Aplikasi Untuk Membuat Konten Instagram dengan Gampang dan Mudah

aplikasi untuk membuat konten instagram

Jaman sekarang kita sudah dipermudah dengan berbagai perkembangan teknologi yang sangat pesat. Termasuk dalam hal perkontenan. Saat ini hampir semua orang yang mempunyai akun medsos dapat membuat konten sendiri. Salah satu faktor pendukungnya adalah kehadiran gadget yang mempunyai beragam fitur untuk design-mendesign. Tulisan ini akan ulas mengenai aplikasi untuk membuat konten instagram.

Dulu ketika orang akan membuat konten setidaknya harus kuasai beragam aplikasi yang rumit dan super ribet, seperti photoshop, adobe indesign, corel draw, dan beragam lainnya. Namun Semenjak hadir android, maka semua aplikasi itu tergantikan dengan aplikasi yang lebih merakyat dan mudah pengoperasainnya. Tentu kita sudah sangat akrab dengan canva kalau untuk urusan mendesign poster bukan? Itu termasuk salah satu aplikasi untuk membuat konten instagram yang sering orang gunakan.

Instagram menjadi salah satu platform andalan untuk membuat konten. Sebab media yang dapat kita masukkan ke sana sangatlah lengkap, mulai dari teks, gambar, video, hingga live streaming. Buat kamu yang ingin membuat konten juga di sana tentu tidak perlu repot-repot untuk belajar photohop ataupun corel, sebab kini sudah ada aplikasi untuk membuat konten instagram yang mudah. Sebelum kita ulas apa saja aplikasinya, maka simak dulu tentang cara membuat konten kreatif di instagram.

Membuat Konten Kreatif Di Instagram

Membuat konten di IG itu gampang-gampang susah. Gampangnya adalah kita dapat menjadi lebih dekat dengan followers, tapi susahnya adalah kita harus istiqomah untuk membuat konten di sana kalau ingin engagement nya bagus.

Permasalahan yang biasa kita hadapi saat berkonten ria di IG biasanya adalah kesusahan untuk mencari ide. Kendala kedua adalah kemampuan membuat konten dalam bentuk visual yang memang harus kita sadari itu sangat sulit. Namun untuk produksi konten itu akan kita jawab bersama lewat beberapa aplikasi untuk membuat konten instagram di bawah ini. terlebih dulu kita selesaikan masalah pertama yakni bagaimana cara mencari ide konten?

Baca juga :   Cara Membuat Microblog Instagram yang Lagi Kece dan Ngehits

Jika memang kita dapat kreatif dan penuh ide maka itu tidak menjadi masalah. Tapi masalahnya adalah kadang ide itu buntu alias tidak muncul. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? mungkin tidak ada salahnya juga kita melihat bagaimana kompetitor membahas suatu topik tertentu. Maksudnya adalah kita membuat konten dari ‘meniru’ milik postingan orang lain. (baca: contoh konten instagram yang menarik)

Meniru di sini tidak berarti kita meniru secara apa adanya, melainkan melalui rumus ATM (Amati, tiru, dan modifikasi). Semisal ada postingan orang lain yang bahas mengenai jenis-jenis aplikasi untuk dompet online, maka dari situ kamu bisa kembangkan tema itu menjadi tema yang punya ciri khasmu semisal tentang jenis aplikasi dompet online khusus anak kos.

Dengan proses bench marking tersebut kamu dapat istiqomah membuat konten sekaligus menghemat waktu daripada harus bersemadi mencarii ide di Gunung Kidul. Hehe. Sudah tahu bukan bagaimana mengatasi kebuntuan ide biar kita tetap produktif? Kamu dapat coba sendiri saat kehabisan stok konten. Coba tengoklah postingan milik orang lain, lalu cobalah untuk memodifikasinya. Pasti tidak akan ketahuan atau dianggap plagiat deh.

Nah, baru setelah bahas bagaimana menjadi kreatif membuat konten, maka kita akan bahas apa saja aplikasi untuk membuat konten instagram. Terutama dalam hal design yang memang tidak semua orang punya kemampuan untuk itu.

Desain Konten Instagram untuk Bisnis Online

  1. Cara Membuat Konten Instagram Di Photoshop

Bagi sebagian konten kreator tidak afdhol rasanya jika tidak membuat design untuk instagramnya di aplikasi photoshop. Mau bagaimanapun juga ini adalah aplikasi dengan fitur design terlengkap asal tahu cara penggunannya.

Jika kamu sudah terbiasa memakai photoshop baik untuk mengedit foto, membuat poster, atapun menata feed maka teruslah memakai itu karena memang hasilnya. Kelebihan dari photoshop adalah kita dapat membuat design dengan ukuran atau resolusi yang tinggi, sehingga hasilnya bagus.

Baca juga :   Cara Menghubungkan Instagram Ke Fanpage Facebook

Aplikasi untuk membuat konten instagram ini mungkin memang susah tapi tidak menutup kemungkinan untuk kamu kuasai. Saat ini sudah banyak kelas design online yang menawarkan materinya. Bahkan di Kampus Dosen Jualan juga beberapa kali membuka kelas design khusus untuk photoshop.

  1. Aplikasi Template Instagram di Canva

Bagi para konten kreator yang kepingin cara instan maka bisa memakai canva atau postermywall untuk mengedit, serta membuat poster maupun template design untuk instagram. Dalam aplikasi canva pun kita juga bisa menikmati versi gratisannya lho sobat. Kalau ingin fitur yang lebih banyak tentu harus memakai versi berbayar yang masih lumayan terjangkau ukuran kantong kita.

Aplikasi Untuk Instagram Story : Story Maker dan Story Art

Konten instagram tidak hanya tentang postingan saja. Namun story juga termasuk dalam jenis konten yang dapat kita manfaatkan untuk memperoleh engagement. Nah, lalu bagaimana membuat story instagram yang tidak membosankan?

Ternyata ada aplikasi untuk membuat konten instagram berupa ig story. Jika kita mencarinya di playstore maka akan ketemu nama aplikasinya yakni story maker. Di sini ada beragam template siap pakai untuk kamu isikan sendiri teks-nya.

Kalau kamu ingin mengedit juga gambar background-nya maka pakailah aplikasi story art yang juga terdapat di playstore. Semuanya tersedia dalam versi berbayar ataupun gratisan. Kami lebih rekomendasikan story art karena banyak template nya yang gratisan dan designnya pun juga sudah apik alias estetik.

Sebenarnya masih ada banyak aplikasi untuk membuat konten instagram khusus story ini. namun kami sarankan kedua aplikasi di atas karena ratingnya sudah cukup bagus dan mendapatkan review terpercaya.

Cara Membuat Konten Feed Instagram : Grid Maker for Instagram

Pada momen-momen tertentu kadang kita butuh membuat design feed menjadi lebih sedap dipandang. Jangan khawatir sobat. Meskipun feed instagram terkenal susah membuatnya, tapi kamu dapat gunakan aplikasi dari playstore untuk mengatasinya.

Baca juga :   Dewa Eka Prayoga, Dewanya Dunia Bisnis Jualan

Nama aplikasinya adalah grid maker for instagram. Ini adalah aplikasi untuk membuat konten instagram berupa potongan-potongan foto yang apabila disatukan akan menjadi feed yang indah. Syaratnya kamu harus sudah punya foto beresolusi besar untuk nantinya kita potong menjadi beberapa bagian sama besar. Inilah yang kita namakan sebagai feed. Jangan lupa ketika mempostignnya kalau bisa dalam waktu bersamaan agar ketika ada yang datang berkunjung ke profil ig kita mereka sudah bisa menikmatinya.

Aplikasi Untuk Membuat Konten Video : Kinemaster

Aplikasi untuk membuat konten instagram selanjutnya adalah untuk mengedit video, baik itu video branding ataupun video company profil. Nama aplikasinya yang kami sarankan adalah Kinemaster. Tersedia di playstore dalam versi gratisan dan berbayarnya.

Aplikasi ini cukup sulit awalnya, tapi kalau sudah paham akan memudahkan sekali. Ada beragam fitur dari kinemaster yang bisa menggantikan fungsi aplikasi edit video paling baik sekalipun. Buat kamu yang ingin mencari tutorial kinemaster juga sudah banyak tersedia di Youtube. Kelebihan lain dari kinemaster adalah kita dapat membuat video dengan kualitas yang maksimal. Jadi jangan takut kalau nanti kualitas videomu jelek karena telah lalui proses editing.

Itulah tadi beberapa aplikasi untuk membuat konten instagram ala Kampus Dosen Jualan. Tim yang ada di KDJ juga memakai beragam apps tersebut untuk membuat konten sehari-harinya di samping menggunakan aplikasi pro seperti corel, dan lain-lain. Semoga tips ini bermanfaat.