Tools Pencari Keyword Gratisan yang Bikin Belajar SEO-mu Makin Asyik

tools pencari keyword

Tools pencari keyword – Belajar otak-atik SEO memang tidak ada habisnya. Makin kita belajar SEO, makin banyak khasanah ilmu yang tersembunyi darinya. Mempelajari SEO berarti belajar bagaimana memahami mesin pencari. search engine ini tidak terbatas Google saja, sebab segala hal yang memiliki fitur pencarian berarti dia sudah tergolong mesin pencari. Lalu bagaimana cara kita untuk memahami mesin pencari? Simak ulasan di bawah ini.

Cara memahami mesin pencari bukanlah hal gampang. Namun lebih mudah memahami mesin pencari daripada memahami wanita. Hehe. Kerja kita dalam memahami mesin search engine sekarang sudah dimudahkan dengan kehadiran tools ataupun plugin yang bisa kita manfaatkan bahkan secara gratisan. Tools tersebut bisa kita install di dalam extension web browser maupun bisa kita gunakan secara online. Lalu apa saja tools pencari keyword yang mungkin bisa kita manfaatkan untuk mencari kata kunci potensial di search engine?

Baca Juga : Ciri-ciri Artikel SEO Friendly

Tools Untuk Mencari Keyword

Berbicara mengenai tools, maka kita tahu bahwa ini adalah semacam alat. Yang namanya alat pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kita boleh menggunakan alat-alat tersebut sebatas alat tersebut memudahkan kita dalam suatu pekerjaan. Apabila alat itu ternyata keliru atau salah, maka kita bisa mencoba alat-alat yang lain.

Tentunya di dalam SEO tidak ada yang namanya ilmu mutlak. Penguasaan mengenai alat atau tools pencari harus senantiasa kita upgrade karena mesin pencari sifatnya dinamis. Dan untuk menguasai hal yang dinamis kita butuh suatu pemahaman yang holistik. Khusus buat kamu, kami persembahkan 4 tools untuk memahami search engine agar belajarmu SEO makin lancar jaya. Yuk simak apa saja senjatanya;

  1. Mencari Keyword di Google dengan keywordtool.io

Apabila ingin menggunakan tools pencari keyword yang gratisan dan efektif digunakan berkali-kali maka, jawabannya adalah keywordtool. Ini merupakan tools pencari keyword yang mempunyai website tersendiri. Kita bisa mengunjunginya di keywordtool.io. Setelah kita mengunjungi websitenya maka akan diarahkan untuk memasukkan kata kunci yang menjadi target kita. Beginilah penampakan dari  halaman depan keywordtool.

Baca juga :   Kenapa Jualan di Shopee Sepi ? Mungkin Inilah Penyebab dan Mengatasinya

Cobalah memasukkan kata kunci idamanmu ke dalamnya. Apabila kata kunci yang kamu tuju adalah kata kunci yang familiar di Google maka akan langsung muncul banyak sekali rekomendasi keyword yang relevan dengan punyamu. Kata kunci yang relevan ini bisa kita buat sebagai subjudul maupun sub-sub judul dan TAG untuk postingan di websitemu. Tentu cara ini adalah cara jitu untuk meningkatkan kualitas artikel SEO kamu sebab, artikel yang ramah mesin pencari biasanya memiliki banyak sub judul.

Sayangnya, untuk keywordtool versi gratisan tidak bisa kita gunakan untuk melihat search volume atau volume pencarian. Fitur ini sebenarnya sangat kita butuhkan untuk melihat seberapa besar persaingan kita untuk merebut katakunci tersebut. Namun, biasanya katakunci dengan persaingan berat akan terletak paling atas di rekomendasi keywordtool.io.

  1. Ubbersuggest

Pemain SEO mana yang tidak kenal Om Neil Patel. Beliau merupakan pendiri sekaligus penggagas suatu keyword tool yang bernama Ubbersuggest. Tools yang satu ini memang sangat familiar dengan para pakar SEO. Di sini sepenuhnya gratis dan kita bisa melihat volume pencarian serta tingkat persaingan dari kata kunci yang bersangkutan. Bagi yang penasaran dengan karya Om Neil Patel, maka akan kami berikan penampakannya,

Halaman ubbersuggest bisa kita kunjungi di link https://app.neilpatel.com/en/ubersuggest/. Di sana kita akan diarahkan untuk memasukkan kata kunci idaman kita. Setelah klik enter, maka akan muncul banyak sekali informasi mengenai kata kunci tersebut. Nah, setelah itu kamu bisa kepoin kata kunci tersebut.

Banyak sekali info yang bisa kita dapatkan dari kata kunci yang dianalisis oleh ubbersuggest. Infonya antara lain adalah Search Volume, SEO Difficulty, serta CPC (Cost per Click). Kita juga bisa melihat diagram pencarian sepanjang bulan-bulan terakhir. Berapa pencarinya dan tingkat pencariannya. Lalu di bagian bawah juga terdapat ide-ide tema yang bisa kita buat dari kata kunci tersebut. Lengkap deh pokoknya karya Neil Patel ini.

  1. Keyword Everywhere

Nah, kita sampai pada tools yang membuat web browser kita penuh dengan keyword di mana-mana alias everywhere. Hhe. Ini merupakan tools yang langsung terintegrasi dengan Google Chrome. Jadi kita harus menginstall-nya untuk dapat menggunakan. Menginstall-nya mudah cukup dengan mendownload extension-nya di chrome. Berikut ini adalah penampakan dari tools pencari keyword tersebut.

Baca juga :   Contoh Pendahuluan Artikel yang Bikin Pembaca Penasaran

sumber: google.co.id

Salah satu kelebihan dari keyword everywhere adalah kita bisa melihat rekomendasi kata kunci secara langsung di halaman google chrome kita. Tentunya ini sangat memudahkan kita yang sering malas untuk bolak-balik membuka TAB baru di chrome.

  1. Google Trends

Tools yang mungkin belum sering kita gunakan adalah Google Trends. Ini merupakan produk dari Google sendiri. Ternyata dari sana kita bisa mempersiapkan bekal untuk mengoptimasi kata kunci idaman kita. Kelebihan dari google trends daripada konco-konco-nya di atas adalah fitur ini bisa melihat dari mana saja pencari kata kunci yang kita masukkkan. Untuk lebih jelasnya kita bisa mengunjungi secara langsung URL dari google trends berikut ini, https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID. Penampakannya adalah sebagai berikut ini;

Dari sana kita bisa melihat grafik pencari kata kunci tersebut. Selain itu kita juga dapat melihat region atau wilayah mana saja yang pernah mencari kata kunci tersebut. Sungguh lengkap bukan. Bagi kita yang jualan online pasti fitur ini akan sangat bermanfaat untuk menentukan target marketing lewat website.

Namun kelemahannya adalah kita tidak bisa memasukkan kata kunci lebih dari dua frasa kata kunci. Apabila kita masukkan lebih dari tiga frasa, maka hasilnya tidak akan muncul. Memang fitur dari google ini bermanfaat untuk riset tahap awal untuk mencari katakunci. Dari sini kita akan mendapatkan informasi mengenai kata kunci dengan kompetisi tinggi untuk selanjutnya kita cari turunannya.

Itulah empat tools pencari keyword yang mungkin dapat kita manfaatkan untuk belajar SEO dan mengotak-atik website. Sebenarnya masih ada banyak tools pencari keyword semacam itu namun secara umum yang paling familiar digunakan adalah keempatnya.

Seo adalah ilmu tentang memahami kata kunci. Untungnya kita sudah termudahkan dengan kehadiran tools pencari keyword tersebut. Kalau kamu ingin mempelajari SEO lebih lanjut bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta. Di sini selama sepuluh hari, kamu akan belajar SEO dan segala tetek bengek mengenai mesin pencari dengan pemateri yang handal di bidangnya.

Baca juga :   Hastag untuk Postingan Instagram yang Powerfull

Sekolah SEO di Yogyakarta

Pembelajaran SEO di Kampus Dosen Jualan ini bernama Inkubator SEO yang akan terlaksana pada tanggal 15-26 Februari 2021. Kita bisa mengikuti kelasnya secara online maupun secara tatap muka. Selama sepuluh hari itu akan belajar apa saja? Tentu materinya daging semua, karena selama sepuluh hari itu kita akan belajar SEO Nonstop dengan materi yang sudah teruji selama bertahun-tahun sanggup kita gunakan untuk optimasi website dan pemahaman akan mesin pencari.

Tunggu apalagi, buruan belajar bareng bersama ahlinya di sini. Sampai jumpa tanggal 15 ya. Untuk pendaftaran silahkan hubungi admin kami di 0821-3694-7525 (Lia).