Cara Optimasi SEO Off Page Permudah Website Masuk Halaman Satu

cara optimasi seo off page

Kembali lagi dengan tips-tips seputar seo dari Kampus Dosen Jualan. Berhubung banyak yang bertanya terkait cara optimasi seo Off Page, maka tulisan ini akan membahasnya khusus untuk sobat semuanya. Kita pasti sudah mempunyai platform SEO entah itu dalam bentuk website ataupun blog. Akan sangat eman sekali apabila keduanya tidak dioptimasi agar dapat muncul di pencarian google.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebuah langkah optimasi akan dapat meningkatkan kualitas sebuah website atau blog. Suatu blog yang secara rutin dioptimasi maka akan semakin besar peluangnya muncul di halaman pertama mesin pencari. Siapa yang tidak bahagia bila websitenya berada di halaman pertama? Tentu semua orang sangat mendambakannya.

Apalagi sobat di sini yang mempunyai toko online, pasti akan memerlukan sekali yang namanya optimasi SEO di website atau blog. Karena dengan optimasi tersebut dapat meningkatkan penjualan atau setidaknya promosi secara gratis di pencarian google. Sebelum kita bahas cara optimasi SEO off page, yuk simak terlebih dulu apakah yang dimaksud dengan optimasi SEO.

Optimasi Seo Adalah

Bagi yang masih awam dengan SEO mungkin tidak begitu familiar dengan istilah optimasi SEO. Yak, Optimasi SEO adalah sebuah usaha untuk membuat website atau blog dapat nangkring di halaman pencarian google bahkan kalau bisa di halaman pertama.

Optimasi SEO bagi seorang pebisnis berarti usaha untuk meningkatkan penjualan karena dengan website yang berada di halaman pertama akan memperbesar peluang produk tersebut ditemukan. Kalau pebisnis seringkali membuat pelesetan untuk SEO dengan kepanjangan Supaya Entuk Orderan (Supaya dapat orderan). Ini tidak salah sebab memang tujuan utama kita optimasi SEO adalah agar produk kita laku lewat google.

Setidaknya Optimasi SEO adalah terdiri dari Optimasi SEO On page dan Off Page. Keduanya berbeda cara dalam melakukannya. Tapi keduanya harus berbarengan kita lakukan agar website atau blog dapat masuk ke pencarian google. Lalu apa perbedaan antara keduanya?

Perbedaan Seo On Page Dan Seo Off Page

Ada beberapa perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang perlu kita ketahui sebelum menerapkan cara optimasi SEO off page. Penjelasan di bawah ini mungkin dapat memberikan kepadamu terkait perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page;

  1. Seo On Page Adalah

Gampangnya adalah begini, jadi SEO On page  adalah usaha untuk memperkuat performa website dari dalam. Unsur-unsur yang ada di dalam web itu sendiri yang akan kita manfaatkan untuk memprkuat website. Jadi usaha yang dapat kita lakukan untuk SEO On Page adalah dengan meningkatkan kualitas konten artikel, memperbaiki deskripsi di website, mendaftarkan di google console, serta mempercantik tampilan websitenya.

  1. Seo Off Page Adalah

Sedangkan SEO Off Page adalah upaya kita dari luar website untuk dapat meningkatkan performa website di dalam mesin pencari. Karena kita butuh sokongan kekuatan dari luar, maka kita perlu pihak-pihak tertentu untuk menguatkan web. Salah satu teknik SEO Off Page adalah dengan Link Building antar website atau blog.

Baca juga :   Belajar SEO ya di Inkubator SEO KDJ, Kuasai Google naikkan penjualanmu

Nah, itu baru satu cara optimasi SEO Off Page. Masih ada caera lain untuk optimasi seo off page, seperti sharing di medsos, dan lain sebagainya. Kira-kira apa saja jenis dari SEO Off Page ya? Yuk simak pemaparan di bawah ini.

Yang Termasuk Seo Off Page Yaitu

Kita harus segera tahu apa yang termasuk SEO Off Page yaitu terdiri dari apa saja. Setelah tahu unsur-unsur nya maka kita baru dapat menerapkan cara optimasi SEO Off Page untuk website kita. Lalu apa saja yang termasuk SEO Off Page;

  • Link Building.
  • Memasukkan Website ke Platform Sejenisnya (Listing Website).
  • Menghubungkan dengan Google My Business.
  • Membagikan konten website ke medsos.
  • Menerapkan Email Marketing.
  • Mencari Sumber backlink terpercaya.
  • Dsb

Keenam cara di atas adalah yang termasuk SEO Off page. Mungkin ada cara cara optimasi SEO off page yang lain. Tetapi kita berfokus pada keenam aspek-aspek di atas dulu barulah kita bahas next step cara optimasi SEO off Page.

Cara Menerapkan Seo Off Page

Berikut adalah beberapa cara optimasi SEO Off Page yang dapat kamu tiru atau aplikasikan ke website maupun blog. Ingat, cara menerapkan SEO off Page ini membutuhkan bantuan dari pihak luar, jadi kamu harus rajin-rajin mencari jejaring dengan website lain. Dan tujuan dari cara menerapkan SEO off page ini adalah website kamu dapat mempunyai reputasi yang baik di depan google atau mesin pencari. Oke langsung saja kita bahas cara optimasi SEO off page beserta langkah-langkahnya;

  1. Link Building

Ada dua cara optimasi seo off page melalui link building yang dapat kamu coba. Pertama jika kamu mempunyai website, maka cara untuk optimasinya adalah dengan memperbanyak website PBN atau web pendukung website utama.

Baca juga :   Trik Jadul Iklan FB ADS yang Menguntungkan

Website PBN ibaratnya adalah pasukan-pasukan yang menyokong kekuatan sang website utama. Ada beberapa syarat untuk website PBN di antaranya adalah;

  • Mempunyai Domain authority dan page authority yang bagus.
  • Tidak website dengan spam score di atas 10%.
  • Bukan website judi, narkoba, miras, seks, dan porno.
  • Setema dengan web utama/ se niche.

Jika kamu mempunyai website pendukung dengan ciri-ciri di atas maka sangat bagus sekali untuk dijadikan sebagai PBN atau web pendukung. Nah, selain website pendukung dengan domain berbayar, kita juga dapat mencari PBN atau sumber link dari website gratisan seperti wordpress, blogspot, dan weebly.

Sedangkan jika ingin mengoptimasi blog atau website gratisan maka langkah link building yang bisa kita coba adalah dengan memperbanyak artikel dengan kata kunci sasaran. Cara ini juga cukup powerfull untuk meraih ranking satu google meskipun tidak permanen.

  1. Listing Website

Lalu cara optimasi SEO Off Page selanjutnya adalah dengan melakukan listing website. Caranya adalah dengan mencari website layanan yang setema dengan websitemu. Misalnya kamu punya website bertema perjalanan atau wisata, maka hubungkan website kamu dengan web layanan seperti trip advisor dan lain sebagainya.

Menghubungkan website kita dengan web semacam itu dapat memperbanyak traffic yang masuk dan dapat menambah reputasi kita di mata mesin pencari.

  1. Menghubungkan ke Google BIsnis

Google my business (baca: google maps) adalah salah satu indikator yang menandakan bahwa bisnis kamu benar-benar ada dan nyata. Maka dari itu jika kita mencantumkan domain web ke dalam google maps maka akan meningkatkan reputasi dari website tersebut.

Ini merupakan cara optimasi SEO Off page yang paling mudah karena google my business juga telah mencantumkan kolom untuk menuliskan website bisnis kita. Dari situ juga dapat meningkatkan reputasi website kita di depan mesin pencari lho sobat.

  1. Sharing Konten Web ke Media Sosial

Sebenarnya sharing konten web ke medsos ini lebih kepada upaya kita untuk meningkatkan traffic atau kunjungan yang masuk. Tetapi google juga sudah pintar sehingga google akan selalu mendeteksi aktifitas link kita di sosmed.

Baca juga :   Cara Promosi Menggunakan Email Marketing Pakai Tools Getresponse

Jika link yang kita bagikan di sosmed mempunyai interaksi (like, komen, share) yang bagus tentu itu dapat menjadi acuan google untuk menaikkan web kita lebih tinggi lagi.

  1. Mencari Sumber Backlink Terpercaya

Ingin website kamu dapat naik secara instan dan punya nama baik di depan mesin pencari? Lakukanlah cara optimasi seo off page dengan mencari sumber backlink terpercaya. Di antara sumber backlink terpercaya adalah website instansi pemerintahan, kampus/universitas, serta website media online mainstream.

Akan lebih baik lagi jika kamu mendapatkan sumber backlink ini melalui usaha sendiri, dan tidak melalui cara-cara gelap.

Contoh Seo Off Page

Cara optimasi seo off page ini akan susah untuk kita implementasikan kalau tidak dengan contoh seo off page yang jelas. Maka dari itu kita akan bagikan contoh seo off page agar kamu tidak bingung.

Jadi ilustrasinya begini; misalnya website instansi pemerintahan mencantumkan link yang mengarah ke website kamu. Maka secara otomatis google akan melihat web kamu ada kaitan erat dengan instansi tersebut. Maka secara otomatis google akan memberikan peringkat bagus untuk webmu. Beberapa cara agar website instansi memberikan link ke kamu adalah dengan mengisi acara di instansi atau ketika bisnismu diliput oleh instansi tersebut.

Itulah beberapa cara optimasi SEO Off page yang mudah dan cukup gampang untuk kita lakukan. Jika cara nomor 5 masih susah untuk dilakukan maka lakukan dulu yang mudah ya sobat. Semoga dengan ini websitemu lekas naik dan mendapat peringkat di google. Salam inspirasi.