Pengertian Dari Email Marketing

email marketing

Dalam dunia kerja pasti kita akan selalu berhubungan dengan yang namanya email. Hampir semua orang sekarang ini memiliki dan menggunakan email. Hal ini karena email tidak hanya digunakan dalam hal pekerjaan atau bisnis saja, akan tetapi bermedia social pun perlu menggunakan email.

Sementara itu, dalam dunia bisnis kita akan mengenal yang namanya email marketing. Namun, tak sedikit yang mungkin belum paham betul tentang apa itu email marketing dan apa kegunaan atau manfaat dari menggunakan email marketing.

Kali ini kami akan membahas mulai dari pengertian email marketing sampai keuntungan dari mengguanakan email marketing.

 

Pengertian Dari Email Marketing

Pada tahun 1978 silam email marketing pertama kali diciptakan. Awal mulanya Gary Thuerk dari Digital Equipment Corporation (DEC) mengirimkan email kepada 400 calon klienya. Hasil dari “spam” email ini menghasilkan penjualan senilai $ 13 juta. Hal ini menjadikan email sebagai salah satu cara memasarkan barang yang sangat potensial.

Email marketing menurut para ahli:

  1. Strauss dan Frost (2001) menyatakan email marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik yang digunakan untuk perencanaan dan pelaksanaan suatu konsep, promosi, distribusi dan juga penetapan harga.
  2. Amstrong dan Kottler (2004) menyatakan bahwa email marketing adalah pemasaran dari E-Commerce, yang meliputi pekerjaan suatu perusahaan untuk mengkomunikasikan, mempromosikan, ataupun menjual barang melalui internet.
  3. Boone dan Kurtz (2005)menyatakan e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce yang dikhususkan untuk kepentingan marketer meliputi strategi proses pembuatan, pendistribusian barang, promosi dan penetapan harga barang dan jasa kepada pasar internet melalui digital.

 

Kenapa Email Marketing?

Pemasaran melalui email marketing dan media sosial marketing sangat berbeda. Marketing melalui media sosial mempermudah konsumen untuk memberikan penilaian terhadap produk yang dipasarkan atau dipromosikan.

Baca juga :   Manfaat Google Calendar

Mungkin bagi sebagian pebisnis online, memasarkan produk melalui email marketing terkesan kuno dan asing. Namun email marketing memiliki potensi akuisisi konsumen yang jauh lebih besar dibanding menggunakan media sosial.

Beberapa alasan kenapa harus menggunakan email marketing untuk promosi:

  1. Mudah mendapatkan konsumen

Beriklan menggunakan email marketing memberikan kemudahan bagi para pengiklan untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah banyak tanpa menggunakan software lain.

  1. Promo/kupon belanja melalui Email Marketing dapat mendongkrak penjualan  secara online. Banyak konsumen yang sudah subscribe email untuk produk-produk tertentu.Pengiklan dapat memanfaatkan situasi ini dengan mengiklankan promo/kupon belanja melalui email marketing.

 

Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis Online

  1. Bersifat personal

Email marketing memang bersfat pribadi atau personal. Karena bersifat personal inilah email marketing akan memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis online. Dengan begitu pengiklan dapat memberikan perhatian yang khusus kepada konsumen/pelanggan. Jika konsumen/pelanggan kalian merasa puas dengan pelayanan yang kalian berikan maka akan dengan sangat mudah dalam penawaran produk.

  1. Informasi lebih cepat

Informasi yang dikirim melalui email marketing akan lebih cepat untuk diterima konsumen. Hal ini karena mengirim informasi melalui email tidak butuh waktu lama dan sangat mudah untuk diakses oleh pelanggan

  1. Mudah digunakan/dibagikan

Dengan menggunakan email marketing, akan membuat pengiklan mudah dalam membagikan semacam promo. Pelanggan yang berbagi email kepada teman-temanya, akan membuat jumlah pelanggan kalian semakin bertambah.

  1. Hemat biaya

Beriklan menggunakan email tidak membutuhkan biaya, kalian hanya dengan mengirimkan informasi/penawaran iklan kepada konsumen melalui email saja. Selain itu tingkat responsive dari pelanggan lebih tinggi.

  1. Kerjasama dengan konsumen terjaga

Dengan menggunakan email marketing membuat hubungan antar perusahaan dan konsumen terjalin dengan baik dan terjaga.

Baca juga :   Belajar di Rumah Menjadi Mudah Dengan Google Classroom

 

Kelebihan dan Kekurangan Email Marketing

Kelebihan:

Email marketing memiliki kelebihan bagi para penggunanya, sebagai berikut:

  1. Lebih murah dan lebih cepat dalam mempromosikan suatu produk
  2. Pengiklan dapat menjangkau banyak email dan juga dapat memperoleh pelanggan email yang telah subscribe
  3. Pemasaran email marketing menghasilkan tingkat respon yang lebih tinggi
  4. Mudah digunakan, lebih aman dan tertarget
  5. Lebih terlihat professional beriklan dengan menggunakan email marketing
  6. Rahasia leboh terjaga karena bersifat personal
  7. Lebih cepat sampai ke konsumen
  8. Dapat membagikan konten artikel, gambar atau video

 

Kekurangan:

Selain memiliki kelebihan, email marketing juga memiliki kekurangan.

  1. Bersaing ketat dengan metode marketing lainnya
  2. Cangkupan terbatas, karena hanya focus pada penawaran saja.
  3. Sulit diterapkan untuk mereka yang gagap teknologi

 

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk beriklan mengguanakan email marketing? Jika kalian memiliki sebuah usaha alangkah lebih baiknya kalian mencoba metode pemasaran melalui email marketing agar kalian bisa menjangakau konsumen dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Baca juga :   Pelatih Pemasaran Online Terbaik Untuk Toko Online

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂