Contoh Judul dan Deskripsi Youtube yang Bagus untuk Kontenmu

Contoh Judul dan Deskripsi Youtube

Bagaimanakah contoh judul dan deskripsi youtube yang baik dan benar? Ini merupakan cara agar video youtube yang kamu upload dapat segera ditonton banyak orang.  Kalau kita tak dapat menuliskan judul dan deskripsi yang baik, maka videomu tentu tidak akan cepat masuk dalam halaman pertama.

Contoh judul dan deskripsi youtube ini adalah semacam kata kunci kalau di sebuah artikel website. Jika kita ibaratkan video itu sebagai artikel, maka dalam  video tentunya harus ada judul yang sesuai SEO dan juga deskripsi yang SEO Friendly.

Dalam tulisan ini kita akan ulas mengenai contoh judul dan deskripsi youtube yang SEO Friendly. Tetapi ternyata SEO friendly saja tidak cukup lho. Kita harus bisa membuat judul dan deskripsi video yang enak dibaca oleh penonton. Jadi ketika orang ingin mengetahui informasi mengenai video tersebut, maka mereka akan segera mendapatkan maksud dari video tersebut.

Memang sebuah video yang kita upload di Youtube harus ada judulnya. Fungsi judul dalam video adalah untuk mempermudah orang mengunjungi dan mengklik videomu. Lalu apa funsgi deskripsi di dalam upload an youtube?

Fungsi deskripsi ini adalah untuk memperjelas konteks dari video yang terupload. Karena tanpa deskripsi ini, orang yang menonton akan bingung  tentang pembahasan video. Dengan adanya deksripsi, orang akan lebih penasaran dengan video atau justru tidak tertarik sama sekali. Maka dari itu deskripsi ini sangat penting untuk para influencer dan youtuber.

Biasanya para pemain youtube pemula seringkali lupa menyematkan deskripsi ini pada video mereka. Kesalahan ini seringkali kita temukan tentunya. Tentang contoh deskripsi youtube pemula yang tidak menarik akan kita bahas di bawah ini.

Contoh Deskripsi Youtube Pemula yang Tidak Menarik

Banyak youtuber pemula seringkali lupa memasang deskripsi youtube pada video mereka. Atau mereka menuliskan description namun tidak lengkap atau hanya sepotong-potong dan tidak SEO Friendly.

Baca juga :   Cobaan dalam Memulai Usaha yang Mungkin Akan Kita Hadapi

Untuk itulah kami ingin memberikan contoh deskripsi yotube pemula yang tidak menarik. Agar kamu paham mana hal yang bisa kita contoh dan mana yang tidak bisa kita contoh. Berikut adalah contoh judul dan deskripsi youtube yang kurang benar sehingga tidak perlu kita terapkan nanti ketika proses pengupload an.

Dari contoh tersebut kita menjadi tahu bahwa kita tak bisa sembarangan memberikan description pada postingan youtube. Di dalam contoh tersebut kita jadi tahu bahwa meskipun contoh tersebut SEO Friendly, namun tidak enak dibaca oleh manusia. Kalau mata kita melihat, tentunya tidak akan nyaman. Tapi secara algoritma memang contoh tersebut sudah sudah sesuai dengan SEO.

Kita lihat judulnya, ternyata juga kurang sesuai dengan SEO dan juga human friendly. Sebab sebuah SEO harus fokus pada satu bahasan, sedangkan contoh tersebut ada dua bahasan yakni “cara dan juga waktu..”. Itulah contoh judul dan deskripsi youtube yang kurang benar.

Contoh Judul Youtube Yang Menarik

Kita akan simak contoh judul youtube yang menarik. Sebab dari contoh ini kita akan menjadi tahu dan paham bagaimana cara membuat deskripsi youtube dengan baik dan benar. Ada beberapa syarat untuk membuat judul dan deskripsi video yang bagus. Ini adalah beberapa syarat tersebut, beserta penjelasannya;

  1. Judul yang SEO Friendly

Sebuah judul yang baik juga harus sesuai dengan peraturan atau kaidah SEO. Untuk cara meriset atau mencari judul yang SEO friendly maka kita sudah banyak mengulasnya di artikel edukasi lainnya.

Jadi antara judul artikel dan judul video memang hampir sama. Sebab algoritma youtube dan google biasanya adalah sama. Sebenarnya kita tak harus menuliskan judulnya secara sama persis dengan aturan SEO atau yang ada di rekomendasi google. Kita bisa membuat judulnya berdasarkan sinonim katanya. Jadi jika rekomendasi google nya “Cara meluruskan rambut dengan mudah”, maka judulnya bisa kita buat menjadi “Tips rebonding rambut dengan gampang”. Itulah contoh judul yang ramah SEO.

  1. Judul yang Human Friendly

Itulah manfaat dari membuat sinonim judul tersebut. jadi kita bisa membuat judul yang human friendly dan tidak kaku. Jadi ketika membuat judul, maka jangan terpaku pada rekomendasi di google akan tetapi buatlah rumus keyword nya lalu carilah sinonim dari kalimat atau keyword tersebut.

Baca juga :   Menulis Artikel SEO Friendly itu Gampang dan Mengasyikan, Simak Caranya Berikut Ini

Kalau kita membuat title yang human friendly, maka video tersebut akan mudah dibaca oleh orang dan tetap akan terindeks di algoritma karena proses pencarian judulnya melalui tahapan SEO. Selain itu untuk lebih memudahkan orang membaca, maka berilah kata tambahan yang menarik setelah keyword judul tersebut.

  1. Deskripsi yang SEO Friendly dan Mudah dibaca

Lalu bagaimanakah cara untuk menulis deskripsi youtube yang SEO Friendly? Caranya sama seperti ketika menulis artikel SEO. Jadi kita memasukkan yang namanya sub judul yang kita dapat dari keyword everywhere lalu menatanya menjadi sebuah kalimat atau paragraph yang mudah dibaca.

Misalnya sub judul nya adalah, “harga madu hutan, “khasiat madu hutan”, “cara membeli madu hutan asli”, dan lain sebagainya, maka kita harus membuatnya menjadi paragraf deskripsi yang mudah untuk orang baca. Misalnya adalah sebagai berikut;

“tahukah kamu khasiat madu hutan? Ternyata ada banyak manfaat madu hutan untuk kesehatan lho. Meskipun harga madu hutan mahal, tetapi kalau kamu dapat mengetahui cara membeli madu hutan asli, maka tidak akan rugi. Simak videonya di bawah ini!”

Itulah contoh dari deskripsi youtube yang seo friendly dan juga gampang terbaca oleh orang.

  1. Link pada Deskripsi Youtube

Selain sub judul, ternyata kita juga wajib untuk memberikan link pada deskripsi youtube. Link pada deskripsi ini misalnya adalah link dari video yang kamu cover. Atau link dari video sebelumnya. Ataupun link dari video orang lain yang sesuai dengan tema videomu.

Link ini biasanya wajib untuk kita letakkan pada deskripsi ketika video kita ada hubungannya dengan video lain. apalagi video lain tersebut adalah video orang lain yang kita cover misalnya.

  1. Hastag

Lalu satu hal lagi yang penting ketika kita berbicara mengenai contoh judul dan deskripsi youtube adalah hastag. Jadi sebuah video yang baik pasti mempunyai hastag yang relevan. Untuk mencari hastag youtube sama seperti ketika mencari hastag instagram. Tools nya pun  juga sama. Maka dari itu ketika kamu ingin mengupload video, maka tarohlah hastag pada deskripsinya.

Baca juga :   Ciri-Ciri Artikel SEO Friendly untuk Website Kamu agar Nangkring di Pejwan Google

Di bawah ini adalah contoh postingan youtube yang dapat kamu jadikan contoh judul dan deskripsi youtube yang baik dan benar.

Cara Membuat Deskripsi Youtube Otomatis

Memang deskripsi youtube tidak bisa kita berikan secara otomatis. Kita hanya bisa membuat footernya saja secara otomatis. Jadi ketika kita mengupload video, buatlah deskripsi yang sesuai dengan judulnya. Sebab kalau deskripsi kamu tidak sesuai dengan judul akan menyebabkan video susah terindeks di youtube.

  1. Contoh Deskripsi Youtube Tutorial

Dan tambahan lagi adalah pada video youtube tutorial, biasanya kita akan menaruh juga link download di sana. Jadi misalnya ketika menyelesaikan suatu masalah IT, maka ada beberapa file yang harus kita download. Inilah fungsi menaruh link pada deskripsi youtube tutorial.

Nah, itulah beberapa contoh judul dan deskripsi youtube yang baik dan benar. Selamat berkonten ria. Salam inspirasi.