Cara Membuat Konten Original dengan Jurus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Cara Membuat Konten Origina

Presiden Jokowi meneken peraturan pemerintah nomor 56 Tahun 2021 tentang kewajiban untuk pembayaran royalti kepada pemegang hak cipta. Ini merupakan salah satu langkah tegas Pak Presiden untuk meregulasi aktifitas konten kreator di sosial media. Sebab saat ini banyak sekali plagiasi atau penjiplakan karya cipta untuk tujuan komersil. Bagi kita yang berprofesi sebagai pemain digital marketing, tentunya harus lebih berhati-hati. Dan mulai sekarang kita harus tahu cara membuat konten original agar tidak diharuskan membayar royalti ketika membuat konten marketing.

Ada beberapa ciri-ciri dari konten original, di antaranya adalah sebagai berikut;

  1. Berisi sesuatu yang murni ide sendiri.
  2. Boleh modifikasi atas karya yang sudah ada namun tetap dengan kekhasannya.
  3. Tidak berisi kompilasi atas karya yang sudah ada.
  4. Perbanyakkan untuk tujuan komersil harus atas seizing dari pemegang hak cipta.

Itulah beberapa ciri dari konten original yang mungkin berhasil kami kumpulkan. Memang saat ini jagat dunia maya harus mulai berbenah diri menyesuaikan dengan regulasi dari pemerintah setempat. Kehadiran dari regulasi pemerintah ini mempengaruhi konten kreator seperti youtuber, selebgram, podcaster, hingga digital marketer.

Karena kebutuhan akan konten yang ori sudah sedemikian urgent, maka kami membagikan kepada kamu semua bagaimana cara membuat konten original dengan beberapa jurus sakti. Di antaranya adalah;

  1. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
  2. Mencari penyedia media gratisan (foto, video)
  3. Mencantumkan nama pencipta sekaligus izin untuk merepro ulang karya/kontennya.
  4. Melawan narasi konten yang sudah ada.
  5. Mencari inspirasi sendiri lewat perenungan dan diskusi.

Itulah cara-cara membuat konten original yang akan kita bagikan. Kelima cara tersebut mungkin bisa membuat konten kita tidak terdeteksi sebagai plagiasi. Sebab apabila sampai masuk ranah plagiasi maka sudah masuk ranah kriminal. Tentunya tak elok juga apabila niatnya jualan tapi malah kena pidana. Maka dari itulah simak cara membuat konten original berikut ini.

Baca juga :   Cara Menyusun Kalender Konten untuk Meningkatkan Engagement di Sosial Media

Beberapa Tips Membuat Konten yang Original

  1. Cara Membuat Konten Yang Menarik dengan Jurus ATM

Cara membuat konten original yang pertama adalah dengan jurus atm (amati, tiru, dan modifikasi). Yang perlu diperhatikan di sini adalah kita tak meniru substansi kontennya, melainkan meniru bagaimana pemilik konten menghadirkannya kepada pembaca.

Apabila kita simakk artikel yang ada di halaman pertama google pasti antara satu tulisan dengan tulisan yang lain pasti ada kemiripan. Namun  mereka tetap punya kekhasannya sendiri. Misalnya artikel di web A lebih fokus pada fungsi fitur instagram, sedangkan tulisan di website B lebih fokus pada perbandingan antar fitur di instagram. Keduanya sama-sama membahas mengenai fitur di instagram, tapi dengan angle yang berbeda.

Cara di atas sangat diperbolehkan dan sah-sah saja. Namun kamu harus perhatikan juga berapa tingkat atau kadar plagiasinya agar tidak terdeteksi sebagai spam di google. Caranya melihat adalah dengan mengeceknya di 1Text, sebuah tools untuk cek plagiasi.

  1. Cara Membuat Konten Instagram Anti Plagiasi

Cara membuat konten original di instagram harus memperhatikan faktor foto atau gambarnya. Kalau gambar yang kamu gunakan itu adalah hasil jepretan sendiri, maka otomatis itu adalah konten original. Kalau kamu mencomot dari gambar orang lain, tentunya itu dianggap seperti plagiasi atau pencurian karya. Beberapa waktu lalu sempat ramai di twitter soal pencurian karya kolase Marlyn Monroe untuk dijual lagi. Si pemilik karya sangat marah karena hal tersebut.

Memang untuk tujuan apapun, sebuah plagiasi, peniruan,dan penjiplakan karya sangat tak disarankan. Sekali kita plagiat, tentu cap tersebut akan terus melekat dalam brand kita. Lalu bagaimana cara membuat postingan yang benar-benar ori di instagram? Caranya adalah dengan mencari stok foto bagus dan terbaru di penyedia foto gratisan seperti pixabay, unsplash, maupun pexels. Ketiganya merupakan penyedia foto gratis dan tidak terkena hak cipta.

Baca juga :   Tips Menyusun Konten Edukasi untuk Digital Marketing

Buat kamu yang ingin merepro ulang foto dari penyedia tersebut sangat diperbolehkan. Kegunaannya misalnya adalah untuk membuat thumbnail artikel ataupun bahan design. Buatlah versi fotomu sendiri menjadi contoh konten instagram yang menarik.

  1. Cara Membuat Konten Yang Menarik Youtube dari Konten yang Sudah Ada

Cara membuat video anti plagiasi di youtube adalah dengan mencari celah di konten yang sudah ada. Misalnya kontennya majelis lucu Indonesia terkenal memasak daging babi dengan sari kurma, maka kamu boleh membuat konten semacam itu misalnya dengan tema efek daging bagi kesehatan meskipun telah diberi air kurma.

Secara tidak langsung ini adalah cara yang dipakai oleh para konten kreator di youtube yakni melakukan counter narasi + amati tiru modifikasi. Sebab  banyak konten di sosmed saat ini merupakan sebuah narrasi tertentu dan baru akan lengkap apabila ada pembandingnya. Kamu bisa membuat konten misalnya yang tugasnya mereview konten yang sudah ada.

  1. Contoh Konten Kreatif dengan Counter Narasi

Seperti yang sudah kita ulas di atas, bahwa untuk sosmed berplatform video bisa menerapkan counter narasi untuk cara membuat konten original. Awalnya yang menerapkan strategi ini adalah youtuber ketika mereka saling melengkapi diskursus terhadap suatu hal. Contohnya adalah Deddy Corbuzier. Kita bisa meniru apa yang deddy corbuzier lakukan di youtube.

Om Deddy biasanya akan mewawancarai orang yang viral di podcast-nya. Melalui cara ini otomatis dia akan mendapatkan perhatian publik karena mengundang orang yang pernah viral di sosmed. Mungkin ada juga youtuber yang memakai cara membuat konten original yang serupa om deddy, yakni Anji Drive.

Begitu pula cara ini bisa kamu terapkan pada konten tiktok. Jadi jika ada sebuah konten yang menurutmu perlu diluruskan, maka buatlah tandingannya. Pilihlah konten yang sudah banyak penontonnya, maka secara otomatis perhatian para penonton itu akan teralih pada video kita. Cara ini sudah banyak yang menerapkan salah satunya oleh akun tiktok @abdulism di mana dia mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan dan permasalahan terkait pembelajaran bahasa inggris.

  1. Cara Membuat Konten Youtube Untuk Pemula Lewat Ide Sendiri

Kemudian cara membuat konten original selanjutnya adalah dengan mencari ide sendiri alias hasil kreatifitas pribadimu. Untuk seorang pemula, mungkin inilah yang paling mudah untuk dilakukan. Sebab dengan membuat karakter konten sendiri, maka perlahan-lahan akan ketemu ide-ide dan karakternya.

Baca juga :   Cara Cepat Remove Teman di Facebook yang Gak Aktif

Banyak para influencer di sosmed yang punya kreatifitas sendiri dan akhirnya berhasil merintis jalan untuk konten sejenisnya. Salah satunya mungkin adalah konten kreator video game yang mungkin dulunya tidak pernah kita bayangkan akan sebanyak itu pengikutnya.

Itulah lima cara membuat konten original agar apa yang kamu kreasikan tidak terkena plagiasi atau penyontekan karya. Zaman sekarang, ketika regulasi soal content sangat ketat, maka kita harus menyesuaikan diri dengan membuat konten yang benar-benar segar.

Jika kamu ingin belajar bagaimana menyusun konten original, maka ikut saja di Kelas Manajemen Konten Kampus Dosen Jualan yang akan terlaksana pada bulan April 2021 ini. Semoga bermanfaat.