Contoh Kalender Konten Instagram Versi Kampus Dosen Jualan

contoh kalender konten instagram

Pernahkah kamu kebingungan ketika mencari ide untuk konten sosial media? Semua pebisnis online pasti pernah merasakan ketika tangan dan otak tidak mau diajak berkompromi untuk menghasilkan sebuah konten yang menarik. Apalagi besok sudah waktunya untuk promosi nih. Wah bisa kalah sama saingan nih kalau kayak gini. Kalau kamu sering mengalami hal semacam ini berarti kamu membutuhkan contoh kalender konten instagram.

Solusi bagi pebisnis yang bingung besok akan mengupload apa hanya ada satu, yakni membuat tabel jadwal posting. Apalagi platform  kita adalah instagram yang mana di sini kita tertuntut untuk selalu update dengan rutin dan istiqomah. Apabila kamu sudah punya kalender posting maka tak perlu lagi pusing karena jadwal konten instagram macet.

Berikut penyebab konten instagram macet;

  1. Tidak adanya jadwal yang pasti.
  2. Perencanaan kurang matang dan visioner.
  3. Tema terlalu susah untuk breakdown menjadi sebuah ide postingan.

Sudah tahu kan apa konsekuensi jika kamu mengupload postingan di IG tidak sesuai dengan jadwal yang semestinya? Tentunya akan ketinggalan dengan kompetitor lain, sehingga berakibat pada hilangnya customer secara perlahan-lahan.

Seperti yang sudah kita bahas di atas kita perlu yang namanya penyusunan jadwal konten agar tidak terjadi lagi yang namanya kebuntuan ide ketika akan mengupload. Kami akan memberikan contoh kalender konten instagram versi Kampus Dosen Jualan buat kamu semuanya.

Kalender Konten Media Sosial 2021

Saat ini konten sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang pebisnis untuk mengupload dan menyuguhkannya kepada konsumen. Ibarat sayur tanpa garam, jualan tanpa menyertakan sebuah konten maka tak akan mendapatkan interaksi dan engagement dengan customer.

Apalagi melalui platform instagram yang mana kompetisi konten kreasinya cukup tinggi, kita harus bisa membuat kreasi yang lebih lagi. Instagram memerlukan yang namanya kreasi dan juga kerutinan atau keistiqomahan, karena update postingannya cukup tinggi apabila kita bandingkan dengan platform lain seperti facebook.

Baca juga :   Inovasi Bisnis di Bulan Ramadhan Agar Makin Mendatangkan Omset

Kalau kamu tidak bisa membuat konten instagram yang memikat dan rutin, maka cenderung akan stagnan di tempat jualanmu. Oleh karenanya kamu wajib untuk merancang sebuah contoh kalender konten instagram yang aplikatif dan untuk jangka panjang. Lalu bagaimana cara untuk merancang sebuah kalender posting instagram?

Download Kalender Konten Media Sosial

Saat ini sudah banyak sekali situs yang menyediakan jadwal kalender posting untuk pebisnis yang ingin meningkatkan engagement sosial media. Kalender tersebut bisa kamu nikmati untuk versi berbayar maupun versi gratisannya.

Versi berbayar tentu akan lebih detail dan lengkap lagi, karena biasanya versi berbayar bisa kita aplikasikan untuk semua platform, dan tidak hanya instagram. Namun kalau kamu ingin membuat kalender konten sendiri itu juga sangat disarankan. Karena memang tiap bisnis mempunyai karakternya sendiri dalam menyapa konsumen.

Download Kalender Konten Instagram

Buat kamu yang mungkin masih bingung ketika membuat kalender konten di instagram. Maka kami akan berikan contoh kalender konten agar kamu tidak bingung ketika menyusunnya. Berikut ini yang sering kami pakai untuk menjadwal setiap postingan di instagram Kampus Dosen Jualan. Untuk selengkapnya simal tabel di bawah ini;

contoh kalender konten instagram

Berdasarkan tabel di atas kita dapat menyimpulkan bahwa postingan instagram harus setiap hari kita isi agar engagement dengan customer terus terpelihara. Kita bisa membuat postingan sehari minimal dua biji, dengan rincian satu konten jualan dan satunya lagi edukasi. Untuk instagram kami, dalam sehari ada tiga postingan dengan rincian sebagai berikut; konten jualan, interaksi, dan edukasi.

Setiap postingan harus kita pertimbangkan betul kapan harus diupload. Kita harus tahu waktu yang tepat untuk promosi online agar postingan kita benar-benar tertarget dan banyak yang melihat. Untuk konten edukasi kami memilih menempatkannya di jam prime time pukul tujuh malam karena saat itu orang-orang punya waktu yang cukup luang.

Baca juga :   Kursus SEO Pemula di Jogja ke Kampus Dosen Jualan Aja

Sedangkan untuk konten jualan kami menaruhnya di jam 9 pagi, di sela-sela orang bekerja. Lalu untuk konten interaksi kami menaruhnya di pukul 12 siang ketika orang-orang sedang istirahat dan tentunya mereka membuka media sosialnya.

Contoh Social Media Plan

Tulisan ini tidak sekadar membagikan contoh kalender konten instagram, tetapi juga akan kami bagikan kepadamu terkait planning social media yang merupakan tabel rencana dan evaluasi untuk konten yang sudah dan akan diupload.

Bagi kamu yang ingin mengetahui perkembangan dari performa pemasaran di sosmed tentunya harus memakai grafik atau tabel untuk membandingkan dari satu waktu ke waktu yang lain. Berikut ini adalah contoh dari planning social media agar kamu juga bisa membuat evaluasi atas konten yang sudah diposting.

Dari tabel tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa dalam sebuah konten pasti ada penurunan dan kenaikan dari interaksi yang ada. Indikator kenaikan dan penurunan interaksi bisa kita lihat dari likes, komen, share, serta reach atau jangkauan. Itu merupakan beberapa indikator ketika akan melihat performa kalender konten instagram.

Melalui tabel analisis konten tersebut kamu bisa melihat apakah penerapan contoh kalender konten instagram di atas dapat benar-benar berjalan atau sekadar menjadi kalender saja. Jika kamu sudah tahu grafik dan perkembangan konten kamu, tentunya harus memperbaiki di sana-sini kalau ada kekurangan. Jika kamu merasa postinganmu kurang mendapatkan interaksi berarti ada yang salah entah di optimasinya atau di muatan kontennya.

Konten Kalender Excel

Kembali lagi setelah mendapatkan gambaran perkembangan konten, maka tugas kita adalah memperbaiki kualitas konten. Jika kalender konten instagram kamu kurang nendang maka kamu bisa merevisinya agar sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga :   Cara Membuat Microblog Instagram yang Lagi Kece dan Ngehits

Cara menyusun contoh kalender konten instagram salah satunya adalah dengan menerapkan strategi benchmarking agar mendapatkan contoh konten instagram yang menarik dari kompetitor kita. Cara itu tidak ada salahnya asalkan kamu menerapkan rumus ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

Rumus ATM adalah dengan melihat bagaimana muatan konen kompetitor, kemudian kita membuatnya berdasarkan cara kita sendiri. Memang kesannya meniru, tapi kita tetap memodifikasi dan menyesuaikannya dengan kekhasan produk kita.

Kalender Konten 365 Hari

Tidak ada salahnya juga kamu membuat kalender konten untuk satu tahun ke depan (365 hari full). Ini adalah strategi agar kamu aman dalam setahun ke depan karena sudah ada jaminan tidak akan kebingungan lagi ketika akan posting di IG. Namun kekurangannya adalah kamu harus melakukan revisi apabila ternyata perkembangan produkmu agak mengalami perubahan pasar misalnya. Maka kamu harus merevisi ulang kalender konten 365 hari tersebut.

Tapi itu bukanlah sebuah masalah yang besar karena setiap contoh kalender konten instagram pasti ada revisinya di sana sini untuk mencapai kesempurnaan. Memang kita tidak pernah akan sempurna tapi setidaknya dengan membuat rencana, kita sudah berusaha untuk  menampilkan konten-konten terbaik kepada pembaca. Selamat mencoba contoh kalender konten instagram. Semoga manfaat.

Jika anda ingin mengikuti kelas Manajemen Konten di KDJ, maka segera amankan kursimu. Karena di sini akan dibahas mengenai cara pengelolaan postingan di semua platform sosmed, mulai dari FB, Instagram, Tiktok, hingga whatsapp.