Cara Promosi Menggunakan Email Marketing Pakai Tools Getresponse

Cara Promosi Menggunakan Email Marketing

Salah satu platform yang sebenarnya cukup powerfull sebagai media marketing produk jualan adalah email atau surat elektronik. Namun banyak orang menyangsikan bahwa cara promosi menggunakan email marketing ini tidak banyak berpengaruh terhadap penjualan. Benarkah asumsi tersebut? Mari kita ulas satu per satu di bawah ini.

Email marketing atau pemasaran lewat email merupakan strategi marketing yang cukup jadul dan berusia paling tua dibanding strategi lainnya. Meskipun begitu banyak orang lupa bahwa strategi pemasaran ini masih cukup bisa kita andalkan bila diterapkan saat ini. Ada banyak sebab mengapa email marketing masih cukup powerfull untuk kita. Di antaranya adalah;

Manfaat Promosi menggunakan email marketing;

  1. Murah dan irit biaya pemasaran.
  2. Hampir semua orang mempunyai email sehingga target pasarnya cukup luas.
  3. Sifatnya pribadi sehingga orang akan lebih aware terhadap pesan yang kita kirimkan.
  4. Bersifat formal, sehingga meningkatkan trust dari customer.
  5. Bisa merancang visualisasi yang menarik, dan tidak hanya pesan teks.
  6. Tidak terpengaruh algoritma karena layanan penyedia email, relatif tidak meregulasi penggunanya.

Itulah beberapa manfaat promosi menggunakan email marketing. Meskipun seringkali dianggap jadul, namun ternyata masih banyak pemakai pemasaran lewat surel ini. Untuk itu tulisan ini akan mengulas tentang cara promosi menggunakan email marketing untuk kamu semua.

Email Marketing

Pengertian email marketing adalah ketika kita memasarkan produk dan jasa dengan memanfaatkan platform surat elektronik. Melalui pemasaran lewat surel ini kita bisa menjadi lebih dekat dengan konsumen karena hampir setiap orang mempunyai setidaknya satu email. Alangkah baik apabila kita bisa menyapa calon konsumen lewat media tersebut sehingga mereka tergerak untuk menggunakan produk kita.

Meskipun pemasaran lewat surel terkesan sederhana, namun kita harus menyiapkan strategi untuk menerapkan cara promosi menggunakan email marketing. Melalui strategi itu, nantinya kita bisa membuat sasaran yang tepat untuk target promosi. Lalu bagaimana cara menyusun strategi surel marketing tersebut?

Baca juga :   Pelatihan Digital Marketing Prakerja dan Kampus Dosen Jualan

Strategi Email Marketing

Ada beberapa syarat yang harus kita siapkan sebelum menerapkan cara promosi menggunakan email marketing. Syarat pertama adalah kita harus mempunyai akun email sebagai pengirim pesan ke banyak email sasaran.

Lalu syarat selanjutnya adalah kita harus menyiapkan yang namanya tools untuk email marketing. Ada banyak sekali tools yang bisa kita gunakan untuk ini. Di antaranya adalah Zoho, getresponse, dan lain-lain. Namun di sini kita berfokus pada tools getresponse karena yang paling mudah pengoperasiannya sekaligus bisa mendapatkan versi berbayarnya secara gratis selama 30 hari.

Kemudian setelah mempunyai kedua syarat di atas, yang terakhir kita harus siapkan database target sasaran pengiriman massal (blast) email. Database ini bisa kamu peroleh dari banyak sumber, mulai dari pengumpulan kontak satu per satu. Atau bisa juga dengan mencari database secara massal melalui giveaway atau klik berlangganan misalnya. Kita akan bahas tentang cara mencari database email di lain kesempatan. Karena kita fokus dulu pada bagaimana cara promosi menggunakan email marketing.

Langkah Pemasaran Melalui Email Marketing

Nah, setelah kita membahas strategi pemasaran lewat surel di atas, sekarang kita bahas mengenai teknis pelaksanaan promosi menggunakan email marketing. Berikut adalah teknis atau langkah pemasaran melalui surel marketing;

  1. Siapkan akun Daftar menggunakan email pribadi atau bisnis kamu.
  2. Setelah sign up kamu akan dapatkan versi berbayar secara gratis selama 30 hari.
  3. Sign in, dan masuk ke dashboard.
  4. Siapkan listing atau tempat untuk menyimpan kontak email customer.
  5. Berilah nama listing sesuai dengan kategorisasi kontak email.
  6. Buatlah juga segmen atau kategorisasi kontak email berdasarkan habit pelanggan.
  7. Lalu masukan satu per satu kontak email customer ke dalam listing dan juga segmen.
  8. Berilah nama terang pada setiap kontak email.
  9. Maksimal kita dapat masukan 1000 kontak ke dalam getresponse. Kapasitas bisa meningkat dengan berlangganan versi berbayar.
  10. Manfaatkan fitur form untuk menambahkan kontak email agar lebih banyak lagi.
Baca juga :   Pengen Cari Oleh-oleh Khas Jogja? Ke Bagbone Handcrafts Saja

Itulah sedikit cara bagaimana dalam email marketing tahap pertama yakni pengumpulan database email. Setelah kita mengumpulkan database maka tugas selanjutnya adalah menerapkan cara promosi menggunakan email marketing tersebut. Tanpa adanya promosi, maka database tidak akan berguna sama sekali. Tapi tanpa database kita juga tidak tahu mau kemana akan mengirimkan promosi kepada customer.

Bagaimana Cara Memasarkan Barang Melalui Email Marketing

Setelah kita mendapatkan beberapa kontak email customer, maka selanjutnya yang kita lakukan adalah membuat konten pemasaran yang akan menjadi pesan guna terkirim kepada kontak yang telah ada. Nah, untuk tools getresponse ada beberapa jenis konten yang bisa kamu kirimkan ke database kontak, di antaranya adalah;

  1. Newsletter atau buletin, ini merupakan konten yang berisi edukasi produk.
  2. Broadcast, pesan massal ke email tertarget.
  3. Autorespond, ini merupakan fitur balas cepat punyanya getresponse.

Ketiga fitur tersebut adalah yang bisa kita manfaatkan untuk cara promosi menggunakan email marketing. Nah lalu apa manfaat dari setiap fitur tersebut, dan bagaimana cara membuatnya. Mari kita bahas caranya di bawah ini.

Cara Membuat Email Marketing

Cara membuat konten email marketing adalah kita harus mempunyai produk knowledge yang akan dibagikan kepada kontak email yang telah ada. Di atas sudah kita bahas bahwa ada tiga  fitur untuk membuat email marketing, yakni  newsletter, broadcast dan autoresponds. Inilah penjelasan berikut cara promosi menggunakan ketiganya.

Contoh Email Marketing Yang Berisi Promosi Produk

  1. Newsletter, kamu bisa mengirimkan konten edukasi kepada kontak email yang ada di database. Kirimkan secara rutin. Kamu bisa mendesain sendiri seperti apa tampilan dari buletin ini. Caranya adalah klik create -> newsletter -> pilih template yang sudah ada -> masukan konten edukasi ke dalamnya -> klik publish.
  2. Broadcast, merupakan fitur kirim pesan secara massal ke database massal. Cara memubuatnya adalah dengan klik Create -> campaign -> pilih template yang sudah ada -> masukan konten jualan -> setting penerima (listing dan segmen) -> klik publish.
  3. Autoresponds, ini merupakan balasan untuk customer ketika toko kita sedang di luar jam kerja. Kamu bisa setting antara lain dengan klik Create -> Autoresponds -> setting penerima -> setting jam kerja -> setting kapan pesan akan terkirimkan -> isilah pesan singkat untuk balasannya -> jangan lupa berilah design konten untuk mengarahkan pembeli agar tidak menunggu balasan selanjutnya.
Baca juga :   Keahlian yang dibutuhkan tahun 2021, Buruan Siapkan Keahlian Terbaikmu

Ketiga fitur tersebut merupakan fitur utama untuk menerapkan cara promosi menggunakan email marketing. Kamu harus tahu kapan waktu untuk mengirimkan buletin dan kapan harus mengirimkan broadcast kepada kontak email tertarget. Kalau untuk customer baru mungkin kita bisa mengirimkan kepada mereka konten edukasi melalui buletin.

Sedangkan untuk customer lama mungkin sering-seringlah kasih mereka promo produk misalnya ada bonus atau ketika sedang ada giveaway. Email marketing akan bekerja secara maksimal apabila kita tahu kapan dan kepada siapa kita mengirimkan pesan. Semoga bermanfaat. Simak cara mengenai cara mencari database email pada postingan selanjutnya.