Waktu Yang Tepat Untuk Promosi Online di Bulan Ramadhan

waktu yang tepat untuk promosi online

Bulan puasa tentunya membawa kebiasan baru bagi kita umat muslim yang menjalankan kesehariannya. Bisa dilihat misalnya ketika bulan puasa, banyak kantor dan instansi pemerintahan memberi keleluasan karyawan untuk pulang lebih awal. Begitupun dengan kegiatan orang-orang pasti akan mengalami perubahan. Adanya perubahan ini harus cepat kamu tanggapi sebagai seorang pebisnis online. Sebab dari sana akan ada perubahan waktu yang tepat untuk promosi online di bulan ramadhan.

Jam untuk jualan online biasanya adalah jam-jam ketika orang sedang tidak terburu dengan kesibukan dan rutinitasnya. Maka dari itu kita tak bisa serta merta melakukan promosi pada jam tujuh pagi karena saat itu orang-orang sedang sibuk berangkat kerja. Kecuali kalau target market kita adalah para pensiunan yang setiap jam tujuh pagi justru duduk manis di depan rumah dan scroll-scroll berita.

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel Cara Membuat Time Schedule Kegiatan saat Ramadhan, ternyata saat menghadapi bulan puasa kita harus merombak ulang jam-jam prime time agar menjadi jam yang tepat untuk promosi online. Sebab di dalam ramadhan jam makan dan istirahat orang menjadi bergeser, otomatis bergeser pula jam-jam ketika mereka bercengkerama dengan gadget. Kalau sampai ini tidak kita perhatikan tentu iklan yang kita pasang tak akan efisien dan untargeted. Untuk itu, mari kita simak bersama prime time saat ramadhan.

Waktu Terbaik Promosi Online di Bulan Ramadhan

Kalau dulu sebelum ramadhan patokan kita untuk prime time adalah jam istirahat orang-orang. Contohnya adalah jam 12.00-13.00, 17.00-18.00, 20.00-22.00. Bulan puasa membuat waktu yang tepat untuk promosi online tersebut menjadi bergeser. Seperti apa pergeseran jam-jam nya? Oke, sebelum kita mengetahui jam yang pas untuk promosi di sosial media, ada baiknya memetakan dulu waktu krusial di bulan ramadhan, yang di antaranya adalah;

  • JamSahur, 02.00-04.00
  • Waktu Istirahat, 13.00-14.00
  • Ngabuburit + Buka Puasa, 16.30-18.00
  • Jam untuk Ibadah, 19.00-20.30
Baca juga :   Tiktok untuk Berbisnis dalam Kelas Tiktok for Bussiness & Branding

Itulah waktu krusial saat bulan puasa. Jam-jam tersebut tidak ada saat bulan di luar ramadhan. Oleh karena itu dalam membuat  waktu yang tepat untuk promosi online di bulan puasa, maka harus melihat jam jam krusial tersebut. Jika berpatokan pada waktu krusial tersebut, maka waktu yang pas untuk promosi adalah pada saat orang-orang beristirahat atau menunggu waktu berbuka.  Maka dari itu kita sering lihat pada jam tersebut, iklan di TV cenderung lebih lama daripada biasanya. Itulah jam prime time saat puasa.

Lalu jam berapakah tepat untuk jualan online di bulan ramadhan itu? Di sini kita akan membedakan prime time saat bulan puasa berdasarkan platform-nya. Karena terdapat perbedaan perilaku dan jam  untuk digital marketing di setiap platform tersebut. Kami akan membahas di tiga platform, yakni instagram, facebook, dan whatsapp.

  1. Waktu Terbaik Posting Di Whatsapp

WA sudah menjadi aplikasi yang menemani keseharian orang-orang. Namun meskipun begitu, tidak semua waktu baik untuk jualan online di WA. Karena platform ini cenderung sifatnya private. Lalu kapankah waktu yang tepat untuk promosi online di WA pada bulan ramadhan? Sebagai informasi saja bahwa yang dimaksud posting di sini adalah melakukan blast pada kontak calon target kita.  Agar ada kemungkinan pesan blast tersebut terbaca oleh cabuy maka harus kita kirim pada jam super prime time.

Apabila melihat pada waktu krusial di bulan puasa di atas maka waktu yang pas untuk jualan di WA adalah pada jam setelah orang selesai melakukan ibadah malam hari yakni pukul 20.30-22.00. Pada jam itulah ada kemungkinan orang masih sempat membuka chat yang masuk ke whatsapp mereka. Selain promosi melalui chat pribadi atau blasting, ada cara lain untuk promosi online di WA yakni menggunakan status atau story WA. Pada jam berapakah sebaiknya kita promosi di sana?

Baca juga :   Ide Konten Tiktok yang Menarik

Jam Yang Baik Untuk Promosi Di Status Wa

Waktu yang tepat untuk promosi online lewat status WA adalah pada jam-jam istirahat siang (13.00-14.00), dan istirahat malam (20.30-22.00). Di luar jam tersebut, jarang sekali orang membuka story yang ada di WA mereka. Seabagai catatan saja bahwa jangan sampai kita terlalu banyak mengupload story wa karena waktu orang-orang ketika puasa sangat mepet sekali. Buatlah promosi yang simpel dan ada kaitannya dengan ramadhan.

  1. Waktu Terbaik Posting Instagram

Sebenarnya tidak banyak perbedaan waktu yang pas untuk promosi online di WA maupun di instagram. Namun melihat perilaku dan karakter di setiap platform, maka ada sedikit perbedaan antara jam prime time keduanya. Kalau di whatsapp kita hanya mengenal waktu istirahat untuk promosi online, maka di instagram kita bisa leluasa menaruh promosi kapanpun waktunya.

Jam yang tepat untuk promosi online di instagram saat puasa adalah pukul 16.30-18.00 ketika  orang-orang sedang menunggu waktu untuk berbuka. Kenapa harus ditaruh di waktu tersebut? Karena pada jam itulah orang-orang cenderung mencari hiburan untuk menunggu buka puasa. Nah, salah satu platform yang banyak unsur hiburannya adalah instagram. Misalnya  kamu bikin promosi di jam tersebut maka ada kemungkinan cabuy nyantol di postinganmu.

Waktu sahur juga waktu yang baik untuk promosi online di instagram. Karena pada jam tersebut orang-orang juga mencari hiburan untuk menemani makan sahur. Oleh karena itu seringkali acara TV diletakkan pada waktu sahur. Tidak hanya TV, orang-orang juga mencari hiburan lewat instagram. Oleh karena itu manfaatkanlah untuk promosi online.

  1. Waktu Yang Tepat Untuk Jualan Di Facebook

Waktu yang tepat untuk promosi online di facebook hampir sama dengan instagram yakni ketika orang sedang mencari hiburan di sela-sela ritual khas puasa seperti buka puasa dan sahur. Namun kalau facebook lebih spesifik lagi waktu yang tepat untuk promosi adalah pada jam ketika orang istirahat malam yakni pukul 21.00-23.00. Di sinilah orang-orang meluangkan waktu untuk melihat halaman facebooknya kembali.

Baca juga :   Urgensi Digital Marketing Perguruan Tinggi

Selain itu perbedaan antara promosi di FB dan IG adalah terletak pada pangsa pasarnya. Kalau  facebook cenderung dipakai oleh mereka yang sedang mencari barang. Sedangkan IG lebih dipakai oleh mereka yang menuruti gaya hidup. Oleh karena itu kamu harus melihat lagi apa yang kamu jual. Kalau kamu menjual barang yang cenderung cepat laku seperti hape, pakaian, atau bahan makanan, maka juallah di facebook. Kalau kamu menjual barang-barang yang cenderung sekunder, seperti aksesoris atau kosmetik, maka juallah di instagram tempat orang mencari hiburan dan gaya hidup.

Itulah beberapa karakteristik dan perilaku cabuy (calon buyer) di beberapa platform saat ramadhan tiba. Tulisan mengenai waktu yang tepat untuk promosi online di bulan ramadhan di atas berdasarkan pengalaman pribadi Dosen Jualan selama berjualan saat bulan puasa. Semoga bermanfaat untuk pengembangan bisnismu selama bulan ramadhan mendatang. Semoga bulan yang membawa berkah dapat membawa rezeki pula untuk para pelaku bisnis di Indonesia. Amin.