Manfaat Berbisnis di Usia Muda, Biar Cepat Halal hingga untuk Tabungan Hari Tua

Manfaat Berbisnis di Usia Muda

Setiap hari ada setidaknya belasan anak muda yang belajar digital marketing di Kampus Dosen Jualan. Mereka datang dari berbagai kota di Indonesia dan memilih indekos di sekitar pedukuhan Mutihan, tempat kantor KDJ berada. Lalu apa sebenarnya motivasi mereka yang datang ke sini untuk belajar bisnis online tersebut? Usut punya usut ternyata mereka merasakan betul apa manfaat berbisnis di usia muda.

Tulisan ini akan membagikan beberapa pandangan mengenai berbisnis di usia dini. Bagi kita yang masih ragu untuk memulai bisnis, misalnya karena takut rugi, takut menginvestasikan waktu dan tenaga, maka wajib untuk membaca tulisan ini. Kami akan membagikan beberapa manfaat berbisnis di usia muda. Beberapa manfaat yang kami kumpulkan merupakan pengalaman langsung yag dirasakan oleh para peserta dan siswa KDJ maupun dari karyawan yang juga nyambi jualan di sela-sela pekerjaan.

Mungkin beberapa manfaat ini juga kami dengar dari alumni-alumni KDJ yang berada di penjuru Indonesia. Beberapa waktu lalu kami mengadakan LIVE IG bareng Mas Erwin Winardi, salah satu alumni KDJ. Beliau mengungkapkan bahwa ada banyak sekali manfaat berbisnis semenjak muda. Beliau juga menceritakan awal mulanya belajar di KDJ dan langsung terinspirasi untuk berbisnis sedari muda. Selain mas Erwin winardi, kami juga mengumpulkan kepingan-kepingan cerita tentang manfaat berbisnis di usia muda itu dari beberapa alumni lain, seperti Mas Rizky Pahlawan dan Kang Erdy (Akang Guru). Berikut adalah sepuluh alasan dan manfaat bisnis  semenjak muda.

Baca juga :   Acara Wisuda Kelulusan Program Beasiswa Batch 6 KDJ Berlangsung Sederhana

10 Alasan Mengapa Harus Berbisnis

Sebelum kita mengetahui manfaat berbisnis sedari dini, maka pertama kali kita harus tahu alasan mengapa bisnis menjadi penting. Kami akan mengulas 10 alasan mengapa bisnis, apalagi bisnis online, menjadi pilihan yang paling prospek untuk saat ini.

  1. Rata-rata orang sekarang senang bertransaksi lewat online.
  2. Tidak butuh modal banyak, hanya butuh kreatifitas memanfaatkan media dan jaringan bisnis.
  3. Lapangan pekerjaan yang semakin menyempit.
  4. Tidak ada jaminan bangku perkuliahan akan memberikan skill yang mumpuni.
  5. Lebih mudah mengatur waktu.
  6. Tidak ada tekanan dalam bekerja.
  7. Lebih mudah mengaplikasikan dan mewujudkan ide kreatif.
  8. Butuh ketekunan dan ketahanan.
  9. Mengajari kita untuk melihat peluang.
  10. Mengajari kita untuk memprediksi masa depan.

Itulah setidaknya 10 alasan mengapa kita harus berbisnis, daripada menjalani pekerjaan lain yang sekarang juga sudah makin menyempit penawarannya. Dengan berbisnis setidaknya kita akan tahu menjalin relasi dan berkomitmen dengan orang lain tanpa adanya tekanan dari atasan. Memang tidak ada yang instan dalam berbisnis. Oleh karena itu penting sekali untuk memulai berbisnis semenjak muda. Agar banyak pengalaman yang kita dapatkan seiring proses bisnis tersebut.

Pentingnya Memulai Usaha Sejak Dini

Penting sekali untuk memulai berbisnis sedari sekarang. Sebab dalam bisnis juga butuh yang namanya tempaan atau proses. Seorang pebisnis yang sukses bukanlah pebisnis yang kekayaannya tidak habis-habis, tapi pebisnis adalah yang sanggup mengatasi masalah demi masalah dengan keteguhannya. Inilah pentingnya memulai usaha sejak dini, karena dengan begitu kekayaan pengalaman kita akan lebih lengkap. Beberapa poin berikut ini akan menjelaskan tentang manfaat berbisnis di usia muda;

  1. Alasan Berbisnis Di Usia Muda agar Cepat Halalin si Dia

Dari sekian banyak peserta dan siswa pelatihan ternyata ada yang alasannya berbisnis semenjak muda adalah agar bisa lekas halalin si dia. Wanita jaman sekarang suka pada laki-laki yang mapan dan berpendapatan. Oleh karena itu Pak dosen jualan sering bilang, kalau wajahmu pas-pasan, maka jadilah kaya raya agar wajahmu termaafkan.

Baca juga :   Di kelas IJO, Database Email Senjata bagi para pengusaha

Memang biaya untuk menuju pelaminan saat ini sudah semakin mahal saja. Untuk sewa gedung, cathering, dan lain-lain tentunya tidak cukup hanya 50 juta. Oleh karena itu kita harus masuk ke jalan ninja berbisnis sejak muda agar selekasnya ngehalalin si dia. Tidak ada salahnya kok, mempunyai motivasi bisnis seperti ini. Sah-sah saja dan halal. Kita ingat sendiri bahwa Rasulullah sebelum menikahi Siti Khadijah juga berbisnis di sepanjang jalur Syam (Palestina).

  1. Kenapa Kita Harus Sukses Di Usia Muda Tidak Lain adalah untuk Menaikkan Haji Orang Tua.

Manfaat berbisnis di usia muda terkadang begitu sederhana, kita ingin bisa membiayai orang tua ke tanah suci. Sungguh misi yang sangat mulia apabila kita punya motivasi seperti ini. Memang biaya untuk umroh dan naik haji tidaklah sedikit. Setidaknya kita butuh duit 50 juta per orang untuk mengantarkan orang tua naik haji. Jika kamu mau berbisnis sedari sekarang, tentunya kamu akan lebih berpeluang untuk mengajak mereka berdua naik haji dengan hasil keringatmu sendiri.

Dan nyatanya memang banyak dari peserta pelatihan di KDJ yang ingin memberangkatkan orang tuanya ke tanah suci dengan hasil bisnisnya. Memang tidak bisa instan,  namun usaha mereka patut diacungi jempol mengingat usia mereka yang baru lulus SMA.

  1. Manfaat Berbisnis adalah untuk Melunasi Hutang Orang

Lagi-lagi kita mendengar pengalaman tentang manfaat berbisnis di usia muda yang mengandung bawang alias membuat kita meneteskan air mata. Bayangkan ada alumni KDJ yang mengungkapkan bahwa alasannya berjualan dulu adalah untuk melunasi hutang orang tua. Ini bukan kisah abal-abal, namun nyata kejadiannya.

Manfaat berbisnis ternyata adalah untuk membantu meringankan beban orang tua. Tentunya bantuan itu harus sesuai dengan kapasitas kita sebagai anak. Kalau kita dapat berbisnis dan menghasilkan untung tentunya akan bisa meringankan beban mereka berdua.

  1. Bisa Mengumpulkan Uang untuk Biaya Kuliah

Ada juga yang mengungkapkan bahwa manfaat bisnis di usia muda adalah untuk mengumpulkan uang untuk biaya kuliah. Dengan berbisnis kita dapat sedikit demi sedikit menabung guna keperluan kuliah. Seperti yang kita tahu bahwa kuliah juga membutuhkan banyak biaya. Bagi kita yang berasal dari kalangan orang yang tidak berada tentunya kuliah adalah sebuah hal yang mewah. Oleh karena itu berjualan atau berbisnis dapat mempermudah kita dalam berkuliah secara mandiri.

Baca juga :   Fitur Gmail Dan Fungsinya yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

Sudah banyak cerita  dan pengalaman dari alumni KDJ yang berhasil menyelesaikan kuliah dengan hasil bisnisnya sendiri. Ini membuktikan bahwa bisnis online sekecil apapun pasti akan mendatangkan hasil. Maka dari itu jangan ragu lagi untuk memulai sebuah bisnis. Ada banyak alasan seseorang berani memulai bisnis.

  1. Manfaat Merintis Usaha Baru adalah Agar Punya Tabungan untuk Hari Tua

  Ada juga alumni KDJ yang berjualan sambil berkuliah. Bukan karena untuk membiayai kuliah tapi mereka bisnis sedari dini adalah karena percaya bahwa  bisnis dapat menjadi investasi hari tua yang sangat menguntungkan. Bayangkan saja, setelah kita bekerja pada suatu instansi tentunya ketika pensiun akan bingung mau kemana. Inilah pentingnya merintis bisnis sejak dini. Kita menjadi punya tabungan serta kegiatan untuk menyongsong hari tua nantinya.

Itulah beberapa manfaat berbisnis di usia muda yang berhasil kami kumpulkan dari para alumni, karyawan, serta peserta pelatihan di kampus dosen jualan. Semoga manfaat-manfaat yang mereka ceritakan itu dapat memotivasi kita untuk berani memulai bisnis meskipun masih muda. Semoga bermanfaat.