Belajar Taktik SEO Untuk WordPress Dijamin Websitemu Gowes

Taktik SEO untuk Wordpress

Taktik SEO untuk WordPress. Belajar SEO atau search engine optimization memang tidaklah mudah. Sebab ini merupakan sebuah cara agar website atau blog kita dapat masuk ranking di google. kompetitor atau pesaing kita sangatlah banyak untuk mencapai halaman pertama google. Namun SEO juga bukan sesuatu yang tidak bisa kita pelajari. Untuk pemula, kita harus tahu trik dan juga taktik nya agar lebih cepat mengoptimasinya.

Pada tulisan ini kita akan bagikan taktik SEO untuk wordpress. Materi ini sebenarnya merupakan materi yang dibagikan kepada peserta di Kelas Inkubator SEO Kampus Dosen Jualan pada tanggal 4-5 Nopember 2021. Namun karena materi itu penting untuk sobat-sobat semuanya, maka akan kami bagikan di sini secara gratis. Beberapa taktik di bawah ini tentunya gampang untuk kamu terapkan di blog atau websitemu. Namun kita tak akan langsung membahas tentang taktik SEO untuk wordpress tersebut. Kita akan bahas dulu mengenai cara kerja SEO.

Cara kerja SEO akan mempermudah kita untuk belajar SEO secara lebih lanjut. Ini merupakan dasaran agar nantinya pondasi kita mengenai SEO menjadi lebih jelas. Oke, kita akan bahas cara kerja SEO di bawah ini.

Cara Kerja SEO

Cara kerja SEO mirip cara kerja di dalam sebuah kantor. Mari Kita ibaratkan search engine itu sebagai sebuah ruangan kantor atau sebuah gedung kantor. di dalam kantor tersebut tentu ada bermacam-macam divisi dan hierarki atau struktur dari bawah ke atas. Kepala kantor dapat kita ibaratkan sebagai robot google yang nantinya akan menaruh website kita di dalam indexing halamannya.

Apabila kita atau website kita belum terlalu berperan di dalam kantor perusahaan tersebut, maka akan sulit untuk dapat masuk ke dalam zonanya kepala perusahaan. kita memerlukan rekomendasi-rekomendasi dari beberapa divisi agar kita dapat dikenal dan masuk dalam prioritas kepala perusahaan.  Proses memperoleh rekomendasi inilah yang kita sebut sebagai search engine optimization.

Baca juga :   Makin Pede Setelah Pasang Iklan Langsung Tampil di Google

Sama halnya dengan kantor tadi, kalau kamu ingin website kamu dapat masuk ke dalam halaman 1 atau 2 google maka harus mendapatkan rekomendasi dari website lain yang performanya lebih bagus daripada website kita. atau dari website yang sudah terkenal baik di google. dari situlah nantinya web kita dapat perlahan-lahan naik dan google akan mengenalnya dengan baik. Inilah yang kita sebut sebagai cara kerja SEO.

Search Engine Optimization Adalah

Tadi kita sudah bahas mengenai cara kerja SEO. Maka kita tinggal menspesifikkan saja apa itu SEO. Jadi Search engine optimization adalah sebuah cara atau usaha untuk mendongkrak website kita agar lekas masujk ke dalam indexing mesin pencari. Mesin pencari itu bisa google, bing, yahoo, dan lain sebagainya. bahkan youtube pun dapat kita golongkan sebagai mesin pencari lho sekarang. Jadi memang taktik SEO untuk wordpress atau Search engine optimization adalah suatu hal yang sangat krusial posisinya.

Di dalam tulisan ini kita khusus akan membahas tentang taktik SEO untuk wordpress. kita akan bagikan cara-caranya untuk kamu yang menggunakan wordpress sebagai CMS untuk blogging atau mengelola website.

Baca juga : Contoh Judul dan Deskripsi Youtube yang bagus

Contoh Optimasi Seo WordPress

Ada banyak cara dan contoh optimasi SEO WordPress. berikut ini adalah proses-proses di dalam optimasi sebuah website atau blog dengan CMS WordPress;;

  1. Developing Account

pertama kali ketika kita akan optimasi wordpress adalah dengan developing account atau membuat akun wordpress. akun ini nantinya akan kita gunakan untuk membangun situs, baik itu blog ataupun wordpress. berhubung wordpress sekarang sudah tergabung dengan google maka itu semakin memudahkan prosesnya.

  1. Maintenance Account

lalu tahap selanjutnya setelah membuat akun adalah kita harus melakukan maintenance. apa itu maintenance account? Jadi maintenance account adalah proses memperbaiki, mempercantik, dan membuat layak account atau situs kita agar dapat dinikmati oleh audicence. Di antara prosesnya adalah dengan menata lay out dan template wordpress, serta menginstall plugin yang kita butuhkan.

  1. Optimation Account

Lalu tahap selanjutnya adalah optimation account. Ini merupakan proses yang akan kita bahas di dalam tulisan ini. Di antara yang menjadi kerja di dalam optimasi akun adalah dengan memperbanyak backlink, memperbanyak tulisan atau artikel, menambahkan meta deskripsi blog, serta melakukan riset kata kunci.

Baca juga :   Cara Menggunakan Yoast SEO di Wordpress yang Anti Merah-Merah Club

itulah ketiga tahap di dalam Optimasi SEO WordPress. Tulisan ini akan membahas aspek yang ketika di atas, yakni bagaimana taktik SEO untuk wordpress. Tentunya ini diharapkan bisa kamu aplikasikan secara instan di website dan blog masing-masing.

Plugin Seo WordPress

Dalam tahap maintenance account, tentunya kita butuh beberapa plugin untuk menguatkan dan mendukung proses optimasi selanjutnya. Berikut adalah beberapa plugin yang dapat kamu install ke dalam dasbor. untuk selengkapnya baca Plugin yang Dibutuhkan untuk WordPress

  1. Yoast Seo, fungsinya untuk mengecek apakah kontenmu sudah SEO friendly atau belum.
  2. Squirly SEO, sama seperti Yoast SEO.
  3. Google XML Sitemaps, berfungsi untuk mengecek keterindeks an website kita di mesin pencari.
  4. Broken Link Checker, ini berfungsi untuk mengecek adanya link yang rusak di dalam struktur web kita.
  5. WP Super Cache, berfungsi untuk menghapus cache atau file sampah di dalam web hosting kita.

Cara Meningkatkan Seo Website di CMS WordPress

berikut adalah beberapa cara dan taktik SEO untuk wordpress yang dapat kamu aplikasikan ke website atau blog kamu. Insyaallah cara-cara ini sudah teruji untuk meningkatkan traffic maupun untuk menaikkan domain authority website kamu.

  1. SEO On Page

pertama kita mengenal yang namanya teknik SEO On Page. Ini merupakan teknik ketika kita mengoptimasi website dari dalam web itu sendiri. Di antara yang menjadi prosesnya adalah ; setting meta title dan meta deskripsi, memposting artikel yang SEO Friendly secara rutin, membetulkan setiap meta deskripsi artikel, memberikan penataan visual dan menu yang baik, menyederhanakan jejaring link agar lebih mudah terpahami oleh google (gunakan broken link checker).

Teknik SEO On page ini merupakan cara kita untuk mendapatkan page authority sekaligus traffic atau pengunjung.

  1. SEO Off Page

Lalu cara selanjutnya di dalam taktik SEO untuk WordPress adalah teknik SEO Off page. Ini adalah optimasi website dari luar website itu sendiri. Jadi tugas kita di sini adalah mengusahakan link-link dapat mengarah ke website kita. Dengan begitu google akan menganggap bahwa artikel dan web kamu kredibel. Dari sinilah nantinya google akan senantiasa merekomendasikan web kamu apabila ada yang mencari di halaman mereka. Di antaranya yang menjadi kerja-kerja di dalam SEO Off page adalah dengan mencari backlink dofollow (bisa mencari jasanya), membuat jejaring PBN atau ternak web dan blog pendukung, dan lain sebagainya.

Baca juga :   Inkubator Jualan Online Batch 78 Coming Soon

Itulah beberapa tips yang telah Mas Rizki Pahlawan dan pemateri-pemateri lainnya di Kelas iNkubator SEO Kampus Dosen JUalan pada awal November 2021 kemarin. Semoga dapat menjadi inspirasi buat kamu.

(Ingin belajar tentang digital marketing dan SEO secara mendalam? Ikutlah Kelas INkubator SEO KDJ di batch selanjutnya. Informasi selanjutnya hubungi wa.me/6282136947525