Kursus Jualan di Marketplace untuk Warga Piyungan oleh KDJ Jogja

Kursus Jualan di Marketplace

Ramadhan sebentar lagi. Lagu itu terngiang oleh telinga kita yang sudah tidak sabar dengan kedatangan bulan Ramadhan penuh berkah. Apa saja yang sudah kita siapkan untuk menyambut momen tersebut? Memperkencang sabuk bisnis? Atau kamu sedang konsen untuk mengupdate kemampuan bisnis? Benar. Kita harus mempersiapkan momen ramadhan  dengan sebaik mungkin. Termasuk seperti yang dilakukan oleh ibuk-ibuk dan bapak bapak di Piyungan Bantul Yogyakarta ini. Mereka belajar kursus jualan di marketplace menjelang ramadhan ini.

Setiap Senin malam, ada belasan warga Piyungan datang ke Kampus dosen jualan untuk belajar jualan online secara langsung dengan ahlinya. Tidak ada yang menggerakan mereka kecuali rasa penasaran dalam memasarkan produk di gawai mereka masing-masing. Tidak hanya ibuk-ibuk yang datang ke sini, melainkan ada bapak dan om-om yang mengisi waktu luang di sela kegiatan ronda harian mereka. Semua tumplek blek di aula tempat kursus jualan online di Kantor KDJ Jogja.

Rencananya kegiatan ini akan terlaksana selama minggu-minggu menjelang ramadhan, dan sudah dimulai semenjak tanggal 1 Maret 2021 kemarin. Selama seminggu sekali para warga Piyungan belajar bersama Pak Dosen Jualan dan para mentor lain di sini. Seperti apa keseruan para warga Bantul ketika belajar digital jualan online tersebut. Mari simak keseruannya di bawah ini.

Pelatihan Online Shop

Belajar tidak mengenal usia. Itulah yang menggambarkan bagaimana antusiasme warga Bantul Piyungan ketika belajar digital marketing di tempat kami. Pada dasarnya belajar internet marketing tidak hanya untuk kalangan milenial saja.  Para ibuk-ibuk yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga pun tidak ketinggalan juga mempunyai semangat yang membara untuk menuntut ilmu.

Dalam sebuah pelatihan digital marketing, yang perlu kita perhatikan pertama kali adalah apa tujuan kita dalam belajar. Pak Dosen Jualan menjelaskan bahwa tujuan dalam belajar setiap malam senin itu adalah Supaya Entuk Orderan, atau agar mendapat orderan. Bagaimanapun caranya berjualan (asalkan jualan  yang halal) itu boleh dan tidak ada aturan baku. Kita dapat mencoba banyak cara untuk berjualan yang penting mendapatkan orderan atau omset.

Baca juga :   Kursus Marketplace agar Jualan Laris di KDJ pada 25 Nov-2 Des 2021

Pertemuan pertama kursus jualan emak-emak Piyungan ini membahas mengenai mindset berjualan online. Pak Dosen Jualan memberikan nasihat bahwa tujuan kita belajar ini adalah untuk mendapatkan orderan. Bagaimanapun caranya jualan yang penting dapat orderan. Namun kita juga perlu mendapatkan ilmu atau tools yang teknis, misalnya cara jualan di marketplace. Salah satu cara untuk mendapatkan ilmu itu adalah dengan ikut kursus jualan online. Dan di tempat kami, para warga Piyungan itu mendapat kesempatan kursus jualan di marketplace itu secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Kursus Jualan Online

Ada banyak materi yang diberikan kepada warga Bantul Piyungan selama pelaksanaan kursus jualan di marketplace ini. Semua materi langsung mentor yang memberikan, sehingga semua pertanyaan dari warga yang terkait internet marketing dapat terjawab. Berikut adalah beberapa materi dalam kursus jualan di marketplace KDJ;

  1. Mindset Jualan Online

Materi dalam sesi kali ini adalah tentang mindset jualan online. Dalam sebuah bisnis kita harus punya cara pandang khusus dalam menjalankan strategi. Termasuk dalam bisnis jualan online juga perlu mindset dasar. Materi ini diberikan oleh Pak Dosen Jualan, dengan penyampaian materi yang sangat mengasyikan. Pak Dosen mengerti betul bagaimana kemampuan dan behavior peserta yang ikut kelas jualan tersebut, sehingga Pak Dosen tidak segan untuk melontarkan guyonan-guyonan yang membuat para peserta terbaka-bahak sehingga suasana kelas mengasyikan.

  1. Kelas Marketplace Facebook

Minggu kedua kursus jualan di marketplace warga piyungan ternyata membahas materi yang agak berat, apalagi kalau bukan marketplace facebook. Ini tergolong materi yang daging di Kampus Dosen Jualan Jogja. Dalam materi ini pengisinya adalah Mas muqoddar yang merupakan salah satu mentor di KDJ. Ternyata Mas Muqoddar berhasil memberikan materi secara mengasyikan juga sehingga ibu-ibu yang awalnya tidak paham bagaimana login ke facebook, akhirnya menjadi paham.

Baca juga :   Instruktur Digital Marketing Paling Kece di KDJ yang Wajib Kamu Tahu

Mas muqoddar mewanti-wanti kepada peserta kursus jualan di marketplace bahwa tujuan utama dalam kegiatan ini atau goals-nya adalah agar minimal ibuk-ibuk bisa posting dulu di marketplace facebook. Sebab berjualan tidak sekadar mendapatkan untung tetapi juga untuk menjemput rezeki. Mas Muqoddar menyarankan kepada ibuk-ibuk agar mengirimkan postingan di FB setiap seminggu sekali. Ini sudah cukup untuk menjaring pembeli yang mencari produk terkait.

  1. Perbedaan Dropship dan Reseller

Warga di Bantul Piyungan juga perlu untuk mendapatkan pengertian mengenai apa itu reseller dan apa itu dropship. Sebagai informasi saja bahwa tujuan dalam dalam pelatihan ini adalah nantinya para warga dapat menjadi reseller mukena dan produk lainnya untuk mendapatkan tambahan penghasilan di sela-sela kegiatan harian.

Pemateri di sini menjelaskan bahwa kita tidak perlu terlalu mencari perbedaan antara keduanya. Sebab dropship dan reseller sama-sama berjualan. Hanya caranya saja yang berbeda. Kalau reseller mempunyai produk yang ditimbun atau stok sedangkan dropship hanya akan mencari barang ketika ada yang membeli kepada mereka. Dan para warga Piyungan di sini tidak akan menjadi dropship, tetapi reseller. Yakni penjual yang memiliki stok barang yang bisa dipilih oleh konsumen.

  1. Kursus Jualan di Shopee

Kursus jualan online di marketplace itu jua termasuk membahas tentang cara berjualan di shopee. Tidak perlu kita tanyakan lagi bahwa Shopee adalah marketplace paling ramai di Indonesia. Sehari-harinya ada minimal satu juta postingan di shopee. Kalau kita dapat posting juga di shopee, tentunya ada banyak kesempatan produk kita bisa mendapatkan pembeli.

Dalam kursus jualan online untuk emak-emak ini, mentor KDJ memberikan cara bagaimana membuat akun profil shopee sekaligus bagaimana memposting di sana. Tidak hanya berhenti di posting tetapi lanjut juga bagaimana membuat judul postingan yang gampang pembeli temukan. Meskipun susah untuk mengikuti, tapi ibuk-ibuk Piyungan tetap semangat menyimak pemateri dari mentor. Barulah dari sana jika ada yang tidak mereka mengerti para ibuk ibuk dan bapak akan bertanya terkait rasa penasarannya.

Baca juga :   Kursus Jualan Online Bandung ke Kampus Dosen Jualan Aja

Selain belajar memposting di SHopee para ibuk-ibuk peserta kursus jualan di marketplace juga belajar bagaimana menemukan produk yang bagus di shopee. Ini penting agar kita tidak lagi terjebak pada produk yang kurang berkualitas.

Kursus Reseller Gratis

Setiap minggu semakin banyak saja peserta kursus jualan di marketplace warga piyungan yang datang ke KDJ. Setiap hari makin banyak saja pertanyaan yang muncul sehabis sesi kelas. Itu menjadi bukti bahwa para warga semakin paham tentang seluk beluk bisnis online yang kata orang sangat ribet itu.

Dalam acara kursus ini nantinya KDJ akan menyediakan produk untuk warga jualkan. Di antara produknya adalah produk yang sering orang cari ketika ramadhan tiba, seperti mukena, sepatu, dan lain-lain. Bagi kamu yang berdomisili di sekitar Bantul Jogja dan sekitarnya dapat mengikuti pelatihan dan kursus jualan di marketplace ini secara gratis di tempat kursus jualan online terbaik Kampus Dosen Jualan. Kami tunggu kehadirannya sebelum puasa ya sobat KDJ.