Cara Setting Akun Tiktok Untuk Pemula yang Pengen Jadi Creator

cara setting akun tiktok

Cara Setting Akun Tiktok – Sudah menginstall aplikasi tiktok di hapemu tapi belum tahu bagaimana setting account yang tepat? Sepertinya kamu masuk di website yang tepat, karena tulisan ini akan mengupas tuntas terkait trik mengatur account tik tok yang tepat sehingga bisa powerfull. Kita tahu bahwa aplikasi yang satu ini sedang menjadi aplikasi paling banyak digunakan di dunia. Kehadiran tik tok banyak sekali mengalihkan perhatian netizen dengan kekhasannya.

Aplikasi ini menjadi platform paling digemari oleh anak muda khususnya generasi milenial. Banyak sekali trending dan konten yang viral di Tik tok kemudian menjadi pemicu bagi viralnya hal tersebut di platform lain. Apabila kamu seorang pebisnis online, maka tidak ada salahnya untuk mulai mencoba platform tik tok untuk pemasaran online. Apalagi bisnismu merupakan bisnis yang mempunyai target pasar anak muda.

Buat kamu yang masih belajar untuk bertik tok-ria, maka ini adalah tulisan yang tepat untuk kamu. Karena di sini akan membahas mengenai cara setting akun tiktok yang tepat agar account-mu layak berperan sebagai konten kreator di Tik tok. Kira-kira bagaimana ya cara setting akun agar menjadi powerfull di Tik tok? Simak selengkapnya penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Akun Tik tok

Kita dapat menggunakan aplikasi ini bahkan tanpa harus membuat account lho sobat. Setelah menginstall dan mengisi preferensi minat maka kamu akan tersuguhi ribuan video pendek yang bisa kamu nikmati di sini. Namun kalau kita tidak membuat akun, maka hanya bisa menjadi viewer saja dan bukan kreator. Kita tidak bisa komen, like, dan membuat postingan. Maka dari itu, sebelum berselancar di Tiktok alangkah baiknya kamu sudah membuat account-nya dengan menggunakan email atau nomor telepon.

Baca juga :   Internet Marketers Nahdlatul Ulama (IMNU) Sebagai Strategi NU di Dunia Digital

Kamu harus mempunyai email atau nomor telepon untuk dapat mendaftar menjadi pengguna tik tok. Email atau nomor tersebut tidak boleh kamu gunakan untuk mendaftar sebelumnya ya. Apabila kamu sudah menyiapkan, maka tinggal Sign Up di aplikasi Tik tok. Kamu bisa memilih menggunakan nomor telepon atau email saja.

Cara Mendaftar Tiktok

Tata Cara mendaftar pengguna tiktok sangatlah mudah. Cara nya adalah kita tinggal sign up kemudian masukkan preferensi minat dan hobimu. Nantinya ini akan menjadi dasar bagi algoritma tik tok untuk menentukan video apa yang akan hadir di berandamu. Lalu apa saja yang harus kita isi untuk mendaftar pengguna tik tok, berikut adalah yang cara cara harus kamu isikan;

  • Nama Pengguna, kamu boleh memakai kombinasi huruf dan angka untuk membuat nama pengguna atau username. Buatlah yang menarik perhatian, atau yang mengandung kata kunci.
  • Display Name, ini merupakan nama yang akan tampil di profilmu nantinya. Apabila kamu membuat akun bukan untuk keperluan pribadi, maka boleh kamu pakai nama yang unik.
  • Tanggal Lahir, seperti platform yang lain kamu juga akan disuruh memasukkan tanggal lahir. Boleh jadi ini berfungsi untuk memberi rekomendasi video kepadamu nanti. Ini juga bermanfaat untuk memfilter pengguna agar tidak ada yang di bawah umur.
  • Email/Nomor Telepon, gunakan nomor yang belum pernah terdaftar di akun sebelumnya.
  • Jenis Kelamin, ada beberapa pilihan untuk setting ini di antaranya adalah perempuan, laki-laki, lainnya, dan tidak mau mengatakannnya.

Sebelumnya kamu dapat memilih jenis usermu nantinya, apakah pengguna kreator atau pengguna bisnis. Bagi kamu yang fokus pada bisnis skala menengah lebih baik memakai jenis account kreator karena lebih mudah pengoperasianya. Sedangkan account bisnis hanya bagi mereka korporasi besar, yang lebih ribet dan berbayar.

  1. Masuk Akun Tiktok

Proses tata cara pendaftaran tik tok sangatlah mudah. Dalam beberapa detik kamu sudah mempunyai akun yang siap kamu gunakan untuk like, komen, dan meninggalkan jejak berupa love atau favorit. Untuk mempermudah penggunaan aplikasi, maka kamu cukup login sekali saja dan tidak perlu log out untuk mempercepat pemakaian aplikasi.

Baca juga :   Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis

Setelah masuk ke tik tok, maka cara nya selanjutnya adalah melakukan setting account agar dapat layak bertengger sebagai konten kreator di tiktok. Di platform ini memang ada pengguna yang tidak aktif dan pengguna aktif. Mereka yang aktif biasanya akan mengupload dan memposting videonya. Bagi pengguna pasif biasanya hanya akan menikmati suguhan video dari pengguna lainnya. Bagi kamu yang berminat menjadi konten kreator, maka harus mendaftarkan account mu menjadi pro terlebih dahulu. Akan banyak manfaat dengan memakai versi pro nantinya. Tenang, sob. Mendaftar account pro juga masih gratis kok. Hehe.

  1. Cara Mengubah Akun Tiktok Menjadi Akun Pro

Sebelum kamu setting lainnya di Tik tok, maka alangkah baiknya kamu setting dulu account kamu menjadi pro. Dengan mendaftar akun pro akan banyak manfaat yang kamu dapatkan, seperti kemudahan untuk memberi efek pada video, dan lain-lain. Sebab memang pengguna pro ini khusus bagi mereka yang rutin memposting konten di Tik tok. Berikut adalah cara cara dalam mengubah dari tiktok biasa menjadi tik tok pro;

  • Masuk ke aplikasi
  • Klik Setting atau pengaturan.
  • Klik Kelola Account
  • Pada Menu Terbawah yakni Control Account, pilih Alihkan ke Account bisnis.

Setelah menjadi akun pro, maka kamu bisa mulai mengupload video dan postingan-postingan. Kamu juga menjadi lebih mudah untuk menjalin interaksi dengan pengguna lainnya lho.

Baca Juga : Macam-macam Kalimat Penutup Artikel

Pengaturan Tiktok Biar Masuk FYP

Sebagai pengguna tiktok tentu kita sudah familiar dengan istilah FYP atau for your page. Ini merupakan daftar video yang Tik tok rekmendasikan untuk kita tonton. Jadi daftar pemutaran video ini tidak sekadar random melainkan menyesuaikan dengan konten yang sedang viral dan preferensi kita.

Baca juga :   Peluang Usaha Mahasiswa di Jogja yang Menguntungkan

Tidak sembarang akun yang bisa masuk FYP orang lain. Ada beberapa kriteria agar sebuah postingan dapat viral atau FYP-able di tiktok. Di antaranya adalah jenis konten, likes, interaksi (komen), dan share. Meskipun mempunyai followers banyak belum tentu sebuah video dapat masuk menjadi FYP. Banyaknya follower hanya memberikan jaminan bahwa pengikutmu akan melihat videomu. Namun belum tentu di luar dari mereka, videomu akan masuk ke FYP. Oleh karena itu ada satu kekuatan yang bisa menjadi penentu videomu bisa masuk FYP, yakni pemaksimalan hastag.

Hastag Agar Masuk FYP Tiktok

Hastag tiktok merupakan paduan dari SEO dan algoritma youtube. Sebab sebuah konten dapat viral apabila memakai hastag yang sedang populer dan hastag yang relevan. Ini sebuah cara agar postinganmu bisa masuk ke dalam FYP hanya bermodalkan hastag. Apabila akunmu masih belum begitu besar dalam artian likes dan followernya, maka kamu bisa memanfaatkan tumpangan di hastag populer.

Apabila benar-benar kontenmu relevan dengan konten yang populer, maka besar kemungkinan videomu akan masuk FYP orang lain. Iya kali dari sekian banyak video masak punyamu ga jadi salah satunya. Hehe. Selain itu kamu juga bisa memakai hastag relevan agar videomu menjadi yang disarankan ketika ada yang mencarinya di tiktok. Saat ini tik tok sudah menjadi semacam google khusus video pendek, jadi ketika mau cari apa saja otomatis tersedia di sana.

Itulah sedikit tips mengenai cara setting akun tiktok agar powerfull dan layak masuk FYP. Memang sudah banyak yang menginstall tik tok di luar sana, namun hanya sedikit yang tahu cara bagaimana men setting nya. Semoga tulisan berikut ini bermanfaat buat kamu.