Fitur Whatsapp yang Tersembunyi ini Jarang Diketahui Orang

Fitur Whatsapp yang Tersembunyi

Kita seringkali tidak jeli mencermati fitur sebuah aplikasi karena saking dekatnya dengan aplikasi tersebut. Hehe. Termasuk whatsapp ya sob. Jadi selama ini banyak pengguna WA yang tidak tahu tentang fitur whatsapp yang tersembunyi. Mungkin pepatah lama “gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak” sangat relevan dengan whatsapp ini.

Siapa di antara kita yang tidak mengenal whatsapp? Dari aki-nini sampai abg belasan tahun pasti menggunakannya. Bahkan hape kita terasa ada yang kurang apabila tidak menginstall whatsapp di deretan aplikasinya. Tapi tahukah kamu kalau di WA ini ada banyak tombol rahasia di whatsapp? Tidak percaya kan pastinya? Orang whatsapp gitu-gitu aja sejak menggantikan BBM beberapa tahun silam.

Eh, tapi memang bener. Meskipun whatsapp fiturnya gitu-gitu aja tapi ini merupakan salah satu kelebihannya karena dia jadi lebih mudah digunakan oleh siapa saja. Dan aplikasi ini makin lengkap lho dengan kehadiran fitur fitur yang memudahkan penggunanya. Apa saja fitur whatsapp yang tersembunyi itu? Kepo kan? Nah, sebelum membahas tentang tombol rahasia di whatsapp yuk simak dulu sekilas info tentang  wa berikut ini.

Whatsapp Si Aplikasi Sejuta Umat

Siapa sih yang gak punya grup keluarga di whatsapp? Pasti semuanya mempunyai grup yang terdiri dari anggota-anggota keluarga di whatsapp meskipun yang bersangkutan belum tentu sudah berkeluarga. *upsss*.

Tentu fenomena grup keluarga itu adalah indikator bahwa platform ini banyak penggemarnya bahkan pasarnya cukup luas mulai dari umur belasan hingga mereka yang usianya puluhan tahun. Emangnya apa sih kelebihan whatsapp ini?

Ternyata Di balik aplikasi WA yang biasa-biasa saja itu terdapat sebuah fitur atau tombol rahasia di whatsapp yang jarang diketahui oleh para pemakainya. Sebenarnya bagi yang sudah tahu akan menjadi suatu hal yang biasa. Tapi bagi yang belum tahu tentunya ini adalah sebuah pengetahuan yang sangat bermanfaat karena dia bisa memaksimalkan penggunaan aplikasinya.

Baca juga :   Contoh Konten Instagram Yang Menarik Dari Yang Paling Rumit Hingga Paling Sederhana

Tanpa berlama-lama yuk simak apa saja fitur whatsapp yang tersembunyi berikut ini. Jika sudah tahu apa saja fitur whatsapp terbaru yang jarang diketahui orang jangan lupa untuk sharing ke temen-temen dan keluargamu ya sob! Yuk langsung cek fitur rahasia whatsapp berikut ini!

Trik Whatsapp yang Jarang Diketahui

  1. Fitur Arsipkan Pesan

Selama ini kita jarang memilah mana pesan yang penting dan mana yang tidak. Biasanya kalau penyimpanan internal sudah full, maka jurus terakhir adalah hapus semua pesan dan chat yang ada.

Tapi cara ini jadul banget sob. Kini sudah ada fitur yang namanya arsipkan pesan. Jadi buat kamu yang ingin menyimpan pesan karena menurutmu penting, maka bisa mengarsipkan sehingga tidak tampak pada  halaman utama. Bagaimana cara mengaktifkan fitur rahasia whatsapp arsipkan pesan itu?

  • Tahan pada pesan yang ingin kamu arsipkan sampai muncul tanda centang pada profil pesannya.
  • Lihat pada bagian atas lalu cari gambar laci yang ada panahnya ke bawah.
  • Klik pada gambar laci tersebut sampai muncul notifikasi bahwa pesan telah diarsipkan.
  • Prosesnya selesai.
  • Jika kamu ingin melihat pesan tersebut, maka scroll pesan sampai paling bawah. Pesan itu ada di sana.

Namun hal yang harus kamu perhatikan ketika mengarsipkan pesan adalah fitur ini tidak aktif lagi ketika ada pesan masuk lagi pada chat yang diarsipkan tersebut. Jadi ketika ada chat masuk di nomor yang kamu arsipkan maka harus kamu arsipkan ulang agar masuk ke laci kembali.

  1. Privasi Status

Siapa sangka kalau fitur ini jarang diketahui oleh pengguna whatsapp? Padahal fitur ini sangat sederhana lho sobat.

Jadi di fitur privasi status ini kita bisa memilah siapa yang dapat melihat status atau story whatsapp yang kita buat. Eh, jangan-jangan kamu juga baru tahu dengan fitur whatsapp yang tersembunyi berikut ini?

Baca juga :   Apa Google Question Hub, Berkenalan dengan Fitur Terbaru Google

Ibarat memilih teman, ternyata dalam memilih siapa penyimak story kita juga penting lho sobat. Jadi dengan fitur privasi status ini kita dapat menyembunyikan update status ke beberapa orang tertentu. Bahkan kita dapat membagikan status tersebut hanya ke orang-orang tertentu dan lainnya tidak.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur rahasia whatsapp berikut ini? Yuk simak langkah-langkahnya;

  • Buka aplikasi whatsapp.
  • Pilih Status.
  • Klik Tiga titik di pojok kanan atas.
  • Pilih Privasi Status.
  • Lalu akan ada tiga pilihan pengaturan; Kontak saya, Kontak saya (kecuali), dan Hanya bagikan dengan.
  • Pilih sesuai kebutuhan.
  • Klik Selesai.

Semudah itulah cara menyembunyikan status kita dari orang-orang tertentu. Ini termasuk trik whatsapp yang jarang diketahui. Tapi jangan kamu gunakan untuk hal yang negatif ya sobat. Misalnya untuk mengelabuhi keluarga, pasangan, ataupun pacar. Kalau untuk pamer ke mantan gapapa lah sekali-kali. Hehe.

  1. Memberi Coretan atau Tulisan di Foto yang Dikirim

Wah kalau kamu gatau dengan fitur ini kebangetan pokoknya. Mungkin bagi kaum papa-mama kita tidak masalah lah ya, tapi kalau sampai kamu gatau fix kebangetan.

Jadi ini merupakan termasuk fitur whatsapp yang tersembunyi karena di sini kita dapat mengolah dan membuat coretan pada gambar yang akan kita kirim.

Tujuan dari memberi coretan ini tentunya untuk kebaikan, misalnya untuk memberi keterangan penjelas pada gambar, atau untuk menutupi obyek tertentu di gambar.

Fitur canggih whatsapp lainnya adalah kita dapat merubah rona gambar dengan efek-efek tertentu. Jadi kalau kamu bosan dengan gambar yang apa adanya maka berilah efek rona pada foto itu dengan mengaktifkan efeknya. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Buka chatroom yang akan kamu kirimi gambar.
  • Ketuk icon kamera yang ada di kolom chat.
  • Pilih ambil gambar atau pilih gambar dari galeri kamu.
  • Klik foto yang kamu pilih.
  • Sebelum kamu kirimkan fotonya scroll ke atas pada foto tersebut.
  • Maka akan muncul beberapa efek rona yang bisa kamu gunakan.
  • Pilih efek yang ada.
  • Selesai
Baca juga :   Belajar SEO ya di Inkubator SEO KDJ, Kuasai Google naikkan penjualanmu

Trik yang kami bagikan barusan mungkin juga menjadi salah satu fitur terbaru whatsapp 2020 yang jarang orang ketahui. Sebab sebelumnya fitur ini tak ada di WA.

  1. Mengirimkan File Gambar dalam Bentuk Dokumen

Dulu kita sering mengeluh karena ngirim gambar di WA cenderung menurun kualitasnya. Gambar jadi pecah, jadi lebih buram daripada aslinya.

Tapi tenang, kini sudah ada fitur terbaru whatsapp 2020 yang memungkinkan kamu dapat mengirimkan file foto dalam bentuk dan ukuran aslinya. Caranya adalah;

  • Klik icon lampiran.
  • Pilih dokumen.
  • Lalu pilih file foto yang akan kamu kirim.
  • Klik kirim.

Gimana? Mudah kan sob? Sudah tidak bingung lagi deh kalau mau kirim foto yang goodlooking ke pacar atau gebetan.

  1. Melacak Lokasi Teman

Sekali lagi ini bukan trik spionase alias stalking haram lho ya sobat. Fitur ini termasuk fitur whatsapp yang tersembunyi dan belum banyak orang ketahui.

Bahkan fitur ini termasuk fitur whatsapp terbaru 2020. Jadi dalam fitur ini kita dapat melihat di mana lokasi teman kita terakhir.

Syaratnya adalah teman kita mengaktifkan geolokasi di android dan mereka sudah mengirimkan share loc terkini kepadamu.

Melalui fitur ini kamu dapat melihat pergerakan lokasi mereka selagi mereka membagikannya. Nah, siapa nih yang baru tahu dengan tombol rahasia di whatsapp berikut ini? Kalau kamu baru tahu berarti kayak mimin dong. Hehehe.

Itulah tadi beberapa trik whatsapp yang jarang diketahui serta bagaimana cara mengaktifkan fitur rahasia whatsapp. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat kamu pergunakan untuk hal-hal positif. Salam inspirasi.