Cara Buat Katalog Whatsapp Business Bermodal Ilmu Dasar Digital Marketing

cara buat katalog whatsapp business

Cara Buat Katalog Whatsapp Business –Tentunya kalian belum bosan kan dengan materi digital marketing whatsapp Kampus Dosen Jualan? Seminggu full kita akan belajar digital marketing whatsapp, khususnya terkait aplikasi whatsapp bisnis. Whatsappp memang aplikasi yang tidak bisa kita remehkan. Semakin sederhana pengoperasian sebuah platform, maka akan semakin banyak cara kita untuk mengotak-atik fiturnya sehingga dapat kita gunakan untuk jualan online. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara buat katalog whatsapp business dengan hanya bermodalkan photoshop dan ilmu dasar digital marketing.

Bagi kalian yang berprofesi sebagai pebisnis online, tentunya akan berusaha dengan sekuat tenaga agar produk kita dapat menjangkau customer. Salah satu cara yang ampuh agar produk kita dapat diketahui customer adalah dengan membuat katalog. Katalog ini sekarang ada dua jenis, yakni katalog biasa dan katalog online. Dalam tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat katalog online di whatsapp bisnis. Katalog online ini berbentuk foto dengan gambar dan penjelasan produk. Kita akan mendapatkan banyak manfaat apabila dapat membuat katalog whatsapp business sendiri. Salah satu manfaat itu adalah kita dapat mempersuasi customer secara lebih maksimal dengan keunggulan produk. Lalu bagaimana cara buat katalog whatsapp business dengan bermodal photoshop dan ilmu digital marketing ala Kampus Dosen Jualan. Yuk, simak caranya.

1. Pasanglah 10 Gambar Produk untuk Memanjakan Customer

Semakin banyak pilihan maka cusromer akan semakin senang. Siapa yang tidak senang apabila diberikan banyak pilihan ketika belanja? Tentunya semua orang senang. Kita dapat membuat varian foto produk dengan teknik fotografi yang sederhana dan editing sedikit lewat photoshop. Kampus Dosen Jualan menyarankan kepada kalian untuk memasang 10 gambar, dengan begitu customer dapat melihat-lihat produk sementara mereka memantapkan hati untuk membeli. Jangan lupa kita harus membuat foto produk yang berbeda ya antara satu dengan yang lainnya, agar customer tidak bosan.

Cara Membuat Katalog Online

b. Buat Katalog dalam Format Swipe

Nah, jaman sekarang lagi musimnya konten microblog nih. Apa sih microblog itu? Microblog adalah gabungan informasi-informasi yang kita jadikan dalam satu media agar dapat dinikmati oleh pembaca. Microblog biasanya ada dalam bentuk format swipe. Jadi kita bisa menikmati sajian informasi dengan hanya menggeser saja. Kita juga bisa lho menerapkan format swipe ini di katalog whatsapp business kita. Caranya adalah upload foto satu per satu dari yang pertama hingga yang ke-10. Katalog itu nantinya dapat memudahkan customer karena mereka hanya akan geser-geser saja. Cara membuat katalog online format swipe ini dapat kita lakukan dengan memanfaatkan aplikasi corel ataupun photoshop ya sobat KDJ.

Baca juga :   Kelas Marketplace, Supaya Sukses berjualan di Marketplace

c. Pasang Deskripsi Produk di Dalam Gambar

Nah ini salah satu ciri khas KDJ ketika menerapkan cara membuat katalog online. Jadi kita dapat memasang deskripsi produk justru tidak di luar gambar tetapi di dalam gambar. Maksudnya gimana? Jadi foto produk itu selain berisi gambar juga berisi penjelasan atas produk yang bersangkutan. Jadi kita tidak perlu membuat deskripsi lagi untuk menjelaskan produk kita. Hal ini selain memudahkan customer ketika memilih produk juga dapat memudahkan mereka ketika ingin memesan produk.

d. Swipe Pertama harus Mengandung AIDA

Nah, kita mulai masuk ke tahap penerapan ilmu digital marketing ya sobat. Jadi ketika membuat katalog online di whatsapp, pertama-tama kita harus memasang foto dan deskripsi produk yang mengandung iklan AIDA. Apaan tuh? Jadi, AIDA itu adalah Attention, Interest, Desire, dan Action. AIDA ini adalah rumus baku untuk mendapatkan perhatian dari customer. Lalu apa saja yang harus kita lakukan agar swipe pertama kita mengandung AIDA?

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Caranya adalah kita harus membetot perhatian si customer entah itu dengan copywriting ataupun foto produknya. Perhatian ini penting, karena sekali customer teralihkan maka mereka akan betah dengan katalog kamu. Tapi jangan cuma sampai di situ ya sobat, selain membetot perhatian kita jua harus membuat customer bisa interest dengan produk kita. Inilah manfaat belajar digital marketing. Interest bisa kita ciptakan dengan membangun simpati kita buat customer. Misalnya nih kita bertanya kepada mereka terkait permasalahan yang customer hadapi. Bikin pertanyaan yang mengena ya sobat. Karena dari sana nanti kita akan masuki alam bawah sadar customer dengan promosi produk kita. Hehe. Nah, jelaskan kelebihan produk ini di bagian Desire. Seorang customer harus mendapatkan suatu value setelah menyimak slide pertama kita Sobat. Setelah mendapatkan value tentunya mereka akan segera menyingsingkan lengan baju untuk mengambil tindakan atau Action.

Baca juga :   Mindset Pebisnis Online Sebagai Pegangan Awal Dalam Berbisnis

e. Swipe 2-4 Mengandung Promosi Produk

Di ketiga slide inilah kita dapat memperkenalkan produk kita ke khalayak ramai. Setelah kita mendapatkan perhatian dari customer di slide pertama, maka di ketiga slide ini kita harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk pengenalan produk. Sebelum memperkenalkan produk alangkah baiknya kita sudah paham betul dengan product knowldge nya. Dengan memahami produk knowledge kita akan lebih dapat meyakinkan customer untuk membeli produk kita. Jadi harus bangun keyakinan dirimu sendiri dulu ya Sobat, sebelum mempengaruhi orang lain untuk membeli. Hehe. Ini merupakan tips digital marketing yang paling dasar di bidang pemasaran.

f. Swipe 5-6 Mengandung Testimoni

Kedua slide ini adalah kesempatan bagi kita sebagai penjual untuk pamer testimoni nih. Katalog whatsapp bisnis harus mencantumkan testimoni agar customer semakin yakin dengan produk kita nantinya. Keberadaan testimoni berarti produk kita sudah banyak digunakan oleh orang lain. Serta sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Kita bisa membuat testimoni dari pelanggan lama, pelanggan baru, maupun orang yang sudah merasakan sendiri khasiat dari produk kita. Jadi penting setiap closing untuk meminta testimoni dari pelanggan ya sobat. Jangan sampai lupa.

Biaya Whatsapp Bisnis

g. Swipe 7 Mengandung Offering

Nah di slide ke tujuh ini kita bisa membuat sebentuk penawaran kepada customer agar mau membeli produk kita. Kita tawarkan saja kepada mereka tawaran yang menarik biar tidak ada kata tidak dalam kamus customer. Para customer sudah tinggal selangkah lagi nih untuk mengambil action sebelum membeli. Jangan lupa untuk menawarkan promo juga ya sobat. Agar customer semakin kalap. hehe.

h. Swipe 8 Mengandung Assurance

Pada slide ke delapan ini kita dapat memberikan jaminan atau asuransi atau suatu hal yang dapat menenangkan hati customer apabila mereka jadi membeli produk kita. Berilah jaminan yang membuat mereka tidak perlu takut lagi untuk mencoba produkmu ya sobat. Kita bisa memberika assurance lewat kalimat semisal, “Kalau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, uang akan kami kembalikan full 100%”. Dengan adanya assurance ini adalah suatu bukti kalau produk kita benar-benar mempunyai fungsi dan manfaat bagi customer.

Baca juga :   Menimba Ilmu di Sekolah Bisnis Online Terbaik?

i. Swipe 9 Mengandung CTA

Bagian terpenting dari digital marketing adalah CTA atau Call to ACTION. Biasanya kalau customer sudah membulatkan tekad untuk beli produk kamu, mereka akan berusaha mencari kontak yang dapat mereka hubungi. Berilah CTA yang mudah, dan kalau bisa dapat mereka akses lewat katalog ya sobat. Customer yang sudah berniat beli harus kita mudahkan agar lebih cepat dengan closing.

Cara Membuat Toko Online di Whatsapp

j. Swipe 10 Mengandung Limited Offer

Nah yang tidak kalah penting adalah limited offer atau penawaran terbatas. Jadi customermu harus tahu bahwa produkmu itu jumlahnya terbatas dan akan kehabisan apabila tidak lekas membeli. Ini akan semakin menambah hasrat mereka untuk membeli. Caranya menuliskan limited offer adalah dengan kata-kata seperti, “Buruan order, karena stok terbatas”, dan lain-lain.

Itulah tadi 10 komposisi gambar ketika menyusun katalog whatsapp business ala Kampus Dosen Jualan. Format itu telah teruji dengan apik ketika Dosen Jualan membuat konsep digital marketing untuk produk Mukena Distro. Alhasil beliau terkenal dengan jagonya whatsapp marketing di seanteor nusantara. Itu tadi sekilas mengenai ilmu digital marketing whatsapp seputar cara buat katalog whatsapp business yang harus kamu tahu. Simak tips menarik selanjutnya dari kami ya sobat. See youu