Menulis Artikel SEO Friendly itu Gampang dan Mengasyikan, Simak Caranya Berikut Ini

Menulis Artikel SEO Friendly

Beberapa hari lalu kami dari tim SEO Kampus Dosen Jualan menemukan ada satu artikel kami berjudul Contoh Greeting Message Whatsapp Business berhasil duduk di peringkat 0 Google alias menjadi snippet di kata kunci tersebut. Sebuah postingan yang menjadi snippet berarti tulisan tersebut benar-benar memenuhi syarat sebuah artikel SEO. Karena masuk ke ranking 0 itulah kami berani untuk berbagi kepada sobat semua terkait Menulis artikel SEO Friendly.

Belum lama kami dari tim Konten Website KDJ sanggup menulis dan memproduksi artikel SEO secara berkelanjutan. Sebelumnya sama sekali kami tidak memperhatikan penulisan untuk sebuah artikel. Namun lewat berbagai trial and error akhirnya kami berhasil merumuskan pola untuk menulis sebuah artikel yang SEO Friendly. Alhasil semakin banyak klien dan orang-orang yang ingin sharing dengan tim KDJ. 

Semua tips dan trik ini akan kami share kepada sobat KDJ semua. Sebab ada banyak manfaat apabila kita tahu tata cara penulisan konten web yang benar. Dengan begitu akan datang traffic yang lumayan ke website kamu. Selain itu, dengan mengetahui tulisan yang SEO-able akan membuat SEO-On Page kamu mengalami perbaikan. Daripada berlama-lama, mari kita simak perbedaan antara sebuah tulisan SEO dan yang biasa. 

Perbedaan Artikel Seo dan Artikel Biasa

Kami di Kampus Dosen Jualan sempat menerima beberapa anak magang beberapa minggu terakhir ini. Mereka ingin mengisi posisi sebagai content creator di website KDJ.COM. Alhasil mereka mendapatkan challenge untuk menulis sebuah artikel yang akan kami cek satu per satu. 

Dari sana kami menemukan sebuah fakta unik. Tidak ada yang jelek dari kualitas artikel para anak magang. Didukung oleh fakta akurat dan terbaru, mereka berhasil menyajikan tulisan yang akademis namun tetap menarik perhatian pembaca. Namun, ternyata untuk ukuran konten sebuah website, tulisan anak magang tadi masih jauh dari harapan. Sebuah penyajian tulisan yang menarik, tidak menjadi jaminan artikel tersebut dapat SEO Friendly. 

Lalu kami menjelaskan dan berbagi kepada para mahasiswa semester akhir tersebut terkait bagaimana ciri-ciri artikel SEO Friendly. Dan benar saja, mereka dengan cepat menangkap maksud tim. Akhirnya mereka kini menjadi pengisi konten-konten website Kampus Dosen Jualan. Lalu apa sih  ciri artikel SEO Friendly itu?

Ciri Artikel Seo Friendly

Beberapa hari lalu kita sudah mengulas bersama bagaimana ciri artikel SEO Friendly. Mungkin dari tulisan tersebut masih banyak yang kurang terpahami dari ciri-cirinya. Oleh karena itu kami akan mengulang lagi, bagaimana tips membuat artikel SEO Friendly yang berkualitas. Secara umum sebuah tulisan yang SEO-able memuat beberapa unsur berikut ini;

  1. Judulnya sudah pasti memuat kata kunci utama.
  2. Paragraf pertama terdapat kata kunci utama juga. 
  3. Terdiri dari beberapa sub judul yang  menjadi turunan dari tema tulisan.
  4. Di seluruh badan tulisan harus tersebar kata kunci atau turunannya secara merata. 
  5. Maksimal terdapat 15% kalimat pasif.
  6. Terdapat kata transisi antar kalimatnya.
  7. Harus enak dibaca oleh pembaca (user friendly)

Sengaja kami menambahkan poin terakhir, sebab ketika kita mengejar keterbacaan atau SEO terkadang kita melupakan keterenakan dibaca sehingga pembaca akan jengah dengan tulisan kita. Bagaimanapun sebelum sebuah tulisan memenuhi kriteria SEO, sebaiknya tulisan tersebut sudah memenuhi kriteria user friendly. Karena nantinya akan terbaca juga akhirnya oleh pembaca, kalau sampai tidak enak dibaca tentu menyebabkan bounce rate yang tinggi pada website kita.

Pengertian Artikel SEO

Mari kita sepakati bersama apa itu pengertian artikel SEO. Menurut hemat kami tulisan yang SEO-able adalah teks yang benar-benar bermanfaat buat user di mesin pencari sekaligus artikel tersebut memenuhi kriteria mesin pencari, seperti kejelasan bahasan, keterbacaan, dan lain-lain. 

Kalau sebuah artikel SEO memenuhi keterbacaan serta bahasan yang jelas namun tidak enak dinikmati oleh pembaca tentunya itu bukan sebuah tulisan SEO-able. Dan salah satu cara kita untuk mengecek sebuah tulisan SEO-able atau tidak adalah menggunakan tools yang bernama Yoast SEO. 

SEO Friendly di Yoast SEO

Bagi para pemain wordpress, pasti tahu apa itu Yoast. Ini adalah salah satu tools untuk mengecek sebuah tulisan agar bisa memenuhi kriteria mesin pencari. Ketika menulis sebuah artikel mungkin kita tak memperhatikan apakah itu memenuhi syarat mesin pencari atau tidak. Untuk membuatnya sesuai kriteria mesin pencari, maka kita bisa masukan draft tulisan tersebut ke Yoast dan kita bisa memperbaikinya di sana. 

Memang menulis artikel SEO itu tidak mudah dan membutuhkan kerja ganda, meliputi menulis dan juga editing. Sebagai seorang content creator web tentunya harus tahu apa itu artikel SEO dan bagaimana menulisnya. Agar kita tak butuh lagi editor untuk mempostingnya. 

Bagi kamu yang masih tahap awal dalam mengelola website, mungkin juga perlu untuk belajar menjadi seorang penulis SEO. Jika kamu berminat untuk belajar, maka pada bulan maret 2021 ini kami menggelar Kelas Penulisan Artikel KDJ. Di sini kamu dapat belajar dan sharing dengan tim konten KDJ terkait bagaimana menulis artikel SEO Friendly. Hey, jangan salah ternyata menulis itu juga ada ilmunya lho. Dan belajar nulis akan menjadi lebih mudah ketika kita mempunyai kawan yang juga suka nulis. 

Contoh Tulisan SEO Friendly

Apabila kamu masih kepo dengan apa yang disebut dengan tulisan SEO-able maka simaklah beberapa judul artikel kami di Artikel KDJ berikut ini. Di sini kami mengulas berbagai tema soal digital marketing, mulai dari whatsapp marketing hingga Tiktok untuk Jualan. Tentunya ini berimbas pada yang namanya traffic website. Sekarang traffic kami sudah hampir menembus ribuan per harinya. Ini tidak lepas dari adanya konten yang SEO-able di web kami. 

Kalau kamu berminat belajar soal kepenulisan SEO mari ikut dalam kelas kami. Ada banyak trik yang mungkin kamu belum tahu dan bermanfaat untuk pengoptimalan website kamu. 

Artikel Tentang Kaidah SEO

Artikel tentang kaidah SEO ini semata-mata kami persembahkan buat kamu yang ingin belajar nulis SEO secara benar dan tepat. Belum banyak saat ini penulis yang benar-benar memahami kaidah SEO Friendly. Oleh karena itu jadilah generasi SEO’S Writers selanjutnya dengan mengikut KELAS PENULISAN ARTIKEL SEO KDJ 2021. Kelas ini kami selenggarakan secara terbatas, maka buruan amankan kursimu sekarang juga . 

Penulis SEO

Ada banyak sekali manfaat apabila kamu tahu dan mengerti bagaimana menulis tulisan yang ramah mesin pencari. Kamu bisa menjual artikel seo friendly tersebut kepada para pebisnis yang membutuhkan konten untuk websitenya. Tau gak bahwa satu tulisan yang benar-benar memenuhi google akan dihargai mahal sekali?

Selain itu kamu juga bisa membuat website sendiri dan mengisinya tulisan agar bisa tembus page one google. Oleh karena itu tunggu apalagi, mari gabung di kelas Menulis Artikel SEO Friendly di tempat kami. Dijamin bakal ada pengalaman baru deh setelah ini. Selamat bergabung, kami tunggu kedatanganmu. See you. 

Untuk informasi selanjutnya hubungi kami di 0821 3694 7525.

Baca juga :   Cek Hashtag Instagram Memakai Tools Gratisan