Simak Cara Ikut Program Gratis Ongkir Shopee di Kelas Inkubator Jualan Online Batch 76

cara ikut program gratis ongkir shopee

Meskipun promo Shopee 12.12 sudah lewat, namun animo peserta IJO untuk belajar marketplace masih belum kendor. Mereka masih ingin tokonya di Shopee dapat menawarkan promo Free Ongkir untuk lebih memikat calon pembeli. Oleh karenanya pada minggu terakhir bulan Desember, para peserta IJO belajar Cara Ikut Program Gratis Ongkir Shopee untuk Penjual atau Toko Online. Para peserta meyakini bahwa program gratis ongkir ini dapat meningkatkan performa toko mereka di mata pembeli. Karena memang pembeli pasti akan senang mendapatkan gratisan daripada harus menanggung sendiri biaya kirim barang. Untuk itulah Mas Muqoddar akan mengisi kelas tersebut selama sehari full teori dan praktek.

Mas Muqoddar mengawali kelas hari itu dengan menanyakan usia toko para peserta. Usia toko menjadi syarat yang tidak resmi bagi sebuah toko untuk mendaftar program gratis Ongkir. Bagi toko-toko yang masih baru jangan harap dapat mendaftar di program ini. Shopee tidak menawarkan program ini kepada sembarang penjual. Shopee hanya menawarkan program ini pada toko yang sudah berusia setidaknya tiga bulan. Selain itu usia toko juga sangat berpengaruh terhadap keikutsertaan program ini. Memang program ini didesain untuk mempermudah toko dalam mengupgrade omsetnya. Selain itu program ini juga tidak sedikit telah meringankan pembeli karena tidak harus menanggung biaya ongkos kirim.

Muncul pertanyaan dalam kelas tersebut; lalu siapa yang membayar ongkos kirim tersebut kepada ekspedisi pengirimanya? Ini sebuah pertanyaan yang klasik tapi tetap menarik. Di dalam Shopee ada dua pilihan untuk mengaktifkan fitur gratis ongkir untuk penjual. Dua pilihan tersebut adalah Ongkir ditanggung Shopee dan Ongkir ditanggung penjual. Apabila shopee yang menanggung gratis ongkir, maka penjual tidak harus membayari program gratis ongkir ini. Namun apabila Ongkir ditanggung penjual, maka seluruh biaya kirim barang akan menjadi tanggungan pembeli. Mas Muqoddar mengingatkan kepada peserta agar jangan sampai mengaktifkan/mencentang program gratis ongkir yang ditanggung toko.

Baca juga :   Ciri-Ciri Artikel SEO Friendly untuk Website Kamu agar Nangkring di Pejwan Google

Cara Daftar Gratis Ongkir XTra Shopee

Cara ikut program gratis ongkir shopee selanjutnya adalah membaca S&K gratis Ongkir Shopee. Di dalam syarat dan ketentuan ini berisi syarat-syarat serta ketentuan yang harus kita ikuti agar dapat mengikuti program gratis ongkir. Syarat dan ketentuan tersebut tertuang dalam S&K Program Xtra Shopee. Jadi apabila tokomu sudah memenuhi semua S&K tadi maka akan semakin mudah mendapatkan logo Free Ongkir dari Shopee. Ternyata di dalam S&K tersebut biaya ongkos kirim tidak sepenuhnya Shopee yang menanggung. Pembeli harus mengetahui bahwa ternyata penjual harus membayar biaya layanan agar bisa mendaftar Program Gratis Ongkir Shopee. Selain itu penjual juga harus mendaftarkan tokonya dengan KTP dan Kartu Keluarga. Sehingga apabila setiap saat terdapat toko yang curang, para pembeli bisa melakukan komplain ke Shopee.

Namun usah risau bagi para penjual. Biaya layanan yang penjual tanggung ini tidak begitu tinggi. Shopee nantinya yang akan memotong biaya layanan tersebut apabila transaksi sudah clear antara toko dan pembeli. Kisaran biaya layanan gratis ongkir yang harus penjual bayarkan ke Shopee berjumlah sekitar 0,5 persen dari harga produk. Apabila toko kita sudahStar Seller biayanya akan lebih sedikit lagi. Inilah yang patut menjadi catatan setiap peserta IJO yang akan memasang program Gratis Ongkir di toko mereka, pesan Mas Muqoddar. Cara ikut program gratis ongkir shopee ini tidak boleh diikuti oleh toko yang masih baru. Untuk toko yang masih baru harus berjuang dengan cara manual untuk meningkatkan pesanan dulu, sebelum bisa menikmati program gratis ongkir.

Toko yang kompeten di Mata Shopee dan Pembeli

Ada banyak manfaat yang penjual peroleh apabila mengaktifkan gratis ongkir. Salah satunya adalah kepercayaan pembeli bahwa toko yang mereka kunjungi adalah toko yang kompeten. Toko yang kompeten adalah toko yang mempunyai catatan bagus di Shopee. Artinya tidak pernah melakukan pelanggaran yang merugikan customer. Karena di dalam S&K Program XTra Shopee ini juga melarang toko yang sedang kena penalty untuk mengikuti program. Mas Muqoddar berpesan kepada para peserta agar memperbaiki performa toko dahulu, seperti sering mengupdate biaya dan ekspedisi pengiriman di dashboard Shopee. Sebagai catatan saja, bahwa program Gratis Ongkir Shopee hanya berlaku untuk ekspedisi-ekspedisi seperti Shopee Courier, SI CEPAT REG, J&T, serta Ninja Express. Jadi apabila kita tidak memasang ekspedisi-ekspedisi di atas tentunya Shopee tidak memperkenankan kita ikut program gratis ongkir.

Baca juga :   Perjuangan Seorang Ibu Mencari Nafkah : Sebuah Renungan Memperingati Hari Ibu 2020

Sebagai catatan, program gratis ongkir Shopee ini selalu ada setiap minggu ataupun bulannya. Jadi jangan khawatir, para penjual yang ingin mengupgrade performanya bisa memanfaatkan  program ini untuk lebih mendatangkan pembeli. Lewat program Shopee ini penjual mempunyai kesempatan untuk meningkatkan tokonya menuju star seller. Melalui program Shopee Xtra Gratis Ongkir, Penjual Untung, Pembeli Senang. Sekian artikel tentang cara ikut program gratis ongkir shopee. Simak materi kelas IJO di hari selanjutnya ya. Semoga bermanfaat.