Plugin yang Dibutuhkan untuk WordPress Agar SEO Maksimal dan Traffic Cethar

plugin yang dibutuhkan untuk wordpress

Plugin yang Dibutuhkan untuk WordPressWordPress memang menjadi platform web-blogging yang sering banget memberikan fitur gratisan kepada kita. Alhasil platform ini sering kita sebut sebagai medianya sejuta umat karena banyak sekali pemakainya di Indonesia. WP adalah cara simpel untuk membangun dan mengelola website. Kita tidak perlu lagi mengotak-atik coding yang super-ribet karena sudah terbantu dengan kehadiran dashboard WP admin.

WordPress menyediakan banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan untuk mengelola website, mulai dari posting, mengatur tata letak, mengatur SEO, memberi thumbnail, hingga menanam kata kunci utama. Namun fitur-fitur tersebut peruntukannya hanya bagi mereka yang sudah membeli domain dan hosting berbayar. Bagi kalian yang masih pake domain gratisan yuk segera upgrade punya kamu. Karena dengan domain berbayar akan banyak sekali fitur yang bisa kita mainkan untuk mengoptimalkan website.

Di dalam wp kita sering menyebut tools untuk mempermudah posting itu dengan nama PLUGIN. Ini adalah semacam fitur-fitur di dalam wordpress yang bisa kita gunakan misalnya untuk mensetting SEO serta optimalisasi lainnya. Lalu apa saja plugin yang dibutuhkan agar optimalisasi SEO maksimal hingga meningkatkan traffic? Simak beberapa rekomendasi dari KDJ berikut ini;

Plugin yang Dibutuhkan Agar Website WordPress Bisa SEO Friendly

Apabila kita masih pemula, mungkin saja banyak yang bingung bagaimana menginstall tools di dasbor kita. Caranya sebenarnya gampang, pertama kali kita harus login ke dasbor WP kita. Caranya adalah;

  • Masuk ke dasbor admin wordpress dengan mengetikkan https://www.domainkamu.com/wp-admin
  • Masukkan username dan password kamu.
  • Setelah masuk ke dasbor, maka carilah sekumpulan menu yang ada di bagian kiri dasbor.
  • Klik menu Plugin, yang gambarnya seperti colokan stop kontak.
  • Setelah masuk ke menu Plugin, maka di sana akan ada daftar tools yang telah terinstall secara otomatis.
  • Apabila ingin menambahkan maka Klik Tambah Baru atau Add New, yang ada di bagian kiri atas menu.
  • Menambahkan fitur ke wordpress bisa dengan dua cara, yakni menambahkan lewat unggahan maupun menginstallnya secara langsung lewat dasbor. Kita bisa menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh website.
  • Di menu plugin ada banyak sekali pilihan alat yang bisa kita manfaatkan.
Baca juga :   Tipe Tipe Konsumen dan Cara Menghadapinya

Tulisan ini akan mengulas tentang apa saja plugin yang dibutuhkan oleh wordpress agar bisa SEO Friendly. Maka simak, apa saja yang dibutuhkan beserta ulasannya di bawah ini;

Macam-macam Plugin SEO WordPress

  1. Yoast SEO

Pasti kamu sudah mengenal plugin satu ini. Bermain website dengan media wordpress tanpa memakai Yoast SEO ibarat sayur asam tanpa garam. Terasa hambar. Ini menjadi salah satu tools di mana sangat dibutuhkan WP. Di dalam sini kita bisa mengelola pengaturan kata kunci di dalam artikel yang kita buat.

Yoast SEO juga bermanfaat untuk membuat pilar konten atau artikel panjang berisi rangkaian kata kunci utama. Plugin ini bisa memudahkan kita untuk mengatur kata kunci, jumlah kata kunci, serta pemasangan meta deskripsi sehingga tulisan kita dapat terbaca oleh pengunjung yang pergi ke mesin pencari. Ada banyak deh pokoknya manfaat yoast seo yang dibutuhkan oleh dasbor wordpress kita. Sebagai informasi, bahwa tools ini dapat kita nikmati secara gratisan maupun berbayar. Apabila kita membeli lisensi Yoast SEO maka kita dapat memasang lebih dari satu kata kunci utama di artikel kita.

  1. Google XML Sitemap

Fitur ini merupakan rukun wajib para wordpressian yang akan melakukan optimasi SEO di websitenya. Google XML Sitemap memungkinkan kita dapat ‘mendaftarkan’ website ke dalam mesin pencari google. Plugin ini bisa jadi merupakan gerbang awal bagi website kita untuk terdeteksi oleh mesin pencari.

Google XML Sitemap merupakan peta untuk memahami website kita. Semakin mudah petanya untuk terpahami, maka semakin mudah pula Google menemukan artikel kita. Begitulah logikanya. Buruan segera install google XML Sitemap agar websitemu bisa terindeks oleh Google.

  1. Broken Link Checker

Tools ini berfungsi sebagai pengecek link-link mana saja dari website kita yang rusak atau tidak dapat terbuka. Terkadang karena berbagai error bisa saja link yang kita sambungkan dengan website ternyata rusak sehingga mempengaruhi performa backlink kita. Untuk mencegahnya kita harus menginstall plugin Broken Link Checker.

Ini merupakan salah satu fitur yang wordpress butuhkan karena strategi dalam SEO salah satunya adalah dengan memasang backlink atau menautkan link. Kalau link-nya rusak, tentu optimasi SEO kita tidak akan bisa maksimal.

  1. Rel Nofollow Checkbox

Masih tentang plugin yang dibutuhkan oleh SEO wordpress. Dalam usaha untuk menautkan link (backlink) terkadang kita harus mengatur apakah link yang kita berikan berbentuk do-follow atau no follow. Nah inilah manfaat dari tools Rel Nofollow Checkbox. Melalui tools ini kita dapat membuat link yang kita berikan tidak terdeteksi sebagai backlink dan menjadi sekadar link yang mengarah ke website lain.

  1. Redirection

Kita pasti pernah berganti domain karena beberapa alasan, seperti pembaharuan domain misalnya. Kalau pelanggan kita sudah mengenal brand domain yang lama, berarti kita harus menginstall tools redirection agar siapapun pengunjung website lama bisa langsung terarahkan ke URL website baru punya kita.

Baca juga :   Cara Membeli Template Wordpress yang SEO Friendly

Ini menjadi salah satu plugin yang dibutuhkan wordpress karena dkita membutuhkan suatu alat untuk mengalihkan tidak hanya link lama ke domain baru tetapi juga untuk mengalihkan traffic dari artikel ke homepage misalnya.

  1. SEO Internal Links

Bagi kita yang sering bermain Yoast SEO pasti kita membutuhkan Internal link di dalam artikel. Internal link artinya kita menautkan artikel kita dengan artikel sebelumnya di dalam website kita. Untuk mempermudah proses tersebut maka kita membutuhkan plugin yang bernama SEO Internal Links agar bisa membuat link secara otomatis.

Selain itu, fitur ini juga bisa membuat internal link yang lebih tertata karena dia menyediakan inbound link yang sesuai dengan kaidah SEO. Sudahkah kamu menginstall tools ini di dasbor wordpress kamu?

Itulah 6 fitur dibutuhkan oleh wordpress untuk meningkatkan search engine optimization agar maksimla dan traffic-nya cethar. Sebagai informasi saja bahwa tools-tools tersebut ada versi gratisan dan ada versi berbayar. Kalau ingin hasilnya maksimal tentu harus menggunakan yang berbayar. Namun menurut admin, versi gratisan juga sudah powerfull sekali.

Jika kamu ingin belajar mengenai Setting Plugin di WordPress atau meningkatkan optimalisasi website dapat langsung belajar bersama kami di Kampus Dosen Jualan. Kami mengadakan kelas terbatas yakni Kelas Inkubator SEO bagi para pebisnis yang ingin mengupgrade kemampuan teknis soal Search Engine Optimization.

Bagi kamu apabila berminat ikut kelasnya, yuk segera daftarkan diri kamu ke admin kami di nomor berikut ini 0821-3694-7525. Buruan daftar karena kelas akan segera berlangsung pada tanggal 15-26 Februari mendatang di Yogyakarta. See You at the KDJ Jogja SEO Training 2021.