Cara Menaikan Rating Google Maps untuk Bisnis dan Tokomu

Cara Menaikan Rating Google Maps

Ada banyak sekali cara bagi pebisnis untuk mengonline-kan produknya di internet. Caranya adalah dengan memasukannya ke dalam indexing google. Seperti yang kita tahu bersama bahwa hampir semua hal ada di google, mulai dari akun sosial media, marketplace (toko online), video, hingga website. Namun memang peruntukan google utamanya adalah untuk mengindeks website atau laman. Buat kamu yang sementara ini belum punya website untuk jualan, maka jangan khawatir karena kita masih bisa memakai google maps untuk mengonline-kan produk di internet. Nah, tulisan ini akan membahas mengenai cara menaikan rating google maps agar lebih mampu menghadapi persaingan di dunia maya.

Google maps selama ini sering kita pakai untuk mencari suatu tempat di google atau peta. Namun apakah anda tahu bahwa google maps aslinya digunakan untuk mengonlinekan sebuah bisnis atau tempat bisnis? Yap betul, karena memang fitur google yang berfungsi untuk itu bernama Google my Bussiness. GMB sangat diperlukan oleh para pebisnis untuk digital marketing produknya. Apabila telah terdaftar di Gmaps maka akan memperbesar kemungkinan bisnismu dicari oleh customer yang sebelumnya tidak pernah datang langsung ke toko. Tulisan ini terutama akan ulas mengenai cara menaikan rating google maps.

Namun sebelum itu kita sama-sama akan membahas langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk membuat google my business. Berikut adalah cara-caranya.

Cara Membuat Google My Bussines dan Menaikan Rating Google Maps

  1. Siapkan akun google yang telah cukup umur (layak untuk membuat titik maps).
  2. Siapkan koordinat titik toko di maps. Usahakan agar presisinya tepat.
  3. Daftarkan titik tersebut dengan menyertakan detail toko.
  4. Proses selesai. Tunttu verifikasi dari google, dalam bentuk pos.
  5. Jika sudah terverifikasi maka titik dan nama toko akan muncul di google.
  6. Terapkan cara menaikan rating google maps dengan memperbanyak review toko.
  7. Balas dan jalin interaksi dengan review atau ulasan yang masuk.
Baca juga :   Cara Riset Kata kunci yang merajai google oleh Rizki Pahlawan

Selama ini titik gmaps sering dipakai oleh user di google untuk mencari suatu tempat. Namun ternyata fitur ini juga berfungsi bagi para pebisnis yang ingin mengonline-kan produknya. Agar kamu lebih paham bagaimana cara membuat dan menaikan rating google maps maka simak ulasannya di bawah ini sampai tulisan berakhir.

Google Bisnisku

Awalnya ide mengenai google maps ini adalah berawal dari pemetaan wilayah oleh dua orang asal Denmark. Mereka berhasil mengembangkan pencarian peta online yang fleksibel dan dapat menjangkau wilayah secara luas. Akhirnya muncullah gagasan tentnag google earth, karena produk kedua orang tersebut dibeli oleh google. Lama kelamaan google membuat layanan semakin maju dengan mengintegrasikannya dengan screening oleh satelit. Hingga akhirnya kita menjumpai google maps seperti yang sekarang.

Namun google terlalu sibuk apabila harus mendata tempat satu persatu dan menanyai pemiliknya tentang kegunaan tempatnya. Akhirnya  google memberi keleluasaan bagi penggunanya untuk bisa membuat titik maps tempatnya sendiri, dan memberinya data terkait tempat tersebut. Akhirnya muncullah fitur yang bernama google my business atau google bisnisku. Tentu kita sudah tak asing lagi dengan fitur ini karena mungkin tempat bisnis kita sudah masuk ke peta juga. Oleh karena itu kita akan bahas mengenai cara menaikan rating google maps saja. Namun buat kamu yang belum paham bagaimana memunculkannya maka simak ulasannya di bawah.

Cara Agar Bisnis Muncul Di Pencarian Google

Seperti yang telah dijelaskan oleh poin-poin di awal tulisan, ternyata membuat google bisnisku cukup simpel dan membutuhkan beberapa syarat saja. Selepas itu kita tinggak menunggu verifikasi yang kira-kira butuh waktu sekitar seminggu hingga 40 hari. Selepas itu kamu akan mendapatkan email atau pos dari goggle. Jika kamu menerima itu, berarti titik maps yang kamu target sudah terinput data yang meliputi, nama toko, keterangan, jam kerja, alamat, nomor telepon, email, dan beberapa gambar toko.

Baca juga :   G Suite for Education

Cara Memasukkan Bisnis Ke Google

Nah, buat kamu yang mempunyai toko atau kantor, atau bahkan rumah, maka kamu bisa daftarkan tempat tersebut di indexing. Agar orang yang punya keperluan dengan tokomu dapat mencarinya dengan mudah. Secara garis besar kita sudah bahas tentang cara mendaftarkan bisnis di google lewat poin-poin di awal tulisan. Dengan masuknya bisnis kita di indexing maka ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan di antaranya adalah;

  • Tempat mudah ditemukan karena saat ini hampir semua orang memakai gmaps.
  • Bisa meningkatkan persaingan dengan kompetitor sejenis.
  • Orang bisa melihat jam buka di tempatmu.
  • Meminimalkan biaya untuk marketing.
  • Dan lain-lain.

Tentunya kerja titik gmaps kamu harus optimal agar bisa dengan mudah tertemukan oleh para pencari atau calon customer. Salah satu cara agar titik maps yang ada bisa optimal adalah dengan melakukan ulasan terkait tempat tersebut dan memberinya bintang. Untuk selengkapnya baca di sub judul di bawah ini.

Cara Optimalkan Google Map

Cara mengoptimalkan google map atau cara menaikan rating google maps pertama adalah dengan memberinya ulasan dan bintang (4-5). Lewat adanya ulasan ini, maka orang yang menemukan maps akan lebih percaya dengan keberadaan tempatmu. Selain itu jumlah ulasan yang banyak dapat membuat google semakin percaya bahwa bisnismu itu nyata. Lalu cara lain untuk menaikan rating google map adalah dengan melengkapi data di G My bussines tersebut, seperti email dan bahkan website.

Strategi Pemasaran Dengan Optimalisasi Google Maps

Kita sudah membuktikan sendiri bagaimana powerfullnya pemasaran online dengan bantuan gmaps. Ternyata adanya gmaps bisa nambah cara menaikan rating website. Penjelasannya adalah seperti ini, jika kamu mempunyai website untuk bisnis, maka untuk makin mempermudahnya terindeks di mesin pencari maka daftarkanlah juga google my bisnis dengan nama yang sama dengan website. Gabungan antara titik gmaps dan website tersebut akan makin membuat powerfull strategi pemasaranmu.

Baca juga :   Trik Promosi Via WA Marketing ,Salah Satunya Membutuhkan Mental dan Keberanian

cara menaikan rating google maps

Misalnya adalah website kami berikut ini, ternyata lebih powerfull jika kami juga memasang titik maps di google. Sehingga ketika kamu ketikkan kampus dosen jualan, maka akan muncul website dan juga petanya. Begitupun ketika kita ketikkan “pembicara internet marketing” maka akan muncul pula website sekaligus maps yang mengikuti, karena memang keduanya sudah bersatu padu untuk membantu user di google. Apabila kamu baru mempunyai website saja, maka wajib hukumnya untuk membuat titik map nya.

Google Bisnisku Tidak Muncul Di Maps

Kadangkala google bisnisku tidak dapat muncul di maps padahal sudah terverifikasi oleh google. Ini adalah masalah klasik, biasanya penyebabnya adalah adanya aktifitas yang berlebihan pada titik map kamu. Misalnya terlalu banyak ulasan. BIsa juga itu penyebabnya adalah google mendapatkan laporan dari user bahwa tempat tersebut sudah tutup/ tidak dapat dipercaya. Memang ini sering terjadi, yakni antar kompetitor saling tutup-menutup bisnisnya. Namun agar semua itu tidak terjadi pada g-bisnisku, maka kamu harus rajin untuk menerapkan cara menaikan rating google maps. Itu merupakan salah satu cara organik agar tempat usahamu benar-benar terpercaya di hadapan google.

Cara Agar Tempat Usaha Muncul Di Google Maps

Terkadang saking banyaknya kompetitor, tempat bisnis kita justru hilang tidak terindeks alias tidak dapat tertemukan oleh user. Penyebabnya bukan karena hilang, tapi karena titik punyamu belum punya rating yang bagus. Seperti cara di atas jika ingin tempat usaha muncul maka kamu harus menerapkan cara menaikan rating google maps. Kamu dapat melakukan ulasan sendiri ataupun melalui jasa review gmaps. Kami bisa membantu kamu menaikan rating gmaps agar makin powerfull dengan berbagai paket ulasan. Untuk selengkapnya hubungi 0821 3694 7525. Semoga artikel tentang tips menaikan rating google maps berikut ini bermanfaat untuk bisnismu.