungsi masing-masing. Home berfungsi untuk menuliskan pesan apa yang ingin kita kirimkan secara otomatis. Sedangkan Contact berfungsi untuk memilih kepada siapa saja pesan otomatis terkirimkan. Sedangkan statistic berfungsi untuk melihat statistic pesan otomatis yang telah kita kirimkan. Agar selalu dapat mengirimkan pesan otomatis, jangan lupa untuk mengaktifkan Jawab Otomatis di bagian Home.

Baca juga :   Cara Mencari Supplier Baju Import untuk Dijual Eceran Secara Online

Tugas Marketing

Sebelum mensetting pesan di luar jam kerja, kita harus menentukan terlebih dahulu jam kerja toko online kita. Caranya adalah masuk ke Whatsapp BIsnis, kemudian klik Fitur Bisnis -> Profil Bisnis -> di pojok kanan atas klik gambar pensil. Lalu editlah jam kerja untuk toko kamu. Jam kerja dapat disesuaikan dengan jam kerja kantor atau toko, misal dari Senin-Jumat atau Senin-Sabtu. Kita juga dapat mengatur jam aktif toko misal dari jam 7 sampai jam 5 sore, dan sebagainya.

Setelah itu barulah kita dapat masuk ke halaman untuk mensetting pesan di luar jam kerja. Caranya adalah Klik Setting -> Fitur Bisnis -> Pesan di Luar Jam Kerja. Pertama-tama kita harus mensetting kalimat apa yang akan kita kirimkan untuk membalas pesan di luar jam kerja. Kemudian kita mensetting Jadwal pengirimannya. Lalu kita mensetting siapa saja yang akan mendapat pesan otomatis tersebut. Setelah mensetting semuanya, jangan lupa untuk mengklik tombol Simpan/ Save di Pojok kanan bagian atas. Melalui fitur ini, tugas seorang CS untuk selalu ada buat customer akan jadi kenyataan.

Skill Seorang Digital Marketing

Pertama-tama kita harus mengklik tombol Setting -> Fitur Bisnis -> Quick Reply atau Balas Cepat. Nah di menu balas cepat itu kita dapat menentukan balasan apa yang tepat untuk pertanyaan yang dilontarkan oleh customer. Prinsipnya menggunakan kata kunci. Jadi saat customer ingin menanyakan sesuatu, semisal tentang harga layanan, maka kita ambil saja kata kuncinya “harga layanan”. Kemudian dari sana kita dapat menentukan balasan apa jika setiap kali ada yang bertanya seputar harga layanan. Begitupun dengan kata kunci lainnya, semisal ada yang bertanya mengenai contoh produk, maka kita harus sudah mensetting jawaban untuk kata kunci “contoh produk”, agar nantinya pertanyaan mereka dapat terjawab dengan cepat dan otomatis.

Baca juga :   Cara Belajar Facebook Ads untuk Pemula dengan Panduan Lengkap

Staff Marketing adalah

Jadi admin atau CS itu memang kudu pandai-pandai memilah dan menyeleksi. Untungnya kerjaan itu sudah dipermudah dengan kehadiran fitur Label yang ada di Whatsapp Bisnis. Gimana cara mengkategorisasikan chat berdasarkan tingkat kepentingannya atau prioritasnya?

Oke, sekarang kita klik Setting -> Fitur Bisnis ->Label. Setelah berada di fitur label kita akan diberi contoh pengelompokkan pesan, yang tentunya dapat kita tambahkan sesuai kebutuhan. Misalnya adalah Pelanggan baru, menunggu pembayaran, terbayar, tunggu transfer, pre order, terkirim, dan lain-lain.  Melalui pengelompokkan ini kita dapat membuat broadcast yang sesuai untuk customer yang bersangkutan. Gimana? Mudah bukan menyeleksi banyaknya chat dari customer yang masuk?

Tugas Marketing Online

Nah itulah beberapa fitur-fitur dari whatsapp bisnis yang bakal memanjakan tugas admin digital marketing maupun toko online. Kalau ada yang mudah kenapa harus memilih yang susah? Dengan adanya aplikasi whatsapp bisnis ini kinerja admin penjualan toko online akan semakin mudah. Sudah mencoba semua fitur whatsapp bisnis buat memudahkan CS belum nih? Yuk dicoba sob. Kalau belum bisa Belajar di KDJ aja. Hehe