Hastag untuk Postingan Instagram yang Powerfull

Hastag untuk Postingan Instagram

Sebenarnya apa to fungsinya hastag untuk postingan instagram itu? Terkadang pertanyaan itu muncul ketika baru pertama kali mencoba peruntungan bisnis di instagram. Ternyata kita tak bisa sepelekan hal yang satu ini lho sobat KDJ. Sebab apa? Karena tagar menentukan sekali ditemukan atau tidaknya produk kita oleh pemirsa yang mencarinya. Karena banyak pertanyaan terkait kegunaan dari tagar instagram dan bagaimana membuat hastag untuk postingan instagram yang powerfull maka akan kami ulas melalui artikel berikut ini.

Kalau kita mengetahui fungsi dan kegunaan dari sebuah tagar di IG, sudah pasti kita akan maksimalkan sebuah postingan di sana entah itu post untuk jualan maupun sekadar meramaikan akun profil. Rumus dalam menuliskan hastag ini sudah kami riset terlebih dahulu dan hasilnya akan kami share kepada sobat KDJ semua. Kami menemukan sebuah rumus baru terkait efek dari hastag terhadap sebuah postingan. Sekarang pertanyaannya tidak sekadar apa kegunaan dari hastag, melainkan seberapa jauh hastag berpengaruh untuk postingan instagram? Yuk simak ulasannya, semoga bisa ada manfaat untuk ilmu jualan kita.

Hashtag Ig

Sebenarnya apa to yang dimaksud dengan hastag? Netizen Indonesia sering menyebutnya sebagai tagar atau tanda pagar karena memang bentuknya seperti pagar. Hastag adalah sebuah teks yang ada di belakang tanda pagar yang menjadi representasi atau cermin bagi postinganmu. Hastag selalu akan terkait dengan foto apa yang kita posting. Jika fotonya terkait makanan, maka hastagnya pasti akan mengandung frasa-frasa makanan.

Oleh karena itu kita harus mencari hastag yang sesuai dengan isi postingan kita. Bagi mereka yang sudah paham dengan instagram, maka tak perlu bingung lagi dalam menentukannya. Namun bagi kita yang masih pemula bisa menggunakan tools yang ada di internet untuk mendapatkan hastag potensial. Beberapa tools ini mungkin bermanfaat buat kamu ketika akan posting di IG. Yuk simak apa saja tools-nya.

Baca juga :   10 hari belajar SEO di Kampus Dosen Jualan Jogja

Aplikasi Pencari Hashtag Instagram

Semua tools yang akan kita bagikan ini gratis dan dapat kamu manfaatkan untuk melihat hastag potensial ya sobat. Tim konten kami di KDJ juga menggunakan tools ini untuk mengoptimalkan sebuah postingan lho. Tanpa berlama-lama akan kita bagikan tools mencari hastag untuk postingan instagram.

Tools Riset Hashtag Instagram

Tim konten kami di KDJ sering menggunakan metahashtag untuk menentukan tagar apa yang cocok guna kepentingan posting. Caranya cukup mudah, jadi sesudah captionmu jadi, maka langsung saja masukkan heading caption tersebut ke dalam metahashtag.

Misalnya kamu sedang mencari tagar produk mukena maka ketikkan saja “Mukena Vip murah” di kolom search metahashtag. Tunggu beberapa saat lalu akan muncul hastag yang relavan untuk kamu gunakan. Di sini ktita juga masih perlu untuk menyeleksinya lagi agar benar-benar sesuai dengan tema postingannya. Oh iya, maksimal jumlah tagar di instagram adalah 30 buah, dan minimal 10 buah. Ini tips dari Pak Dosen Jualan yang bisa kamu terapkan. Sebenarnya masih ada banyak tools lain untuk mencari hashtag untuk postingan instagram. Namun kami tidak akan memberikan pilihan lain, karena yang sudah kami uji adalah tools metahashtag tersebut.

Hashtag Populer Instagram Untuk Jualan

Jadi dalam satu postingan promosi atau jualan biasanya akan memakai hastag tertentu untuk memudahkan produk kamu ditemukan pembeli. Yang terpenting adalah kamu harus memasukkan yang namanya buying keyword ke dalam meta hashtag agar nanti yang terekomendasikan kepadamu dapat sesuai dengan aturan baku.

Misalnya buying keyword untuk postingan jualan adalah sebagai berikut;

  • Buying keyword_nama produk_keterangan barang/tempat
  • Misalnya Jual_Mukena halus_jogja
  • Sedia_kaos polos_bantul
  • Jual_kain katun_murah_jogja

Itulah contoh penulisan hastag untuk postingan jualan. Namun aturan penulisan tagar jangan menyertakan (_) karena itu hanya contoh. Tagar tidak memerlukan spasi jadi gandeng saja antar kata-nya. Termasuk ketika menuliskan hastag untuk berjualan jasa juga memakai rumus tersebut. Namun tiidak memakai buying keyword “jual, sedia, atau grosir”, melainkan sebagai berikut;

  • Jasa_nama jasa_keterangan tempat atau kualitas.
  • Misalnya jasa_penulisan artikel seo_jakarta
  • Tempat_kursus jualan online_di bandung. Dan sebagainya.
Baca juga :   Tips Berbisnis Makanan Sahur agar Tidak Terjerumus dalam Bisnis

Itulah beberapa contoh untuk penulisan tagar yang akan kita masukan ke dalam meta hashtag. Kamu boleh menyesuaikan nama produk berdasarkan apa yang dijual. Serta tempat yang ditarget untuk jualan.

Kata Kunci Ig

Lalu kita lanjut pada pertanyaan di muka, bahwa sebenarnya seberapa besar pengaruh hastag terhadap sebuah postingan sih? Di sela-sela kesibukan kerja tim konten KDJ, kami melakukan riset kecil-kecilan terhadap performa post yang kita berikan tagar sama. Jadi kami menyeragamkan tagar untuk tiga postingan yang berbeda dengan akun yang berbeda pula. Ilustrasinya adalah sebagai berikut.

AKUN (Hashtag Sama)

@mukenadistro                                               @kaospolospiyungan                     @kaitenunjepara

Tepat pukul 13.38 kami coba posting di ketiga akun tersebut. Dan apakah yang terjadi, ternyata dari ketiga akun tidak ada penambahan like dan komen sama sekali. Kalaupun ada penambahan like itu Cuma terjadi di akun mukena distro dan kaos polos piyungan, sedangkan satunya tetap merana sampai keesokan harinya. Dari sana kita bolehlah sedikit simpulkan bahwa hashtag, jam posting, dan caption yang sama ternyata tidak mempengaruhi kesamaan engagement di setiap akun. Sebelumnya kami

mengira akan menghasilkan jumlah interaksi (like, komen, save) yang sama ternyata tidak. Sejauh itulah ternyata algoritma instagram. Sama sekali tidak bisa kita bodohi hanya dengan nyepam postingan.

Baca Juga : Cara Membuat Microblog Instagram

Algoritma Hashtag Instagram

Kalau kita sudah menyimpulkan bahwa hashtag yang sama ternyata tak mempunyai pengaruh terhadap performa postingan, terus apa sih yang mempengaruhi performanya itu?. Selain harus optimasi tagar ternyata kamu juga perlu untuk menyesuaikan dengan apa yang kamu posting dan apa jenis akunmu.

Semisal kalau akunmu jualan mukena, jangan sampai memasang tagar yang berkaitan dengan kaos. Pun semisal kalau akunmu berisi promosi produk kaos juga jangan memakai hastag yang berisi buying keyword mukena. Karena akan terjadi kebingungan pada algoritma instagram di sana.

Baca juga :   Seharian Belajar Trik Jualan Di Shopee Banjir Orderan

Nah, sekarang kita bisa simpulkan lagi bahwa dalam penulisan hastag untuk postingan instagram ternyata juga harus menyesuaikan dengan nama akun dan isi postingannya. Kalau tak sesuai dengan kedua hal tersebut maka jangan harap apa yang kita post akan menghasilkan sebuah engagement atau interaksi.

Kata Yang Paling Banyak Dicari Di Instagram itu Cocok untuk Jadi Caption

Kita sudah simpulkan bahwa tagar tidak boleh ngasal karena akan berpengaruh sekali terhadap sebuah postingan. Lalu bagaimana kita menyesuaikan hastag yang akan kita pakai dengan isi konten serta jenis akun? Caranya ialah sebagai berikut; carilah apa yang paling relevan dengan nama akunmu serta isi konten tersebut. Kamu perlu melihat tagar kompetitormu, misalnya mereka pakai hastag #jualmukenajogja, maka kamu bisa pakai itu karena sudah ada yang mencari di sana.

Itulah sedikit riset kecil-kecilan dari tim konten KDJ terkait hastag yang tepat untuk postingan instagram jualan. Mulai sekarang jangan ngasal lagi dalam menulis tanda pagar karena itu salah satu yang berpengaruh terhadap interaksi akunmu juga. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Pengunjung juga mencari:

  • https://kampusdosenjualan com/hastag-untuk-postingan-instagram/