Cara Closing di Whatsapp dengan Cepat

Cara Closing di Whatsapp dengan Cepat

Siapa sih yang nggak pengen dapat orderan cuma bermodal whatsapp? Atau siapa coba yang tidak ingin ada customer yang chat di whatsapp, “min, sudah saya transfer ya. Mohon pesanan dikirim segera!”. Memang closing adalah salah satu kepuasan bagi seorang pebisnis online seperti kita. Namun itu tidak ujug-ujug dan serta merta kita dapatkan. Harus ada proses yang harus dilalui sebelum mendapat closing itu. Kita butuh skill seorang customer service agar dapat closing secara cepat. Nah, dari sinilah kita akan bahas cara closing di whatsapp dengan cepat.

Kenapa kita akan bahas cara closing di whatsapp dengan cepat? Sebab hampir semua transaksi di dalam jualan online terjadi di WA, kecuali transaksi lewat marketplace shopee dkk. Maka dari itu kita harus paham betul soal proses closing lewat whatsapp ini. 

Kita harus paham dulu apa itu closing. Jadi closing itu merupakan sebuah tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka harus ada serangkaian proses yang kita lalui. Proses itulah yang akan kita bahas di sini. Meliputi bagaimana memberikan feedback atas pertanyaan customer, sampai bagaimana kita memberikan informasi harga agar calon customer tidak lari terbirit-birit karena kaget. Hehe. 

Oke mari kita simak dulu bagaimana proses closing dalam jualan online sebelum kita bahas cara closing di whatsapp.  

Cara Closing Penjualan Online

Kalau kamu dapat pertanyaan dari customer, kemudian si customer akhirnya sepakat untuk beli produk kamu maka itulah yang disebut closing. Momen ini merupakan hal yang sangat dinantikan oleh pebisnis online, sebab dari situ akan muncul kepuasan tersendiri bagi seller. 

Namun jangan anggap closing itu pekerjaan mudah. Sebab tidak semua yang menanyakan produk itu akan sepakat untuk beli produk kamu. Kadang ada yang cuma bertanya lalu menghilang. Lalu ada juga yang bertanya terus lalu ujung-ujungnya hilang. Tapi ada juga yang bertanya bukan barang, tapi justru promo. 

Baca juga :   Cara Membangun Backlink Berkualitas Bersama Didik Arwinsyah

Setiap pertanyaan tersebut butuh pendekatan tersendiri, agar lead yang masuk tersebut dapat menjadi closing. Kita tak akan membahas apa saja teknik closing untuk mendapatkan customer. Tapi di sini kita akan langsung praktek. Nanti juga akan ada beberapa contoh yang bisa kamu coba terapkan. Siapa tahu dari contoh tersebut dapat menjadi tutorial cara closing penjualan online. 

Platform untuk menerapkan cara closing penjualan online kali ini adalah whatsapp. Sebab WA merupakan tempat di mana kebanyakan closing terjadi. Bahkan kita dapat berpromosi hanya bermodalkan wa lho. Tapi itu tidak akan kita bahas, sebab kita akan fokus pada cara closing di whatsapp dengan cepat. 

Whatsapp Marketing

Di dalam whatsapp marketing ada beberapa metode untuk berjualan online. Di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk mengoptimalkan whatsapp business;

  1. Tulis nama profil WA dengan nama produk/nama toko kamu. 
  2. Sering-seringlah upload story jualan tapi jangan spam.
  3. Buatlah katalog yang menarik dan terdiri dari 10 slide.
  4. Pasanglah fitur balas cepat untuk berjaga ketika toko tutup.
  5. Rajin-rajinlah menyapa customer meskipun mereka tidak mencari produk.

Dari sekian banyak cara mengoptimalkan whatsapp marketing di atas, tentunya akan berpengaruh terhadap potensi closing yang akan kita dapatkan lho sobat. Nah, sekarang kita akan bahas sedikit juga tentang tips cepat closing ala Dosen Jualan berikut ini. 

Dikejar Closing dengan Whatsapp Marketing

Pernah dengar istilah “dikejar closing dengan whatsapp marketing” belum sob? Tips ini memang nyata adanya, dan kita memang akan menerapkan trik tersebut untuk lebih meningkatkan potensi closing dari setiap lead yang masuk. 

Apa saja yang akan kita dapatkan kalau dapat menerapkan cara dikejar closing dengan whatsapp marketing?

  1. Menambah kepercayaan customer terhadap toko kita. 
  2. Membuat customer makin penasaran dengan produk kita. 
  3. Customer jadi tertarik untuk menyarankan produk kita kepada teman-temannya (soft selling).
  4. Bisa meningkatkan edukasi kepada customer, sehingga mereka akan beli pada lain waktu. 
Baca juga :   Cara Menentukan Harga Jual Produk Online

Tidak perlu menjadi master agar kita dikejar closing dengan whatsapp marketing. Cukup dengan beberapa trik kita sudah dapat membuat customer akan penasaran. Trik-nya sederhana kok, yakni dengan memberikan feed back terhadap setiap pertanyaan mereka. Nah, agar kamu dapat cara closing di whatsapp dengan cepat, maka simaklah beberapa contohnya di bawah ini;

Cara Chat agar Closing

Cara chat agar closing yang sudah kita ketahui tadi adalah kita harus senantiasa memberikan feedback kepada customer yang bertanya. Gampangnya, buatlah mereka selalu membalas chat kita. Jangan berikan jawaban yang membuat mereka tidak menjawab. Cara agar mereka selalu menjawab/membalas chat kita misalnya adalah dengan memberikan pertanyaan, atau info yang menarik perhatian mereka. Yuk langsung disimak contoh berikut ini agar kamu makin paham cara chat agar closing;

  • Percakapan Closing

Percakapan closing biasanya hanya terdiri dari beberapa chat saja. Tapi prosesnya itulah yang harus kita pelajari, seperti; cara memberi feedback kepada calon customer, ataupun cara memberikan penawaran kepada mereka. 

Disinilah letak kesulitannya. Percakapan closing sih biasanya berisi chat customer yang meminta kita untuk segera mengirimkan barangnya. Namun intinya bukan di situ. Inti dari percakapan closing adalah bagaimana menjaring calon customer agar beli dan tidak ada alasan lagi untuk menunda. 

Percakapan closing atau menuju closing yang baik adalah adanya feedback antara pembeli dan penjual. Kalau hanya salah satu yang aktif maka tidak akan pernah terjadi closing. Jadi caranya sederhana sebenarnya, kita tinggal jawab dan memberi pertanyaan untuk setiap pesan yang calon buyer kirimkan. Nah untuk contoh kalimat closingnya akan kami berikan di bawah ini.

  • Contoh Kalimat Closing

Ada beberapa syarat ketika membuat kalimat closing. Berikut adalah beberapa contoh kalimat closing agar customer menjadi semakin tertarik dengan produkmu. Inilah beberapa syarat contoh kalimat closing yang baik;

  • Mengikuti kemauan customer dan memberikan yang terbaik untuk mereka. 
  • Balas chat mereka dengan cepat. 
  • Klasifikasikan status customer untuk lebih memudahkan membalas pesan.
  • Jangan memberikan pesan yang singkat-singkat. 
  • Berilah perbandingan harga antara tokomu dan toko lain jika mereka menawar.
Baca juga :   Keyword Density yang Bagus untuk SEO Website Kamu

Itulah beberapa syarat kalimat closing agar customer lekas order produkmu. Agar kamu semakin paham bagaimana contoh kalimat closing, maka akan kami berikan contoh chat closing berikut ini. 

  • Contoh Chat Closing

Pelajarilah contoh chat closing berikut ini untuk semakin memudahkan kamu membalas chat customer. Berikut adalah contoh chat closing kami di Kampus Dosen Jualan;

Customer : Kak stok gamisnya masih? 

Seller : Masih kak. Rencana mau dipakai sendiri atau untuk dijual kembali?

Customer : Rencana dijual lagi kak..

Seller : Kakak juga bisa jadi reseller mukena, gamis, dress, dan tunik lho. Akan ada potongan khusus untuk ini. Apakah minat kak?

Customer : Oke, kak saya minat.

Seller : Boleh kak. Mau gabung reseller yang resmi apa tidak kak?

Customer : Biasa dulu aja kak. Nanti diajari jualannya juga kan kak?

Seller : Betul kak. Untuk bulan ini akan ada potongan 20%. Apakah mau transfer sekarang kak?

Customer : *Mengirimkan bukti transfer* ini ya kak.

Seller : Baik, kak. Sebentar akan dikirimkan dulu rules nya ya kak. 

Mungkin contoh chat closing di atas dapat menjadi contoh buat kamu untuk membalas customer. Oiya sob sebenarnya cara closing di whatsapp dengan cepat itu gampang kok. Tergantung dari cepat atau tidaknya kita membalas pesan customer. Cukup di sini. Nanti lanjut di tips selanjutnya. Semoga bermanfaat.