Cara Membuat Anchor Text : Strategi SEO yang Terlupakan

Cara Membuat Anchor Text

Halo pejuang SEO yang katanya pingin websitenya naik ke page one google? Untukmu tips berikut ini yang akan membahas mengenai cara membuat anchor text. Apa itu teks anker? Kita pasti sering mendengarnya dalam sebuah proses optimasi website. Tapi tahukah kamu maksud dari anker text tersebut?

Sebagai informasi saja, bahwa si anchor teks ini merupakan salah satu aspek dalam SEO yang sering kali dilupakan. Duh, kasihan. Padahal cara menerapkan dan cara membuat anchor text itu sangat simpel lho sobat. Dan hasilnya sangat berpengaruh terhadap kualitas halaman website kita di mata google.

Anchor text ini mudah penerapannya karena saat kegiatan mengelola website saat ini sudah dimudahkan dengan kehadiran platform blogging seperti blogger dan wordpress. Jadi untuk menerapkan anchor teks kita tidak harus membuat coding html yang super rumit dan hanya diperuntukkan bagi professional.

Tips cara membuat anchor text ini akan sangat manfaat buat kamu para pebisnis yang ingin menarget kata kunci tertentu di halaman pencarian google. Anchor teks memungkinkan google semakin mengenali bahwa  web kita mempunyai hubungan dekat dengan keyword yang akan ditarget. Gimana sobat? Bisa membayangkannya? Daripada sibuk membayangkan yuk simak apa itu anchor text.

apa itu anchor text dalam SEO?

Anchor text adalah salah satu aspek penting dalam SEO. Saking pentingnya sampai-sampai banyak pejuang SEO yang melupakan aspek yang satu ini ketika mengoptimasi website mereka menuju ranking satu google.

Lalu yang bagaimana sih anchor text itu? Anchor text itu merupakan kata atau sekumpulan kata yang memuat link dan ketika diklik akan mengarah ke halaman tertentu dalam website. Pernahkah anda menemukan yang modelan begini ketika membaca sebuah artikel di google? Ini adalah contoh dari apa itu anchor text;

Baca juga :   Cara Cek Backlink Kompetitor

 

 

Itu merupakan salah satu contoh dari anchor teks. Terdiri dari tiga kata dan ketiganya mengarah kepada link yang sama. Ternyata cara buat anchor text ini ada aturannya lho sobat. Sebelum kita membahas cara membuat anchor text, lebih baik kita simak dulu jenis-jenis dari anker teks dalam SEO.

Jenis-jenis anchor text

Saat ini kita tidak perlu repot lagi ketika ingin membuat anker teks. Sebab sudah ada platform blogging yang simpel dan friendly untuk pemula, seperti blogger-nya google, wordpress, weebly, dan lain sebagainya. Dulunya kita harus melakukan coding dulu untuk menyisipkan link pada kata tertentu dalam artikel.

Meskipun sekarang sudah lebih gampang, tapi kita harus tahu apa saja jenis-jenis anchor text. Dengan begitu kita dapat menerapkan cara membuat anchor text secara lebih mudah. Apa aja  jenisnya? Yuk disimak bersama;

  1. Anchor Brand

Jenis anchor text branded biasanya berupa penyisipan link ke dalam nama/penyebutan sebuah brand. Namun brand yang dimaksud tidak sama persis dengan nama domain kita. Misalnya frasa “kampus dosen jualan” itu tidak cocok kita gunakan untuk anchor teks, karena namanya sama persis dengan nama domain.

Maka untuk menyiasati hal ini kita harus membuat anchor brand berupa penyebutan atau frasa yang sering orang gunakan untuk menamai produk kita. Misalnya untuk Kampus Dosen Jualan adalah “sekolah digital marketing terbaik”,  “pembicara internet marketing”,dan lain sebagainya.

Manfaat dari anchor branded ini adalah kita dapat menaikkan prestise web kita di mata google apabila dicari dengan kata-kata branded di atas. Sudah siapkah anchord branded untuk website kamu?

  1. Bentuk Generic (Perintah)

Anchor teks bisa juga dalam bentuk generic atau perintah tertentu.  Misalnya adalah “klik di sini” atau “info selengkapnya”, “hubungi kami”, dan lain-lainnya. Biasanya anchor bentuk generic ini akan mengarah ke halaman landing page atau mengarah ke halaman contact person.

Bisa juga bentuk generic ini mengarah ke part lanjutan dari sebuah artikel. Pasti seringkali kita menemukan hal ini di portal berita online yang mana mereka memakai membagi sebuah berita ke dalam beberapa halaman.

  1. Exact Match

Exact match adalah anchor teks yang sama persis dengan judul link yang akan kita tuju. Misalnya kita akan mengarahkan orang untuk klik link berikut “nama domain/cara-mengoptimasi-facebook-marketing/, maka anchor teks yang kita pasang adalah Cara Mengoptimasi Facebook Marketing.

Baca juga :   Ikut Kelas Cara Menjadi SEO Specialist Yang Cocok Untuk Pemula

Jadi antara link dan text itu sama persis termasuk substansi pembahasan di dalamnya. Jangan sampai kita memberikan link yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan anchor teks yang kamu pasang. Karena ini akan menyebabkan kebingungan dari pihak google dan pembaca. Nantinya juga berimbas jelek ke reputasi web-nya lho sobat.

  1. Bentuk Partial Match

Kalau exact match tadi memakai kata yang sama persis dengan link, sedangkan partial match lebih ke garis besar pembahasan artikel yang akan dituju. Misalnya kita akan menarget link “nama domain/cara-membuat-blog-gratisan”. Maka text link yang kita pasang adalah Membuat Blog. Jadi hanya sebagian teks saja yang kita link-kan.

  1. Link Telanjang

Nah, kalau ini adalah salah satu anchor yang benar-benar masih berbentuk link. Jadi jika orang mengklik-nya maka akan mengarah ke link itu juga. Contohnya adalah berikut ini;

  1. Anchor Text dalam Gambar

Ternyata anchor teks juga bisa dalam bentuk gambar lho sobat. Jadi ketika kita sisipkan gambar ke dalam artikel, maka di gambar itu pula kita akan sisipkan link-nya.

Bentuk anchor seperti ini biasanya berguna untuk menaikkan gambar sekaligus halaman yang dituju ke dalam  indexing google.

Itulah tadi keenam jenis-jenis anchor text yang selama ini orang pakai ketika membuat teks link  ke halaman tertentu. Lalu bagaimana langkah atau cara membuat anchor text di sebuah website?

cara buat anchor text dalam sebuah postingan web

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa si anchor ini penting sekali untuk SEO website. Pertama ia berfungsi untuk menaikkan kata kunci website, dan kedua untuk mempermudah pembaca ketika akan melihat info selengkapnya.

Nah, biasanya link text ini berada di badan artikel, bisa juga di gambar yang kita sisipkan. Tapi dalam tips cara membuat anchor text ini kita akan bahas link yang ada di teks. Bagaimana langkah cara buat link text;

  1. Buatlah sebuah artikel baik tentang edukasi ataupun tentang jualan.
  2. Mulai upload artikel tersebut ke wordpress/blogger.
  3. Blok dengan kursor pada kata/kumpulan kata yang ingin kamu tuju.
  4. Cari icon berbentuk link pada bagian atas dasbor postingan. Untuk wordpress gambarnya seperti ini;
  5. Untuk blogger
  6. Lalu masukkan link tujuan ke dalam kolom hyperlink tersebut.
  7. Selesai
Baca juga :   Ciri-Ciri Artikel SEO Friendly untuk Website Kamu agar Nangkring di Pejwan Google

Cukup mudah  bukan cara membuat anchor text untuk mengoptimalkan SEO pada web kita?

Oh iya ketika menerapkan tips anchor ini jangan sampai terlampau banyak membuat link yang mengarah ke halaman tertentu ya sobat! Karena ini bisa menyebabkan google melakukan penalty terhadap web kita. Karena apa? Sebab web kamu terindikasi melakukan spaming dan kecurangan untuk dapat naik ke halaman pertama google.

Sekian tips SEO dari KDJ kali ini, semoga bermanfaat dan selamat pasang anchor di web kamu ya sobat.