Keahlian yang dibutuhkan tahun 2021, Buruan Siapkan Keahlian Terbaikmu

keahlian yang dibutuhkan tahun 2021

Ada yang bilang bahwa 2021 adalah 2021 Jilid Kedua. Statemen tersebut muncul dari orang-orang yang sudah jengkel dengan keadaan di tahun 2020, seperti lonjakan pengangguran, pandemi tiada henti, bisnis bangkrut, toko tutup, dan lain-lain. Memang 2020 telah menorehkan trauma yang tidak biasa di setiap orang yang terdampak. 2020 sebentar lagi akan usai. Di depan mata adalah tahun 2021 dengan segala tantangan yang sama-sama belum kita ketahui. Tentunya 2021 akan berbeda tantangannya daripada tahun 2020. Bisa jadi lebih berat, karena selama setahun yang lalu kita menyibukkan diri untuk bertahan hidup. Tahun 2021 adalah tahun di mana format kehidupan yang baru itu mencoba untuk kita aplikasikan. Kemudian apakah keahlian yang dibutuhkan tahun 2021? Serta apa tantangan untuk menguasai keahlian tersebut? Serta manfaat apa yang akan kita peroleh apabila dapat menguasai keahlian tersebut?

Besar kemungkinan aspek digital pada tahun 2021 akan lebih hebat daripada 2020. Berhubung kita sudah banyak ketinggalan, tentu kita harus lebih tekun untuk mengejarnya. Keahlian yang dibutuhkan tahun 2021 lebih banyak membutuhkan pelaku-pelaku dalam bidang digital dan internet. Efek dari pandemi selama tahun 2020 telah membentuk pola perilaku masyarakat yang menjadi terbiasa menggunakan alat digital, baik dalam kegiatan sosial maupun ekonomi. Inilah daftar keahlian yang dibutuhkan tahun 2021, salah satunya siapa tahu adalah bakat atau passionmu saat ini. Check out!

Konten Kreator

Kebutuhan akan pembuat konten sudah sangat mendesak. Keahlian Content Creator sangat dibutuhkan untuk mengisi ribuan konten yang berseliweran setiap harinya di internet dan media sosial. Kemudian apa saja skill khusus yang harus kita miliki agar bisa menjadi konten kreator. Di antara yang harus kita tekuni adalah Design Graphic, Editing Video, serta Copywriting. Ketiganya harus kita pelajari secara simultan agar bisa memenuhi kualifikasi sebagai content creator. Bahkan ada satu syarat keahlian content creator yang harus persiapkan agar lengkap. Keahlian yang harus dilengkapi adalah keahlian dalam bidang website. Karena bagaimanapun kita tidak bisa meninggalkan media yang satu ini.

Baca juga :   Apa itu Canonical URL

Perancang Konten

Seorang konten creator biasanya mendapat ide dari dari perancang konten. Keahlian perancang konten lebih kepada mengkonsep ide-ide agar konten terus berjalan. Perancang konten dengan konten kreator haruskita bedakan. Perancang konten lebih berfokus menata, menjadwal, dan mengkonsep jalannya sebuah konten tertentu, serta target audience yang mereka sasar. Bagaimanapun pekerjaan sebagai perancang konten akan menjadi salah satu keahlian yang dibutuhkan tahun 2021. Tanpa perancang konten, seorang konten kreator akan kesusahan dalam mencari ide. Beberapa keahlian yang patut kita kuasai sebagai Perancang konten adalah marketing, algoritma, serta kemampuan untuk membaca pasar.

Digital Marketing

Keahlian ini mungkin tidak begitu familiar sepuluh tahun yang lalu. Namun pada tahun 2021, pekerjaan digital marketer menjadi sangat urgent dan kita butuhkan. Keahlian digital marketing terkait erat bagaimana sebuah produk dapat kita jualmassal dan mendatangkan omset. Banyak hal yang harus kita pelajari untuk menjadi seorang digital marketer. Tentunya terkait dengan semua platform jualan, seperti Marketplace, Whatsapp, Telegram, Instagram, Website, maupun Tiktok. Semua algoritma, kecenderungan audience, serta kemampuan untuk berkomitmen dengan customer harus kita pelajari untuk menjadi seorang digital marketer.

Website dan SEO

Meskipun terlihat sama dengan digital marketer, tapi seorang ahli SEO mempunyai pekerjaan yang lebih njlimet dan teknis. Keahlian dalam bidang Website dan SEO adalah salah satu keahlian yang dibutuhkan tahun 2021 karena zaman sekarang hampir semua orang berlomba-lomba untuk eksis dalam dunia digital.  SEO adalah cara yang paling manjur untuk memenangkan  persaingan dengan kompetitor tersebut. Kemampuan yang harus kita pelajari untuk menjadi ahli SEO di antaranya adalah kemampuan mengoperasikan website, kemampuan membuat website, kemampuan memilih atau riset kata kunci, kemampuan coding, dan lain-lain. Seorang pakar SEO juga harus bisa menulis tulisan yang indah, sekaligus ramah terhadap pakem-nya SEO. Oleh karena itu kamu harus banyak baca buku agar memenuhi keahlian sebagai seorang ahli SEO dan Website.

Baca juga :   Gonta Ganti Usaha ? Ini Tips Agar Anda Setia Pada Satu Bisnis

Keahlian Sinematik dan Fotografi

Tahun 2021 juga menuntut kita untuk lebih jago dalam soal jepret-jepret dan mempunyai kemampuan merekam video yang baik. Saat ini adalah masa di mana aspek visual sangat menonjol, sehingga kita membutuhkan tangan-tangan yang cekatan untuk memfoto dan memvideo. Coba kita lihat berapa iklan yang mengandalkan video untuk promosi produk? Tanpa iklan, semuanya tidak akan kelihatan menarik di mata pembeli. Keahlian sinematik dan editing video tentunya berbeda. Keahlian sinematik lebih mengandalkan intuisi untuk menghasilkan rekaman video yang menarik. Meskipun begitu, kedua keahlian ini mempunyai irisan kesamaan. Jadi, buat kamu yang jago ngevideo sekaligus mengeditnya tentu akan mempunyai kelebihan tersendiri begitu masuk di tahun 2021.

Personal Branding

Banyak yang menyebut keahlian satu ini merupakan bakat alam.  Tapi sebenarnya tidak juga karena semuanya bisa kita pelajari. Keahlian di bidang branding sangat banyak yang membutuhkan di tahun 2021. Saat ini semua orang berusaha mencari sosok yang bisa menjadi panutan. Tokoh-tokoh panutan saat ini banyak berasal dari tokoh yang meledak di dunia maya. Sebutlah tokoh macam Ganjar Pranowo, Ridhwan Kamil, Susi Pudjiastuti, Tri Rismaharini, semuanya adalah tokoh yang berhasil menciptakan personal branding sehingga mencapai kepopuleran.

Kepopuleran tersebut dapat bermanfaat untuk banyak hal. Bisa untuk memudahkan proses influence maupun untuk berjualan. Tanpa seorang sosok kita akan sulit untuk memperkenalkan visi dan misi dari sebuah perusahaan. Bahkan sudah banyak perusahaan yang rela menyewa tokoh tertentu untuk membantu penjualan produk. Sebut saja perusahaan Nike sampai menyewa pesepakbola Cristiano Ronaldo agar produknya lebih banyak yang mengenal. Keahlian di bidang personal Branding juga bermanfaat dalam endorsement. Ini merupakan cara promosi yang memanfaatkan seorang tokoh untuk memperkenalkan produk ke khalayak luas. Semisal kamu belum memiliki personal branding, tidak ada salahnya untuk mencoba meraba-raba apa yang menarik dari profilmu.

Baca juga :   Cara Mendaftar Local Guide Google : Pertemuan IV Mentoring Onboarding Bank BI

Publik Butuh sesuatu yang menarik. Menarik berarti beda.

Tidak membutuhkan keahlian khusus untuk itu. Kita hanya membutuhkan sesuatu yang beda untuk menarik perhatian publik. Saat ini juga sudah banyak media untuk memperkenalkan profil kita. Bisa menggunakan Instagram, Facebook page, maupun tiktok. Kita bisa melejit dalam semalam hanya menggunakan platform-platform tadi untuk personal branding.

Itu tadi keahlian keahlian yang dibutuhkan tahun 2021. Semuanya berkaitan erat antar satu sama lain. Apabila kita mempunyai satu keahlian saja dari kesemuanya, tentu akan sangat menguntungkan. Tetapi jangan lupa bahwa satu keahlian dengan keahlian lain tidak dapat berpisah. Kita bisa saja jago dalam personal branding, tetapi akan selalu membutuhkan jasa para pembuat konten untuk memuluskan jalan kita. Kampus Dosen Jualan akan memuluskan jalan kamu untuk belajar semua keahlian tersebut. Kami tunggu kamu di Kampus Dosen Jualan, untuk belajar dan berproses bersama. Semoga bermanfaat.