Cara Membuat Microblog Instagram yang Lagi Kece dan Ngehits

Cara Membuat Microblog Instagram

Cara Membuat Microblog Instagram – Kreatifitas konten kreator di IG sepertinya sudah tidak diragukan lagi. Untuk menyiasati pengguna Instagram agar tidak keluar dari aplikasi, maka mereka membuat konten blog dalam versi mini atau yang akrab kita sebut sebagai microblog. Sekarang sudah hampir semua akun-akun terkenal menggunakan konsep ini sebagai andalan mereka. Termasuk dengan akun IG kami di @kampusdosenjualan.

Manfaat dengan memakai konsep microblog ini adalah memudahkan kita dalam mempresentasikan atau membagikan ide kita kepada khalayak ramai. Ide yang tersampaikan lewat konsep ini akan lebih mudah terpahami karena menggabungkan teknik komunikasi tulisan dan visual. Kombinasi dari bahasa tulisan dan visual itu berpadu menjadi bentuk bahasa baru yang mudah dicerna oleh audience.

Instagram sebenarnya bukan yang pertama menjadi platform untuk microblogging ini. Sebab sebelumnya sudah banyak platform yang menawarkan konsep ini. Namun IG sepertinya lebih potensial untuk  menjadi muara bagi semua konten mini-blog karena penggunanya cukup banyak untuk dijadikan audience.

Contoh Aplikasi Microblogging

Sebenarnya ada aplikasi yang telah lebih dulu menyediakan kesempatan pada kita untuk ber-microblogging. Platform itu di antaranya adalah Tumblr. Ada yang pernah kenal?  Betul, kalau kita sedang mencari quotes yang menarik untuk mewakili isi hati pasti mencarinya ke sana. Sekarang tumblr sudah sedikit sekali pemakainya karena instagram lebih menyediakan lebih banyak quotes yang menarik.

Bagi yang belum pernah membuat konten microblog di IG tentu akan susah sekali karena ternyata kita butuh banyak persiapan agar konten bisa jalan secara kontinu dan maksimal. Persiapan itu cukup panjang, dan kami akan jelaskan bagaimana cara membuat microblog instagram dari awal sampai akhir. Tulisan tentang tips membuat microblog ini kami rangkum dari pengalaman kami selama ini mengurusi konten di instagram KDJ. Simak caranya di bawah ini ya.

Baca juga :   Berbagi Tips dan Trik Jitu Jualan Online via Media Sosial

Dalam membuat microblog ada beberapa keahlian yang harus kita miliki. Apabila kita bisa semuanya, tentu akan lebih memudahkan kerja. Namun jika kamu hanya menguasai beberapa di antaranya, maka bisa berkolaborasi dengan temanmu. Berikut adalah beberapa keahlian yang harus kita siapkan sebelum membuat microblog;

  • Teknik Menyusun Kalender konten
  • Copywriting
  • Design dan visualisasi
  • Optimasi SEO instagram

Keempatnya harus kita miliki dalam mempersiapkan sebuah konten microblog yang ciamik. Kalau kamu bisa keempatnya tentu akan lebih baik, sebab saat ini yang banyka dicari oleh perusahaan adalah orang yang menguasai keempatnya, mulai dari penyusunan konten hingga optimasi seo instagram. Kita akan ulas satu per satu, mulai dari teknik copywriting. Karena mengenai teknik menyusun kalender konten sudah pernah kami bahas di Cara Menyusun Kalender Konten. Maka akan langsung kita ulas mengenai teknik copywriting.

Contoh Copywriting Di Instagram

Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa pembuatan microblog menggabungkan antara kekuatan tulisan dan visual. Maka sebelum menggabungkan keduanya, maka kita harus belajar dalam membuat copywriting nya. Mungkin beberapa waktu lalu kita sudah pernah membahasnya di artikel ini. Oleh karena itu tulisan ini hanya akan membahas mengenai cara termudah dalam menyiapkan sebuah konten copywriting untuk microblog.

Aplikasi Copywriting

Aplikasi yang dapat kita gunakan untuk merancang sebuah copywriting, apalagi kalau bukan Google spreadsheet. Di sini kita bisa menyiapkan apa saja kata-kata yang nantinya akan diolah menjadi sebuah design yang menarik.

Tentunya sebelum kita membuat microblog harus kita persiapkan dulu yang namanya isi dari microblog tersebut. Misalnya skema cara membuat microblog instagram itu adalah sebagai berikut;

  1. Slide 1, isinya CARA MENYIMPAN HELM AGAR TIDAK LEMBAB PADA MUSIM PENGHUJAN.
  2. Slide 2, lalu setelah itu berilah sedikit teks mengenai pentingnya merawat helm. Serta tambahkan kalimat “bagaimana cara menyimpan helm pada musim penghujan seperti ini?” lalu lanjut ke slide ketiga.
  3. Slide 3, isinya adalah langkah-langkah dalam menyimpan helm. Untuk memudahkan audience maka bisa kita tambahkan nomor. Misalnya satu, dua, tiga, dst.
  4. Pada Slide terakhir alangkah baiknya kita pancing mereka untuk berinteraksi dengan kita. Misalnya dengan bertanya “Sudah paham dengan caranya belum?”, atau berilah mereka feedback dengan sebuah petunjuk misalnya, “kalau helm kamu masih juga banyak jamurnya, maka bisalah memakai produk kami yang bernama blab la bla..”.
Baca juga :   Pengertian Marketplace, jenis-jenisnya yang ada di Indonesia

Begitulah cara membuat skema copywriting untuk sebuah microblog instagram. Dengan membuatnya di aplikasi spreadsheet maka kita bisa dengan mudah membagikan skema tersebut kepada tim lain yang bertugas membuatnya jadi sebuah design gambar. Gimana sudah paham skemanya kan? Oke kita lanjut ke tahap selanjutnya yakni produksi gambar.

Membuat Desain Microblog

Sebenarnya kita tidak dituntut untuk mahir atau jago banget dalam soal membuat design untuk microblog. Sebab saat ini sudah ada platform untuk membuat design yang menarik dan ramah untuk desiner pemula. Beberapa aplikasi yang bisa memudahkan kita untuk membuat microblog instagram adalah canva, postmywall, serta Microsoft powerpoint. Namun kali ini kami hanya akan bagikan cara membuat microblog instagram melalui canva dan powerpoint.

Cara Membuat Carousel Di Canva

Sebutan lain untuk design microblog adalah carousel. Bentuknya adalah design memanjang lalu terbagi-bagi menjadi beberapa bagian untuk sebuah teks ataupun ilustrasi. Kita bisa membuatnya di Canva ternyata. Aplikasi ini bisa dibuka di android maupun PC. Namun untuk lebih mudahnya kita bisa membukanya langsung di laptop atau PC.

Cara cepat dalam membuat design microblog instagram adalah dengan membuat templatenya terlebih dahulu, sehingga kita nanti tinggal memasukkan konten saja dan mengubah gambarnya saat membuat skema microblog yang baru.

Cara Membuat Microblog Di Powerpoint

Kita dapat membuat design hanya bermodalkan Microsoft powerpoint lho. Karena pada dasarnya microblog ini adalah juga slide yang digabungkan jadi satu, maka kita bisa membuatnya dengan gabungan slide powerpoint saja.

Caranya adalah dengan mencari template powerpoint yang bagus lalu membuat slide demi slide untuk nantinya digabungkan menjadi satu. Berikut ini adalah cara membuat microblog di powerpoint;

  1. Download template PPT yang menarik
  2. Buatlah slide pertama ppt sebagai cover untuk microblog.
  3. Selanjutnya buatlah slide kedua dan seterusnya sebagai isi dari kontenmu.
  4. Untuk mempercantik design juga jangan lupa memberinya ilustrasi yang menarik dengan menambahkan foto misalnya.
  5. Lalu setelah design-mu jadi, langkah selanjutnya adalah menjadikan file ppt menjadi file jpg. Nantinya setiap slide akan menjadi satu file yang bisa kita upload di instagram.
Baca juga :   Contoh Kalender Konten Instagram Versi Kampus Dosen Jualan

Contoh Microblog

Berikut adalah beberapa contoh design microblog instagram dari akun kami di @kampusdosenjualan.

cara membuat microblog instagram

 

Tren sekarang dalam membuat microblog adalah designnya sederhana namun mudah terpahami oleh orang lain. Buat kamu yang ingin menambahkan konten edukasi untuk instagram maka buruan pakailah konsep microblog agar makin banyak yang berdatangan ke instagrammu. Semoga tips ini bermanfaat dan sampai jumpa di tips selanjutnya.