Alasan Seseorang Berani Memulai Bisnis Online Tidak Takut Rugi

alasan seseorang berani memulai bisnis

Setiap harinya KDJ menerima siswa dan peserta pelatihan dari berbagai rentang usia. Mulai dari anak-anak berusia 11 tahun hingga mereka yang sudah  pantas dipanggil kakek-nenek. Namun rata-rata yang belajar di sini adalah kalangan milenial yang saat ini berusia 18-23 tahun. Sebuah rentang usia yang sedang semangat-semangatnya mencari jati diri dan mencari apa yang mereka sebut sebagai pengalaman. Di saat anak seusianya sedang sibuk kuliah mereka justru sibuk belajar dan berjualan. Lalu apa rata-rata alasan seseorang berani memulai bisnis itu? Tulisan ini akan mengulasnnya berdasarkan penuturan para peserta pelatihan di KDJ.

Sebagai informasi saja bahwa KDJ mempunyai beberapa program, di antaranya adalah Program Beasiswa (1 tahun), program inkubator jualan online (IJO, 3 bulan), program magang, dan kelas khusus (5-10 hari). Rata-rata yang mengikuti setiap programnya sebanyak 15 orang. Yang terbanyak adalah program IJO, yang saat ini sudah menginjak Batch 77, dengan peserta sebanyak 16 orang. Dari sekian banyak peserta berbagai program tersebut, kami tim Kampus Dosen Jualan berusaha mengumpulkan keping-keping motivasi mereka sehingga berani memulai bisnis di usia muda. Tulisan ini tidak akan  meyebutkan nama dari masing-masing peserta, namun hanya akan melihat motivasi mereka secara umum. Semoga bermanfaat buat kamu  yang saat ini butuh alasan seseorang berani memulai bisnis.

Alasan Seseorang Memulai Usaha

Ketika para peserta sudah  memutuskan untuk datang ke KDJ dan belajar digital marketing, itu artinya tekad mereka sudah bulat untuk berani memulai usaha. Sedikit informasi, bahwa kantor pusat Kampus Dosen Jualan tidaklah terletak di pusat kota besar dengan segala kemewahan fasilitasnya. Lokasi kami adalah di pedukuhan asri, di bawah kaki bukit, di sebelah tenggara Yogyakarta. Namun keterpencilan ini justru memacu kami untuk membuktikan  bahwa sejauh apapun jarak, kita masih bisa terhubung dengan media digital.

Baca juga :   Mengoptimalkan Whatsapp Business dengan Lima Jurus Berikut Ini

Semangat itulah yang berusaha kami tularkan kepada para siswa dan peserta pelatihan, bahwa sebuah bisnis tidak harus mempunyai toko besar di jalanan protokol, atau bisnis harus punya modal melimpah. Ternyata bisnis juga bisa dilakukan dengan sederhana berbekal hape android dan laptop  usang yang kita punya. Ternyata ada banyak sekali alasan para peserta pelatihan di tempat kami ketika memulai usaha. Kami akan menjelaskan motivasi tersebut satu persatu kepada kamu tentang alasan seseorang berani memulai bisnis.

  1. Alasan Memulai Bisnis Dari Nol

Para peserta kursus jualan online di KDJ bukanlah berasal dari latar belakang orang tua yang wirausahawan. Rata-rata mereka merupakan anak dari kalangan petani yang sudah tercerahkan dengan manfaat dunia digital bagi kesejahteraan mereka ke depan. Karena latar belakang yang tidak ada sangkut pautnya dengan bisnis itulah merea akhirnya memulai bisnis dari nol. Ternyata ada macam-macam motivasinya. Berikut ini mungkin bisa  merangkum dari masing-masing peserta yang kami wawancarai;

  • Ingin membawa serta orang tua ke tanah suci, untuk umroh dan haji.
  • Ada kebutuhan untuk melunasi hutang orang tua.
  • Ingin mandiri secara finansial dan tidak memberatkan keluarga.
  • Berkeinginan untuk kuliah sambil berbisnis online.
  • Ingin menabung untuk masa depan.
  • Ingin mempersiapkan diri sebelum masuk ke dunia kerja
  • Dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa alasan seseorang di KDJ berani untuk memulai bisnis dan belajar digital marketing. Mungkin banyak dari alasan tersebut, sangat mengandung bawang, atau mengharukan. Tapi itulah adanya. Kebanyakan siswa didik KDJ sudah tidak menerima uang saku dari orang tua, dan mereka membiayai hidupnya sendiri dari berjualan online disambi belajar internet marketing bersama Dosen Jualan.

  1. Alasan Tertarik Dengan Bisnis

Kalau untuk alasan ketertarikan dengan bisnis, tentunya juga banyak sekali alasannya. Beberapa siswa yang kami kulik, ternyata memang bisnis holic. Mereka sangat fanatik dengan segala hal yang berbau bisnis dan entrepreneur. Secara finansial mungkin tidak ada kekurangan pada mereka, namun karena penasaran dengan mekanisme sebuah bisnis online akhirnya mereka memutuskan untuk belajar di sini. Inilah beberapa alasan siswa pelatihan di KDJ tertarik dengan bisnis;

  • Suka mengoperasikan platform sosial media apapun, mulai dari Instagram, tiktok, hingga youtube.
  • Ingin memiliki bisnis berbasis SEO.
  • Mempunyai orang tua yang juga seorang pebisnis.
  • Alumni SMK jurusan pemasaran, sehingga ingin memperdalam ilmu digital marketing.
  • Sudah mempunyai bisnis kecil-kecilan yang menghidupinya.
Baca juga :   Cara Riset Kata kunci yang merajai google oleh Rizki Pahlawan

Itulah alasan seseorang berani dan tertarik dengan bisnis. Ketertarikan anak-anak berbisnis ini semakin dipupuk ketika berada di Kampus Dosen Jualan. Memang pada usia-usia menginjak 20 tahun inilah rasa penasaran dan ketertarikan dari siswa sedang besar-besarnya. Inilah yang berusaha diarahkan oleh Dosen Jualan menjadi suatu yang produktif. Sebab jika tidak maka, rasa penasaran tersebut akan memancing kepada hal yang kontraproduktif bagi diri mereka sendiri maupun masyarakatnya.

  1. Alasan Memilih Bisnis

Hampir semua peserta dan siswa di tempat kami sudah punya bisnis masing-masing dengan berbagai skala dan omsetnya. Dari sekian banyak jenis jualan mereka itulah tulisan ini juga berusaha akan melihat alasan seseorang berani menentukan pilihan akan menjual produk tertentu. Berikut adalah alasan-alasan mereka;

  • Dropshipper di shopee dan Tokopedia, ada salah satu peserta yang memilih bisnis jadi dropshipper. Dia mengaku lebih mudah daripada menjual barang secara langsung, sebab dropship tidak harus menyetok barang.
  • Berjualan produk kesehatan islami, peserta ini ingin perilaku hidup sehat dapat menjadi keseharian seorang muslim. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu ia menjual barang-barang kesehatan yang islami, seperti bekam, madu, habatussauda, dann lain-lain.
  • Serta masih banyak lagi jenis produk yang dijual oleh peserta, rata-rata dari mereka menjual apa yang menurutnya laku, seperti helm, skincare, dan lain-lain.

Tidak ada produk yang tidak laku setelah seseorang ikut pelatihan internet marketing di sini. Oleh karena itu apapun produkmu jangan takut untuk belajar bisnis di sini.

  1. Alasan Berbisnis Online

Lalu mengapa mereka memilih berjualan secara online? Bukankah ada cara lagi yang mungkin dapat dicoba, seperti  membuat kios atau membuka toko misalnya. Ternyata jawaban dari peserta macam-macam, dan itu sudah merepresentasikan generasi mereka, yakni generasi milenial. Alasan berjualan secara online adalah sebagai berikut;

  • Lebih simpel dan tidak ribet.
  • Seringnya mereka mencari barang lewat online, sehingga itu cara yang dirasa terbaik untuk berjualan.
  • Tidak mengharuskan tatap muka secara langsung.
  • Lebih banyak varian produk.
  • Mempunyai target pasar yang lebih luas.
  • Kedekatan mereka dengan gadget dan media digital daripada interaksi sosial secara langsung.
Baca juga :   Pelatihan Digital Marketing Prakerja dan Kampus Dosen Jualan

Itulah kira-kira yang menyebabkan para peserta menentukan untuk berjualan lewat media online dan bukan offline. Memang dari sekian kisah yang kami rangkum di atas ada banyak sekali alasan seseorang berani memulai bisnis. Setiap orang punya alasan yang unik. Namun jika kamu sedang berada di persimpangan jalan, apakah mau jualan atau tidak., maka tulisan mengenai alasan seseorang berani memulai bisnis di atas sekiranya bisa menjadi refleksi untuk menuju lebih baik lagi. Semangat. Semoga kesuksesan selalu melimpahi kita.

Dan buat kamu yang belum berani memulai usaha, maka segeralah siapkan dirimu. Karena kita tidak pernah tahu apakah kesempatan ke depan masih tersedia atau tidak. Oleh karena itu mantapkan alasan dan beranimu.