Ide Konten Tiktok Bermanfaat Biar Kontenmu Isinya Gak Joget-joget Melulu

Ide Konten Tiktok Bermanfaat

Orang di luaran sana apabila mendengar  kata tiktok pasti asosiasinya langsung kepada joget-joget, dan sekumpulan jamet yang menghalalkan segala hal demi konten. Tapi sebenarnya tiktok tidak hanya tentang joget-joget. Tiktok merupakan sebuah platform yang  cocok untuk membagikan semua momen, mulai dari momen membahagiakan sampai momen yang niatnya sharing kepada orang lain di internet. Tulisan ini akan membagikan kepada kamu bagaimana membuat ide konten tiktok bermanfaat biar tiktok tak hanya berkesan joget-joget melulu.

Setiap harinya ada jutaan video tiktok yang ditonton oleh orang-orang di seluruh dunia. Dari sekian banyak video itu tentu orang-orang mengharapkan tuntunan dari yang ditontonnya. Oleh karena itu kita wajib untuk mengisi konten tik tok dengan hal-hal yang mengedukasi.

Konten receh tidak masalah asalkan masih mengandung substansi yang mencerahkan. Jika kamu sedang berjualan, maka buatlah konten yang isinya tentang penggunaan produk misalnya. Apalagi kamu yang menjual jasa, maka wajib juga untuk mengedukasi customer terkait misalnya bagaimana kerja dari jasa tersebut.

Ide Tiktok Kreatif untuk Mengedukasi Penonton

Konten edukasi juga bisa menjadi ide konten tiktok bermanfaat lho. Jadi ketika kita putuskan untuk menjadi seorang konten kreator, maka itu harus diniatkan tidak hanya agar terkenal tapi juga agar bisa berbagi dengan orang lain. Tulisan ini akan mengulas tentang beberapa jenis dan ide konten tiktok yang bermanfaat. Beberapa syarat agar konten dapat kita sebut bermanfaat antara lain adalah;

  1. Dapat memancing interaksi dengan penonton (likes, komen, dan share)
  2. Memuat sebuah pesan tertentu, atau menjelaskan tentang suatu hal.
  3. Bersifat obyektif, dan tidak subyektif.
  4. Memberi pengertian kepada penonton.
  5. Mampu menjawab pertanyaan yang sering ada di benak penonton.

Itulah setidaknya beberapa syarat agar sebuah ide konten tiktok dianggap bermanfaat atau mengedukasi. Di bawah ini ada beberapa ide konten yang mungkin bisa menjadi contoh buatmu untuk mulai berkreasi. Beberapa jenis dan contoh ide konten tiktok berikut ini, mulai dari yang berbau kpop sampai ide konten untuk bisnis akan membuatmu tahu bahwa di luaran sana sudah banyak sekali konten yang kreatif dan tidak sekadar joget-joget . Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga :   Kursus Jualan Online Bandung ke Kampus Dosen Jualan Aja

Jenis Konten Tiktok

  1. Ide Konten Tiktok Kpop dan Drakor

Ini yang mungkin sering kita temukan di platform apapun, yakni SJW Kpop dengan segala fanatismenya. Ternyata jenis konten kpop bisa menjadi konten tiktok bermanfaat lho. Kalau biasanya kita melihat kpop hanya sekadar nyanyi dan drama saja, tapi dari situ akan banyak potongan video dari kpop yang mengajarkan kita tentang sesuatu, contohnya kesabaran untuk terus berproses, sayang keluarga, ataupun tentang kesetiaan. Drakor dank pop memang terkesan mellow, namun kalau kamu bisa create menjadi ide konten tiktok bermanfaat tentu akan lebih besar lagi viewersnya.

  1. Konten Tiktok Untuk Bisnis

Sebuah bisnis tentu tidak hanya tentang jualan saja. Ada banyak aspek marketing yang bisa kita gali dari sebuah produk. Misalnya kamu berjualan kue nastar kering untuk lebaran. Maka kita bisa buat konten tiktok tentang lebaran, misalnya tentang jenis-jenis orang yang silaturrahim ke rumah orang tua. Atau tentang cara menyajikan kue lebaran di meja misalnya. Itu semua baru tentang produk jadinya.

Kalian juga bisa membuat ide konten tiktok tentang proses pembuatannya yang super ribet dan panjang. Tentu dari situ, selain akan mengedukasi, para penonton akhirnya sadar bahwa lebih baik memang beli saja daripada harus membuatnya sendiri.

Ide Konten Tiktok Bisnis

Ide konten tiktok untuk bisnis sangatlah banyak. Akan aneh rasanya apabila seorang pebisnis bingung akan membuat konten apa. Sebuah ide konten akan jalan secara maksimal apabila si pembuatnya sadar betul tentang product knowledge dari jualannya sendiri. Ya kali mau jualan tapi tidak tahu tentang apa yang dia jual.

Setelah pebisnis tahu product knowledge maka ia akan mengalirkan ide-ide konten tiktok bermanfaat untuk tim-nya eksekusi menjadi tontonan yang berfaedah. Jangan lupakan bahwa tiktok adalah platform yang paling efektif untuk soft selling karena tanpa sadar penonton akan tergoda untuk mencoba apa yang sedang dipasarkan.

  1. Ide Tik Tok Lucu

Kadang konten edukasi tidak harus serius-serius lho. Kamu bisa membuat konten tiktok yang lebih funny misalnya dengan menjelaskan aspek keanehan dari pemakai produkmu. Kalau pak Dosen Jualan seringkali mendapatkan ide konten tiktok justru dari pertanyaan lugu nan polos para peserta pelatihan, seperti bagaimana cara mencolokan kabel laptop, apa bedanya login dan sign up, dan lain-lain.

Baca juga :   Cara Membuat Video Tiktok FYP

Ide tik tok lucu tidak harus berisi hal-hal yang berbau kekerasan fisik. Sebab konten lucu lebih kepada bagaimana membuat penonton merasa terhibur dan rileks. Kalau penonton rileks maka sudah otomatis mereka akan mudah untuk memberikan persuasi agar membeli.

  1. Konten Tiktok Untuk Pemula

Jika kamu seorang pemula, maka jangan takut untuk mulai berkreasi di tiktok dengan konten yang bermanfaat. Contoh ide konten tiktok yang bermanfaat untuk kamu yang pemula misalnya adalah dengan membuat video pilih-pilih. Misalnya kalian membuat dua pilihan yang saling berlawanan, seperti milih jualan online atau jualan di toko biasa. Lalu si model atau talent lari ke arah jualan online. Itu merupakan salah satu ide konten tiktok yang bisa pemula coba.

  1. Konten Tiktok Viral

Sebuah konten edukasi juga wajib untuk menjadi viral. Jangan  hanya konten goyang-goyang saja yang viral. Ada banyak sekali teknik marketing yang menggunakan jenis konten viral ini. Terakhir contohnya adalah keviralan hotel Niagara di Lawang Malang yang konon katanya angker. Dari sana kita bisa tahu  bahwa ternyata itu adalah strategi viral marketing. Sebenarnya urban legend tentang hotel Niagara itu sudah lama orang ketahui. Namun viralnya baru-baru ini, dan di tiktok pula. Tentunya keviralan ini akan membuat hotel tersebut ramai menjadi perbincangan di jagat tik tok.

Apabila suatu hal sudah viral maka closing atau omset adalah efek  domino saja. Kita bisa lihat saja sekarang bahwa hotel Niagara sudah ramai oleh pesanan karena banyak orang yang ingin mencoba merasakan keangkeran hotel tersebut. Kalau kita pernah dengar juga tentang sebuah apartemen di Jogja yang katanya angker, ternyata itu adalah strategi marketing juga lho sobat. Jadi entah si pengelola apartemen entah orang yang iseng memviralkan tentang urban legend di hunian tersebut. akibatnya apartemen menjadi ramai oleh bookingan orang-orang yang penasaran. Akhirnya karena mereka tahu ada apartemen, maka lebih memilihnya daripada tidur di hotel. Ini sebuah efek domino juga. Kamu tidak harus membuat viral yang aneh-aneh untuk mengeksekusi ide konten tiktok bermanfaat. Cukup fokus dengan kelebihan produkmu saja itu sudah cukup.

Baca juga :   Pentingnya Manajemen Dalam Dunia Digital Marketing

Sekian tulisan kali ini tentang ide konten tiktok bermanfaat. Pada intinya jangan lengah untuk terus menjadi konten kreator yang istiqomah melahirkan ide konten tiktok yang menarik mata penonton. Semoga bermanfaat.