Ini Lho Tujuan dan Manfaat SEO Selain Supaya Entuk (Dapet) Orderan

Tujuan dan Manfaat SEO

Hey kamu yang masih ngartikan SEO sebagai Supaya Entuk Orderan! Kamu tidak salah kok. Memang tujuan dan manfaat SEO bagi seorang pebisnis adalah supaya dapat orderan alias closing. Tapi tahu gak kamu apa kepanjangan dari SEO yang sesungguhnya?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimasi mesin pencari untuk menaikkan website kita ke halaman pencarian. Jadi jika kamu mempunyai website baru maka wajib hukumnya untuk mengoptimasi SEO-nya agar google atau mesin pencari lain dapat mengindeks websitemu.

Jika google sudah mengindeks websitemu maka secara otomatis web itu akan disarankan oleh mereka kepada siapapun yang membutuhkan. Eh emangnya itu saja tujuan dan manfaat SEO secara umum? Oh tidak dong, yuk kita pelajari seluk beluknya si SEO agar makin memahami untuk selanjutnya menerapkannya ke dalam website / blog kita.

Pengertian SEO

Berdebat tentang apa pengertian SEO akan menjadi kegiatan yang sia-sia. Sebab setiap pakar dan praktisi digital tidak pernah punya pengertian yang tegas tentang SEO. Tapi memang tidak penting sih kita mengulik terlalu dalam pengertian SEO tapi tidak praktek sesegera mungkin.

Inilah kunci dari SEO sebenarnya, yakni bagaimana kita mau action dan praktek sekarang juga. SEO tanpa praktek adalah omong kosong. Jika sudah praktek maka kita akan merasakan sendiri tujuan dan manfaat SEO.

Eits, tapi si SEO ini sebenarnya benda apa sih sobat? Apakah ia semacam makhluk luar angkasa? Apakah dia itu semacam program? Atau dia semacam makhluk jadi-jadian? Mohon maaf ngelantur kemana-mana. Tapi memang si SEO ini benar-benar bikinan manusia kok. Jadi memang sudah ada sejarahnya sejak dulu. Nah, biar kita makin paham tujuan dan manfaat SEO maka simak sejarahnya berikut ini.

Sejarah SEO

Apa sih pentingnya sejarah si SEO? Bukannya tadi dikatakan bahwa yang penting doing action dan praktek? Eits jangan salah sobat.  Sejarah SEO ini penting juga untuk kita ketahui karena dari sana kita akan paham bagaimana algoritma mesin pencari, seperti google,yahoo, bing, dan lain-lainnya.

Istilah SEO ternyata pertama kali populer pada tahun 1997 ketika pada saat  itu sekelompok hacker membuat kode-kode tertentu untuk menaikkan sebuah website. Dalam kode tersebut turut dimasukkan kata kunci-kata kunci yang nanti menyebabkan website tersebut muncul ketika dicari oleh orang.  Tapi cara para hacker ini agak tidak bisa kita terapkan di era sekarang karena algoritma mesin  pencari pada saat itu masih simpel sekali.

Baca juga :   Belajar SEO ya di Inkubator SEO KDJ, Kuasai Google naikkan penjualanmu

Barulah pada tahun 1998, mulai muncul konsep mesin pencari seperti yang kita kenal sekarang. Awalnnya bernama scrub lalu berkembang menjadi google. Di sini para teknisinya melakukan tiga proses utama untuk memilah website untuk duduk di halaman satu pencarian. Ketiga proses itu adalah crawling, indexing, dan ranking. Yuk kita ketahui satu per satu.

Crawling adalah proses ketika mesin pencari sedang meneliti website sebelum benar-benar terindeks di sana. Proses crawling akan berjalan cepat jika peta website kita mudah teridentifikasi, artikelnya sesuai syarat mesin pencari, dan lain-lainnya.

Lalu setelah itu adalah indexing. Jadi ini merupakan penentuan apakah website kita dapat masuk di halaman mesin pencari. Jika berhasil maka otomatis web/artikel kita akan berada di sana, meskipun tidak berada di halaman 1.

Nah,tahap terakhir adalah ranking. Jadi ini adalah proses ketika mesin pencari memeringkatkan siapa 10 website yang akan bertengger di halaman satu. Kriterian atau syarat agar web kita bertengger di sana bagaimana?

Sabar dulu ya sobat. Yuk bahas dulu tujuan dan manfaat SEO di bawah ini sebelum kita nanti akan bahas cara kerja SEO.

Manfaat SEO Secara Umum

Tadi sudah kita bahas bersama proses-proses yang dilakukan mesin pencari kepada web kita, yang terdiri dari tiga yakni crawling, indexing, dan ranking.

Nah, manfaat SEO secara umum adalah untuk mempersingkat ketiga proses di atas sobat. Jadi kalau dalam kimia kita mengenal istilah katalisator atau zat untuk mempercepat reaksi. Di sinilah tujuan dan manfaat SEO sebenarnya yakni mempercepat proses crawling, indexing, dan ranking.

Tidak hanya mempercepat, tetapi juga mengoptimalkan. Oleh karena itu namanya search engine optimization, atau optimasi mesin pencari.

Tujuan Dari SEO Yaitu?

Oke, setelah bahas manfaat SEO maka kita bahas tujuannya. Ya kali judul tulisannya “Tujuan dan manfaat SEO” tapi ndak mbahas tujuan dari SEO. Sebenarnya tujuan dari SEO yaitu Cuma satu lho sobat. Yakni bagaimana agar website/blog/artikel/landing page kita masuk ke halaman pertama pencarian google. Sesimpel itu ternyata.

Baca juga :   Sekolah SEO di Yogyakarta Ini Punya Kisah Unik di Setiap Pelaksanannya

Tujuan lain adalah turunan dari tujuan utama itu. Misalnya bagi seorang pebisnis maka tujuan dari SEO yaitu agar mendapatkan orderan atau closing. Kalau buat sekolah misalnya untuk mempopulerkan sekolah tersebut di mata masyarakat.

Dari sini sudah mulai jelas ya apa tujuan dan manfaat SEO yang sebenarnya. Eh dari tadi kita bahas yang abstrak-abstrak terus. Sekarang lebih bahas yang teknis ya sobat. Jadi dalam SEO itu sendiri ada dua teknik. Untuk kedua jenis tersebut simak sub judul di bawah ini.

Jenis Jenis SEO

  1. SEO On Page

Dalam SEO ada yang namanya optimasi SEO On Page. Di sini merupakan cara masuk halaman pertama google lewat bantuan kekuatan dari dalam website itu sendiri. Jadi optimasi dalam SEO On Page ini terdiri dari kerja-kerja seperti;

  • Meningkatkan kualitas konten dalam website yang meliputi; artikel, listing produk, penamaan tag, dan lain sebagainya.
  • Menuliskan meta deskripsi web secara tepat. Jadi kita harus menanam kata kunci sasaran di dalam meta deskripsi ini untuk mempercepat proses indexing website.
  • Mempercantik tampilan website. Berguna agar pengunjung betah membaca-baca artikel.

Itu dulu beberapa langkah dalam SEO On Page ya sobat. Sekarang kita lanjut pada optimasi SEO Off pagenya di bawah ini.

  1. SEO Off Page

Ini apalagi SEO Off page? Kalau ada on tentunya harus ada off dong, biar saling melengkapi. Hhe. Oke, satu jenis lagi dari teknik SEO adalah Off Page. Apa itu SEO Off page sudah kita bahas pada artikel berikut ini Cara Optimasi SEO Off Page.

Bagaimana cara menerapkan optimasi Off page di website kita? Ini langkah simpelnya;

  • Memperbanyak suntikan link pendukung ke homepage website.
  • Tujuan optimasi SEO off page adalah untuk mensukseskan proses ranking mesin pencari. Jadi buatlah websitemu terkenal di mata google.
  • Hubungkan web dengan google maps.
  • Dan lain-lainnya masih banyak lagi.
Baca juga :   Ikut Kelas Cara Menjadi SEO Specialist Yang Cocok Untuk Pemula

Sampai sini sudah mulai paham kan apa saja teknik dalam mengoptimalkan SEO Website. Jadi tujuan utama kita adalah halaman satu mesin pencari. Proses yang harus kita lalui terdiri dari crawling, indexing, dan ranking. Serta senjata yang kita miliki ada dua yakni On Page dan Off Page. Yuk selanjutnya disimak bagaimana cara kerjanya.

Cara Kerja SEO

Di sini tujuan dan manfaat dari SEO adalah untuk mempercepat proses crawling, indexing,  dan ranking agar web kita lekas masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Cara kerja SEO adalah bagaimana  kedua teknik SEO di atas dapat mempercepat ketiga proses di atas.

Oke kita akan bahas satu persatu ya sobat.

Crawling ini proses di mana mesin pencari meneliti dan mempelajari web kamu. Supaya mesin pencari lekas paham dengan web kamu maka buatlah dia gampang dipelajari misalnya dengan membuat peta link yang mudah, tidak rumit, dan tidak silang sengkarut. Teknik yang banyak dibutuhkan di sini adalah teknik SEO On Page.

Lalu indexing, bagaimana cara mempercepatnya? Tentu kita dapat mengkombinasikan On Page dan Off Page. Optimasi SEO On Page untuk mempercepat indexing antara lain; menuliskan deskripsi yang tepat di meta deskripsi serta membuat artikel yang SEO Friendly. Setelah konten dalam web kita terindeks maka saatnya mensukseskan ranking di mesin pencari.

Tanpa ranking ini maka website kita akan kalah dengan pesaing lain. Sebab kita tidak sendiri di mesin pencari. Ada pesaing lain yang harus kita kalahkan.

Teknik untuk mengoptimalkan proses ranking google adalah dengan SEO off page. Jadi kita harus mempunyai reputasi yang bagus di mata mesin pencari agar web kamu disarankan kepada user.

Nah, gimana sobat? Sampai di sini sudah cukup tahu kan tujuan dan manfaat SEO? Sudah paham juga bedanya SEO Off page dan On Page? Okee, setelah ini kita akan bahas juga teknik SEO On Page dengan lebih mendalam dan daging tentunya. Sudah penasaran? Tunggu tips edisi selanjutnya.