Peluang Usaha Mahasiswa di Jogja yang Menguntungkan

Peluang Usaha Mahasiswa di Jogja

Masa-masa menjadi mahasiswa adalah masa kebebasan. Waktu di mana kita hampir menjadi manusia yang seutuhnya. Bagaimana tidak? Saat mahasiswa kita dituntut untuk mandiri dan dapat membagi uang yang ada. Itupun kalau masih mendapatkan jatah dari orang tua, kalau tidak? Maka kita harus mengakalinya dengan mencari pemasukan tambahan. Inilah beberapa peluang usaha mahasiswa di Jogja yang bisa menjadi sumber pemasukan kamu. 

Kalau berbicara bisnis atau peluang usaha, maka kita harus melihat dulu di mana bisnis tersebut akan dikembangkan. Di sini kita akan berbicara tentang peluang bisnis di Yogyakarta. Sebagai kota pelajar, tentunya apapun yang berkaitan dengan pendidikan sudah pasti akan menjadi peluang yang menggiurkan di sini. Lihat saja, betapa banyak jasa fotokopi dan pengetikan di Jogja. Namun semuanya begitu terdampak, begitu masa-masa perkuliahan itu terhenti akibat pandemi. Selain itu ketika berbicara bisnis peluang bisnis mahasiswa di Jogja, juga jangan melupakan status kota ini sebagai kota pariwisata. 

Sebagai sebuah kota pariwisata, maka jogja adalah tempat yang sering dikunjungi orang ketika akhir pekan atau liburan. Oleh karena itu kita harus mengambil peluang tersebut.Namun kalian harus mempertimbangkan aspek-aspek tentang bisnis di Jogja berikut ini sebelum menginjak pada peluang usaha mahasiswa di Jogja. 

Usaha yang Cocok dilakukan di Yogyakarta

Tentunya ada beberapa usaha yang cocok dilakukan di Yogyakarta. Kemarin kita sudah bahas tentang peluang usaha di Gunung Kidul, Wonosari dan sekitarnya. Tentunya antara Jogja dan wonosari terdapat perbedaan yang nyata. 

Baca juga :   Facebook Marketplace : Ketahui Pengertian, Manfaat serta Fungsinya

Kalau usaha yang cocok dilakukan di Yogyakarta lebih kepada bagaimana mengambil peluang yang ada di kota ini. Dan peluang usaha yang cocok dilakukan di Yogyakarta untuk mahasiswa tentunya jangan sampai mengganggu usaha warga lokal yang sudah lebih dulu ada. 

Nah, untuk usaha yang cocok dilakukan di yogyakarta, apalagi kalau bukan yang berkaitan dengan pariwisata dan pendidikan. Keduanya adalah kombinasi unik dari Jogja. Untuk itu kita akan mengulas bagaimana keduanya bisa berpeluang besar di kota ini. 

Usaha yang cocok di Yogyakarta adalah antara Pariwisata dan Pendidikan

  • Pariwisata

Aspek pariwisata di Jogja sangat berkaitan erat dengan status kota ini sebagai kota budaya. Jadi kalau kita melihat, tentunya arus manusia yang datang ke Jogja adalah untuk berlibur. Nah, di sinilah yang menjadi peluang kita sebenarnya ketika berbicara tentang usaha yang cocok di Yogyakarta. Berhubung adanya turis tersebut, maka akan ada banyak peluang, misalnya persewaan penginapan. Hotel, motor, mobil, dan juga open trip. 

Namun beberapa peluang usaha yang cocok di yogyakarta adalah terlalu mainstream dan sudah banyak pelakunya. Kalau kita ingin temukan peluang usaha mahasiswa di Jogja, tentunya harus mencari jenis usaha lain. Nanti kita akan bahas di bawah ini. 

  • Pendidikan

Semenjak awal kemerdekaan dulu, Jogja sudah menjadi tempat rujukan untuk pendidikan di Indonesia. Banyak mahasiswa berdatangan dari penjuru Indonesia ke sini. Kalau kita bisa membaca peluang, maka ini juga dapat menjadi lahan usaha yang cocok di Yogyakarta. 

Berhubung adanya mahasiswa dan pelajar, maka kita dapat mencari peluang usaha berkaitan dengan kebutuhan mereka, seperti buku, jasa, kos-kosan, les private, dan lain sebagainya. Terkait bagaimana cara mencari peluang usaha mahasiswa di Jogja yang paling potensial, nanti kita akan berikan lima ide bisnis di kota pelajar. 

Usaha yang cocok di Yogyakarta adalah yang berkaitan dengan pendidikan dan pariwisata. Adakah selain itu? Tentunya dari kedua jenis aspek tersebut dapat kita turunkan menjadi beberapa ide bisnis baru. Lalu apa saja peluang itu? Yuk kita bahas tentang ide bisnis mahasiswa Jogja berikut ini;

Baca juga :   Strategi Ampuh Pemasaran Digital Lembaga Pendidikan

Bisnis Mahasiswa Jogja

Ide bisnis mahasiswa Jogja sebenarnya ada banyak sekali. Yang terpenting adalah kita tahu siapa saja pangsa pasar kita. Jadi pangsa pasar itu lebih kepada orang yang butuh produk kita. Kalau target pasar tentunya adalah mahasiswa secara umum. 

Cara membuat pangsa pasar adalah dengan melihat kebutuhan di masing-masing kampus. Misalnya mahasiswa UIN tentu beda kebutuhan dengan mahasiswa UGM, dan lain sebagainya. Lalu kira-kira apa saja ide bisnis mahasiswa jogja secara umum? Berikut merupakan peluang usaha mahasiswa di Jogja;

  • Join Bisnis Jogja antar Mahasiswa

Yang namanya bisnis pasti butuh modal. Tapi terkadang mahasiswa tidak mempunyai modal cukup untuk membuka bisnis kecil-kecilan sekalipun. Maka solusinya adalah join bisnis jogja antara mahasiswa. 

Maksudnya di sini adalah kita patungan dengan teman-teman untuk membuka bisnis. Tentu patungan ini tidak sekadar patungan dalam bentuk uang. Jika kita mempunyai skill, maka manfaatkanlah. Sebab itu juga termasuk modal. 

Ada beberapa peluang usaha mahasiswa di Jogja yang bisa kita jalankan dengan sistem patungan. Di antaranya adalah open trip, sewa motor, jasa antar paket, dan lain sebagainya. Apalagi di masa pandemi sekarang, tentunya jasa antar paket menjadi pilihan banyak orang.

  • Usaha Kemitraan di Jogja untuk Mahasiswa

Buat kamu yang tidak ingin berpanas-panasan di luar rumah untuk menjalankan bisnis, maka bisa mengikuti usaha kemitraan di Jogja. Jadi ini adalah semacam kemitraan antara mahasiswa dengan produsen. 

Misalnya adalah dengan menjadi reseller jilbab, masker, make up, ataupun reseller cemilan untuk menemani kuliah online. Semua ini dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan kalau kita bisa membagi waktu lho. 

  • Berjualan Buku

Lalu peluang usaha mahasiswa di Jogja selanjutnya adalah dengan berjualan buku. Tentunya kita harus sesuaikan dengan keadaan dan kompetitor. Memang jogja adalah kota pelajar, tapi di sini juga merupakan surganya buku. 

Baca juga :   Contoh Konten Jualan di Instagram Datangkan Customer Baru

Oleh karena itu kita tidak bisa sembarangan berbisnis buku di dalam kandang macan. Nah, jika kamu ingin berbisnis buku di Jogja maka strateginya adalah dengan menyasar mereka yang benar-benar pangsa pasar. Misalnya buku kita untuk mahasiswa ushuluddin UIN, dan sebagainya. Coba deh pasti akan berhasil.

  • Berjualan Pakaian Bekas Branded

Banyaknya mahasiswa dan wisatawan membuat mereka ingin senantiasa berbelanja barang branded. Namun kini sudah ada tren baru di kalangan anak muda untuk membeli barang branded namun bekas. Ini dapat menjadi peluang kamu lho sob. Sebab kamu dapat mengusahakan bisnis pakaian bekas branded. Untuk suppliernya kita dapat mencarinya di kota-kota besar, seperti Tanah Abang Jakarta atau Surabaya. 

  • Jasa Zoom Premium

Kemudian jasa zoom premium ternyata dapat menjadi  ladang bisnis mahasiswa jogja. Bagaimana tidak di masa pandemi seperti sekarang pasti banyak mahasiswa dan organisasi yang butuh zoom premium. Namun mereka tidak dapat membelinya sendiri. 

Oleh karena itu kita dapat membuka toko yang jual zoom premium sob. 

Sebenarnya tidak hanya zoom, kita juga dapat berjualan netflix premium, vidio premium, dan lain sebagainya. 

Itulah tadi beberapa peluang usaha mahasiswa di Jogja yang insyaallah menguntungkan. Lalu masalahnya di sini adalah bagaimana memasarkan produk tersebut di Jogja lewat online? 

Cara Memasarkan Produk Ala Mahasiswa

Kalau dulu kita memasarkan produk dengan berjualan model DANUS, maka cara itu sudah tak dapat kita pakai kembali. Sebab hasilnya minim dan butuh effort besar. Maka dari itu pakailah cara memasarkan produk yang benar-benar akan menguntungkan besar. Kita dapat memakai strategi digital marketing lho sob. 

Buat kamu mahasiswa di Jogja yang butuh pemasukan tambahan, maka segeralah untuk mengeksekusi bisnis di atas. Dan jangan lupa kalau ingin konsultasi, maka dapat ke Kampus Dosen Jualan Jogja. Sekian tips ini, semoga bermanfaat.