Ide Usaha di Madiun yang Tengah Meroket

Ide Usaha di Madiun

Buat anda yang berdomisili di suatu daerah, tentunya membutuhkan kepekaan tersendiri untuk bisa paham apa ide bisnis yang cocok. Beberapa pekan lalu ada salah satu follower instagram KDJ yang bertanya apa ide usaha di Madiun yang tengah meroket. Artikel ini akan menjawab kebuntuan sobat dalam mencari ide usaha yang paling prospek dan meroket.

Ketika mencari sebuah ide usaha, kita harus memperhatikan banyak faktor dari daerah tersebut. Dua faktor yang harus kita lihat adalah potensi daerah dan juga kebutuhan masyarakat. Ide usaha di madiun juga dapat kita cari lewat mencari apa yang menjadi ciri khas dan potensi daerah Madiun. Karena bisnis kita nantinya juga harus menebarkan kemanfaatan dari produk asli daerh kita.

Prospek bisnis itu juga dapat kita temukan dari melihat apa yang dibutuhkan di daerah tersebut. Dalam hal ide saha di madiun, tentunya kita juga harus mencari barang dan jasa apa yang dibutuhkan di Madiun. Sebab bisnis skala mikro dan menengah harus berfokus pada target pasar di tingkat lokal terlebih dahulu. Carilah apa yang sedang dibutuhkan masyarakat,maka di situlah letak rejekimu berada.

Lalu bagaimana tim KDJ bisa mengetahui ide usaha di Madiun? Padahal letak KDJ tidak berada di daerah tersebut? Di sini kita akan bahas juga cara menemukan peluang usaha di Madiun agar kamu juga tahu cara riset potensi bisnis tersebut. Berikut adalah riset kami mengenai ide usaha di madiun dan cara menemukannya.

Cara Menemukan Peluang Usaha di Madiun

Jadi tim KDJ ketika menyarankan kepadamu sebuah peluang usaha di suatu daerah itu bukan tanpa riset ya sob. Sebelum ini kita juga pernah bahas Ide usaha di Wonosari Gunungkidul. di situ kami riset dengan berbagai cara yang tentunya ada di bisnis online. Ketika kami akan menulis peluang usaha di Madiun inipun, kami juga melakukan riset. Di antara riset itu adalah dengan melihat trend di FB marketpace, FB grup, riset keyword google, dan juga mewawancarai orang-orang tertentu yang paham seluk beluk bisnis di daerah tersebut.

Baca juga :   Peluang Usaha di GunungKidul Wonosari dan Sekitarnya

Prosesnya ketika mencari peluang usaha di Madiun adalah sebagai berikut;

  1. Riset di Grup FB dan Marketplace-nya

Hal yang pertama kali lakukan ketika mencari ide usaha di Madiun adalah dengan melihat grup jual beli yang khusus ada di daerah Madiun. Di situ kita dapat melihat barang dan jasa apa yang orang butuhkan.

Lalu setelah itu kita juga mengecek marketplace FB berdasarkan geolokasi madiun. dari situ akan muncul produk apa yang paling banyak dicari oleh orang Madiun. Dari proses ini kami juga menjadi tahu bahwa ternyata FB menjadi platform paling favorit bagi warga Madiun dan sekitarnya.

  1. Riset Keyword di Google

Tidak sampai di situ, kita juga lakukan riset keyword untuk makin menspesifikkan produk apa yang paling sering dicari di daerah ini. Riset di mesin pencari ini juga wajib kita lakukan karena beberapa orang juga mencari produk tertentu lewat google.

Dari sini kita menemukan banyak produk yang dicai oleh warga Madiun. Nanti kita akan share di bagian akhir.

  1. Wawancara dengan Pelaku UMKM di sana.

Riset di sosial media dan internet saja ternyata tidak cukup karena kita juga harus mewawancarai penuturan dari pelaku UMKM langsung. Di sini kami mempunyai beberapa narasumber terpercaya. Dari mereka kita menjadi tahu apa sih yang warga Madiun butuhkan di era sekarang.

Nah, tadi sudah kita bagikan proses tim kreatif KDJ. Sekarang sesuai janji kita di atas, maka akan dibahas mengenai ide bisnis di Madiun ya sob. Yuk simak apa saja idenya di bawah ini.

Ide Bisnis di Madiun Berdasarkan Potensi Daerah

Potensi daerah adalah segala hal yang menjadi kepunyaan daerah tersebut. Potensi daerah bisa berupa alam, tradisi, ataupun kebiasaan masyarakatnya. Di kabupaten dan Kota MADIUN, ada beberapa ide bisnis berdasarkan potensi di sini. Di antara prospek itu adalah, sebagai berikut;

  1. Jual Sambal Pecel

Madiun memang terkenal dengan kuliner pecelnya. Di sini makanan pecel sudah seperti menu sehari-hari. Pasti kita tidak akan kesulitan untuk menemukan orang yang jualan pece saat pagi maupun malam hari. Di sini kamu dapat memanfaatkan potensi tersebut dengan berjualan sambal pecel untuk dijual di luar daerah. Brand pecel Madiun pasti sudah melegenda oleh karena itu kita dapat mengambil untung dari sana.

  1. Jual Bibit Ikan Budidaya

Madiun adalah daerah dengan potensi petani ikan yang lumayan. Tentu yang mereka butuhkan adalah bibit ikan budidaya. Kamu dapat menjualnya secara online lho sob. Sebab kami lihat ada juga mereka yang berjualan bibit ikan di MP facebook.

  1. Jasa Perbaikan Diesel

Salah satu kelebihan Madiun adalah aspek agraris atau pertaniannya. Di sinilah kita dapat mencari celah bisnis dengan memasarkan atau membuka jasa perbaikan diesel. Sebab diesel adalah kebutuhan utama petani, untuk membajak sawah ataupun untuk menyedot air dari dalam tanah.

  1. Jasa Tebang Tebu dan Akomodasi ke Pabrik Gula

Lalu potensi daerah ini yang lain adalah perkebunan tebunya. Banyak masyarakat yang menanam tebu, di mana mereka pasti membutuhkan orang yang nantinya memanen tebu tersebut lalu membawanya ke pabrik gula untuk dijual. Kamu bisa lho menyewakan jasa tebang tebu sekaligus akomodasi ke pabriknya. Sebab memang banyak orang yang mencarinya di FB.

Baca juga :   Jadwal Posting Konten dan Cara Gampang Membuatnya: Road to Kelas Manajemen Konten Juni 2021

Prospek Bisnis di Madiun Berdasarkan Kebutuhan Masyarakat

Nah sekarang kita akan mencari prospek bisnis di Madiun berdasarkan kebutuhan masyarakat sana. Apa sih yang sedang orang Kabupaten dan Kota MADIUN butuhkan saat ini? Yuk simak penjelasanya;

  1. Jual Bibit Porang

Berdasarkan penuturan salah satu informan, ternyata di sana sekarang sedang ramai orang menanam porang (sejenis umbi-umbian). Tanaman itu merupakan pertanian dalam skala besar. Dan para petani membutuhkan yang namanya bibit. Kamu dapat menjual bibitnya secara online juga lho sob. Porang ini sekarang yang sedang menjadi ide usaha di Madiun yang tengah meroket.

  1. Jual Stereoform

Orang madiun juga kerapkali menggelar hajatan ataupun acara-acara seremoni lainnya. Di sini kamu dapat menjual salah satu yang dibutuhkan oleh merea yakni stereoform untuk wadah makanan. Tentunya kita menjualnya kepada para pebinis catering yang ada di sana dan juga orang yang punya hajatan.

  1. Jasa Event Organizer

Lalu selanjutnya yang banyak peminatnya di era sekarang adalah jasa event organizer (sound system, perias, dekor, dan lain sebagainya) untuk sunatan dan mantenan. Sebab di masa sebelumnya, kita tidak boleh menggelar acara-acara ini.

Saat ini ketika aturan dari pemerintah sudah longgar, maka banyak orang menggelar hajatan. Di sinilah kamu dapat bermain untuk mencari cuan.

Itulah sekilas tentang ide usaha di Madiun yang prospeknya akhir-akhir ini cukup bagus. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Salam sukses.