Kelebihan Instagram Sebagai Media Promosi Dibanding Platform Lain

Kelebihan Instagram Sebagai Media Promosi

Kelebihan instagram sebagai media promosi – Jika dulu bapak-ibu, kakek-nenek kita caper dan pedekate melalui cara manual, misalnya dengan sering lewat depan rumahnya, maka sebagai anak milenial saat ini kita cukup terbantu untuk urusan asmara ini. Kita tak perlu lagi repot-repot mencari rumahnya lalu caper dengan cara yang membutuhkan adrenalin itu. Sekarang cukup pasang foto close up yang kece lalu modal spik-spik pasti sudah bisa pedekate sama calon pasangan idaman kamu.

Salah satu media untuk caper alias promosi diri itu adalah instagram. Platform ini memang cukup populer sejak beberapa tahun lalu. Tidak hanya untuk kepentingan personal branding, tapi juga manfaat sekali untuk promosi bisnis. Tulisan ini akan mengungkap apa saja kelebihan instagram sebagai media pemasaran di jagat maya.

Jaman sekarang siapa yang belum punya akun instagram? Kalau ada mungkin dia adalah orang yang memang belum memerlukan atau memang belum mengetahui pentingnya akun instagram untuk sebuah eksistensi. Bayangkan saja, sekarang setiap orang yang mencari suatu hal pasti larinya akan ke google. Ketika informasi dari sana tidak cukup memuaskan maka akan langsung lari ke platform instagram. Ini sudah menjadi kebiasan dari netizen di dunia maya. Berikut ini adalah manfaat dan kelebihan instagram sebagai media promosi diri maupun untuk bisnis. Yuk simak selengkapnya.

Personal Branding di Instagram

Bagi kamu yang suka berbisnis, pasti akan mempunyai dua jenis instagram. Yakni IG untuk pribadi dan IG untuk jualan. Memang kita wajib untuk membedakan keduanya, karena memang fungsinya berbeda. Kalau ingin berinteraksi sebagai selayaknya person atau pribadi maka pakailah instagram pribadi.

Saking pentingnya sebuah akun pribadi, sampai-sampai sebuah perusahaan kadang membuat brand ambassador untuk sekedar menyapa customernya. Maka dari itu buat kamu yang ingin caper di mata doi, atau ingin sekadar tak ingin dianggap kudet maka mulai sekarang rawatlah IG mu.

Kepentingan instagram untuk personal branding saat ini sudah sangat urgent. Jagat maya adalah tempat bagi mereka yang tidak bisa bersuara untuk bersuara lantang. Dan yang paling kekinian adalah fenomena munculnya influencer atau orang yang punya pengaruh di instagram. Banyak unit bisnis menggunakan mereka sebagai alat untuk endorsement atau nitip promosi.  Inilah pentingnya instagram selain untuk promosi bisnis.

  1. Fenomena Munculnya Influencer

Siapa yang tidak kenal dengan awkarin? Atau siapa yang tidak terpesona dengan setiap postingan anya Geraldine meskipun caption-nya gitu-gitu saja? Mereka berdua adalah contoh kemunculan influencer di jagat maya. Mereka sekarang berposisi hampir setara dengan orang yang mempunyai pengaruh di masyarakat. Alhasil kehadiran mereka sebagai person juga dimanfaatkan oleh dunia bisnis untuk marketing, melalui jasa endorsement. 

Jasa endorsement ini merupakan suatu bukti bahwa kekuatan personal atau pribadi seseorang dapat menjadi daya tarik tersendiri, kalau mem-branding diri melalui media sosial, dan instagram salah satu contohnya. Kehadiran para influencer menjadi suatu bukti bahwa kita membentuk citra kita di dunia maya. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan bagi pengusaha untuk membuat brand ambassador di instagram sebagai media promosi. 

Instagram Marketing

Kita sudah menjelaskan di atas bahwa IG  adalah salah satu media promosi paling efektif di dunia maya. Bahkan saat ini mulai muncul banyak sekali person-person mem-branding diri melalui instagram sehingga memunculkan fenomena influencer. Sebenarnya apa saja teknik marketing dan branding di IG yang bisa kita manfaatkan, baik untuk personal maupun bisnis? 

Seperti halnya facebook, ada banyak sekali fasilitas IG yang membuatnya punya kelebihan instagram sebagai media promosi. Berikut adalah fitur marketing di dalam instagram;

  1. Instagram Ads
  2. Instagram Organik
  3. Marketplace IG
Baca juga :   Cara Membuat Judul Esai yang Menarik Ala 6 Situs Terkenal

Ketiganya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk promosi. Kita tinggal memilih dan menyesuaikan dengan budget yang kita miliki. Setiap marketing dan promosi tentunya membutuhkan budget tertentu, entah itu uang ataupun waktu. Kalau ingin instan tentunya harus membayar mahal. Kalau ingin murah, tapi prosesnya lama kita tinggal mengoptimalkan saja instagram organik. 

Kelebihan instagram organik sebagai platform marketing adalah targetnya menjadi jelas. Misalnya dengan melakukan teknik follow unfollow, kita akan paham mana followers yang benar-benar membutuhkan produk kita dan mana yang tidak. Cara ini cukup efektif untuk instagram marketing, namun membutuhkan waktu lama dan ketekunan. 

Cara lain dalam promosi di IG adalah dengan memanfaatkan instagram ads atau iklan. Kita bisa memasang produk di iklan IG dengan membayar per jam tayangnya. Cara ini sebenarnya juga efektif sebagai media pemasaran produk. Namun jika kamu tak mempunyai cukup biaya, mending pakai saja teknik organik karena cara ini juga banyak manfaat dan keuntungannya. 

Manfaat Instagram Sebagai Media Promosi

Kapan lagi kita menemukan platform yang bisa untuk menampilkan video, foto, dan teks sekaligus? Kita cuma bisa melakukannya di IG. Apalagi dengan berbagai fitur efek foto, membuat instagram punya kelebihan sebagai media promosi. Ada banyak promosi yang bisa dilakukan dari sana, di antaranya adalah marketing produk, personal branding, hingga sebagai media interaksi antara satu orang dengan orang lain. 

Sekian fungsi dan kegunaan IG sebagai media pemasaran di atas tentunya ada keuntungan dan kelemahan dari aplikasi itu sendiri. Tidak ada yang sempurna di bawah langit, oleh karena itu kami pertama kali akan membahas keuntungan dan kelebihan instagram sebagai platform marketing. 

Keuntungan Promosi Di Instagram

Beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika promosi di IG adalah;

  1. Berbiaya Murah
  2. Bisa mengetahui jumlah interaksi secara mudah, bahkan hanya dari jumlah likes dan comments. 
  3. Mempunyai daya jangkau luas, bahkan antar pulau dan regional. 
  4. Banyak fitur yang bakal memudahkan seperti fitur hashtag, hingga  guide.
  5. Cepat untuk mendapatkan pengikut. 
  6. Memiliki fitur efek foto yang bakalan memperindah setiap postinganmu. 
  7. Penggunanya terdiri dari banyak rentang umur, paling banyak berusia 22-35 tahun. 

Itulah beberapa keuntungan promosi lewat IG yang mungkin kami rasakan di Kampus Dosen Jualan. Sebenarnya apabila kita menanyai setiap orang yang memakai IG untuk media promosi pasti jawabannya berbeda-beda. 

Alasan Memilih Instagram Sebagai Media Promosi 

Rata-rata peserta pelatihan digital marketing di KDJ juga menggunakan instagram sebagai media promosi mereka. Alasan ketika ditanya kenapa memakai platform ini adalah karena IG mempunyai; 

  1. Fitur yang up to date sehingga terkesan masih gaul.
  2. Mudah mendapatkan interaksi (likes,komen, share)
  3. Tidak ada batasan caption sehingga mudah membuat copywriting. 
  4. Serta cepat mendapatkan followers melalui teknik organik

Itulah beberapa alasan memilih platform ini sebagai media untuk mempromosikan produk. Selain punya kelebihan, ternyata juga ada beberapa kekurangan IG yang membuatnya tidak efektif untuk media branding dan pemasaran. 

Kelebihan Dan Kekurangan Instagram

Tidak lengkap membahas suatu hal jika hanya kelemahannya saja. Oleh karena itu tulisan ini juga akan me-roasting kekurangan IG jika dilihat dari aspeknya sebagai media pemasaran. 

Kelemahan Instagram

Kekurangan instagram yang berhasil kamu simpulkan antara lain adalah;

  1. Terlalu banyak kompetitor, sehingga butuh upaya lebih untuk menjadi penguasa dan pengusaha di sana. 
  2. Sering berubah algoritma-nya. Beberapa bulan belakangan banyak influencer yang mengeluh karena terdampak perubahan algoritma IG. 
  3. Banyak boot, sehingga banyak interaksinya bisa dimanipulasi.

Itulah kekurangan IG yang mungkin dapat kita kumpulkan. Tentunya segenap kekurangan platform ini jangan sampai menjadi penghalang kita untuk belajar jualan di instagram. Kalau kamu ingin mengupgrade ilmu dan kemampuan instagram marketing, silahkan datang ke kursus jualan online di KDJ saja. Karena banyak ilmu yang fresh from the oven dan cocok untuk menjadi senjata pemasaran. Semoga bermanfaat.