Fitur Instagram untuk Digital Marketing yang Paling Powerfull

fitur instagram untuk digital marketing

Kini kita tidak bingung lagi kalau ingin promosi di platform media sosial. Mau pilih platform yang berbasis video atau gambar, semuanya ada. Bahkan kita dapat berpromosi secara langsung lewat fitur Live Video baik yang ada di instagram, tiktok, ataupun youtube. Tapi tak hanya itu lho, ternyata ada banyak fitur instagram untuk digital marketing lainnya. Yuk simak apa saja fitur-fitur tersebut.

Beberapa fitur berikut ini mungkin ada yang kamu suka untuk promosi bisnis dan ada yang tidak kamu sukai. Tapi dari kelima fitur instagram untuk digital marketing berikut mungkin dapat kamu kenali lebih lanjut karena siapa tahu besok akan membutuhkannya.

Dari kelima fitur instagram untuk digital marketing berikut, satu di antaranya adalah reels yang merupakan fitur instagram terbaru dan sedang digandrungi oleh banyak orang. Tapi menurut hemat kami, reels instagram kurang cocok untuk digital marketing dalam artian langsung berjualan. Sebab reels IG lebih cocok sebagai fitur promote di instagram atau untuk branding produk.

Tapi tenang, masih ada fitur instagram untuk digital marketing yang lainnya kok sob. Dari kesemua fitur ini masih sama-sama powerfull untuk kita gunakan dalam kepentingan bisnis. Namun kamu tidak wajib untuk menggunakannya semua. Gunakan fitur yang menurutmu paling kamu kuasai dan paling kompatibel dengan fiturmu. Lalu apa saja fitur instagram untuk digital marketing itu?

Fitur Instagram Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Digital Marketing

  1. Insight IG
  2. Reels instagram
  3. Hashtag atau Tagar
  4. Live IG
  5. Stories

Nah, dari kelimanya kira-kira mana sob yang menurutmu paling cocok untuk promosi bisnis kamu? Pada dasarnya semua fitur itu bisa kok untuk fitur instagram yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing. Bahkan sekelas insight secara tidak langsung juga dapat menjadi fitur instagram yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing.

Baca juga :   Paham Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing, 7 Mentor KDJ Sudah Bersertifikasi BNSP

Daripada kamu masih bingung dengan asal muasal manfaat kelima fitur di atas untuk jualan, maka simak saja penjelasannya di bawah ini tentang fitur instagram untuk digital marketing.

Tools IG untuk Digital Marketing

  1. Fitur Instagram Business yang Sudah Ada Insightnya

Tahukah kamu perbedaan antara akun instagram biasa dengan instagram business? Jadi kalau instagram business itu di dalamnya sudah terdapat fitur yang namanya Insight. Apa sih insight ini?

Insight merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk melihat analisis akun kita per harinya. Analisis itu meliputi traffic, tayangan, jangkauan, usia visitor, hingga jenis kelamin yang mampir di akun kita.

Tujuan dari adanya fitur instagram business ini adalah mempermudah pelaku bisnis dalam mengelola, memanajemen, serta merencanakan strategi promosinya. Jadi itulah salah satu kelebihan IG Business yakni punya fitur insight agar kita dapat melihat performa akun dari waktu ke waktu.

Eh, akunmu udah jadi akun bisnis belum nih? Kalau emang akunmu berniat untuk dijadikan alat promosi maka rubahlah akun tersebut menjadi bisnis ya sob. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Buka akun instagram.
  • Klik profil kamu di bagian pojok kanan bawah.
  • Tekan icon Tiga garis sejajar di bagian pojok kanan atas.
  • Klik Setting.
  • Pilih account.
  • Scroll ke bagian bawah.
  • Pilih switch account to business.
  • Lalu secara otomatis kamu akan diarahkan untuk upload postingan sebaga syarat bahwa akunmu telah berubah menjadi instagram business.

Mulai sekarang kamu sudah bisa menikmati fitur instagram business sob. Ada banyak manfaat dari fitur bisnis ini lho, selain insight tadi kita juga dapat mempromosikan postingan kita lewat fitur promote.

  1. Fitur Unggulan Dari Instagram Bisnis Kini adalah Reels

Lalu fitur selanjutnya yang menjadi fitur unggulan dari instagram bisnis adalah reels. Ini merupakan fitur yang tergolong masih baru masuk ke Indonesia. Baru tanggal 23 Juni 2021 kemarin fitur reels masuk ke Indonesia.

Baca juga :   Dari Piyungan Branding Perguruan Tinggi Kota

Mengapa reels menjadi fitur unggulan dari instagram bisnis saat ini? Karena menurut beberapa praktisi marketing, reels memungkinkan kita dapat membuat video branding untuk produk.

Fitur unggalan dari instagram bisnis yaitu reels ini juga menjadi pesaing berat bagi tiktok di bidang platform video pendek. Apalagi kini reels mempunyai tampilan yang lebih elegan dan premium daripada tiktok. Ayo sudah bikin reels pertamamu belum ini? Buruan bikin dan rasakan sendiri khasiatnya. Hehe

  1. Fitur Instagram Untuk Bisnis Paling Instan itu adalah Tagar

Kemudian fitur instagram untuk digital marketing selanjutnya adalah tagar atau hashtag. Secara reflek kita sudah sangat mengenal dengan fitur yang satu ini. Tapi kadang kita tidak tahu bagaimana kerja hastag sehingga bisa menjadi fitur instagram untuk bisnis.

Hastag kita perlukan ketika mengupload postingan untuk promosi bukan? Tapi tahukah kamu bagaimana kerja hastag sehingga dapat menjadi fitur instagram untuk bisnis?

Jadi hastag ini nantinya akan menaikkan serta menggolongkan postingan kita di antara postingan lain dari seluruh dunia. Jadi ketika orang mencari sesuatu yang berkaitan dengan produkmu, maka mereka akan segera menemukan postinganmu. Bukankah hastag ini menjadi fitur instagram untuk bisnis yang paling instan?

Tapi karena banyaknya postingan lain dari seluruh dunia menyebabkan postingan kita tenggelam di hastag tersebut. Oleh karena itu pakai hastag yang kompetisinya rendah biar post kamu bisa bertahan.

  1. Fitur Fitur Instagram yang Jarang Digunakan untuk Promosi itu adalah Live IG

LIVE IG dapat menjadi salah satu fitur fitur instagram yang dapat mempercepat jangkauan akun kita. Kenapa bisa begitu? Jadi live IG ini dapat menjadi indikator bahwa akun kita masih hidup atau masih aktif.

Baca juga :   Seminar Pemasaran Online

Fitur fitur instagram ini jarang digunakan untuk promosi produk sebab biasanya yang suka live ig hanya mereka para publik figure. Ini anggapan yang salah besar sebab LIVE IG juga sangat powerful untuk meluaskan jangkauan akun lho. Tidak percaya? Coba buatlah live ig bersama temanmu seminggu sekali berbeda-beda orang! Pasti akan makin meluas deh jangkauanmu nanti.

  1. Fitur Apa Pada Aplikasi Instagram yang Bisa Digunakan Untuk Promosi Produk adalah Stories

Terakhir fitur instagram untuk digital marketing yang bisa digunakan untuk promosi produk adalah stories. Ini jarang sekali tidak orang gunakan karena memang story IG lebih berpeluang besar untuk dilihat orang daripada sebuah postingan.

Tapi kelemahan fitur pada aplikasi instagram yang bisa digunakan untuk promosi produk berupa stories ini kemungkinan besar hanya bisa dilihat hanya oleh followers kamu. Jadi mereka yang gak ngikutin kamu belum tentu akan tahu kalau kamu update story.

Tapi stories tetap mmenjadi fitur pada aplikasi instagram yang bisa digunakan untuk promosi produk asalkan kita masih punya etika ketika jualan di story ini. Jadi jangan terlalu banyak mengupload story IG untuk promosi produk karena ini akan membuat followers kamu jengah.

Jadi ketika memanfaatkan story untuk jualan ini kamu harus membuat strategi soft selling yang bagus, seperti mengkombinasikan antara konten edukasi, dan interaksi kemudian nanti diujung diberi konten jualan. Itulah strategi agar kita  dapat sukses menggunakan fitur instagram untuk digital marketing.

Nah, sudah sampai penjelasan akhir mengenai fitur apa pada aplikasi instagram yang bisa digunakan untuk promosi produk kan? Siap-siap eksekusi berbagai fitur tersebut sekarang juga. Selamat mencoba dan berkreasi.