Manfaat Memiliki Cita2 yang Wajib Diketahui Orang Dewasa

Manfaat Memiliki Cita2

Tidak semua orang mempunyai cita-cita. Juga tidak semua orang yang bercita-cita mampu dan dapat menggapainya. Jalan hidup orang beda-beda. Rencana jangka panjang yang disebut cita-cita terkadang juga tak sepenuhnya berupa jalan yang lurus. Kadang belok sedikit. Kadang melenceng dari jalan yang semestinya. Meskipun cita-cita seringkali meleset, tapi ada baiknya kita tetap mempunyainya. Tulisan ini akan bagikan kepadamu beberapa manfaat memiliki cita2.

Mungkin hampir semua orang pernah mempunyai cita-cita. Tetapi apakah mereka tahu apa yang dimaksud dengan cita cita? Inilah paradoks yang ada di setiap generasi yakni tentang pemahaman. Dulu kita sering ditanya tentang cita cita namun, para orang tua dan guru kita dahulu tidak sempat untuk memberi kejelasan dan pemahaman apa yang dimaksud dengan cita cita. 

Dikarenakan kita tak mempunyai konsepsi yang jelas tentang cita cita, akhirnya kita tak pernah bisa mendefinisikan dan merumuskan cita-cita. Selama ini kita hanya memeluk cita-cita tanpa pernah tahu apa yang kita peluk. Karena ketidaktahuan tersebut kita juga tak pernah tahu apa manfaat memiliki cita2 sehingga banyak orang lebih memilih untuk tak bercita-cita saja. Toh yang punya cita-cita juga tak dapat menggapainya, begitu pikir mereka. 

Lalu apa yang dimaksud dengan cita cita itu? Dan mengapa setiap anak memiliki cita cita yang harus mereka pahami semenjak masih kecil? Jawabannya ada di sub judul di bawah ini;;

Apa yang Dimaksud dengan Cita-cita

Kita semua hampir pernah atau masih mempunyai cita-cita. Tak pernahkah kita bertanya dalam benak kecil tentang apa yang dimaksud dengan cita cita? Seberapa pentingkah cita cita untuk hidup kita? Apakah manfaat memiliki cita2?

Baca juga :   Kata kata Promosi Donat yang Bikin Customer Nelen Ludah

Jadi kalau berbicara cita-cita itu jangan membayangkan sebuah garis finish. Cita-cita bukanlah garis finish seperti pertandingan lari. Sebab kalau kita bayangkan cita cita sebagai garis finish maka kita akan cenderung berkompetisi dengan sesama teman sendiri. 

Mungkin cita-cita itu akan lebih indah apabila kita membayangkannya sebagai pos-pos peristirahatan di sebuah jalur pendakian gunung. Biasanya kalau mendaki akan ada Pos 1, 2, 3, dan seterusnya. Kegunaan pos ini adalah agar pendaki dapat mengestimasi waktu pendakian serta mereka dapat beristirahat di setiap pos-nya. 

Nah, inilah cita-cita itu. Cita cita adalah pos-pos di setiap pendakian gunung. Ada cita cita jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang, dan cita cita lintas kehidupan. Wow. ada banyak yah ternyata cita-cita itu. Nanti kita akan bahas juga macam-macam cita cita dan manfaatnya. Kalau tidak di tulisan ini mungkin akan kita bahas di tulisan lainnya. 

Kalau semua orang tahu bahwa cita cita itu beda dengan profesi, maka akan semakin banyak orang yang berani bercita cita. Sebab agenda di hari esok pun sebenarnya adalah cita cita. Lalu mengapa kita harus mempunyai cita cita? Yuk kita bahas bersama-sama. 

Mengapa Harus Memiliki Cita-Cita?

Tadi sudah kita bahas apa yang dimaksud dengan cita cita. Kita menjadi tahu bahwa itu berbeda dengan profesi. Sebab ada cita2 yang jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Bahkan ada cita cita yang lintas kehidupan. Alias dari dunia ke akhirat. 

Lalu mengapa cita-cita ini penting untuk kita miliki? Mengapa setiap anak memiliki cita cita yang meskipun muluk tapi tetap harus mereka miliki? Berikut beberapa alasan memiliki cita cita;

  1. Usia kita terlalu singkat untuk menggapai sesuatu yang tak pasti. Kepastian itu bisa kita reka-reka dalam sebuah cita2.
  2. Cita-cita adalah refleksi masa depan seseorang. Tanpa refleksi ini seseorang hanya akan menjadi cerminan dari masyarakatnya saja. 
  3. Masa depan sama-sama tidak ada yang tahu. Dan cita-citalah yang sedikit membukakan tabirnya.
Baca juga :   Belajar Digital Marketing untuk Pemula Bagi Lulusan SMA/SMK

Itulah tadi beberapa alasan kenapa kita harus mempunyai harapan atau cita. Setiap anak memiliki cita cita yang jangkanya panjang ke depan. Itu tidak salah karena menyesuaikan dengan perkembangan nalar mereka. Bagi mereka cita2 itu sama dengan profesi. 

Namun bagi kita yang dewasa harus bisa membedakan antara cita-cita dan profesi. Sebab ada macam macam cita cita dan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat memiliki cita2 tersebut? Mari kita ulas bersama-sama ya sob!

Kegunaan Mempunyai Cita-cita

Kita sudah bahas di awal bahwa ada macam macam cita cita dan manfaatnya. Seperti cita-cita jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Ini semua punya manfaat untuk kita miliki. Apa yang terjadi jika seseorang tidak memiliki cita cita? Tentunya orang tersebut tidak akan punya gambaran yang jelas terkait harapannya, keinginannya, serta kebutuhannya. 

Ini lho manfaat memiliki cita cita yang harus kamu tahu;

  • Membuat kita Belajar untuk Realistis.

Kalau setiap anak mempunyai cita cita yang tinggi itu tidak salah. Bahkan kita yang dewasa juga harus mempunyai cita cita yang tinggi, dan dibarengi dengan usaha yang ada. Usaha tersebut tentu tidak lepas dari faktor lingkungan, keluarga, serta segi finansial kita. Maka dari itu manfaat memiliki cita2 adalah agar kita menjadi lebih realistis. 

Sebab dengan memiliki cita cita kita menjadi tahu apa yang harus dilakukan. Apa yang terjadi jika seseorang tidak memiliki cita2? Pasti dia tak tahu arah kemana angin berhembus. Tapi jarang sekali orang tidak memilikinya. Sekecil apapun pasti dia mempunyai. 

  • Sekaligus Menjadikan kita Idealistis.

Selain membuat kita menjadi lebih realistis, ternyata cita2 dapat menjadikan kita idealis lho sob. Kita sudah bahas di atas bahwa cita cita adalah gambaran akan masa depan atau jangka waktu tertentu di masa depan. 

Baca juga :   Jangan Menunggu Sempurna Untuk Bergerak

Kalau kita punya gambaran berarti kita sudah punya angan-angan tentang apa yang akan kita capai kedepannya. Inilah manfaat memiliki cita2 yakni membuat kita tidak takut untuk berangan-angan. Bersikap idealistis dan realitas sekaligus sangatlah susah. Tapi inilah kunci keberhasilan kita. 

  • Untuk Membuat Estimasi Usia dan Pencapaian.

Usia seseorang siapa yang tahu. Inilah manfaat mempunyai cita2 yakni kita dapat membuat estimasi antara usia dan pencapaian. Tidak ada salahnya juga kita membuat target kehidupan misalnya usia sekian harus punya ini punya itu. 

Pencapaian-pencapaian ini juga termasuk cita-cita lho sob. Jadi kalau kamu tidak ingin usiamu mengalir begitu saja maka milikilah cita2. Baca Juga Psikologi Umur 25 Tahun Pada Laki-laki dan Perempuan.

  • Membantu Kita Persiapan

Apa yang terjadi jika seseorang tidak memiliki cita cita? Maka yang terjadi adalah dia tidak punya antisipasi sama sekali untuk menghadapi problema hidup. Cita2 inilah yang menjadi pegangan kita saat sulit. Cita2 menjadi kompas penunjuk arah saat kita dihantam badai masalah. Maka dari itu milikilah cita2 meskipun itu hanya sebatas keinginan besok hari.

  • Jika Melenceng, setidaknya tidak Jauh-jauh

Manusia mana yang tidak ingin kualitas hidupnya meningkat? Seorang anak bromocorah pasti juga ingin menjadi manusia yang lebih bermanfaat untuk masyarakatnya. Inilah manfaat memiliki cita2 yakni untuk mengajari diri kita bergerak menjadi lebih positif lagi. 

Cita-cita adalah sebuah langkah untuk melampaui target. Potensi seseorang menjadi taruhan di sini. Sebenarnya potensi manusia itu bagus sekali. Jika ia mampu melampaui targetnya sendiri maka ia akan berhasil. 

Oke, sebagai orang dewasa tentu kita tidak mau kalah dengan setiap anak memiliki cita cita yang tinggi. Maka dari itu jangan sampai kita lengah dan tak pernah punya cita2. Orang sekelas penjaga warung makan saja pasti punya cita2 akan membesarkan warungnya, masak kamu enggak? 

Sekian tulisan ini semoga manfaat ya sob.