Inspirasi Konten Tiktok Beserta Contoh-contohnya yang Sederhana

Inspirasi Konten Tiktok

Menjadi seorang influencer tiktok bukanlah perkara sederhana. Sebab menjadi seorang content creator di tiktok bukan hanya perkara upload video, melainkan terkait juga bagaimana dia menjadi inspirasi konten tiktok yang banyak peminatnya. Hal lain yang juga penting adalah terkait bagaimana konsistensi dia ketika membuat konten setiap harinya.

Jadi memang menjadi seorang konten kreator bukanlah perkara suka atau tidak suka, mood atau tidak mood, melainkan bagaimana mengatasi semua itu. Caranya adalah dengan merancang strategi manajemen konten untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Tapi strategi manajemen konten pun tidak akan jalan ketika tidak ada yang namanya inspirasi konten tiktok. Dalam tulisan ini kita akan membahasnya secara mendalam. Bukan hanya terkait bagaimana mencari ide tetapi kita juga akan melihat contoh-contohnya.

Kadangkala kebuntuan melanda kita sebagai seorang content creator. Sebab kebuntuan adalah manusiawi. Memang inspirasi tidak datang begitu saja. Dan jika kita menunggu inspirasi maka kita tidak bisa konsisten. Memang caranya kita harus menabung kalender konten yang akan kita buat. Lalu bagaimana mencari inspirasi konten tiktok untuk menabung kalender tersebut? Di tulisan ini kita akan mencari cara dengan mudah. Jadi kita akan mencari inspirasi dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar dan diri kita sendiri.

Baca juga : Ide Konten Tiktok untuk Pemula

Konten Tiktok Adalah Inspirasi Paling Sederhana

Sudah kita sebutkan di atas, bahwa ketika mencari inspirasi konten tiktok sebenarnya tidaklah sulit. Kita tak perlu membuat script tiktok yang rumit, sebab dari hal-hal sederhana saja dapat kita gunakan sebagai content. Hal sederhana itu menjadi tugas kita untuk merubahnya menjadi sesuatu yang berharga dan banyak yang meminati.

Bagi kita yang berfokus pada penggunaan tiktok untuk bisnis atau untuk promosi sesuatu, maka ada beberapa jenis konten tiktok yang kita gunakan untuk promosi itu. Kita akan golongkan beberapa konten tiktok itu menjadi beberapa, di antaranya adalah;

  1. Konten Edukasi Tiktok

Jadi konten edukasi ini adalah konten yang berisi penjelasan atas pemakaian, penggunaan, manfaat, tips dan kiat sebuah produk tertentu. Education content merupakan bentuk atau cara kita untuk mengumpulkan audience sebelum pada akhirnya mereka kita sodorkan nilai dari produk kita. biasanya customer tidak akan mau memakai produk tanpa mereka tahu apa kegunaan dan manfaat dari produk tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut;

Baca juga :   Cara Mendapatkan Kontak Wa Tanpa Aplikasi : Pertemuan VII Mentoring Onboarding Bank BI

Inspirasi Konten Tiktok 1

Adanya tiktok ini merupakan suatu anugerah tersendiri karena kita akhirnya dapat menampilkan konten edukasi secara lebih menarik perhatian audience. Daya jangkau konten tiktok juga luas sehingga memungkinkan kita untuk meluaskan jangkauan pasar. Inilah manfaat tiktok untuk bisnis yang harus kita sadari bersama.

  1. Konten Tiktok Untuk Bisnis

Lalu setelah edukasi, kita juga mengenal yang namanya promotion content. Ini merupakan jenis konten yang berisi pemaparan atas produk atau bisnis tertentu. Caranya bermacam-macam, di antaranya adalah promosi langsung (direct), giveaway, challenge, dan juga dalam bentuk ads. Namun di sini kita akan bahas cara berupa promosi langsung. Contohnya adalah seperti berikut ini;

Inspirasi Konten Tiktok 1

Salah satu cara organik untuk optimasi tiktok adalah dengan membuat konten berupa story selling atau soft selling. Semisal kita membuat penampakan video yang menarik, menampilkan pemandangan, lalu di balik itu kita berikan sebuah produk atau jasa kita. itu adalah salah satu penarik minat penonton untuk melihat video kita. kalau mereka tidak beli itu tidak menjadi masalah, sebab promosi tujuannya adalah untuk mengenalkan dan tidak sekadar menjual.

  1. Ide Konten Tiktok Untuk Pemula

Kita bahas tiktok di sini bukan sekadar untuk bisnis lho. Tapi juga untuk memberikan tips dan inspirasi konten tiktok untuk pemula atau pemula yang ingin jadi creator. Memang tidak mudah menjadi seorang content creator pemula. Kita dituntut untuk mempunyai strategi konten dan juga konsistensi. Maka dari itu kita di sini juga akan bahas cara menjadi ide konten tiktok bagi pemula. Dari sini kita akan menjadi tahu bahwa konten tiktok itu tidak bisa kita dapatkan secara instan.

Kalau kita ingin menjadi seorang content creator tiktok secara handal maka harus bersedia melalui tahap tahapnya. Di tahap pertama kita harus membuat konten tiktok sederhana dan itu harus konsisten atau istiqomah. Lalu jika sudah ketemu ritmenya maka langkah selanjutnya adalah dengan naik level. Di sana kita juga harus istiqomah juga untuk bisa naik ke tahap selanjutnya.

Baca juga :   Cara Membuat Meta Deskripsi di Blog untuk Platform Wordpress

Cara Membuat Konten Tiktok Yang Menarik

Cara mudah untuk membuat konten tiktok yang menarik tentu membutuhkan proses dan persyaratan-persyaratan pendukungnya. Pertama tentunya adalah camera yang memungkinkan untuk kita gunakan take video. tidak harus kamera yang high resolution. Cukup kamera hape dengan pixel di atas 10. Itu sudah dapat menjadi alat yang bagus untuk take content.

Lalu yang kedua adalah kita harus mempunyai sedikit kemampuan edit video, baik mengedit di dasbor tiktok ataupun di aplikasi editing sederhana, seperti kinemaster ataupun yang lain. Lalu selanjutnya yang terpenting adalah kita harus memiliki script atau rancangan alur content sehingga dapat mencapai tujuan konten tersebut.

Nah, di bawah ini akan ada beberapa contoh konten tiktok beserta inspirasi konten tiktok untuk kamu yang masih pemula. Kita akan bagi menjadi beberapa klasifikasi, di antaranya stage 1, stage 2, dan stage 3. Kita harus melalui tiap stage minimal 1 minggu full, dan tidak boleh satu haripun terlewat tidak upload konten.

Contoh Konten Tiktok

  1. Content Ideas Level 1

Kita sepakat untuk membuat konten secara sederhana. Jadi di level 1 ini kita akan membuat konten dengan jenis seperti QnA, lalu jawaban atas pertanyaan di kolom komentar, lalu sharing kegiatan di pagi harimu misalnya, atau bisa juga edukasi sederhana seperti tips mengetahui barang KW, dsb.

Berikut untuk proses pengerjaan dari ide level 1 ini;

Pertama kamu bisa memilih apakah menggunakan video narasi atau video yang menampilkan person kamu. Jika video itu menampilkan personmu maka jangan lupa untuk tampil bagus di sana. Maksudnya tampil bagus di sini adalah kita harus memperhatikan penampilan, gaya pengucapan, bahasa, intonasi, dan lain sebagainya. Di sana kamu juga harus menyapa audience, barulah kamu sampaikan edukasinya atau kiat kait yang akan kamu bagikan. Usahakan untuk membuat konten semacam ini setiap hari, jangan sampai satu haripun terlewat. Jika sudah ketemu ritmenya barulah kamu naik ke level selanjutnya.

  1. Content Ideas Level 2

Semakin tinggi level, maka kamu harus makin menspesifikkan materinya. Sederhananya adalah materi yang kamu buat harus semakin detail. Kalau di atas kita masih membuat materi yang terkait hal-hal umum(seperti QnA) dll. Maka di level kedua kamu harus membuat tema-tema konten seperti; 8 target kota untuk jualan gamis, menanggapi atau mengomentari testimony dari customer, kemudian kamu juga bisa bagikan pengalamanmu menggunakan aplikasi tertentu atau ketika kamu mendapatkan call physing misalnya. Usahakan membuat konten semacam ini selama 1-2 minggu. Barulah ketika sudah mendapatkan ritme, kamu boleh naik level selanjutnya. Untuk level lanjutan education content belum kita bagikan di sini. Yang ada di bawah adalah tentang product promotion.

  1. Content Ideas for Product Level 3

Di sini kamu dapat membuat video penjelasan yang menampilkan dirimu. Penjelasan yang seperti apa? Misalnya adalah penjelasan tentang produk apa saja di tokomu yang harganya di bawah 100.00. di sini kamu juga dapat membagikan proses ketika tokomu sedang packing untuk customer di luar negeri misalnya.

Baca juga :   Aplikasi Pendukung Instagram untuk Bisnis yang Wajib Kamu Install

Cara-cara seperti ini dapat meningkatkan trust customer kepada tokomu lho. Buruan deh cobain sekarang tips dan inspirasi konten tiktok yang sudah kita bahas di atas. Dijamin lead magnetmu bakal muncul dari tiktok. Semoga manfaat.