Cara Melihat Insight di Instagram dari Aplikasi dan Web

cara melihat insight di instagram

Cara Melihat Insight di Instagram – Ternyata banyak juga pelaku bisnis yang mengeluh karena postingan mereka di instagram tidak seberapa powerfull. Kata mereka, zaman sekarang makin susah aja dapat like, komen, dan subscribe. Eh, follow ding. Hehe. Yapp, kerisauan tersebut ternyata tidak hanya dialami oleh pelaku bisnis online, melainkan semua pengguna IG hampir merasakan tidak terkecuali para selebgram dan influencer. 

Kita mengecek performa sebuah postingan kadang dengan melihatnya dari beberapa hal, seperti like, komen, dan share. Ketiga hal itu adalah indikator yang bisa dilihat mata terkait sebuah postingan. Kalau ketiga hal itu turun berarti performa postingan kita turun. Tapi ini sebenarnya gak bisa kita jadikan patokan seutuhnya lho gaes. Untuk hasil lebih tepat, kita butuh yang namanya cara melihat insight di instagram. Sebab dari sana ada ukuran yang jelas, tentang performa sebuah postingan di instagram. 

Artikel ini sengaja mengulas cara sederhana melihat insight di instagram karena banyak yang belum tahu kondisi sebenarnya dari akunnya untuk jualan. Setelah tahu insight akunmu pasti akan lebih aware lagi terhadap peningkatan kualitas konten dan lain-lainnya. Daripada berlama-lama, mari kita  ulas bersama terkait cara melihat insight di IG dengan cara yang sederhana. 

Bagaimana Cara Melihat Insight di Instagram

Kalau selama ini kamu masih belum tahu bagaimana cara melihat insight di instagram itu tidak ada salahnya kok. Karena kebiasaan melihat insight ini sebenarnya peruntukan bagi mereka yang menjadi kreator di IG. Oleh karena itu jika kamu ingin melihat analisa di instagram, maka rubahlah dulu akunmu ke versi bisnis  untuk lebih memudahkan. Sebab fitur cek insight ini hanya untuk akun yang levelnya sudah bisnis.

Selepas merubah akun menjadi akun bisnis, maka tugas kita selanjutnya adalah mengetahui apa saja cara dalam meliaht insight di instagram. Kami membedakannya menjadi dua, yaitu;

  1. Cara Melihat insight IG di Komputer
  2. Menganalisis Insight Instagram di Android

Kedua cara ini sama-sama kami sarakan untuk melihat insight ig. Kamu tinggal memilih mana yang paling nyaman dan menurutmu paling akurat. Kalau kita sedang bekerja di laptop, tentu akan memilih cara pertama. Namun kalau tidak percaya pada tools checker, kita masih bisa mengecek via aplikasi instagramnya langsung. 

cara melihat insight instagram di komputer

Ini adalah cara instan ketika akunmu belum terdaftar ke dalam akun  profesional atau bisnis. Di sini kita bisa mengecek insight IG cukup dengan mengetikkan username instagram kita, lalu klik enter. Dan keluar hasilnya. Karena ini aplikasi tambahan jadi jangan berharap mendapatkan hasil yang akurat dan maksimal. Tentu ada kekurangannya. Namun secara garis besar, cara ini juga cukup populer untuk mengecek keterjangkauan IG, dan lain-lain. 

Kami menyarankan untuk menggunakan tools yang bernama analisa(.)io. Kamu bisa mencarinya di google dengan kata kunci tersebut. Tools ini sudah populer untuk mengecek analisa di instagram dan tiktok. Jadi ketika dicari pasti ada di daftar halaman teratas google. 

Melalui analisa ini kita bisa mengecek banyak hal mulai dari grafik postingan, hingga kata yang sering dipakai untuk membuat caption. Kami telah mengumpulkan apa saja fitur dari tools ini yang antara lain adalah;

  • Tingkat Engagement. 
  • Like Rate
  • Comment Rate
  • Jumlah followers dan following
  • Grafik engagement di setiap postingan
  • Rata-rata postingan per hari
  • Caption most used
  • Hashtag most used

Sebenarnya masih ada lagi fitur lain, seperti untuk mengecek tag and mentions, namun fitur ini harus beralih ke berbayar apabila ingin menikmatinya. Itu tadi tools untuk melihat insight di instagram. Meskipun kurang akurat tapi ini juga bermanfaat untuk mengecek akun kompetitor misalnya.

Cara Melihat Insight Instagram di Android

Nah, buat kamu yang sudah merubah akun instagram menjadi professional atau bisnis pasti sudah langsung bisa menikmati fitur insight di instagram. Buat kamu yang belum merubah akun menjadi pro, inilah yang harus kamu persiapkan untuk menuju ke sana;

  1. Bagikan Satu postingan beserta caption dan hashtag
  2. Beri akses IG ke kontak di hape
  3.  Dan satu syarat lainnya. 

Barulah setelah akunmu jadi pro, maka akan muncu, fitur insight di bagian profil pribadi. Inilah yang akan mengantarkan kita pada analisa akun nantinya. Di sana ada berbagai macam data yang terkait performa postingan maupun profil kita. Yuk, kita simak bersama bagaimana tampilan dari insight instagram tersebut. 

cara meihat insight instagram
 insight instagram

Kalian bisa mengatur akan melihat analisis selama 7 atau 30 hari terakhir. Data yang bisa dikumpulkan dari insight IG antara lain adalah; 

  1. Account Reached
  2. Interaksi Konten
  3. Total Followers dan peningkatannya dalam 7 atau 30 hari terakhir.
  4. Serta jumlah interaksi di postingan terakhir. 

Sebenarnya lebih simpel daripada saat memakai tools, tapi jika kita klik di bagian keterjangkauan akun misalnya, maka akan bisa melihat detailnya. Di bawah ini akan membahas mengenai penjelasan masing-masing fitur dari Insight. 

arti jangkauan di insight instagram

Account Reached adalah jangkauan akunmu terhadap pengguna lain. Di sana bisa kita lihat jumlah dari orang yang sering dan kemungkinan akan dimasuki berandanya oleh postingan kita. Jumlahnya tergantung seberapa banyak orang yang suka kepo dan menyukai postinganmu. Sudah pasti mereka akan nge-like pertama jika kamu bikin postingan. Ada banyak cara untuk meningkatkan jangkauan ini, namun kita akan membahasnya pada akhir tulisan. 

Cara Melihat Top Post di Instagram

Fitur insight ini memungkinkan kita melihat performa post terakhir atau top post di akun kita. Dari sana kita bisa lihat jumlah orang yang telah melihat (hanya melihat)  postingan kita saat baru pertama kali upload. Ini penting, karena dari data tersebut dapat diambil langkah untuk mempromosikan post tersebut secara lebih luas lagi sehingga meningkatkan jangkauan akun dalam 7 atau 30 hari tersebut.

Cara Melihat Interaksi IG

Interaksi adalah seberapa tingkat instagram kita berkomunikasi dengan followers atau pengguna lain di IG. Jika postingan kamu sepi komentar, like, atau share sudah pasti interaksinya akan rendah. Oleh karena itu wajib kita membuat konten yang menarik dan membuat orang terpancing untuk berinteraksi. Ada banyak sekali cara, dan akan kami bagikan untuk kamu yang mungkin sedang suntuk karena tingkat jangkauan dan interaksi di IG cenderung rendah dan suram. 

Cara Menaikkan Insight Instagram

Seperti yang sudah kami janjikan di atas, bahwa ada banyak cara untuk meningkatkan insight entah itu jangkauan ataupun interaksi di IG. Kami sudah mengujinya di akun Kampus Dosen Jualan dan ternyata dapat berhasil meskipun peningkatannya pelan-pelan. Di antara cara untuk meningkatkan jangkauan adalah sebagai berikut;

  1. Mencari target follower baru dengan trik follow unfollow instagram
  2. Sering-sering berkolaborasi dengan akun setema, misalnya jualan buku maka sesekali kamu perlu untuk nge-live bareng pelapak buku lainnya. 
  3. Menautkan instagram ke facebook ini juga dapat meluaskan jangkauan, karena FB akan menyarankan pertemanan terdekat. 
  4. Memakai hastag untuk postingan ig

Kemudian cara untuk meningkatkan interaksi lebih banyak lagi. Interaksi dapat kita tingkatkan melalui dua cara yakni;

  1. Perbaikan konten, yang meliputi design, copywriting, dan jenis konten (interaksi)
  2. Sering-sering berinteraksi dengan akun lain atau bahkan followers. Menjalin interaksi bisa kita mulai dengan; nge-LIVE bareng, komen di akun orang, komen di akun yang lebih besar, dan menyumbangkan komen ke postingan orang lain. 

Itulah cara kami yang sebenarnya rahasia perusahaan untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi di Instagram. Kalau kita istiqomah melakukan semuanya pasti insight di instagram akan meningkat pesat. Selamat mencoba, semoga berhasil. Happy create content.

Baca juga :   Kesalahan Berjualan Di Instagram Ini Wajib Kamu Hindari Sebelum Telat