Jenis-jenis Kata Kunci dalam SEO yang Belum Diketahui Banyak Orang, Kamu Wajib Tahu

jenis-jenis kata kunci dalam SEO

Jenis-jenis Kata Kunci dalam SEOTahu nggak kalau nulis keyword ternyata juga butuh ilmu lho?  Sebagai seorang pembelajar SEO ternyata hal sekecil harus dipelajari secara mendetail. Dalam soal memasang keyword ternyata tidak segampang yang kita bayangkan. Kalau sampai keliru memasang keyword pembaca yang kita tuju tidak akan pernah bisa menemukan artikel kita.

Ada banyak sekali jenis-jenis kata kunci yang mungkin kita perlu ketahui agar tidak sampai salah dalam menananm keyword di wordpress ataupun postingan website. Penggolongan ini sebenarnya berdasarkan pada macam-macam perilaku pencari di mesin pencari. Apabila mereka membutuhkan informasi maka keyword yang mereka pasang adalah tips, cara, dan lain-lain. Sedangkan apabila mereka membutuhkan barang atau berniat akan membeli barang maka yang customer cari adalah kata kunci yang memuat kata jual, beli, ataupun sedia. Inilah SEO, yang merupakan ilmu memahami mesin pencari sekaligus perilaku para pencari.

Kita tentu sering mengalami kesulitan dalam menentukan keyword untuk kita tanam di postingan kita. Kesulitan tersebut kita alami karena keyword idaman tidak terdeteksi di google sebagai sebuah katakunci yang familiar oleh Google. Maka kamu harus tahu apa saja jenis-jenis kata kunci dalam SEO agar tidak ada ceritanya lagi kata kunci idamanmu dicolong orang. Berikut ini adalah ulasannya;

Jenis-jenis Kata Kunci dan Contohnya

Jenis-jenis kata kunci dalam mesin pencari ini sebenarnya berpengaruh kepada beberapa hal. Antara lain adalah kemudahan artikel/postingan kita tertemukan oleh pencari, keterindeks-an artikel kita di mesin pencari, serta kemudahan dalam proses pembuatan artikelnya. Kalau kita menanam kata kunci yang tepat dan pas, maka akan lebih mudah dalam terindeks di Google, lebih mudah menulisnya serta lebih mudah diketemukan oleh pencari potensial.

Baca juga :   Strategi Jualan Mukena untuk Menyambut Ramadhan

Untuk itu kita akan membagikan pengetahuan kepada kamu tentang macam-macam keyword yang sering menjadi jujukan pencari. Berikut adalah di antaranya;

  1. Kata Kunci Umum

Keyword umum biasanya tingkat persaingannya sangat tinggi. Jangan sekali-kali kamu mencoba bertempur di dalamnya kalau website-mu masih belum seberapa mumpuni. Keyword umum biasanya terdiri dari dua kata dan maksimal tiga kata. Karena tingkat persaingannya yang tinggi, maka kata kunci ini biasanya banyak yang memperebutkan oleh banyak website. Untuk bisa merebut halaman satu sampai kelima saja butuh perjuangan yang berdarah-darah.

Namun apabila kamu berhasil merebutnya maka akan banyak sekali traffic yang mengarah ke websitemu. Contoh keyword yang bisa menambah traffic-mu antara lain adalah, “Wisata Jogja”, “keraton jogja”, “tempat wisata jogja”, dan lain-lain.

  1. Kata Kunci Pembeli atau Buying Keyword

Bagi kamu yang berjualan online pasti tahu rumusnya menulis buying keyword atau kata kunci pembeli. Ini merupakan susunan kata pencarian yang sering digunakan oleh customer atau calon customer untuk mencari barang yang mereka inginkan. Kata kunci pembeli pun juga ada yang persaingannya berat, tapi ada juga yang ringan.

Buying Keyword yang berat antara lain adalah “rumah di jual di jogja”, “sewa mobil jogja”, serta “pembicara internet marketing”. Kata pencarian tersebut sangat susah untuk kita yang masih pemula. Maka dari itu kita bisa memakai buying keyword yang persaingannya rendah, seperti “coach digital marketing untuk umkm jogja”sewa mobil rental di jogja murah”,  dan lain-lain. Semakin fokus kata kunci tersebut maka semakin rendah persaingannya. Namun semakin sedikit pula orang yang mencarinya. Jadi di samping kita meningkatkan kapasitas website melalui tulisan juga harus terback-up oleh SEO yang mumpuni, agar website lekas tembuh ke halaman pertama mesin pencari.

  1. Long Tail Keyword

Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa semakin panjang keyword semakin rendah persaingannya. Jika kita masih pemula maka sering-seringlah memakai kata kunci yang panjang atau biasa kita sebut sebagai long tail keyword. Keyword jenis ini biasanya pencarinya adalah mereka yang sudah paham betul dengan apa yang akan mereka cari. Oleh karena itu volume pencariannya sangat rendah.

Baca juga :   Cara Membuat Akun Instagram untuk Jualan yang Baik dan Benar

Tips dalam menulis longtail keyword adalah dengan menggunakan banyak sinonim kata kunci (keyword density) agar artikelmu berpotensi ditemukan dengan banyak kata pencari. Jika keyword idamanmu adalah “jasa khitan di jogja”, maka yang harus kamu lakukan adalah memperbanyak kata-kata yang sesuai dengan keyword tersebut, seperti “tempat khitan di jogja”. Semakin banyak sinonim untuk kata pencari maka akan semakin besar traffic yang mengarah ke websitemu. Itulah jenis-jenis keyword panjang yang mungkin kamu perlu tips tersendiri untuk mengatasinya.

  1. Kata Kunci Informasi

Bagi kamu yang suka blogging pasti sudah paham dengan maksud sub judul di atas. Keyword informasi adalah jenis-jenis kata kunci yang biasa orang ketikkan ketika mereka mencari tutorial, edukasi, cara, atau tips untuk kepentingannya. Pasti selalu ada tips-tips tersebut di google oleh karena itu banyak orang lebih memilih mencarinya di Internet daripada harus membuka buku atau bertanya orang misalnya.

Contohnya jenis-jenis keyword informasi adalah seperti yang ada di website KDJ ini. Dalam website ini ada banyak sekali contoh-contoh artikel yang berisi kata kunci informasi, seperti “Tips mengaktifkan quick reply whatsapp”, “tips memulai aktifitas di hari senin”, dan lain-lainnnya. Semua kata pencarian ini hanya akan dicari oleh pencari ketika mereka membutuhkan sesuatu untuk mempermudah kehidupan mereka.

Memang ada banyak sekali jenis-jenis atau macam-macam keyword yang ada dalam SEO. Jangan sampai salah dalam menginputnya ke dalam artikelmu, karena ini bisa berakibat fatal. Kekeliruan dalam input keyword karena ketidaktahuan kita akan jenis-jenis kata kunci akan menyebabkan SEO yang ada di websitemu kacau dan akhirnya tulisanmu mencelat ke halaman kesekian google. Jangan sampai ini terjadi ke websitemu deh pokoknya.

Baca juga :   Webinar Digital Marketing Pemula : Ada Banyak Pilihannya di Kampus Dosen Jualan

Baca Juga : Ciri-ciri Artikel SEO Friendly

Inkubator SEO Kampus Dosen Jualan

Kalau kamu ingin belajar mengenai optimasi website dan pemilihan kata kunci potensial boleh lho belajar ke kediaman bapak Suryadin Laoddang di Kampus Dosen Jualan. Di sini ada banyak sekali ilmu-ilmu mengenai SEO, termasuk jenis-jenis kata kunci apa saja untuk mengembangkan bisnismu. Jaman sekarang sudah banyak orang memakai SEO sebagai media beriklan yang murah karena hemat biaya dan hasilnya maksimal.  Kalau kamu juga pengen jadi pebisnis yang mentereng di antara banyak kompetitor maka jangan ragu untuk ikut kelas Inkubator SEO KDJ yang akan berlangsung pada tanggal 15-26 Februari 2021. Kelas terbuka untuk semua kalangan dari yang pemula sampai yang sudah berkecimpung di dunia SEO.

Jangan takut dan ragu untuk ikut kelasnya karena kamu akan belajar bareng orang-orang yang expert di bidangnya, seperti Dosen Jualan, Didik Arwinsyah, Rizki Pahlawan, dan Iswanto. Kamu cukup berinvestasi dengan beberapa juta saja untuk dapat ketemu dengan master-master per-website-an tersebut. Karena sekarang sedang pandemi, maka kami membuka kelasnya secara tatap muka dan sebagian online. Bagi kamu yang ingin mengikuti kelas secara tatap muka maka buruan keep slot-nya sebelum kehabisan. Untuk pendaftaran silahkan hubungi admin 082 136 947 525 (24 jam)