Wajib Tahu! Manfaat Email Untuk Perusahaan Anda

manfaat email untuk perusahaan

Apakah kalian pernah berfikir, seberapa penting sebuah email untuk perusahaan? Apakah sangat penting ataukah tidak? Tidak perlu berfikir terlalu panjang, email sangat penting buat perusahaan. Bisa dibayangkan jika sebuah perusahaan sampai tidak punya email, pasti akan membuat pekerjaan menjadi sedikit kacau.

Di era teknologi sekarang ini, apa-apa serba ingin didapatkan atau dikerjakan dengan cara yang simple alias tidak mau ribet. Apalagi perusahaan yang sudah besar, tidak perlu ditanyakan lagi sepenting apa email itu. Kalian yang belum punya perusahaaanpun pasti membutuhkan email untuk social media kalian. Jadi, email penting buat siapapun lebih-lebih perusahaan.

Sebagai masyarakat milenial kalian harus paham, apa saja manfaat menggunakan email terutama untuk perusahaan. Tujuannya adalah agar nanti kalian tidak merasa bingung saat sudah memiliki perusahaan sendiri.

Dalam artikel kali ini, kalian akan kami ajak untuk mengenal manfaat email untuk perusahaan, namun sebelumnya kami akan memberikan sedikit informasi terlebih dahulu terkait pengertian, kelebihan dan kekurangan email sampai nanti pada tujuan utama yakni manfaat email untuk perusahaan.

 

Pengertian Email

Email (Electronic Mail) merupakan sarana atau layanan untuk mengirm atau menerima surat dalam bentuk digital melalui jaringan internet.

Pesan elektronik dapat dikirim menggunakan computer/laptop dan juga menggunakan mobile phone. Email yang dapat dikirim berupa file teks/dokumen, gambar, audio dan juga video. Dengan memanfaatkan layanan email, pengiriman surat menjadi lebih mudah.

 

Kekurangan dan Kelebihan Email

Email memiliki kelebihan dan kekurangan untuk penggunanya.

Kelebihan:

  1. Pengiriman pesan mudah dan cepat

Dengan menggunakan email, pengiriman pesan pada pengguna lain akan lebih cepat dibandingkan menggunakan pesan menggunakan perantara pos. hal ini karena, pengiriman surat melalui email hanya membutuhkan waktu beberapa menit bahkan detik, tergantung dari jaringan internet yang digunakan. Selain itu, penerima pesan elektonik juga bisa langsung membuka pesan bahkan bisa langsung memberikan feedback pada pesan yang diterimanya.

  1. Biaya pengiriman murah
Baca juga :   G Suite for Education

Pengiriman pesan menggunakan email akan lebih murah dibandingkan mengirim pesan dibandingkan menggunakan perantara seperti pos. bahkan mengirimkan pesan menggunakan email tidak perlu mengeluarkan biaya.

  1. Rahasia/privasi lebih terjamin

Dengan menggunakan email, rahasia atau privacy akan lebih terjaga. Hal ini karena si penerima bisa langsung menerima pesan hanya dalam hitungan menit.

 

Kekurangan:

  1. Membutuhkan koneksi internet

Hal yang menjadi kendala banyak orang ketika ingin mengirimkan pesan melalui email yakni jaringan internet. Apabila jaringan internet yang digunakan tidak kuat/kencang maka pesan yang dikirim melalui email tidak akan sampai begitupun sebaliknya apabila jaringan internet yang digunakan kuat maka pesan yang dikirim akan dengan cepat terkirim.

  1. Tidak bisa mengirimkan barang

Berbeda dengan menggunakan pos yang bisa mengirimkan pesan disertai dengan barang, berkirim pesan melalui email tidak bisa dibarengkan dengan barang. Hal ini karena email hanya dapat mengirimkan pesan berupa teks, gambar ataupun video.

 

Manfaat Email Untuk Perusahaan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, email memiliki kelebihan namun juga memiliki kekurangan karena email harus dikirim menggunakan jaringan internet. Di samping itu, email memiliki banyak manfaat khususnya untuk sebuah perusahaan. Berikut manfaatnya:

  1. Mengenalkan profil bisnis

Dalam sebuah perusahaan, email berperan penting untuk menjalankan bisnis. Email membantu sebuah perusahaan dalam mengenalkan profil bisnis dengan mengirimkan  berbagai file company profile dengan penjelasan secara detail.

  1. Mempermudah komunikasi

Email memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis, klien, dan perusahaan lain. Kalian dapat mengirimkan file/dokumenn pada klien atau rekan bisnis dengan menggunakan email. Sebagai contoh dalam sebuah perusahaan yang ingin mengirimkan dokumen kerjasama pada klien, email menjadi pilihan yang tepat mengirimkan dokumen.

  1. Mengirim dan menerima file
Baca juga :   Pelatih Pemasaran Online Terbaik

Email digunakan untuk mengirimkan dan menerima pesan berupa teks, gambar dan video, hanya dengan menambahkannya lampiran (attachment) pada email.

 

Kesimpulanya, email sangat bermanfaat untuk bisnis kalian ya. Apapun bisnis yang sedang kalian jalankan saat ini, email memberikan kemudahan dalam menjalankan pekerjaan. Terutama  jika kalian ingin mengirimkan dokumen-dokumen yang sangat penting, penggunaan email sangat disarankan bahkan diharuskan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca J

 

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂