Cara Mempromosikan Sayuran Organik Dijamin Rejeki Ngalir ke Kantong

Cara Mempromosikan Sayuran Organik

Cara Mempromosikan Sayuran Organik – Dulu kita seringkali menemukan penjual sayuran hanya ada di pasar dan toko-toko kelontong atau kadang mereka hadir di gang antar kampung. Sekarang para penjual sayuran, sudah tak sekadar menyapamu dari gang ke gang kampung. Namun mereka juga hadir hingga dalam kamarmu. Haa? Maksudnya?  

Para penjual sayuran, terutama sayuran organik, ternyata sudah merambah target pasarnya lewat media online lho sob. Kamu pasti baru tahu. Dan strategi cara mempromosikan sayuran organik mereka sangatlah urgen ketika badai Covid 19 melanda negeri kita. Mau tidak mau ada saja orang yang lebih memilih berbelanja, termasuk belanja sayur, dari gadgetnya. 

Untuk itulah kita perlu belajar cara mempromosikan sayuran organik agar bisnis kita bisa menyesuaikan perkembangan zaman. Apalagi di era saat ini kita sudah banyak beralih dari aktifitas yang sifatnya tatap muka, ke aktivitas secara online. Maka dari itu kebutuhanmu akan strategi pemasaran sayuran organik. 

Siapkah Sayuran Organik Go-Online?

Namun kita seakan tidak percaya apakah media online dapat menjadi ajang untuk jualan sayuran organik? 

Bagi kita yang terbiasa dengan cara transaksi konvensional mungkin tidak percaya bagaimana bisa sayuran organik laku lewat digital marketing. Namun sudah banyak pelaku bisnis sayuran organik online ini lho sob. Mereka menerapkan yang namanya strategi pemasaran sayuran organik. 

Mungkin target pasar para pebisnis ini tidak berada di daerah rural atau pedesaan, melainkan di daerah urban yang mana eksistensi pasar tradisional sudah sangat jarang. Nah, kalau kita sudah mulai mengenal transaksi sayuran organik secara online maka sudah tak ada alasan lagi untuk tidak menerapkan cara mempromosikan sayuran organik. 

Baca juga :   Trik Berburu Grup WA Berdasarkan Target Asal Kota Bersama Founder Dosen Jualan Suryadin Laoddang

Kami akan bagikan juga beberapa strategi pemasaran sayuran organik yang tertarget dan efisien. Sebelum itu mari kita bahas dulu apa platform yang cocok untuk pemasaran sayuran organik di Indonesia. Kuy simak apa saja platform nya! 

Apa Platform yang Cocok untuk Promosi Sayuran Organik?

Beberapa hari lalu pak Dosen Jualan bagikan kepada kita beberapa tips dan cara mempromosikan sayuran organik lho. Soalnya memang ada yang bertanya kepada beliau bagaimana strategi pemasaran sayuran. Nah, berangkat dari pertanyaan tersebutlah artikel ini dibuat. 

Dan inilah beberapa platform yang sangat bisa mendukungmu untuk jualan sayuran organik. 

  1. Tiktok
  2. Instagram (reels, post, story, dan video)
  3. Facebook (grup dan organik)
  4. Website yang SEO Friendly
  5. Whatsapp marketing.

Itulah beberapa platform yang terbukti ampuh untuk menerapkan strategi pemasaran sayuran. Nah, setelah kita tahu platformnya apa saja, mari kita lanjut pada cara mempromosikan sayuran organik yang ternyata ada trik dan langkah-langkahnya. 

Langkah-langkah dalam strategi pemasaran sayuran organik ini harus berurutan ya sob. Karena ini sudah menjadi rumus baku dalam pemasaran sayuran organik di Indonesia. Strategi ini sudah melalui trial and error serta dengan mempertimbangkan psikologi pembeli sayuran di Indonesia. 

Strategi Memasarkan Sayuran Organik

Pada sub judul di atas kita sudah tahu bahwa ada lima platform yang paling powerfull untuk kita buat sebagai alat strategi pemasaran sayuran di Indonesia. Apa sajakah langkah dan cara mempromosikan sayuran organik tersebut? Tanpa berlama-lama yuk simak tips nya;

  • Membuat Konten Berbau Edukasi di Tiktok

Perspektif pertama yang harus kita ubah ketika berjualan sayur secara online adalah target pasar kita bukanlah mereka yang membutuhkan sayur untuk kebutuhan sehari-hari. Sebab kalau kita masih memposisikan pembeli kita adalah ibu-ibu gang atau perumahan, maka kita akan kalah dengan penjual sayur yang offline. 

Baca juga :   Kata-kata Promosi Baju Gamis untuk Narget Wanita Muslimah

Di sini yang harus kita ubah adalah kita harus menciptakan pasar atau target market yakni mereka yang membeli sayur karena gaya hidup. Seperti yang kita tahu bahwa healthy life saat ini sudah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat kita. Oleh karena itu kita harus menciptakan dan menerapkan strategi pemasaran sayuran secara online, salah satunya adalah dengan memanfaatkan platform tiktok. 

Buatlah video edukasi yang membahas mengenai manfaat dan khasiat suatu jenis sayuran tertentu. Jangan lupa untuk memberikan sedikit improvisasi agar yang menonton tidak bosan. Lalu jangan lupa untuk memberikan hashtag yang relevan agar postinganmu dapat orang ketemukan. 

  •  Posting Video Edukasi Tiktok di Instagram

Tips selanjutnya dari strategi pemasaran sayuran organik itu adalah dengan share video yang berasal dari tiktok tersebut ke platform lain, seperti instagram reels, story, ataupun postingan. 

Tujuan dari upload ini adalah untuk meluaskan jangkauan promosi tersebut agar nantinya dapat meluas antar platform. Sebab tidak semua orang bermain tiktok. Kadangkala ada orang yang hanya nyaman di instagram.  Untuk menyapa golongan mereka maka kamu harus posting video di tiktok tersebut ke instagram juga ya sob. 

  • Buatlah Website  dengan Artikel yang SEO Friendly

Sepertinya konten-konten edukasi merupakan kunci dari strategi pemasaran sayuran organik. Sebab dari konten edukasi tersebut akan banyak ditonton oleh orang yang mencari tips vegetarian misalnya. 

Dari situlah produkmu akan perlahan-lahan menjadi terkenal sebab sering merekomendasikan tipis untuk hidup sehat. Lalu platform apa yang bisa memberikan wadah untuk berbagi tips tersebut? 

Sepertinya website yang SEO Friendly sangat cocok untuk kita terapkan dalam cara mempromosikan sayuran organik. Sebuah website dengan artikel edukasi yang full SEO akan mempercepat pengunjung mendatangi websitemu. Maka dari itu jika kamu pengen berjualan sayuran organik maka rekrutlah tim seo yang paham tentang hal ini. 

  • Pakai Facebook Marketplace dengan Setting Jangkauan Lokal

Berhubung para pembeli sayuran adalah orang yang dekat dengan lingkungan geografis kita, maka pakailah juga facebook marketplace agar produkmu dapat menjual sayuran organik secara online. 

Baca juga :   Wa Bisnis Dan Wa Biasa Dalam Satu Hp, Simak Caranya Berikut Ini!

Jangan lupa untuk mensetting jangkauan lokal pada facebookmu. Dengan begitu mereka yang menemukan produkmu adalah pembeli yang lokasinya terdekat. Ini merupakan cara lama yang bakalan semakin memperkuat strategi pemasaran sayuran organik dengan konten edukasi seperti di atas. 

Kita mafhum bahwa para pembeli kita tidak selamanya bermain tiktok. Kadang mereka adalah ibu-ibu yang aktifnya hanya di FB. Oleh karena itu jika ingin promosi maka pakailah facebook marketplace dengan jangkauan lokal serta bisa juga berjualan lewat grup facebook. 

  • Terapkan Strategi Whatsapp Marketing

Kemudian cara mempromosikan sayuran organik selanjutnya adalah dengan menerapkan strategi whatsapp marketing. Ini adalah strategi dengan menjemput pembeli atau menjemput bola. Jika di awal kita memakai strategi yakni pembeli yang datang, maka kini kita sendiri yang akan menawarkan produk kepada pembeli. 

Jadi di sifatnya di sini pembeli lebih pasif sehingga kita harus rutin untuk memberi penawaran serta edukasi kepada mereka. Cara ini mungkin juga masih cukup powerful untuk kita terapkan sebagai strategi pemasaran sayuran organik di Indonesia. 

Oke,sampai di sini kita sudah tahu apa saja platform dan cara mempromosikan sayuran organik secara online. Kita tinggal bahas satu aspek lagi yang terlupakan yakni terkait manajemen pemasaran sayuran organik. 

Sayuran organik pasti menjadi barang yang tidak awet atau tidak tahan lama. Paling lama produk ini bertahan selama seminggu, itupun untuk jenis sayuran tertentu. Oleh karena itu dalam manajemen pemasaran sayuran organik kita harus perhatikan pula sifat dasar sayuran ini. Jangan sampai pemasaran kita berjalan ke arah yang salah dari sifat produknya tersebut. 

Sekian tips tentang jualan sayuran organik secara online berikut ini. Semoga bermanfaat. 

Pengunjung juga mencari:

  • https://kampusdosenjualan com/cara-mempromosikan-sayuran-organik/