Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Mencari Kata Kunci

Cara Menggunakan Ubersuggest

Cara Menggunakan Ubersuggest – Ini merupakan jurus agar websitemu dapat ditemukan oleh customer, apalagi kalau tidak mengandalkan keyword atau kata kunci yang tepat. Coba disimak deh, hampir semua konten sosmed saat ini mengandalkan kata kunci agar cepat muncul ketika ada yang mencari, misalnya video youtube, artikel website, listing produk, bahkan konten tiktok.

Jika kamu pengen kontenmu di sosmed ataupun website lekas muncul ketika ada yang mencari, maka perhatikan langkah ketika membuat judul atau headingnya. Judul postingan di sosmed dan website yang bagus adalah yang mengandung kata kunci. Lalu bagaimana cara mencari keyword yang tepat? Kayaknya kamu perlu berkenalan dengan tools berikut ini deh sobat. Yuk kenalan dulu sama tools nya.

Namanya adalah ubersuggest. Ini adalah salah satu tool pencari keyword gratisan yang bisa kamu gunakan untuk mencari kata kunci yang tepat untuk judul website. Kata kunci yang tepat itu yang kayak gimana?

Kata kunci yang tepat adalah kata kunci yang persaingannya mudah sekaligus banyak yang mencarinya di google. Nah, pasti kamu sudah penasaran dengan tipsnya, yuk simak cara menggunakan ubersuggest berikut ini.

Pengertian Ubersuggest

Sebelum kita kenal lebih dekat dengan ubersuggest, maka simak dulu pengertian ubersuggest. Jadi tools ini merupakan karya atau bikinan dari Om Neil Patel. Kamu udah kenal belum sama beliau? Hehehe

Yak, betul. Dia adalah salah satu pakar SEO terkemuka di dunia. Dengan menciptakan tools ubersuggest ini beliau berharap dapat membantu sobat-sobat di seluruh dunia agar bisa memilih keyword potensial guna postingannya.

Tools ubersuggest ini sudah banyak penggunanya di seluruh dunia lho sobat. Bagi kita yang masih awam mungkin perlu belajar cara menggunakan ubersuggest, agar nanti tidak bingung ketika menggunakannya.

Baca juga :   Cara Melihat Analisis Tiktok dengan Tools Maupun Tanpa Tools

Lalu di mana langkah-langkah penggunannya? Sebelum menggunakan tools nya yuk perhatikan beberapa hal berikut ini;

  1. Ubersuggest Apk?

Buat sobat KDJ yang mau mencoba tools ini maka harap sabar. Sebab tools ini tidak ada dalam versi mobilnya. Kamu dapat membuka di browser mobile sebenarnya, tetapi tidak tersedia untuk versi aplikasi atau apk.

Jadi si Om Neil patel ini lebih suka jika toolsnya dibuka di browser ya sobat dan tidak dan tidak akan pernah kamu temukan dalam versi aplikasi.

  1. Ubersuggest Chrome

Salah satu browser yang paling nyaman kita gunakan untuk buka ubersuggest adalah chrome. Namun tidak menutup kemungkinan juga kamu membukanya di browser lain, seperti Mozilla firefox, atau opera web  browser.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya; tools ini kan buatan orang luar negeri, apakah bisa kita gunakan untuk mencari keyword yang berbahasa Indonesia?

Tentu bisa dong, karena ubersuggest ini sudah menyediakan fitur pencarian keyword berbahasa Indonesia.

Ubersuggest Indonesia

  1. Buka google.*co.id
  2. Ketikkan di pencarian google “ubersuggest”
  3. Website om Neil akan muncul di halaman 1 nomor 1 google.
  4. Pilihlah ubersuggest.
  5. Jika IP kamu bukan Indonesia maka harus setting lagi.
  6. Klik Keyword overview di bagian kanan.
  7. Lalu di kolom pencarian bagian tengah ganti bahasa/lokasi menjadi Indonesia.
  8. Mulai mengulik keyword di sana. Begini penampakannya…

Sampai di sini kita sudah siap dalam cara menggunakan ubersuggest. Selanjutnya yang akan kita lakukan adalah berkenalan dengan  fitur ubersuggest itu sendiri dan kegunaannya. Yuk simak di bawah ini.

Cara Riset Keyword Dengan Ubersuggest

  1. Masuk ke halaman utama uber suggest.
  2. Di bagian kanan layar, klik Keyword analyzer.
  3. Lalu klik keyword overview (menganalisis seluruh keyword).
  4. Lalu masukkan kata kunci yang ingin kamu analisis. Seperti gambar berikut;
Baca juga :   Cara Jual Motor di Marketplace Facebook Biar Cepet Kejual

  1. Begitu muncul hasilnya maka kita bisa langsung analisis.
  2. Search volume berarti jumlah pencari per bulan, SEO difficulty (tingkat kesulitan dalam seo), paid difficulty (tingkat kesulitan jika ingin ads berbayar), Cost Per Click (jumlah pembayaran per klik).
  3. Geser ke bagian bawah (scroll).
  4. Di bawah akan ada grafik pencarian beberapa hari terakhir.
  5. Geser lagi!
  6. Di bawah akan ada ide keyword turunan (relevan).
  7. Geser ke bawah lagi!
  8. Akan muncul content ideas (ide konten yang sesuai kata kunci tersebut).

Bagaimana cara riset keyword dengan ubersuggest? Cara nya gampang kan sobat? Kita hanya perlu mempelajari dulu manfaat dan kegunaan dari masing-masing fiturnya. Jika kamu sudah masuk ke halaman si ubersuggest, maka sudah tahu apa yang harus kamu lakukan. Hehe.

Dari langkah-langkah cara menggunakan ubersuggest di atas kita sudah mulai mengenal bagaimana pentingnya mengetahui Tuliskan langkah langkah penggunaan aplikasi Ubersuggest untuk mencari keyword.

Ternyata tools ini begitu penting untuk mencari kata kunci guna keperluan membuat judul artikel, atau untuk membuat heading  video youtube. Eits, tapi bukan itu saja lho kegunannya tools ini. Ada lagi kegunaan yang mungkin kamu pelajari.

Fitur Keyword Ideas dalam Ubersuggest

Cara menggunakan ubersuggest lain adalah dengan memahami fungsi fitur keyword ideas. Fitur ini akan membantu kita untuk mencari keyword yang relevan serta yang persaingannya tidak begitu berat. Kalau dari contoh di atas, kata kunci “jualan buku” cukup lumayan susah jika dioptimasi. Maka pilihlah keyword lain misalnya, “jualan buku online”.

Ada satu lagi kegunaan dari ubersuggest yang masih bisa kamu manfaatkan. Yakni tools ini dapat memberikan kepada kita ide untuk membuat konten dari turunan kata kunci tersebut. Misalnya adalah sebagai berikut;

Dari sana kita dapat mengetahui bahwa ada beberapa artikel bertemakan jualan buku, misalnya ahok jualan buku di penjara, lelaki jualan buku selama bertahun-tahun, dan lain-lain. Itu semua dapat kita gunakan untuk ide konten jika memang sesuai selera kita.

Baca juga :   Cara Mendaftar Local Guide Google : Pertemuan IV Mentoring Onboarding Bank BI

Nah, dari sini makin kenal dan sayang dengan ubersuggest bukan? Sudah berminat untuk sign up ke tools berikut ini belum? Oiya sobat, peralatan tempur SEO yang satu ini ada limit penggunannya ya. Maksimal kita dapat menggunakan untuk 10 kali pencarian dalam sehari.

Yah sedih ya? Tapi tenang, kamu bisa gunakan tools lain kok untuk menggantikan si uber suggest. Apa itu tools nya?

Google Trends

Siapa yang belum tahu bahwa google punya fitur Trends untuk melihat bagaimana sebuah kata kunci dicari di google? Ternyata uber suggest dapat digantikan dengan fitur ini lho sobat.

Kelebihan dari google trends daragipada uber suggest adalah kita dapat melihat darimana saja para pencari kata kunci tersebut. Ini akan sangat bermanfaat untuk menembak calon customer sesuai target daerah.

Namun kekurangan dari google trends adalah tidak dapat menunjukkan tingkat kesulitan dari kata kunci tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Ubersuggest

Setelah berpanjang lebar membahas cara menggunakan ubersuggest, maka kita harus tahu apa sih kelebihan da kekurangan ubersuggest.

Sedikit kekurangan dari tools ini adalah kita hanya dapat menggunakan versi terbatasnya. Jadi tidak full  version karena memang Om Neil membuat tools juga agar dapurnya ngebul.

Sedangkan kelebihan dari si uber ini adalah ketepatannya menganalisis potensi sebuah keyword atau kata kunci untuk kita gunakan dalam postingan.

Itu saja sekian tips dari Kampus Dosen Jualan. Cara menggunakan ubersuggest itu tadi hanya secuil ilmu yang akan kita pelajari di Inkubator SEO KDJ. Apa itu Inkubator SEO KDJ? Ah daripada kepo mending buruan ikut join kelasnya. Semoga bermanfaat.

 

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

chat wa admin kdj