Cara Mengaktifkan Quick Reply Whatsapp Bisnis Biar Gak Dikira Sombong Sama Customer

cara mengaktifkan quick reply whatsapp

Kadang customer suka sebel sama penjual yang balasnya lama. Besar kemungkinan sang penjual belum tahu cara mengaktifkan fitur quick reply akun whatsapp bisnisnya. Akan beda cerita apabila fitur quick reply ini sudah kita aktifkan. Di antaranya adalah tidak dikira sombong oleh customer karena pesan whatsapp mereka dapat kita balas secepatnya.

Namun banyak penjual online yang belum tahu cara mengaktifkan quick reply ini untuk balas pesan whatsapp dari customer. Sebenarnya mudah saja mengaktifkan fitur balas cepat ini. Syarat terpenting adalah kita tahu apa saja yang biasanya ditanyakan oleh customer. Lalu bagaimana cara mengetahui apa saja yang customer tanyakan. Kita bisa menggunakan kata kunci untuk menyiapkan fitur balas cepat. Ayo kita siapakan chat balas cepat melalui kata-kata yang sering customer ketikkan.

  1. Customer yang nanya barang biasanya akan tanya; harga. Maka siapkan kata-kata untuk membalas pertanyaan terkait “harga” untuk bahan balasan ke customer. Misalnya “Bapak/Ibu bisa mengecek harga dan katalog produk di website berikut …”
  2. Pembeli menanyakan jenis biasanya akan tanya; warna, ukuran, dan bahan. Maka siapkan kata-kata untuk membalas pertanyaan terkait “warna, ukuran, dan bahan”. Misalnya “Bapak/Ibu bisa mengecek ketersediaan warna dan ukuran di katalog produk kami”.
  3. Pembeli mengucapkan terima kasih saat mereka sudah menerima produknya. Maka siapkan kata-kata untuk membalas pertanyaan terkait “terima kasih”. Misalnya “Sama-sama bapak/ibu. Kami masih mempunyai banyak varian lain dari produk tersebut. Apabila berminat dapat menghubungi kami untuk pemesanan selanjutnya. Terima kasih”, dan masih banyak contoh lainnya.

Setelah kita menyiapkan kalimat-kalimat berdasarkan pertanyaan yang diajukan oleh customer, kemudian kita menuju penyettingan fitur whatsapp bisnis agar bisa balas cepat. Apa saja cara  yang harus kita lakukan agar bisa mengaktifkan fitur quick reply ini;

Baca juga :   Apa Itu Domain Authority dan Page Authority Website, Yuk Kenalan!

Baca Juga : Cara Buat Katalog Whatsapp Business Bermodal Ilmu Dasar Digital Marketing

Cara Mengaktifkan Fitur Balas Cepat di WA Bisnis

  1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuka Setting Fitur Bisnis di aplikasi Whatsapp.
  2. Di dalam fitur bisnis kita dapat membuka menu setting Balas Cepat/Fitur Reply yang terletak di bawah Greeting atau pengaturan Salam.
  3. Kemudian kita berada di menu Balas Cepat. Di sini kita bisa menyetting balasan untuk customer berdasarkan kata yang sering mereka tanyakan, misalnya kata ‘terima kasih’, ‘info produk’, ‘rekening’, ataupun ‘jenis produk’.
  4. Pilihlah salah satu template untuk mengedit fitur balas cepat ini.
  5. Taruhlah kata kunci yang sering customer tanyakan di kolom pintasan. Jadinya begini, “/info produk”.
  6. Dari sini kita bisa memasukan balas chat whatsapp secara otomatis ketika customer bertanya mengenai info produk. Tulislah pesan balasan, misalnya “Bapak/Ibu bisa melihat info produk di katalog kami di link berikut ini”.
  7. Selesai

Menggunakan Fitur Quick Reply Selain untuk Balas Customer

Sebenarnya fitur quick reply ini tidak hanya berfungsi untuk membalas pesan customer saja ketika kita tidak siap untuk membalas. Melainkan kita bisa menggunakan nya untuk penawaran kepada customer melalui pesan  seperti, “Apabila bapak/ibu berminat untuk ikut kelas digital marketing gratis maka klik /ikut. Dan apabila tidak maka silakan bapak ibu meng-klik /info. Siapa tahu berminat dengan kelas yang hanya ditawarkan untuk pebisnis potensial berikut ini”.Cara

Otomatis ketika calon customer meng-klik /ikut maka kita bisa mengarahkan mereka kepada formulir pendaftaran. Apabila mereka tidak berminat ikut maka kita mengarahkan mereka ke /info dan nanti akan menuju ke info tentang detail kelas digital marketing tersebut.

Baca juga :   Wa Bisnis Dan Wa Biasa Dalam Satu Hp, Simak Caranya Berikut Ini!

Inilah cara mengaktifkan balas cepat yang sangat memudahkan kita membalas whatsapp customer. Kita juga dapat menggunakan Fitur whatsapp bisnis quick reply ini untuk menawarkan produk juga seperti yang sudah kita bahas di atas.

Baca Juga : Cara Balas Chat Otomatis WA dengan Fitur Away Messages

Cara Lain Menggunakan Quick Reply yakni Untuk Menawarkan Produk ke Customer

Cara ini merupakan salah satu strategi whatsapp marketing yang terbaru oleh Dosen Jualan. Ternyata kita dapat juga membagikan pesan ke customer atau calon customer melalui strategi berikut ini.

Jika kita ingin membuat customer penasaran dengan produk kita maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyapa mereka atau menawarkan sesuatu kepada mereka. Tidak harus konten jualan tapi bisa juga konten edukasi yang bermanfaat. Memang strategi digital marketing lewat whatsapp cenderung penjual lebih aktif mendekati pembeli. Tapi ini tidak masalah karena strategi ini akan jalan dengan lancar apabila kita mempunyai database kontak yang cukup banyak.

Fitur balas cepat untuk menawarkan sesuatu kepada customer ini (marketing) pertama kali memang menggunakan langkah broadcasting, atau mengirimkan pesan kepada kontak secara bersamaan. Berikut langkah-langkahnya;

  • Kirimkan broadcast ke banyak kontak whatsapp customer. Isinya adalah sebuah penawaran untuk membeli atau menikmati service dari kamu. Semisal kamu sedang berjualan obat tradisional, maka kamu harus membuat konten tentang kesehatan dan pencegahan penyakit untuk kita tawarkan kepada mereka.
  • Buatlah konten yang singkat, menarik, dan tidak mungkin ditolak customer, seperti ini contohnya, Cara mengaktifkan quick reply whatsapp
  • Setelah kamu membuat pesan tersebut kemudian buatlah jawaban apabila penerima pesan tersebut mengklik opsi ‘terima’ atau ‘tolak’.
  • jika penerima mengklik ‘/terima’ maka arahkan mereka ke edukasi lebih lanjut terkait produkmu.
  • Apabila penerima pesan mengklik ‘/tolak’ atau ‘/tidak’ maka tetap arahkan mereka ke informasi mengenai dirimu. perkenalkan apa visimu mengirimkan pesan tersebut kepada mereka. Meskipun mereka tidak menyukai dengan adanya pesan tersebut, pasti mereka akan lebih bisa menerima quick reply tersebut apabila kamu sudah memperkenalkan diri.
Baca juga :   Cara Mengelompokkan Kontak Whatsapp Dengan Fitur Label

Balasan Whatsapp Quick Reply harus senantiasa kita update agar sesuai jawabannya memuaskan konsumen

Nah, itulah cara kita menggunakan quick reply whatsapp untuk menawarkan produk atau edukasi kepada konsumen. Dari sekian banyak yang sudah kamu kirimi balas cepat ini mungkin tidak semuanya akan merespon. Namun denhgan kegigihan, kamu pasti akan dapat mendapatkan hati mereka. Dan jangan lupa terlalu sering membuat broadcast semacam ini. Apabila satu saja ada yang merespon quick reply maka segera follow up mereka.

Itu tadi sedikit cara mengenai penggunaan quick reply untuk balas cepat customer maupun untuk menawarkan produk kepada konsumen. Di balik cara tersebut tentunya ada banyak hal yang harus kita persiapkan, seperti akun Gdrive untuk membuat katalog produk, link Bit.ly untuk mengarahkan customer ke link, dan masih banyak lagi.

Dan yang terpenting adalah kamu harus mengaktifkan serta meng.update balasan dari chat quick reply agar senantiasa sesuai dengan apa yang konsumen harapkan. Pengecekan ini harus kamu lakukan selama seminggu sekali terutama apabila katalog produkmu sudah banyak berganti, maupun ketersediannya yang sudah habis. Customer yang ngechat penjual juga butuh kepastian. Semoga tulisan yang menjelaskan cara mengaktifkan balas cepat whatsapp ini dapat bermanfaat untuk bisnismu. Salam entrepreneur.