Tips Ngabuburit Saat Pandemi, Dari Optimasi Hingga Silaturrahmi

tips ngabuburit saat pandemi

Tips Ngabuburit Saat Pandemi – Memang banyak sekali momen saat ramadhan yang hanya muncul di bulan tersebut. Salah satu momen tersebut adalah ngabuburit. Entah sejak kapan mulai muncul istilah ini, yang jelas kata tersebut sudah demikian familiar bagi anak muda maupun yang tua-tua.

Pada masa pandemi seperti sekarang sepertinya banyak kegiatan yang bersifat kemasyarakatan mengalami perubahan yang signifikan. Tidak lagi ada agenda kumpul-kumpul, tidak ada lagi kegiatan yang sifatnya melibatkan orang banyak. Oleh karena itu kita harus merubah sedikit agenda di ngabuburit.  Inilah tips ngabuburit saat pandemi.

Jika dulunya kita senang mengisi ngabuburit dengan berjumpa teman, atau dengan reuni misalnya, maka di masa sekarang kegiatan ini harus sedikit berkurang intensitasnya. Namun jangan khawatir karena masih ada banyak kegiatan produktif lainnya. tulisan ini akan mengulas tips ngabuburit saat pandemi baik buat seorang pebisnis maupun kamu yang masih berstatus mahasiswa. Berikut ini adalah sekia tips-nya.

  1. Optimasi Youtube
  2. Share Tips di Tiktok
  3. Optimasi Sosmed
  4. Menata Bisnis dan Rancang Strategi Digital Marketing
  5. Bersilaturrahim

Nah itulah poin-poin utama dari tips ngabuburit saat pandemi agar kamu dapat tetap produktif dan safety. Ingat bahwa pemerintah semakin ketat saja memberlakukan peraturan jaga jarak mulai dari sekarang hingga mudik nanti. Lalu apa sebenarnya ngabuburit itu sendiri? Simak ulasan singkat  di bawah. Setelah itu kita akan ulas juga poin-poin di atas terkait tips ngabuburit saat pandemi.

Baca juga :   Tips Membina Reseller dari Mas Erwin Winardi – Liputan Sharing Session

Ngabuburit Artinya

Kegiatan ini adalah yang sering kita lakukan saat menunggu waktu berbuka puasa. Memang waktu berbuka biasanya adalah momen yang banyak orang menunggu. Nah, di waktu menunggu itulah kadang orang mencari-cari kesibukan agar maghrib tiba tanpa terasa.

Ngabuburit tidak selamanya berisi kegiatan yang sifatnya hiburan atau rekreatif. Sebab kita bisa mengisinya juga dengan kegiatan yang produktif. Memang tidak mudah untuk menemukan kegiatan yang rekreatif sekaligus produktif ini.

Kebanyakan kegiatan produktif biasanya tidak rekreatif, begitupun sebaliknya kegiatan rekreatif biasanya bersifat hura-hura dan kontraproduktif. Namun tulisan ini akan ulas untukmu terkait tips ngabuburit saat pandemi. Apa saja tips dari mimin Kampus Dosen Jualan, simak di bawah ini.

Kegiatan Ngabuburit  Produktif dan Rekreatif ala KDJ

  1. Cara Ngabuburit Yang Seru dengan Optimasi Youtube

Tips ngabuburit saat pandemi yang bersifat rekreatif sekaligus produktif adalah optimasi youtube alias ngonten di youtube. Melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan interaksi di akun youtube sekaligus memperoleh kesenangan karena siapa yang tidak suka bermain youtube.

Kalian yang mempunyai ide konten youtube, seperti podcast, video ilustrasi, ataupun tips jualan, maka segeralah bagikan konten tersebut kepada pemirsa agar akunmu semakin terkenal di internet.

Selepas membuat konten, jangan lupa untuk perhatikan pengoptimasiannya dengan memperhatikan title (judul) video, deskripsi, serta kategori video. Semuanya akan mempengaruhi performa SEO Youtube dari video yang kamu upload. Sebagai informasi saja bahwa kamu tidak harus jago edit video untuk membuat konten youtube. Cukup berbekal canva dan camera saja sudah cukup.

  1. Contoh Agenda Ramadhan Di Rumah Aja dengan Share Tips di Tiktok

Saat ini platform untuk berjualan tidak hanya sosmed yang mainstream saja, juga melainkan tiktok yang pada dasarnya tidak familiar digunakan untuk jualan. Namun ketika mempergunakan tiktok untuk jualan, jangan sampai kamu langsung berikan konten jualan ya sobat, karena itu akan kelihatan sekali sebagai hard selling.

Baca juga :   Cara Menentukan Harga Jual Produk Online

Tips ngabuburit saat pandemi versi KDJ adalah dengan membuat konten edukasi untuk tiktok agar akunmu memperoleh engagement terlebih dahulu. Kamu bisa share tips soal apa saja bisa terkait dengan produkmu atau testimoni dari orang yang pernah memakai produkmu.

Kita tahu sendiri bahwa hanya dengan tiktok kamu dapat membuat video viral tanpa harus repot-repot. Karena di dalam tiktok terdapat fitur yang mendukung itu semua. Misalnya simak Aplikasi Edit Video Tiktok di Android. Kalau kamu masih bingung mencari ide tiktok  menarik maka jangan khawatir karena kamu dapat membuat ide dari hal-hal yang kecil sekalipun.

Tentunya ngonten di tiktok juga tidak memerlukan effort yang mahal. Kita cukup berbekal kamera hape dengan resolusi yang baik, lalu mulai ngonten. Sejelek apapun konten kalau kita istiqomah, pasti akan menghasilkan interaksi. Dan jangan lupakan juga untuk perhatikan hastag dan caption agar postinganmu berpeluang besar masuk fyp atau for your page.

  1. Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Puasa Agar Produktif adalah Optimasi Sosmed

Ternyata ada lagi tips ngabuburit saat pandemi yang mungkin bisa kamu lakukan dari rumah. Salah satunya adalah optimasi sosial media, yang meliputi pembuatan konten, riset hastag, upload, menjadwalkan post, serta menganalisa konten. Ini semua dapat menjadi kegiatan untuk mengisi ngabuburit yang efektif.

Seperti yang kita tahu bahwa sosmed wajib untuk kita optimasi setiap saat. Per harinya harus dikelola agar interaksi dengan followersnya tidak ada penurunan. Oleh karena itu wajiib buatmu untuk terus optimasi sosmed, apalagi sosmed untuk jualan.

Optimasi akan membuat sosmed dapat terus menjaga keterjangkauannya sehingga tidak kehilangan target pasar atau target audiens. Sudah banyak contoh dari sosmed besar yang tiba-tiba hilang karena kehilangan target audiends. Di sela kesibukan puasa ini kamu dapat ngabuburit dengan cara optimasi sosmed.

  1. Program Kegiatan Di Bulan Ramadhan di antaranya adalah Menata Bisnis dan Merancang Strategi Digital Marketing

Jika saat ini kamu sedang menyasar momen lebaran untuk berbisnis, maka harus sekarang juga kamu mulai merancang strategi digital marketing untuk menjual produk lebaran. Daripada waktu ngabuburitmu di rumah habis untuk menunggu jam demi jam detik demi detik, maka pergunakanlah saja untuk merancang bisnis selanjutnya.

Baca juga :   Cara Menjadi Selebgram IG untuk Pemula

Strategi digital marketing yang mungkin dapat kita persiapkan adalah benchmarking (riset kompetitor), membuat tabel konten, serta mengevaluasi strategi di tahun kemarin yang mungkin belum begitu maksimal.

Manfaat dari merancang strategi di saat momen puasa adalah kita dapat melihat secara gambling bagaimana kompetitor bekerja. Lalu juga banyak waktu luang yang bisa kamu manfaatkan saat momen puasa, khususnya saat ngabuburit.

  1. Contoh Kegiatan Di Bulan Ramadhan agar Makin Semangat adalah Bersilaturrahim

Jika saat ini kamu sedang berada di fase menunggu hasil dari sebuah bisnis, maka tidakk ada salahnya kamu melakukan safari ke kolega-kolega saat menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit).

Tips ngabuburit saat pandemi dengan cara bersafari kepada kolega-kolega juga dapat menjadi pembuka  relasi dan jejaring baru untuk pengembangan bisnismu. Sebuah bisnis tanpa adanya relasi dengan orang lain akan stagnan dan tidak berkembang. Oleh karena itu di samping mengisi waktu ngabuburit dengan optimasi kamu juga dapat bersilaturrahmi.

Itulah lima tips ngabuburit saat pandemi ala bisnisman agar makin up to date dan senantiasa mengikuti perkembangan pasar. Mungkin beberapa tips di atas dapat kamu aplikasikan ketika bisnis sedang berkembang ataupun sedang seret. Semoga bermanfaat.