Cara Memasang Foto Katalog Whatsapp Serta Komposisi Gambarnya untuk Jualan

Cara Memasang Foto Katalog Whatsapp

Cara Memasang Foto Katalog Whatsapp – Halo sobat KDJ dimanapun anda berada. Apapun kondisinya tentu bukan alasan bagi kita untuk bermalas-malasan dalam mengejar ilmu. Apalagi ilmu dalam bidang digital marketing pasti tidak pernah berhenti untuk up to date. 

Kita mungkin dapat meneladani semangat peserta Inkubator Jualan Online di KDJ yang tiap hari di masa pandemi ini harus belajar materi-materi seputar digital marketing selama delapan jam full. Tentu semangat mereka patut kita tiru karena apapun itu tentu akan sangat berguna untuk kedepannya. 

Nah, admin KDJ ada tips ini buat teman-teman yang belajar jualan online di rumah di masa pandemi seperti sekarang. Biar jualan makin laris maka kami akan berikan tips seputar whatsapp marketing. Lebih khusus lagi yaitu tentang bagaimana cara memasang foto katalog whatsapp. 

Tentunya sobat di rumah pasti sangat akrab sekali dengan whatsapp business. Ini merupakan piranti yang tidak boleh kita lupakan untuk jualan online. Sebab whatsapp bisnis punya banyak kelebihan dibanding dengan whatsapp biasa. Lalu apa sih keunggulan berjualan di whatsapp business itu? 

Jualan di Whatsapp dan Keunggulannya

Seller mana di toko online yang tidak memanfaatkan whatsapp bisnis? Bahkan perusahaan kelas kakap pun pasti akan menggunakan wa bisnis untuk memberikan pelayanan kepada customernya. 

Bagaimanapun WA adalah platform yang cukup familiar dan banyak digunakan oleh mayoritas orang Indonesia. Ini merupakan salah satu keunggulan berjualan di wa bisnis. Selain itu ternyata ada lho kelebihan wa bisnis untuk jualan, di antaranya adalah;

  1. Fitur Katalog whatsapp business sudah cukup lengkap untuk tools jualan.
  2. Pengguna Whatsapp di indonesia cukup tinggi, sehingga bisa menjadi target pasar yang empuk. 
  3. Kita dapat menyasar target pasar paling gaptek sekalipun. 
  4. Promosi produk menggunakan WA punya peluang untuk (minimal) dilihat oleh calon customer. 
  5. Memungkinkan broadcast ke banyak customer secara tertarget sekaligus. 
Baca juga :   Desain Katalog WA Bisnis Otomatis Bikin Cabuy Transfer

Itulah beberapa kelebihan berjualan di wa bisnis sobat. Tentunya masih banyak keunggulan lainnya. Salah satu keunggulan itu adalah adanya fitur katalog whatsapp business. Di sini kita dapat membuat tampilan produk begitu menggoda customer lho. Tidak percaya? 

Oke, sebelum kita membuat katalog tersebut, maka alangkah baiknya kita lihat dulu seluk beluk fitur ini. 

Fitur Katalog Whatsapp Business

Adanya fitur katalog whatsapp business merupakan pembeda WA bisnis dengan WA biasa. Kalau di WA biasa, kita tidak dapat membuat dan memasang katalog karena memang platformnya khusus untuk pribadi. 

Sedangkan WA bisnis merupakan versi whatsapp yang lebih ramah untuk para penjual online. Jadi kita dapat memanfaatkan banyak fiturnya bahkan secara gratis. 

Whatsapp business memang ada versi berbayarnya. Namun itu biasanya khusus untuk mereka perusahaan skala besar yang butuh maintenance customer secara massal. Nah, buat kamu yang masih skala menengah atau mikro maka whatsapp bisnis versi gratisan adalah jawabannya. 

Menurut admin, versi gratisan ini juga sudah lengkap kok fiturnya. Bahkan kita sudah dapat membuat broadcast secara massal lewat versi gratisan ini. Namun kita tidak akan membahas itu karena kita hanya akan membahas cara memasang foto katalog whatsapp. Meskipun ini simpel tapi banyak orang yang tidak tahu cara memasangnya dengan benar. 

Di sini kita juga akan membahas tentang bagaimana komposisi gambar katalog whatsapp yang baik dan benar. Sudah tidak sabar bukan? Yuk kita simak dulu bagaimana tips dalam membuat katalog produk online. 

Cara Membuat Katalog Produk Online

Semua butuh ilmunya. Itu pasti. Tanpa ilmu maka apa yang kita lakukan tidak akan efektif dan dapat bermanfaat untuk diri kita. Termasuk dalam hal jualan ya sob. Jadi, kalau dalam dunia jualan online itu kita pasti mengenal yang namanya katalog. Apa itu katalog produk?

Baca juga :   Cara Melihat Video yang Trending di Tiktok dan Cara Ikut Challenge

Jadi katalog itu adalah semacam list produk kita beserta harga dan spesifikasinya. Katalog ini biasanya diperlukan ketika kita akan promosi kepada customer yang kepo. 

Customer yang kepo pasti akan bingung harus bertanya apa terkait produk. Nah, di situlah gunanya katalog produk. Dengan katalog itulah customer akan memilih sendiri barang atau produk yang mereka butuhkan. 

Katalog produk sendiri ada banyak macamnya. Di sini kita hanya akan bahas tentang cara membuat katalog produk online di platform whatsapp. Apa saja yang harus kita persiapkan untuk membuat itu? 

  1. Whatsapp bisnis yang sudah siap pakai. 
  2. Foto produk.
  3. Harga produk.
  4. Spesifikasi produk (ukuran, warna, dan sebagainya).
  5. Kode produk (jika diperlukan).

Poin nomor 5 sebenarnya tidak urgen untuk kita masukkan. Namun untuk lebih memudahkan customer memesan produk, maka hukumnya sunnah untuk kita pasang di katalog wa. 

Lalu bagaimana cara memasang foto katalog whatsapp? Simak tahap-tahapnya di bawah ini jika kamu sudah siapkan lima hal di atas. 

Cara Membuat Katalog Produk di Whatsapp

Tips ini mungkin terkesan gampang untuk kita lakukan. Namun buat yang masih newbie tentu akan menjadi masalah tersendiri. Maka dari itu lah kita akan bahas cara memasang foto katalog whatsapp secara step by step. Barulah setelah itu kita akan bahas komposisi gambarnya ya sob. 

  1. Buka aplikasi whatsapp business.
  2. Ketuk tiga titik di bagian kanan atas. 
  3. Klik fitur bisnis.
  4. Pilih katalog. 
  5. Muncul menu katalog.
  6. Jika ingin menambahkan katalog maka klik “Tambah Item Baru”
  7. Tambahkan dulu gambarnya sob.
  8. Berilah nama item yang singkat, padat, dan mudah diingat.
  9. Boleh dikasihkan harganya. 
  10. Kalau perlu dikasih deskripsinya juga boleh. 
  11. Deskripsi bisa juga kita taruh di badan foto. 
  12. Tautan yang mengarah ke landing page kalau ada. 
  13. Dan tambahkan juga kode item. 
Baca juga :   Cara Memilih Lagu di Tiktok untuk Mempercantik Video

Jika sudah kamu isi semua, maka tinggal klik simpan. Dari sini kita sudah berhasil membuat satu item produk di katalog whatsapp business. Bukankah itu cukup mudah? Pastinya.

Pada poin nomor tujuh di langkah di atas, maka kita dapat menambahkan beberapa foto lho sob. Jadi tidak hanya satu foto saja. Yuk simak bagaimana komposisi gambar katalog whatsapp yang baik dan benar. 

Komposisi Gambar Katalog Whatsapp

  1. Pasang 10 gambar untuk satu list produk (banyak amat, isinya apa?)
  2. Tenang, nanti formatnya swipe gitu biar kekinian. 
  3. Kuatkan karakter foto dengan deskripsi di fotonya. 
  4. Pada gambar 1 pasanglah foto yang paling eye catching. 
  5. Gambar 2-4 pasanglah foto tentang produk tersebut, misal harga dan foto versi lainnya. 
  6. Di Gambar 5-6 pasanglah foto yang berisi screenshot closing atau testimoni. 
  7. Gambar 7-8 buatlah manfaat apabila membeli produk tersebut. Misalnya efek setelah pakai produk.
  8. Di gambar 9-10 pasanglah jaminan bahwa produk tersebut bergaransi  jika memang manfaat tidak mereka dapatkan. 

Begitulah komposisi gambar katalog whatsapp yang baik dan bisa kamu coba untuk jualan. 

Baca Juga Artikel Lainnya : Cara Buat Katalog di WA Business

Cara Mengatasi Katalog Whatsapp Error

Ada beberapa kali whatsapp kita katalognya akan error. Ini biasa dialami oleh mereka yang memasang foto terlalu besar sizenya. Jadi buat tidak ingin error maka cara mengatasi katalog whatsapp error adalah dengan memasang foto yang ukurannya rendah atau kecil. 

Memangnya kenapa kalau katalog whatsapp error? Katalog whatsapp yang error biasanya tidak akan muncul saat customer mencarinya di profil kita. Pokoknya jangan sampai deh kita sampai mengalami hal tersebut. Nanti kita akan bahas lebih lanjut ya soal cara mengatasi katalog yang tidak muncul.

Mungkin cukup sekian tentang cara memasang foto katalog whatsapp. Semoga dapat bermanfaat untuk jualan kamu.