Cara Menjadi Content Creator Instagram, Profesi Populer di tahun 2021

Cara Menjadi Content Creator Instagram

Cara Menjadi Content Creator Instagram – Mengapa platform media sosial membutuhkan banyak content creator? Standarnya satu akun sosmed sebenarnya butuh lebih dari satu orang yang mengurusi. Sebab dalam kreasi konten kita butuh copywriting, design, uploader, hingga khusus yang tugasnya merekapitulasi engagement sosmed.

Apabila hanya satu orang saja yang mengurusi itu semua maka tidak akan maksimal. Seorang copywriter misalnya tentu tidak banyak belajar juga tentang design. Begitupun sebaliknya seorang designer belum tentu bisa merangkai kata-kata yang membius customer.

Maka dari itu kita harus tahu cara menjadi content creator instagram dan apa saja pekerjaan mereka. Dengan mengetahui itu maka kita akan tahu cara membentuk tim sosmed. Selain itu kita juga dapat mengatur tim kita sendiri ketika membuat konten di instagram.

Belajar dari pengalaman di Kampus Dosen Jualan, kami mempunyai setidaknya tiga orang kreator + 1 anak magang untuk mengelola konten di setiap harinya. Jobdesk tim content creator instagram kami terdiri dari;

  1. Copywriter (2 orang)
  2. Designer (1 orang)
  3. Video Editor (1 orang)

Dengan jumlah tim itu ternyata kami masih agak kekurangan SDM untuk mengelola sosial media, sehingga ada yang harus double jobdesk-nya. Untuk itu kita harus tahu cara menjadi content creator instagram agar bisa mengelola tim atau membentuk tim untuk mengurus sosmed.

Cara Menjadi Konten Kreator Instagram

Seorang konten kreator bisa mempunyai banyak kemampuan sekaligus. Misalnya dia bisa mendesign poster sekaligus bisa merangkai kata-kata untuk caption. Bahkan boleh jadi dia juga dapat mengedit video untuk postingan sosmed.

Bahkan yang lebih  parah juga ada orang yang punya kemampuan marketing di samping ketiga kemampuan di atas. Namun kita sudah tahu sendiri bagaimana beban yang akan dia emban apabila harus menjalankan semua jobdesk tanpa ada yang mendampinginya.

Baca juga :   Training Pemasaran Online

Kalau akun yang dijalankannya berskala kecil tentu masih memungkinkan. Tapi kalau akun sosmed yang ia pegang sudah besar dengan follower ribuan tentu harus mempunyai tim khusus. Apa yang harus kita siapkan untuk cara menjadi content creator instagram? Atau untuk membentuk sebuah tim konten yang solid?

Apa Saja Keahlian Content Creator Instagram

  1. Copywriting

Tugas copywriting terdiri dari pembuatan kata-kata untuk promosi atau untuk caption di sosial media. Seorang yang mempunyai tugas itu disebut sebagai copywriter. Dalam sebuah tim konten sosmed pasti ada sosok copywriter yang handal. Yang akan membuat kata-kata di sosmed menjadi hidup dan enak dibaca oleh  audiens.

Tugas copywriter tidak hanya membuat caption, tetapi juga merancang landing page, artikel jualan, hingga membuat materi di sosial media dalam bentuk microblog misalnya. Maka ketika kamu memiliki banyak sosmed jangan sampai hanya mempunyai seorang copywriter saja. Tugas yang maha berat dan tuntutan untuk menghasilkan kata-kata indah akan membuat tugasnya keteteran apabila harus mengurus website yang banyak.

  1. Designer

Hal yang paling urgent dari cara menjadi content creator instagram adalah adanya seorang designer. Mereka adalah orang yang tugasnya membuat design di feed kamu menjadi lebih kece dan enak dilihat.

Tentunya tugas seorang designer akan menjadi berat apabila tugasnya dalam sehari sampai 20 design. Maka dari itu kita harus mempunyai setidaknya 2 designer untuk mengurus konten di instagram.

Hal yang perlu kita ketahui adalah tiap designer juga mempunyai  ciri khas sendiri atau karakter design nya. Maka dari itu pilihlah designer yang sesuai dengan ciri khas akun kamu.

  1. Uploader

Setelah menyiapkan foto dan caption, tentu kita membutuhkan yang namanya uploader atau tukang upload. Uploader ternyata juga menjadi salah satu hal yang harus kita lewati ketika menerapkan cara menjadi content creator instagram.

Mengapa seorang uploader menjadi begitu penting? Karena kita mengelola akun sosmed yang mana harus rutin untuk diberikan postingan. Jika tidak ada seorang yang khusus mengurusi soal upload maka konten tidak akan berjalan maksimal.

Baca juga :   Inspirasi Konten Tiktok Beserta Contoh-contohnya yang Sederhana

Seorang uploader tugasnya adalah menjadwalkan upload sekaligus mengecek apa saja keperluan untuk konten besoknya. Bahkan ada tambahan tugas khusus untuk seorang uploader yakni menyiapkan hastag yang relevan untuk postingan.

Baca Juga : Contoh Konten Instagram yang Menarik

  1. Periset Keyword dan Target Sasaran

Posisi sebagai periset keyword atau perancang kalender konten sebenarnya tidak begitu urgent untuk tim konten instagram. Namun jika kita ingin mendapatkan hasil yang tertarget maka posisi ini harus ada orang tersendiri yang mengurusi.

Seorang periset keyword tugasnya adalah membuat rancangan tema konten selama sebulan, tiga bulan, enam bulan, hingga setahun ke depan. Mereka akan menyesuaikan kalender konten dengan goals utama dari bisnis.

Periset ini pula yang nanti akan mengevaluasi jalanya konten, apakah berhasil atau tidak, apakah sesuai target atau tidak. Mereka merupakan otak dari seluruh kerja tim konten sosmed.

  1. Video Editor

Algoritma instagram yang terbaru lebih cenderung menempatkan konten video sebagai favorit user instagram. Maka kebutuhan akan konten video sekarang sudah sangat urgent. Ya kali tahun 2021 tapi nggak meramaikan instagram dengan konten video.

Ternyata dalam cara menjadi content creator instagram ini kita harus sering-sering mengupload video di akun instagram. Sebab dengan begitu akan meningkatkan engagement, termasuk lamanya orang melihat konten kamu. Saat ini video sudah mengalahkan kepopuleran carousel sebagai konten favorit di platform ini.

Aplikasi Content Creator

Jika ada yang bertanya mengapa platform media sosial membutuhkan banyak content creator? Karena akan banyak sekali tools yang akan kita gunakan ketika menerapkan cara menjadi content creator instagram..

Beberapa aplikasi untuk membuat konten instagram yang mungkin kita kenal adalah canva, photoshop, hingga corel draw. Tapi itu hanya beberapa tools saja, masih banyak senjata lain yang bisa kita pakai untuk berkonten ria. Dan semua aplikasi ini harus didalami dengan sepenuh hati agar bisa mahir. Oleh karena itu dalam sebuah tim konten butuh banyak sumber daya manusia untuk mengurus dan memegang semua tools ini. Apa saja yaa tools nya?

  1. Corel Draw, Photoshop, Canva, Postmywall, dan konco-konconya.

Mungkin aplikasi content creator yang paling populer adalah aplikasi yang ada hubungannya dengan desain, seperti CD, PS, Canva, Postmywall, maupun Adobe Illustrator.

Baca juga :   Tugas dan Kualifikasi Content Writer dan Perbedaannya dengan SEO Specialist

Semuanya dapat mendukung kita untuk berkonten ria di instagram. Namun ingat jika kamu tidak mempunyai kemampuan yang memadai untuk menggunakan tools yang rumit, maka gunakanlah dulu tools yang mudah seperti canva misalnya.

Jika kita ingin fitur yang lebih cantik maka bisa membeli canva yang premium. Ini akan lebih membantu daripada kita tidak punya kemampuan PS yang memadai tapi tetap memaksakan.

Baca Juga : Cara Setting akun tiktok

  1. All hastag dan Metahastags

Hastag untuk postingan instagram gak bisa sembarangan lho sobat. Kalau pengen riset hastag maka gunakanlah allhastag dan metahastags yang ada di google. Kita bisa gunakan tools ini gratis.

  1. Google Trends dan Google My Question

Bingung nyari ide untuk konten? Atau bingung apa yang sedang ngetren saat ini? atau pengen tahu apa yang sering orang tanyakan di google selama ini? maka solusinya adalah google trends dan google question hub. Kita akan bahas lebih dalam di kesempatan selanjutnya.

  1. Creator Studio

Bingung gimana mau menjadwalkan postingan di instagram saat kita dilanda kesibukan? Jangan khawatir sobat karena telah ada Creator Studio yang akan membantu kita dalam mengupload postingan sesuai dengan jadwal/prime time.

  1. Kinemaster

Aplikasi edit video sebenarnya ada banyak sekali. Tapi buat kamu yang pemula maka pakailah aplikasi content creator yang mudah, apalagi kalau bukan Kinemaster. Dengan senjata tersebut kamu dapat membuat video pendek dengan lebih esteteik.

Nah, sudah terjawab kan Mengapa platform media sosial membutuhkan banyak content creator? Pertama adalah banyak sekali tools yang harus kita gunakan untuk membuat konten. Kedua banyak sekali jobdesk dan to do list dalam sebuah tim content creator. Untuk mengurusi akun dengan jangkauan followers 10.000 itu saja setidaknya kita butuh empat orang tim.

Itulah beberapa cara menjadi content creator instagram berikut aspek-aspek dalam pekerjaan tersebut. Semoga bermanfaat, dan semangat selalu untuk tim kamu.