Berapa Lama Website Terindex Google , Tips Berikut Ini Menjawabnya

Berapa Lama Website Terindex Google

Bagi seorang blogger atau webbloger pemula pasti sering bertanya-tanya di setiap selesai upload artikel; kira-kira berapa lama website terindex google, sehingga bisa dicari menggunakan SERP. Penantian sungguh membutuhkan kesabaran, termasuk dalam menanti sebuah website dapat terindeks di google. Namun tulisan ini akan mengulas satu per satu aspek dalam indexing mesin pencari terhadap sebuah artikel atau website.

Berbagai pengalaman membuktikan bahwa setiap website yang sudah terdaftar di dalam google search console pasti akan terindeks, meskipun entah di halaman berapa. Kata entah inilah yang membuat kita kadang mengalami keresahan akibat penantian. Jika anda pernah mengalami hal ini berarti anda tidak sendiri, sebab website yang masih baru terkadang memang lama terindeks di google. Untuk itulah kami menulis tentang berapa lama website terindex di google. Sebelum itu kita akan bahas dulu bagaimana agar website masuk ke google.

Agar Website Terindex Google

Kita sudah membahas pada artikel sebelumnya tentang website tidak terindex google. Di sana kita sudah belajar tentang bagaimana langkah-langkah mendaftarkan sebuah laman web di indexing mesin pencari. Ternyata mudah sekali bukan buat mendaftarkannya?

Selain mendaftarkan web di google, ternyata kita harus memperbanyak artikel agar  semakin banyak peluang sebuah web untuk dikenal oleh mesin pencari. Artikel adalah ibarat sebuah surat cinta dan google adalah pacarnya. Semakin banyak artikel maka semakin banyak peluang surat cinta tersebut terbaca oleh pacar idaman.

Tentunya artikel yang kita bikin harus sesuai dengan kriteria mesin pencari, di sini kita sudah pernah mengulas ciri-ciri artikel seo friendly pada sebuah kesempatan. Jangan sampai kamu menulis artikel yang sama semua Cuma dengan judul beda. Itu sangat tidak disarankan karena akan menghambat indexing google di web kita.

Baca juga :   Cara Membuat Meta Deskripsi di Blog untuk Platform Wordpress

Google Search Console

Google search console adalah robot pencari yang menelusuri setiap laman website di seluruh dunia. Setelah melakukan indexing maka mereka akan menyarankan atau memasukkan setiap postingan ke halaman mereka. Jika kualitas website tersebut sudah baik, tentu google akan semakin percaya dengan postingan tersebut. Namun jika kamu adalah pemain baru,  maka harap sabar jika search console akan lambat mengindeks-nya. Inilah logika google. Jadi prioritas mereka adalah pada kualitas sebuah website (DA, PA, SS).

Berdasarkan pengalaman penulis dalam memegang web ternyata ada banyak sekali berapa lama waktu indexing google pada sebuah website. Seberkualitas apapun artikel tapi kalau diupload di website yang kurang kredibel, maka proses indexing nya akan lama dan sebaliknya. Tulisan ini akan membuka satu per satu tentang berapa lama website terindex google. Namun sebelum itu mari kita bahas dulu bagaimana mengetahui apakah sebuah web sudah terindex google atau belum.

Cara Mengetahui Website Terindex Google

Cara untuk mengetahui website terindex di google bisa menggunakan cara manual (allintitle, allinsite, allinurl) maupun dengan menggunakan SERP. Berikut kita akan bahas satu per satu;

  1. Cek keterindeks-an secara manual, kita dapat mengecek sebuah artikel terindeks atau tidak dengan menggunakan mengetikkan (allintitle: ) di depan kata kunci atau judulnya. Jika keluar artikel tersebut, maka dapat dipastikan bahwa postingan tersebut telah terindeks di mesin pencari. Lalu fitur lain yang bisa kita gunakan adalah (allinsite: ) yakni untuk mengecek judul situs. Lalu dapat juga menggunakan (allinurl: ) untuk mengecek keterindeksan sebuah domain. Ketiga cara tersebut untuk mengecek misalnya artikel atau website tidak ada di halaman-halaman awal mesin pencari.
  2. Mengecek indexing google dengan SERP. Ini adalah cara paling mudah yakni dengan menggunakan fitur whatsmyserp. Kita tinggal masukan negara asal domain, URL, dan juga kata kunci yang kita sasar. Di sana akan muncul nomor ranking apabila terindex. Dan akan muncul tanda (-) bila belum ada indexing.
Baca juga :   Cek Hashtag Instagram Memakai Tools Gratisan

Jika saat mengecek kamu belum menemukan artikel atau website terindex di google dan hanya mendapati tanda (-) maka kemungkinan besar artikelmu belum ada di google. Jika artikel yang baru terupload belum ada di google maka itu masih belum terindex di sana. Lalu kita kembali ke pertanyaan berapa lama website terindex google. Maka jawabannya adalah relatif. Berdasarkan pengalaman penulis, untuk web yang sudah punya nama maka lebih cepat terindeks nya. Rata-rata artikel di sini terindeks setelah 24 jam upload.

Namun banyak variasi lainnya untuk indexing google ini, mulai dari 1, 3, 4 hari hingga 1 ataupun 6 bulan. Semua kembali lagi pada kemampuan dan kedekatan web kita dengan google. Semakin dekat web dengan mesin pencari maka semakin mudah pula artikelnya masuk ke indexing. Inilah pentingnya kita melakukan optimasi SEO On Page selain off page.

Kenapa Blog Tidak Terindex Google

Semisal kamu membuat akun blog, maka juga harus terdaftarkan ke google search console agar bisa terindex google. Sebab weblog berbayar saja akan susah terindeks google apalagi blog yang gratisan. Caranya untuk mendaftarkan blog di mesin pencari sangatlah mudah. Kita tinggal masuk ke search console lalu mendaftarkan wordpress dengan akun email.

Namun dengan mendaftar ke search console belum menjamin artikel-artikel kita dapat masuk ke halaman mereka. Terkadang kualitas artikel juga ikut mempengaruhi berapa lama website terindex google. Jika artikel tidak ada focus keyphrase maka tidak mungkin masuk ke halaman pencari. Pun ketika sebuah artikel kebanyakan kata kunci juga akan susah masuk ke sana. Yang baik adalah yang proporsional dan tidak berlebihan. Kuncinya adalah jika artikelmu sepanjang 500 kata maka normalnya ada 4-5 kali pengulangan. Sedangkan untuk artikel sepanjang 1000 kata maka normalnya ada 7-9 pengulangan keyphrase.

Baca juga :   Cara Memakai Google Search Console untuk Melihat Kunjungan Website

Cara Mempercepat Artikel Terindex Google

Sebenarnya tidak ada cara mutlak untuk mempercepat sebuah  artikel atau website terindeks di google. Bahkan tidak ada orang yang tahu berapa lama website terindex google sebab hanya mereka dan Tuhan yang tahu. Namun kiat-kiat berikut ini mungkin bisa mempercepat artikel terindeks search engine dan mengetahui berapa lama website terindex google. berikut adalah kiat-kiatnya;

  1. Carilah kata kunci yang kompetisinya rendah, namun tetap mempunyai volume. (Di bawah 500.000)
  2. Lihatlah artikel yang ada di halaman pertama kata kunci tersebut, jika yang paling banyak adalah 700 kata, maka lampaui hal tersebut dengan artikel 1000 kata misalnya.
  3. Buatlah artikel yang masih ada kaitan dengan artikel sebelumnya lalu buatlah inbound link.
  4. Setting lah YOAST SEO secara maksimal, sampai indikatornya berwarna hijau.
  5. Dan berdoalah.

Itulah kiranya yang dapat mempercepat pengindeks-an mesin pencari terhadap sebuah website atau artikel. Cara-cara di atas mungkin dapat mempercepat berapa lama website terindex google. Di poin terdapat adalah jurus ketika semua usaha sudah mentok yang bisa kita lakukan. Dan kembali lagi semua tergantung kekuatan website kita dalam mendekati mesin pencari. Semoga artikel tentang berapa lama website terindeks di mesin pencari berikut ini dapat bermanfaat untuk blogger dan webblogger yang membutuhkan.