Pelatihan Digital Marketing Prakerja dan Kampus Dosen Jualan

pelatihan digital marketing prakerja

Pelatihan Digital Marketing Prakerja — Program ini merupakan program unggulan dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan skill dan kemampuan para jobseeker di dunia kerja. Program ini dapat diikuti oleh mereka yang lulus syarat-syarat pra kerja seperti ; berusia lebih dari 18 tahun, tidak sedang mengenyam pendidikan formal, serta warga negara Indonesia asli dengan menyertakan KTP. Apabila semua syarat sudah terpenuhi maka seseorang boleh mendaftar program ini dan harus menghadapi ratusan ribu pencari kartu lainnya dari penjuru Indonesia. Euforia program prakerja tentu tidak lepas dari banyaknya materi pelatihan yang pemerintah berikan untuk meggupgrade skill pencari kerja.

Ada banyak materi yang telah pemerintah siapkan untuk mengupgrade skill dan kemampuan pencari kerja. Antara lain adalah, Paket Kelas Ojek Online, Mahir Berbahasa Inggris, Teknik Melamar Kerja di Masa Pandemi, Pengoptimalan UMKM, Pembuatan Design, Pelatihan Digital Marketing Prakerja, dan masih banyak lagi. Yang menarik adalah adanya materi internet marketing di dalam agenda pra kerja. Dari situ dapat kita simpulkan bahwa kursus di bidang ini sangat kita butuhkan di era sekarang. Lalu apa perbedaan antara kursus internet marketing prakerja dan sekolah internet marketing di Kampus Dosen Jualan? Yuk simak perbedaannya,

Perbedaan Digital Marketing di Pelatihan Prakerja dan di Kampus Dosen Jualan

  1. Durasi Pelatihan

Kursus digital marketing prakerja selama masa pandemi ini difokuskan melalui via online. Durasi atau waktu pelaksanannya cukup bervariatif. Ada yang harus ikut selama beberapa bulan, dan ada juga yang  cukup ikut selama beberapa hari saja. Kursus di prakerja menurut pantauan admin KDJ dilaksanakan selama tiga jam dalam sekali pertemuan. Dalam tiga jam tersebut, peserta pelatihan akan mendapatkan banyak materi bisnis online yang sangat padat dan singkat.

Baca juga :   Kampus Bisnis Online di Jogja itu Bernama Kampus Dosen Jualan

Sedangkan sekolah digital marketing di Kampus Dosen Jualan juga mempunyai durasi pelaksanaan yang bervariasi mulai dari;

  • Sehari full (Kelas)
  • Sepuluh Hari Full (Inkubator SEO)
  • Tiga bulan full (Inkubator Jualan Online)
  • Setahun full (Program Beasiswa).

Untuk materi yang sehari biasanya berisi tentang materi-materi  seperti Manajemen Konten, Instagram Ads, dan lain-lain. Sedangkan program di KDJ yang berlangsung tiga bulan full bernama Inkubator Jualan Online atau Inkubator Bisnis.

Jangan kita lupakan bahwa ada satu program pelatihan digital marketing di Kampus Dosen Jualan yang berlangsung selama satu tahun full yaitu program kelas beasiswa. Hanya peserta yang sudah memiliki gambaran bisnis saja yang boleh ikut program tersebut. Sebagai info saja bahwa saat ini sudah ada 7 angkatan program beasiswa di Kampus Dosen Jualan Jogja. Selama setahun itu peserta akan mendapatkan materi mulai dari dasar-dasar bisnis onlinie hingga manajemen bisnis yang cukup rumit.

Baca Juga : Pelatihan Agile Scrum untuk Bussines Leadership 2020

 

  1. Materi Pelatihan Digital Marketing

Kursus digital marketing prakerja bertransformasi menjadi pelatihan beken di Indonesia karena sifatnya yang resmi dan bekerjasama dengan pihak-pihak yang terpercaya. Video-video materinya dibanderol sangat mahal apabila kita membelinya secara langsung di lembaga-lembaga yang dipercaya oleh pengelola prakerja. Menurut pantauan admin KDJ ada beberapa materi yang peserta dapatkan dari training di prakerja. Di antara materinya adalah;

  • Facebook dan Instagram Ads
  • Google Ads
  • Email Marketing
  • Sosial Media Marketing
  • Website untuk Marketing
  • Target Customer
  • Dasar-dasar digital marketing. (keterangan : Semua materi ini terangkum menjadi satu video panjang berdurasi 3 jam dengan pemateri satu orang saja)

Kita dapat melihat adanya perbedaan mencolok antara materi pelatihan prakerja dengan yang ada di Kampus Dosen Jualan. Semua materi di Kampus Dosen Jualan memang ada yang sehari selesai, namun rata-rata satu kali kursus membutuhkan waktu minimal 10 hari agar peserta benar-benar memahami materinya. Secara umum materi yang ada di training prakerja hampir mirip dengan yang ada di Kampus Dosen Juala. Perbedaanya adalah materi di KDJ lebih mendalam dan banyak variasinya.

Baca juga :   Pikiran mencipta, hati memimpin

Contohnya variasi materi yang ada di KDJ adalah materi Facebook di Kampus Dosen Jualan pun terbagi menjadi banyak variasi materi seperti Facebook Ads, Facebook Marketplace, dan Facebook Marketing. Variasi materi ini membuat setiap harinya ada banyak kelas pelatihan yang berlangsung di Kampus Dosen Jualan.

  1. Perbandingan Teori dan Praktek Digital Marketing

Pada masa pandemi ini, program  prakerja dilakukan secara online, baik lewat video maupun seminar digital marketing. Ujian yang ada di program ini berbentuk tes di setiap akhir sesi kursusnya. Tentunya porsi teori di pelatihan prakerja ini lebih banyak daripada porsinya untuk praktek, karena peserta praktek dari rumahnya masing-masing. Untungnya para peserta boleh melakukan sesi konsultasi dengan pemateri di akhir sesi kursus.

Hal yang berbeda justru ada di Kampus Dosen Jualan. Kampus bisnis online binaan Suryadin Laoddang ini menyajikan materi dan praktek dengan proporsi 20% teori dan 80% praktek. Bahkan ada satu metode di Kampus Dosen Jualan di mana peserta belajar dengan konsep learning by doing atau belajar sambil melakukan (praktek). Tentunya hal ini lebih efektif untuk menanamkan kepahaman peserta dalam bidang digital marketing. Kampus Dosen jualan juga melaksanakan sesi pembelajaran via online maupun tatap muka. Pembelajaran tatap muka sangat banyak peminatnya namun harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga : Webinar Digital Marketing Pemula : Ada Banyak Pilihannya di Kampus Dosen Jualan

 

  1. Pemateri Pelatihan Internet Marketing

Pemateri internet marketing di program prakerja cukup bergengsi sekali. Banyak Digital Marketer perusahaan besar nyambi untuk menjadi pemateri di sini. Tentunya ini menjadi nilai plus bagi program ini. Secara umum pemateri memberikan pemaparannya lewat video dan alat bantu pembelajaran seperti slide, video, dan lain-lain.

Baca juga :   Kursus Digital Marketing Pemula di Jogja Cuma Tiga Bulan Aja

Berbeda dengan yang ada di Kampus Dosen Jualan. Materi pelatihan digital marketing di KDJ justru diberikan oleh muda-mudi yang telah berkecimpung di dunia marketing dengan dibantu oleh Dosen Jualan secara langsung. Pemateri di Kampus Dosen Jualan cukup banyak, ada sekitar 8 orang termasuk Pak Suryadin Laoddang. Jadi sangat berkebalikan dan berbeda dengan pematerinya program prakerja.

  1. Output Pelatihan

Tentunya output setiap pelatihan digital marketing adalah peserta dapat menerapkan kemampuan yang mereka dapat di dalam bisnis maupun perusahaan. Di dalam program kursus  prakerja, output yang utama adalah memberikan tambahan keahlian bagi para pencari kerja agar bisa tertampung di dalam lowongan yang ada.

Hal berbeda justru ada di Kampus Dosen Jualan yang berusaha mencetak generasi muda yang kreatif, mandiri, dan mampu merintis bisnis sendiri sesuai dengan passion-nya. Hal ini tidak lepas dari visi dan misi Kampus Dosen Jualan yang ingin membekali pemuda dan pemudi Indonesia dalam hal digital marketing sehingga mampu mandiri secara ekonomi.

Itulah tadi lima perbedaan pokok sekolah digital marketing  di Kampus Dosen Jualan dan Prakerja. Kamu bisa ikut keduanya. Namun harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuanmu selanjutnya. Apabila kamu ingin menjadi pebisnis yang mandiri secara skill dan pengelolaan bisnis, maka KDJ  adalah jawabannya. Semoga bermanfaat.