Contoh Konten Instagram Yang Menarik Dari Yang Paling Rumit Hingga Paling Sederhana

Contoh Konten Instagram Yang Menarik

Usaha yang biasa saja akan menghasilkan konten yang biasa saja juga. Kita harus selangkah di depan kompetitor jika ingin mendapatkan interaksi yang bagus dari sebuah postingan instagrma. Bagi kamu yang terkadang masih merasa konten di instagram biasa-biasa saja, maka kamu wajib untuk melihat contoh konten instagram yang menarik agar lebih meningkatkan interaksi dan nanti ujung-ujungnya mendapatkan closing.

Ada banyak sekali contoh influencer dengan konten instagram yang menarik. Setiap influencer mempunyai ciri khasnya masing-masing. Kita boleh meniru mereka, namun juga harus disesuaikan dengan selera dan kemampuan kita masing-masing. Tindakan meniru konsep konten jelas tidak ada salahnya, asalkan tidak menjiplak secara terang-terangan. Cara ini sering disebut sebagai bench marking, atau riset kompetitor. Bench marking bertujuan untuk mendapatkan ide konten instagram yang menarik. Sebab kita tak bisa memperoleh ide hanya dari pemikiran diri sendiri. Wajib ada yang namanya trend setter atau orang yang bisa kita tiru.

Tulisan ini akan menjelaskan contoh konten instagram yang menarik dari berbagai influencer di Indonesia. Tentunya ini versi dari Kampus Dosen Jualan. Setidaknya beberapa konten mereka sudah terbukti mendapatkan engagement yang menarik. Dari mereka kita dapat belajar tentang  bagaimana membuat branding di dalam sebuah platform. Inilah yang susah, karena lewat branding itu sebuah produk akan mendapatkan tempat di hati konsumen. Lewat branding pula produk kita bisa terbedakan dari produknya kompetitor. Untuk itu inilah beberapa contoh konten di instagram versi beberapa influencer di Indonesia.

Inspirasi Konten Instagram

Seorang pebisnis pasti mempunyai ide yang berlimpah. Sampai-sampai ide itu kadang tidak tertampung di konten sosial media. Namun ada kalanya seorang pebisnis juga kehabisan ide. Mereka tidak tahu akan upload konten apa untuk hari ini. Semua orang yang terjun ke dunia bisnis apalagi online pasti merasakan hal semacam itu. Lalu apa tips dan trik agar kita tak pernah mengalami kebuntuan dalam mencari ide?

Baca juga :   Ide Bisnis Menjelang Idul Fitri

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa kita harus melakukan benchmarking atau riset kompetitor. Tak ada salahnya mencari ide dari pesaing, karena mereka adalah sumber ide yang paling melimpah. Hehe. Namun juga jangan sampai kamu kebablasan hingga melakukan penjiplakan. Itu sangat dilarang dalam dunia bisnis. Selain meniru konsep konten kompetitor,  boleh juga lho kita meniru konsep konten para influencer yang mempunyai banyak konten instagram yang menarik. Beberapa contoh konten instagram berikut ini merupakan ciri khas dari beberapa influencer terkenal di Indonesia. Yuk, simak siapa saja mereka dan seperti apa konten instagram mereka yang menarik.

Contoh Konten Kreatif

Tulisan ini akan menjelaskan tentang contoh konten instagram ala lima influencer terkenal di Indonesia. Simak apa saja jenis konten mereka;

  1. Instagram Guide

Belum banyak yang menggunakan konsep konten instagram guide. Karena memang fitur ini baru dan belum banyak mendapatkan perhatian dari user IG. Namun instagram guide menawarkan sebuah konsep konten yang menarik karena memungkinkan seorang creator membuat sebuah panduan atau tips menggunakan produknya.

Selain akan memudahkan creator, fitur guide juga akan memudahkan customer karena mereka tidak harus mencari informasi mengenai penggunaan produk tersebut. Tidak hanya produk, melainkan juga tips-tips seputar life style juga bisa dibuat di instagram guide. Ini adalah contoh konten instagram yang menarik karena simple dan belum banyak pesaingnya. Namun kamu harus mampu untuk membuat konten visual yang menarik karena kuncinya adalah pada aspek visual (design dan penataan feed)

  1. IG Story ala Influencer Milenial

Pernah nemu selebgram yang ketika posting story sampai indikatornya berbentuk titik-titik. Bisa jadi mereka bukan berniat caper lewat kontennya, tapi mereka memang mengandalkan story untuk menjangkau audiendsnya. Jadi intensitas mereka untuk membuat postingan justru jarang, namun lebih menekankan pada status atau story.

Baca juga :   Cara Membuat Akun Tiktok Menghasilkan Uang Ala Kampus Dosen Jualan

Para influencer milenial seperti Young Lex, Awkarin, atau Raffi Ahmad sering menggunakan media story untuk menawarkan, menginfokan, maupun mempengaruhi audience lewat instagram. Lalu bagaimana membuat story menarik seperti para influencer, namun kita tidak memiliki cukup kemampuan untuk membuat design konten yang menarik? Saat ini semuanya sudah serba android,  jangan khawatir untuk mencari aplikasi edit design untuk story. Ada banyak sekali aplikasi untuk editing, di antaranya adalah Instastory maker, Editor Cerita, dan lain-lain.

Kita perlu memperhatikan beberapa hal dalam pembuatan story instagram . Di antara yang harus kamu perhatikan adalah jangan sampai membuat story  atau status yang berlebihan. Kalau kita belum mampu membuat konten menarik jangan sampai kita posting story berlebihan. Sebab itu akan membuat followers mu jengah dan nanti akan mempengaruhi kredibilitas akunmu. Itulah yang harus menjadi perhatian kita ketika membuat konten instagram yang menarik dengan story.

  1. Ide Postingan Instagram ala Mardigu dengan Video dan IG TV ala

Siapa yang tak kenal Mardigu? Seorang bisnisman atau bossman di Jogja ini mempunyai konten instagram yang menarik dengan memanfaatkan video dan IG TV. Kalau kita menyimak beberapa kontennya, pasti terdiri dari video narasi (suara+ilustrasi) yang panjang. Meskipun kontennya cenderung berat, namun kepunyaan mardigu sangat tinggi interaksinya. Ini tidak lain karena beliau berhasil menarik simpati penonton dengan beberapa aspek, seperti;

  • Intonasi suara bossman
  • Efek suara
  • Teks narasi
  • Dan kemampuan untuk menggiring opini penonton
  • Serta editing video yang bagus.

Kelima hal tersebut harus ada dalam sebuah konten instagram yang menarik dalam bentuk video. Kalau satu hal tak terpenuhi maka optimalkan aspek lain. Jadi kelimanya harus secara simultan membuat terperangah para penonton. Inilah contoh konten instagram pak Mardigu, yang mungkin bisa kita tiru. Jangan lupa siapkan suara yang menggelegar ala bung karno juga.

  1. Desain Konten Instagram Carousel atau Microblog ala Dosen Jualan

Siapa tak kenal Dosen Jualan atau Pak Suryadin Laoddanng? Beliau mempunyai ciri khas ketika membuat postingan instagram. Salah satu ciri khas beliau adalah konsep instagram microblog atau carousel ketika membuat postingan. Ternyata ini tidak lepas dari latar belakang digital marketing beliau yang merupakan seorang blogger.

Baca juga :   Cara Menggunakan Yoast SEO di Wordpress yang Anti Merah-Merah Club

Seorang blogger pasti menginginkan penyampaian informasi detail dan didukung oleh ilustrasi yang mencukupi. Dan konsep instagram microblog ini ternyata mendukung sekali untuk penyampaian informasi secara mendetail. Kalau kalian penasaran langsung saja pergi ke akun profil Dosen Jualan. Di sana hampir setiap hari Pak Suryadin membuat microblog instagram untuk mengedukasi para followersnya. Ada banyak tips dan trik seputar digital marketing di akun instagram beliau.

  1. Contoh Konten Menarik dengan Single Image ala Dewa Eka Prayoga

Konsep postingan IG ini tidak rumit sebenarnya, yakni dengan single image ala Dewa Eka Prayoga.  Meskipun mudah, namun kenyatannya tak banyak orang bisa meniru beliau. Jadi di setiap post-nya, Mas Dewa selalu menyindir orang-orang maupun dirinya sendiri melalui satu postingan single image. Daripada kamu penasaran, mending langsung saja cek IG beliau. Di sana ada banyak postingan single image namun interaksinya sangat wow. Kuncinya adalah pada kombinasi antara foto dan teks. Jadi mas dewa eka sIG angat ahli dalam membuat copywriting yang menantang para pembaca untuk komen, likes, dan save.

Itulah lima contoh konten instagram yang menarik ala lima instagramer dan mungkin bisa kita contoh untuk membuat konten jualan. Jangan lupa untuk selalu mengedukasi customer di samping jualan. Karena dari situ kita akan dapatkan trust dari customer. Selama mencoba.